Pemkot Tegal Gelar Diskusi Pengadaan Barang dan Jasa

TEGAL-Pemerintah  Kota Tegal melalui Bagian Pembangunan Setda Kota Tegal menggelar diskusi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Rabu (12/12) di gedung Adipura Kawasan Balai Kota Tegal. Kegiatan diikuti Pengguna/Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Tim LPSE dan Pokja di lingkungan Pemkot Tegal.

Diskusi tersebut mengusung tema Akuntabilitas Pengadaan Barang/Jasa untuk Pembangunan yang Berkualitas

Kepala Bagian Pembanguna Setda Kota Tegal, M. Rudy Herstyawan mengatakan, Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang ada dilingkungan pemerintah mengalami berbagai dinamika aturan dan kebijakan, baik kualitasnya maupun kuantitasnya.

“Semua stake holder Pengadaan Barang dan Jasa harus dapat melaksanakan aturan dan kriteria Pengadaan Barang dan Jasa yang sudah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah yaitu Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa, dengan menjamin proses Pengadaan Barang dan Jasa yang berkualitas”, kata Rudy.

Staff Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Ir. Gito Musriyono, mengatakan Pengadaan Barang dan Jasa tidak hanya lelang saja. Akan tetapi mulai identifikasi kebutuhan sampai ke serah terima pekerjaan/barang.

“Kalau kita cermati, Pengadaan Barang dan Jasa dimulai perencanaan sampai terwujud.  Pengadaan Barang dan Jasa sangat berarti daalam mencapai apa yang menjadi tujuan pembangunan”, ujar Gito.

Sedangkan Narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Anita, memaparkan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) sebagai pusat keunggulan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Model kelembagaan UKPBJ yakni, disetiap Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dibentuk 1 UKPBJ yang melaksanakan fungsi UKPBJ untuk seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Sementara itu, narasumber kedua Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Sukabumi, Fahrurazi mengatakan, PJB dapat diartikan kegiatan pengadaan barang atau jasa oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya diidetifikasi kebutuhan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan.

Jenis pengadaan yakni, barang, pekerja konstruksi, jasa konstruksi dan jasa lainnya. Fahrurazi menjelaskan, PJB dapat dilakukan secara terintegrasi dengan mengemas beberapa jenis pengadaan dalam satu paket pekerjaan yang menurut sifatnya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Berita Lainnya

KPU Kota Tegal Sasar Komunitas Musik
Berita 01 Apr, 2018

KPU Kota Tegal Sasar Komunitas Musik

TEGAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menyasar Komunitas Musik untuk mensosialisasikan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan…

Keluarga Tri Setyowati Maju ke Tingkat Provinsi
Berita 05 Apr, 2018

Keluarga Tri Setyowati Maju ke Tingkat Provinsi

TEGAL - Adalah keluarga Tri Setyowati dan Suherman, salah satu keluarga di RT 6 RW 1 Keluarahan Tunon Kecamatan Tegal…

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya
Berita 09 Jul, 2018

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak…

UP3 PLN Tegal Mengajar dan Tanam Pohon Produktif
Berita 14 Dec, 2018

UP3 PLN Tegal Mengajar dan Tanam Pohon Produktif

TEGAL - Dalam rangka membantu peningkatan pendidikan dan ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa serta menumbuhkan minat dan kepedulian kepada…

Lebih Dekat dengan Warga, Ghautsun-Muslih Gelar Open House
Berita 22 Jun, 2018

Lebih Dekat dengan Warga, Ghautsun-Muslih Gelar Open House

TEGAL - Halalbihalal dengan open house dilakukan oleh Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Nomor urut 2 H.…

Timun Suri Laris Manis Saat Ramadhan
Berita 06 Jun, 2017

Timun Suri Laris Manis Saat Ramadhan

TEGAL-Sudah menjadi tradisi setiap bulan suci Ramadhan, pedagang timun suri bermunculan di sejumlah pasar tradisional dan pinggir jalan Kota Tegal.…

Most from this category