IKASMA Gelar Aksi Damai, Desak SMA 1 Tegal Tetap Bertahan dan Terjaga

TEGAL-Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (IKASMA) Kota Tegal menggelar aksi damai, Jumat (11/1) di depan SMA Negeri 1 Kota Tegal.

Mereka menggalang tanda tangan dukungan dari para Alumni SMA N 1 Tegal atas eksistensi sekolah menengah di Jalan Menteri Supeno Kota Tegal itu. Mereka juga melakukan orasi, meneriakkan yel-yel dan berdoa bersama.

Ketua Ikasma Kota Tegal Dr Tafakurrozak menuturkan aksi turun ke jalan dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan akan persoalan sengketa lahan SMA Negeri 1 Tegal. “Sebagai alumni, kami merasa prihatin akan persoalan sengketa lahan SMA Negeri 1 Tegal. Bagi kami, bangunan SMA Negeri 1 Tegal memiliki nilai sejarah dan sudah banyak mencetak orang-orang sukses”, kata Dr. Tafakurrozak.

Dr. Tafakurrozak menuturkan seski sejak dulu status sertifikat SMA 1 Tegal menyebutkan Hak Pakai, namun pihaknya mengajak untuk mengedepankan musyawarah dalam persoalan sengketa lahan, agar keberadaan SMA 1 Tegal tetap berada dilokasi saat ini.

Menurut Dr. Tafakurrozak, para alumni meminta agar seluruh pihak yakni PT KAI, Kementerian BUMN, Kemendagri, Kemendikbud agar duduk bersama terkait persoalan tersebut. Sebab dikhawatirkan, persoalan ini ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan lain.

Dia pun menuturkan, banyak hal yang harus dipertimbangkan PT KAI, bahwa SMA 1 Tegal sebagai tempat pendidikan sangat bermanfaat untuk khalayak banyak. “Alumni yang hadir pada aksi damai ini, tidak menuntut banyak, kami hanya berharap ada kebijaksanaan PT KAI agar SMA 1 Tegal tetap ada dilokasi yang sekarang ini”, tutur ketua Ikasmas itu.

Selain itu, salah satu Alumni Inang Winarso berharap ada pertemuan dan dialog bersama pemerintah, alumni dan PT KAI. Menurut Dia, dalam sertifikat memang sudah tersebut Hak Pakai, namun diharapkan ada kebijaksanaan dari PT KAI agar SMA 1 Tegal tetap berada dilokasi tersebut.

“Bagaimanapun SMA 1 Tegal banyak menelurkan lulusan-lulusan yang luar biasa dan saat ini para alumninya menjadi orang-orang yang berhasil dan sukses”, ujar Inang.

Sebagai informasi, awal mula sengketa lahan terjadi saat PT KAI mengajukan gugatan atas penerbitan Sertifikat Hak Pakai Nomor 1 ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang terhadap Kepala Kantor Pertanahan Kota Tegal, Walikota Tegal dan Gubernur Provinsi Jawa Tengah. Pada proses persidangan ini dimenangkan oleh pihak PT KAI. Upaya bandingpun tetap dimenangkan PT KAI sebagai pihak termohon kasasi.

Adapun sertifikat lahan seluas 6.890 meter persegi tersebut sudah terbit sejak 1974.

Berita Lainnya

Pawai Pembangunan, DKP3 Kota Tegal Sosialisasikan Puskeswan
Berita 21 Aug, 2017

Pawai Pembangunan, DKP3 Kota Tegal Sosialisasikan Puskeswan

TEGAL-Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian, dan Pangan (DKP3) Kota Tegal mensosialisasikan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) pada pawai pembangunan yang digelar…

Dedi-Jumadi Hadiri Rapat Paripurna Istimewa Usulan Pengesahan Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Tegal Terpilih.
Berita 12 Nov, 2018

Dedi-Jumadi Hadiri Rapat Paripurna Istimewa Usulan Pengesahan Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Tegal Terpilih.

TEGAL- Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal terpilih Dedi Yon - Jumadi hadir dalam Paripurna DPRD Kota Tegal yang…

Pemkot Akan Beri Sanksi Perusahaan Bandel
Berita 06 Aug, 2018

Pemkot Akan Beri Sanksi Perusahaan Bandel

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal akan berikan sanksi kepada perusahan pemberi kerja yang membandel dan tidak mendaftarkan pekerjanya di Badan Penyelenggara…

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak
Berita 21 Feb, 2017

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak

TEGAL- Dalam pertemuannya dengan siswa dan siswi SMA N 5 Kota Tegal,  Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali…

Profil  Kelurahan Miliki Peranan Penting
Berita 08 May, 2017

Profil Kelurahan Miliki Peranan Penting

TEGAL-Profil desa/kelurahan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional khususnya pembangunan desa/kelurahan. Hal itu karena profil merupakan sumber data…

Pjs. Walikota Tegal Optimis Peskid Juarai Lomba Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Tk. Jateng
Berita 21 Mar, 2018

Pjs. Walikota Tegal Optimis Peskid Juarai Lomba Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Tk. Jateng

TEGAL- Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tegal optimis Kelurahan Pesurungan Kidul mampu menjuarai Lomba Kelurahan Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat…

Most from this category