Angka Kemiskinan Kota Tegal Turun

Tegal – Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Tegal Kembali dilaksanakan, kegiatan ini adalah Rakor TKPK yang ke 2 di tahun 2018, Kamis (20/12/2018) di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal, sebagaimana di ketahui bahwa  penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tegal tahun 2014-2019. Dimana tingkat kemiskinan pada tahun 2019 nanti ditargetkan turun menjadi 8,36%. dengan demikian, jika pada tahun 2018 ini angka kemiskinan Kota Tegal berhasil turun menjadi 7,81% maka dapat disimpulkan bahwa target angka kemiskinan Kota Tegal pada RPJMD telah terlampaui.

Hal ini terlihat ketika Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd memberikan sambutannya sesaat sebelum acara rakor TKPK dilaksanakan.

“Rapat koordinasi seperti ini sangat penting untuk dilakukan agar secara bersama-sama kita dapat membicarakan pelaksanaan berbagai program pembangunan, secara khusus masalah penanggulangan kemiskinan di Kota Tegal. Dan menjelang tutup tahun 2018 ini, ada kabar gembira untuk kita semua, khususnya bagi warga dan Pemerintah Kota Tegal, dimana angka kemiskinan Kota Tegal, Alhamdulillah, menurun dari 8,11% di tahun 2017 menjadi 7,81% di tahun 2018 ini,” ucap Wali Kota mengawali sambutan.

Lebih lanjut di jelaskan bahwa tren positif ini tentunya tidak terlepas dari adanya bantuan sosial baik dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi yang di back up oleh program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan dari Pemerintah Kota Tegal.

Disamping itu, keberhasilan pencapaian penurunan angka kemiskinan ini tentu saja berkat dukungan seluruh pihak terkait, baik pemerintah, dunia usaha, dan unsur masyarakat yang telah bekerjasama serta saling bahu membahu diantara kita semua, sehingga target tersebut dapat tercapai.

Pemerintah Kota Tegal telah melaksanakan beberapa program sebagaimana diamanatkan oleh peraturan presiden nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan. terkait hal tersebut, telah diprogramkan secara menyeluruh oleh masing-masing opd dilingkup pemerintah kota tegal, yang secara garis besar tercakup dalam 4 (empat) bidang prioritas, yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang insfrastruktur dan bidang pengembangan ekonomi kerakyatan.

Sementara disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tegal, Ir. Nur Efendi, M.Si. bahwa maksud kegiatan ini adalah mendorong terwujudnya koordinasi dan pengendalian program kegiatan penanggulangan kemiskinan di Kota Tegal yang dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan baik Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam rangka percepatan penurunan angka kemiskinan di Kota Tegal.

“Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah strategi penanggulangan kemiskinan melalui perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan terpadu dan tujuannya menginformasikan capaian kinerja penurunan tingkat kemiskinan kota Tegal tahun 2018,” ucap Nur Efendi.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang di moderatori oleh Nur Efendi dengan pemateri Drs. Kunto Dewantoro Kepala BPS Kota Tegal, dengan materi Kondisi Kemiskinan Kota Tegal, dan dari Dinas Sosial Kota Tegal, Dyah Kemala Sintha dengan materi Updating Data Terpadu PPFM dan Data PMKS 2018.

Berita Lainnya

Ngabuburit SMAN 1 Tegal
Berita 09 Jun, 2017

Ngabuburit SMAN 1 Tegal

TEGAL-Banyak cara yang dilakukan untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa atau dikenal dengan istilah ngabuburit. Ada yang sekedar menonton televisi,…

Lewat Poster, FANTRI Suarakan Hak Anak
Berita 06 Aug, 2017

Lewat Poster, FANTRI Suarakan Hak Anak

TEGAL - Minggu (6/8) pagi di area Pantai Alam Indah (PAI) Tegal tepatnya di halaman Kampung Seni PAI Tegal berkumpul…

Gerakan Tegal Berantas Hoax Dideklarasikan
Berita 12 Apr, 2017

Gerakan Tegal Berantas Hoax Dideklarasikan

TEGAL-Dalam hari jadinya yang ke 437, Kota Tegal serius tangani berita hoax dengan deklarasi Gerakan Tegal Berantas Hoax (Gebrax) Gerakan…

Kantor ATR/BPN Kota Tegal Telah Keluarkan Enam Bidang Serifikat Tanah Aset Pemkot.
Berita 12 Sep, 2017

Kantor ATR/BPN Kota Tegal Telah Keluarkan Enam Bidang Serifikat Tanah Aset Pemkot.

TEGAL-Kepala Kantor Agraria dan Tata Tuang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Tegal Rukiatno, SH melalui Kasi Pengadaan Tanah Sarifudin mengatakan untuk…

Kang Nur: Penyapu Jalan Akan Lebih Diperhatikan
Berita 25 Nov, 2017

Kang Nur: Penyapu Jalan Akan Lebih Diperhatikan

Bagi masyarakat Kota Tegal, tentunya tidak asing dengan keberadaan pasukan penyapu jalan yang biasa menyapu jalan-jalan protokol kota Tegal. Sabtu…

Keluarahan Kemandungan Pemenang Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Tegal.
Berita 12 Apr, 2017

Keluarahan Kemandungan Pemenang Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Tegal.

TEGAL – Penyelenggaraan lomba evaluasi perkembangan keluarahan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tegal sudah mendapatkan juaranya. Dimana penilaian yang melibatkan…

Most from this category