Doraemon Apps Sabet Juara Nasional

TEGAL – Mahasiswa DIV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) kembali meraih juara1 pada Grand Final Kompetisi Nasional Code Up Your Digital Technologies (Codig) 1.0 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana, Jakarta (Sabtu, 15/12).

Gelaran Codig 1.0 tahun ini telah meloloskan 93 proposal, “Mereka berasal dari 17 perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se-Indonesia”,ujar Dr Mujiono selaku Ketua Pelaksana Codig 1.0.

Kompetisi tersebut terdiri dari beberapa kategori, diantaranya: Kompetisi Aplikasi Bisnis (KOMBIS), Kompetisi Penambangan Data (DAMIN),Kompetisi Pembuatan Game (GAMEDEV), dan Kompetisi Pengembangan Perangkat Lunak (KOMPAK).

Mahasiswa D IV TI PHB telah mengikuti kategori KOMPAK dan bersaing pada tahap semi final dengan mahasiswa Universitas Gunadarma, Politeknik Negeri Malang,UIN Syarif Hidayatullah dan Universitas Mercu Buana. Kemudian yang lolos pada grand final yakni tim Tawakal dari PHB dan 2 tim lain dari tuan rumah sendiri Universitas Mercu Buana.

Ginanjar Wiro Sasmito selaku Ka Prodi TI sangat bersyukur atas keberhasilan untuk yang kedua kali Tim Tawakal dapat meraih juara 1, setelah sebelumnya ditahun yang sama meraih juara 1 di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Politeknik Harapan Bersama dan ini untuk kesekian kalinya juga mahasiswa D IV TI mampu menorehkan prestasi di kompetisi perangkat lunak tingkat nasional” ujar Ginanjar.

Adapun produk yang dihasilkan oleh tim yang terdiri dari Azka Wildan Mukholladun, Novianto Arief Wibowo dan Ali Budi Purnomo adalah DoraemonApps. Merupakan sebuah aplikasi pelaporan dan penanganan kondisi darurat (emergency) yang menyangkut kesehatan dan keselamatan jiwa manusia dengan studi penerapan di wilayah kota Tegal.

“Aplikasi Doraemon Apps merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang berjalan pada platform android dengan fungsi untuk melaporkan kejadian darurat dan pertolongan pertama (chatbot) secara cepat, akurat, dan realtime ke rumah sakit atau institusi kesehatan terdekat”, jelas Ginanjar.

Ali Budi Purnomo menambahkan disamping aplikasi tersebut dapat melaporkan kejadian darurat, aplikasi Doraemon Apps juga menyediakan layanan atau fitur tambahan untuk warga supaya bisa berkonsultasi atau bisa menghubungi atau menelpon dokter spesialis, mantri dan bidan yang berada di Kota Tegal.

Adapun kategori lain seperti KOMBIS dijuarai oleh Not Yet Named (Institut Pertanian Bogor),DAMIN oleh Albacore (Universitas Mercu Buana), dan GAMEDEV oleh Visual Hijaiyah (Universitas Mercu Buana).

Berita Lainnya

Popda Kecamatan Tegal Timur Tumbuhkembangkan Prestasi Olahraga di Kalangan Pelajar
Berita 14 Feb, 2017

Popda Kecamatan Tegal Timur Tumbuhkembangkan Prestasi Olahraga di Kalangan Pelajar

Tegal – Dengan diiringi penampilan Marching Band, Devile Atlet Popda Kecamatan Tegal Timur begitu meriah dan penuh semangat dari para…

Tingkatkan Kedekatan Dengan Anak, Walikota Gagas Gerakan 1821
Berita 09 Apr, 2017

Tingkatkan Kedekatan Dengan Anak, Walikota Gagas Gerakan 1821

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal terus membuat gebrakan untuk mewujudkan anak di Kota Tegal menjadi anak-anak yang cerdas. Salah satu gebrakan Walikota…

Masyarakat Perlu Tahu Sistem Penganggaran Pemerintah
Berita 07 Feb, 2018

Masyarakat Perlu Tahu Sistem Penganggaran Pemerintah

Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh dalam Dialog interaktif dengan Warga Kelurahan Debong Tengah, Rabu (7/2) menyampaikan bahwa masyarakat perlu…

Kementerian Perindustrian Adakan Bimtek Bagi IKM Kota Tegal
Berita 11 Aug, 2017

Kementerian Perindustrian Adakan Bimtek Bagi IKM Kota Tegal

TEGAL – Penyelenggaraan Bimbingan Teknis dalam rangka penumbuhan pengembangan wirausaha baru industri kecil dan menengah di Kota Tegal, kegiatan yang…

Koramil 03/Sumurpanggang Latih PBB Siswa
Berita 04 Apr, 2018

Koramil 03/Sumurpanggang Latih PBB Siswa

TEGAL - Dalam rangka persiapan menghadapi seleksi Paskibra HUT RI tahun 2018 Kota Tegal. Koramil 03/Sumurpanggang melatih sejumlah siswa yang…

95 Warga Disabilitas dan Kurang Mampu Kota Tegal Terima KJS.
Berita 05 Oct, 2017

95 Warga Disabilitas dan Kurang Mampu Kota Tegal Terima KJS.

TEGAL- Sebanyak 95 warga Kota Tegal menerima Katu Jawa Tengah Sejahtera (KJS) dari Pemerintah Kota Tegal. Penyerahan KJS dilakukan secara…

Most from this category