Akhiri Tahun 2018 Dengan Pembacaan Maulid Nabi.

Tegal – Maulid akbar pembacaan sholawat zikir dan doa yang bertepatan dipenghujung tahun 2018 dilaksanakan di Alun-alun Kota Tegal, Senin (31/12/2018) malam.

Kegiatan yang di ikuti oleh jamaah Rotib “Rotibayn” dan warga dari berbagai penjuru Kota Tegal dan sekitarnya dengan penuh khusuk mengikuti rangkain acara yang dilaksananakan pada malam itu.

Sebagaimana disampaikan oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd bahwa pada malam hari ini kita mengisi malam tahun baru masehi dengan kegiatan manfaat yakni memperingati maulid Nabi, momentum maulid yang kita laksanakan malam ini diharapkan dapat menjadi sarana memahami nilai atau makna yang terkandung di dalamnya, ucap Walikota mengawali sambutan.

“Paling tidak ada tiga nilai yang dapat kita petik dari hikmah maulid Nabi, yaitu nilai spirutalitas, nilai moral dan nilai sosial,” tutur Walikota.

Lebih jauh walikota menjelaskan bahwa nilai spiritual yang dimaksud di sini adalah menghadirkan perasaan adanya hubungan manusia dan zat yang maha tinggi.di zaman akhir ini, secara sadar atau tidak, waktu kita banyak tersita oleh urusan duniawi semata akibatnya banyak waktu yang terlewati tanpa mengingat sang pencipta. kalaupun beribadah, barangkali hanya menjadi aktivitas gerak semata yang kosong makna.

kedua, nilai moral. maulid nabi diharapkan dapat memiliki dampak positif pada pembentukan akhlak umat. hal yang tercermin dari nabi seluruhnya adalah akhlak mulia, keelokan perangainya tidak hanya diakui kalangan islam, tetapi non-muslim pun memuji akhlaknya.

Dan yang terakhir, momentum maulid hendaknya dapat memberikan penghayatan terhadap nilai sosial dalam kehidupan. dalam hal sosial, keteladanan nabi yang bisa diambil dari bagaimana rasulullah semangat membangun persaudaraan, tidak hanya persaudaran umat muslim (ukhuwah islamiyah), tetapi juga persaudaran sebangsa (ukhuwah wathaniyah), bahkan persaudaran sesama manusia (ukhuwah insaniyah).

“Tentu saja kita semua berkeyakinan dengan meneladani Rasulullah negara kita yang diberikan anugerah, Kota Tegal tempat kita bernaung menjadi aman sejahtera di bawah lindungan Allah. Amin.!!,” pungkas Walikota.

Sementara itu Kapolres Tegal Kota, Siti Rondiyah mengatakan agar tetap kompak, solid, toleransi menjaga keberagaman ini.

“Mari kita akhiri tahun 2018 penuh kebahagian dan menyambut tahun 2019 dengan memohon kepada Allah agar lebih baik lagi. Dan sesaat setelah pulang dari acara ini jangan ada konvoi jangan ada arak arakan serta hindari menyalakan petasan.” ucap Siti Rondiyah.

Dalam tausiahnya Habib Tohir Al Kaf menyampaikan bila pembacaan mauled Nabi akan menambah kecintaan kita pada Nabi Muhamad SAW yang otomatis akan meningkatkan taat kita kepada nya dan berarti betul betul taat pada Allah SWT dengan ganjaran surga yang kekal dan abadi.

“Alhamdulillah di detik-detik terakhir 2018 masehi dan akan masuk ditahun 2019 kita isi bukan dengan maksiat tapi kita isi dengan amalan yang diridhoi oleh Allah dengan peringatan maulid Nabi,” ucap Habib Tohir.

Berita Lainnya

Mahasiswa Jepang Tertarik Busmetik
Berita 02 Feb, 2017

Mahasiswa Jepang Tertarik Busmetik

TEGAL – Terik matahari tak menyurutkan semangat rombongan Universitas Nagoya Jepang ketika berkunjung di tambak milik SUPM N Tegal pada…

Walikota Tegal : Masjid Harus Menjadi Pelopor Tiga Sistem
Berita 28 Dec, 2018

Walikota Tegal : Masjid Harus Menjadi Pelopor Tiga Sistem

Tegal – Walikota Tegal Drs. HM Nursholeh, M.MPd mengatakan bahwa masjid mempunyai peran dalam membangun tiga sistem dalam menghadapi fenomena…

Kirab Satu Negeri Tiba di Kota Tegal
Berita 18 Oct, 2018

Kirab Satu Negeri Tiba di Kota Tegal

Rombongan Kirab Satu Negeri tiba di kota Tegal, Kamis (18/10) malam, dan diterima langsung oleh Wali Kota Tegal M. Nursholeh…

Biru Baru, Harlah ke 3th Teater Banyu Biru
Berita 01 Jun, 2018

Biru Baru, Harlah ke 3th Teater Banyu Biru

TEGAL - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Banyu Biru Politeknik Harapan Bersama baru saja memperingati Hari Lahir (Harla) ke 3th.…

Laris Manis Kue Pancong
Berita 30 Jun, 2017

Laris Manis Kue Pancong

TEGAL – Libur Hari Raya Idul Fitri 1438 H menjadi berkah bagi pedagang Kue Pancong, terutama bagi penjual kue Pancong…

Jumadi Cek Langsung Hasil TMMD Sengkuyung.
Berita 08 Aug, 2019

Jumadi Cek Langsung Hasil TMMD Sengkuyung.

Tegal - Bertempat di Lapangan Bola Ki Ragasela Cabawan Jl. Ki Ragasela Kel. Cabawan Kec. Margadana Kota Tegal dilaksanakan Kegiatan…

Most from this category