Doraemon Apps Sabet Juara Nasional

TEGAL – Mahasiswa DIV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) kembali meraih juara1 pada Grand Final Kompetisi Nasional Code Up Your Digital Technologies (Codig) 1.0 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana, Jakarta (Sabtu, 15/12).

Gelaran Codig 1.0 tahun ini telah meloloskan 93 proposal, “Mereka berasal dari 17 perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se-Indonesia”,ujar Dr Mujiono selaku Ketua Pelaksana Codig 1.0.

Kompetisi tersebut terdiri dari beberapa kategori, diantaranya: Kompetisi Aplikasi Bisnis (KOMBIS), Kompetisi Penambangan Data (DAMIN),Kompetisi Pembuatan Game (GAMEDEV), dan Kompetisi Pengembangan Perangkat Lunak (KOMPAK).

Mahasiswa D IV TI PHB telah mengikuti kategori KOMPAK dan bersaing pada tahap semi final dengan mahasiswa Universitas Gunadarma, Politeknik Negeri Malang,UIN Syarif Hidayatullah dan Universitas Mercu Buana. Kemudian yang lolos pada grand final yakni tim Tawakal dari PHB dan 2 tim lain dari tuan rumah sendiri Universitas Mercu Buana.

Ginanjar Wiro Sasmito selaku Ka Prodi TI sangat bersyukur atas keberhasilan untuk yang kedua kali Tim Tawakal dapat meraih juara 1, setelah sebelumnya ditahun yang sama meraih juara 1 di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Politeknik Harapan Bersama dan ini untuk kesekian kalinya juga mahasiswa D IV TI mampu menorehkan prestasi di kompetisi perangkat lunak tingkat nasional” ujar Ginanjar.

Adapun produk yang dihasilkan oleh tim yang terdiri dari Azka Wildan Mukholladun, Novianto Arief Wibowo dan Ali Budi Purnomo adalah DoraemonApps. Merupakan sebuah aplikasi pelaporan dan penanganan kondisi darurat (emergency) yang menyangkut kesehatan dan keselamatan jiwa manusia dengan studi penerapan di wilayah kota Tegal.

“Aplikasi Doraemon Apps merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang berjalan pada platform android dengan fungsi untuk melaporkan kejadian darurat dan pertolongan pertama (chatbot) secara cepat, akurat, dan realtime ke rumah sakit atau institusi kesehatan terdekat”, jelas Ginanjar.

Ali Budi Purnomo menambahkan disamping aplikasi tersebut dapat melaporkan kejadian darurat, aplikasi Doraemon Apps juga menyediakan layanan atau fitur tambahan untuk warga supaya bisa berkonsultasi atau bisa menghubungi atau menelpon dokter spesialis, mantri dan bidan yang berada di Kota Tegal.

Adapun kategori lain seperti KOMBIS dijuarai oleh Not Yet Named (Institut Pertanian Bogor),DAMIN oleh Albacore (Universitas Mercu Buana), dan GAMEDEV oleh Visual Hijaiyah (Universitas Mercu Buana).

Berita Lainnya

Dinas Pendidikan Kota Tegal Jamin Tak Ada Bocoran UNBK
Berita 23 Apr, 2018

Dinas Pendidikan Kota Tegal Jamin Tak Ada Bocoran UNBK

TEGAL-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dr. Johardi memastikan tidak ada bocoran soal-soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada…

Ada Pungli, Segera Laporkan ke Saber Pungli
Berita 30 Jan, 2017

Ada Pungli, Segera Laporkan ke Saber Pungli

TEGAL- Terkait pungutan liar (pungli) Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali menegaskan komitmenya bahwa lembaga pemerintahan harus bebas…

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal Menerima Kunjungan Pelajar SMA dan SMK se-Kab. Tegal.
Berita 05 Sep, 2018

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal Menerima Kunjungan Pelajar SMA dan SMK se-Kab. Tegal.

TEGAL-Sebanyak 100 Perwakilan Pelajar SMA dan SMK Se-Kab. Tegal melaksanakan kunjungan ke Markas Komando Pangkalan TNI-AL (Mako LANAL) Tegal di…

Koalisi Kependudukan Diharapkan Membantu Dalam Menentukan Kebijakan
Berita 21 Mar, 2019

Koalisi Kependudukan Diharapkan Membantu Dalam Menentukan Kebijakan

TEGAL-Pengurus Koalisi Kependudukan tingkat Kota Tegal dikukuhkan Kamis (21/03) di Gedung Adipura Kota Kompleks Balaikota Tegal. Mereka dikukuhkan oleh Ketua…

Hari Pelanggan Nasional PLN Area Tegal Lakukan Ini
Berita 05 Sep, 2018

Hari Pelanggan Nasional PLN Area Tegal Lakukan Ini

Tegal - Hari ini bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional PT.PLN (Persero) Area Tegal melakukan beberapa kegiatan salah satunya melakukan kunjungan…

Batik Tegal dan Kardinah
Berita 02 Oct, 2017

Batik Tegal dan Kardinah

TEGAL – Tanggal 2 Oktober merupakan hari Batik Nasional, dimana batik merupakan warisan budaya penetapan batik oleh UNESCO sebagai Warisan…

Most from this category