Doraemon Apps Sabet Juara Nasional

TEGAL – Mahasiswa DIV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) kembali meraih juara1 pada Grand Final Kompetisi Nasional Code Up Your Digital Technologies (Codig) 1.0 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana, Jakarta (Sabtu, 15/12).

Gelaran Codig 1.0 tahun ini telah meloloskan 93 proposal, “Mereka berasal dari 17 perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se-Indonesia”,ujar Dr Mujiono selaku Ketua Pelaksana Codig 1.0.

Kompetisi tersebut terdiri dari beberapa kategori, diantaranya: Kompetisi Aplikasi Bisnis (KOMBIS), Kompetisi Penambangan Data (DAMIN),Kompetisi Pembuatan Game (GAMEDEV), dan Kompetisi Pengembangan Perangkat Lunak (KOMPAK).

Mahasiswa D IV TI PHB telah mengikuti kategori KOMPAK dan bersaing pada tahap semi final dengan mahasiswa Universitas Gunadarma, Politeknik Negeri Malang,UIN Syarif Hidayatullah dan Universitas Mercu Buana. Kemudian yang lolos pada grand final yakni tim Tawakal dari PHB dan 2 tim lain dari tuan rumah sendiri Universitas Mercu Buana.

Ginanjar Wiro Sasmito selaku Ka Prodi TI sangat bersyukur atas keberhasilan untuk yang kedua kali Tim Tawakal dapat meraih juara 1, setelah sebelumnya ditahun yang sama meraih juara 1 di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Politeknik Harapan Bersama dan ini untuk kesekian kalinya juga mahasiswa D IV TI mampu menorehkan prestasi di kompetisi perangkat lunak tingkat nasional” ujar Ginanjar.

Adapun produk yang dihasilkan oleh tim yang terdiri dari Azka Wildan Mukholladun, Novianto Arief Wibowo dan Ali Budi Purnomo adalah DoraemonApps. Merupakan sebuah aplikasi pelaporan dan penanganan kondisi darurat (emergency) yang menyangkut kesehatan dan keselamatan jiwa manusia dengan studi penerapan di wilayah kota Tegal.

“Aplikasi Doraemon Apps merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang berjalan pada platform android dengan fungsi untuk melaporkan kejadian darurat dan pertolongan pertama (chatbot) secara cepat, akurat, dan realtime ke rumah sakit atau institusi kesehatan terdekat”, jelas Ginanjar.

Ali Budi Purnomo menambahkan disamping aplikasi tersebut dapat melaporkan kejadian darurat, aplikasi Doraemon Apps juga menyediakan layanan atau fitur tambahan untuk warga supaya bisa berkonsultasi atau bisa menghubungi atau menelpon dokter spesialis, mantri dan bidan yang berada di Kota Tegal.

Adapun kategori lain seperti KOMBIS dijuarai oleh Not Yet Named (Institut Pertanian Bogor),DAMIN oleh Albacore (Universitas Mercu Buana), dan GAMEDEV oleh Visual Hijaiyah (Universitas Mercu Buana).

Berita Lainnya

Memotivasi Masyarakat Sadar Hukum Melalui Sosiodrama
Berita 14 Nov, 2019

Memotivasi Masyarakat Sadar Hukum Melalui Sosiodrama

Tegal – Bagian Hukum Setda bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Tegal mengadakan Lomba Sosiodrama atau Fragmen di Kegiatan Pembinaan…

Listrik Masuk ke Pantai Pulo Kodok
Berita 12 Jan, 2018

Listrik Masuk ke Pantai Pulo Kodok

TEGAL - Terlihat pegawai PLN sedang memasang tiang listrik di area Pantai Pulo Kosok Kelurahan Panggung Tegal Timur Kota Tegal.…

Pemain dan Crew Film Turah Dijamu Plt. Walikota Tegal
Berita 10 Sep, 2017

Pemain dan Crew Film Turah Dijamu Plt. Walikota Tegal

TEGAL – Keberhasilan Film Turah tentu membuat bangga Kota Tegal, selain prestasi yang telah ditorehkan. Film tersebut membuat dunia perfilman…

Dua Seniman Nyentrik Hadir di Diskusi Sastra PBIna UPS Tegal
Berita 24 Mar, 2018

Dua Seniman Nyentrik Hadir di Diskusi Sastra PBIna UPS Tegal

TEGAL - Pembelajaran perkuliahan di Universitas Pancasakti Tegal khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBIna) nampak berbeda seperti biasa. Perbedaan…

Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat
Berita 26 Jan, 2017

Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat

Tegal - Jargon yang menjadi judul besar tulisan ini - Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat - telah berumur kurang lebih…

Toko Pakaian Mulai Diserbu Warga
Berita 07 Jun, 2017

Toko Pakaian Mulai Diserbu Warga

TEGAL-Meski Idul Fitri 1438 Hijriyah masih lama, namun warga berbondong-bondong menyerbu toko pakaian di komplek Pasar Pagi Kota Tegal, Rabu…

Most from this category