Pemerintah Kota Tegal Dorong Pengembangan IKM

Belgia – Memenuhi undangan dari AWEX Wallonia Region, Belgia, Walikota Tegal memimpin delegasi untuk acara penandatanganan MoU antara AWEX dengan APIK BANGET, pada hari Kamis (13/12) pukul 11.00 waktu setempat (17.00 WIB) bertempat di kantor AWEX di Place Saintctelette, Brussels.

APIK BANGET (Asosiasi Perajin Industri Kecil Siap Mengembangkan Ekonomi Tegal) diwakili oleh Fahmi Haikal Abduh, pelaku IKM logam, sedangkan dari AWEX diwakili oleh Jean-Pierre Marcelle, Chief Operation Manager AWEX. Ikut menandatangani perjanjian kerjasama HM. Nursholeh dan Isabelle Pollet, Direktur Asia Pasifik AWEX.

Dengan penandatangan MoU ini, IKM Kota Tegal didorong terus berinovasi mengembangkan produk untuk melakukan ekspor sesuai syarat dan ketentuan, untuk memenuhi permintaan pasar Eropa.

Walikota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada AWEX yang telah mengundang delegasi Kota Tegal untuk pengembangan IKM, dalam pemasaran produk di Eropa melalui Belgia sebagai pintu masuk.

Sebagai wujud nyata dari kerjasama ini, pihak AWEX menyediakan ruang kantor lengkap dengan fasilitasnya, bertempat di kota Liège, yg dapat digunakan secara gratis oleh para pelaku usaha dari Kota Tegal untuk melakukan riset pasar, bertemu dengan pelaku usaha setempat, dan memulai melakukan usaha/ekspor produk di Belgia dan Eropa.

Misi dagang Pemerintah Wallonia ke Indonesia direncanakan pada bulan September tahun depan, dan momen ini dapat dijadikan peluang bagi pelaku usaha/IKM Kota Tegal untuk melalukan usaha di Belgia dan Eropa.

Sebelumnya juga akan dilakukan berbagai seminar dan pertemuan untuk mempersiapkan kunjungan AWEX dengan beberapa pelaku usaha Belgia ke Indonesia, termasuk ke Kota Tegal.

Untuk menindaklanjuti hasil kerjasama yang sudah ditandatangani, asosiasi IKM APIK BANGET dengan fasilitasi Pemerintah Kota Tegal dapat melakukan komunikasi dan berdiskusi dengan perwakilan AWEX yang sudah membuka kantor di Jakarta, bertemu dengan Christope sebagai Kepala Perwakilan AWEX di Indonesia.

Sementara dikonfirmasi melalui sambungan pesawat telepon, Nursholeh berharap program kerjasama ini tetap dilanjutkan oleh kepala daerah yang akan datang, karena peluang pemasaran industri pelaku usaha di Kota Tegal sangat besar. Terlebih Fatmi Woro dan tim dari MUTIGO INDONESIA sebagai business partner Pemerintah Belgia telah berperan aktif sehingga Kota Tegal dapat membuka akses dengan AWEX, Wallonia Region, Belgia.

 

Berita Lainnya

Masyarakat Diajak Taat Bayar Pajak Kendaraan
Berita 12 Nov, 2018

Masyarakat Diajak Taat Bayar Pajak Kendaraan

TEGAL-Kepala Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Kota Tegal Supriyono, mengajak masyarakat untuk taat bayar pajak kendaraan bermotor.  Menurut Dia,…

Ribuan Peserta Ikuti Aksi Pungut Sampah
Berita 15 Sep, 2018

Ribuan Peserta Ikuti Aksi Pungut Sampah

Ribuan peserta yang berasal dari berbagai unsur baik PNS, TNI/Polri, Pramuka, Pelajar dan Komunitas-komunitas mengikuti aksi pungut sampah di Pantai…

Bantuan Stimulan Jamban Dilakukan Bertahap
Berita 09 Oct, 2018

Bantuan Stimulan Jamban Dilakukan Bertahap

TEGAL - Bantuan stimulan jamban di wilayah Puskesmas Tegal Timur akan dilakukan secara bertahap. Sehingga warga diminta untuk bersabar. Karena…

Polisi Gelar Razia STNK per 11 Januari 2018 Adalah HOAX
Berita 16 Jan, 2018

Polisi Gelar Razia STNK per 11 Januari 2018 Adalah HOAX

TEGAL - Sempat beredar di berbagai media sosial terkait akan adanya razia STNK yang akan dilakukan oleh Pemda, Dishub, bekerja…

LAYANAN SAKLAR Memudahkan Warga Dalam Mengurus Perizinan Tertentu.
Berita 02 Aug, 2018

LAYANAN SAKLAR Memudahkan Warga Dalam Mengurus Perizinan Tertentu.

Semarang – Dari (3) tiga inovasi yang di kirimkan untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Provinsi Jawa Tengah,…

Disdikbud Gelar Bimtek Kurtilas
Berita 10 Jul, 2017

Disdikbud Gelar Bimtek Kurtilas

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Kurikulum 2013 (Kurtilas) selama 6 hari, 10-15 Juli 2017…

Most from this category