Bersinergi Hijaukan Pantai Utara Jawa

TEGAL-Dalam rangka memperingati Hari Armada RI Ke-73, Hari Nusantara Ke-17 dan Hari Ikan Nasional Ke-5 Tahun 2018, Pangkalan TNI-AL  (LANAL) Tegal bersama dengan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kab. Tegal menggelar Program Penghijauan Pantai Utara Jawa, Selasa, (27/11).

Sebanyak 2.000 (dua ribu) bibit pohon cemara laut dan 26.000.000 (dua puluh enam ribu) bibit pohon mangrove akan ditanam diseluruh Kawasan Pesisir Pantai Utara Jawa Kab. Tegal hingga perbatasan Kab. Pemalang, melalui Program tersebut, guna menimalisir abrasi pantai.

Kegiatan penanaman bibit pohon yang melibatkan ratusan personel dari Lanal Tegal dan Staff DKKP, Perwakilan Pelajar/Mahasiswa Serta Para Stake Holder Kemaritiman.

Kegiatan ini diawali dengan Prosesi Upacara yang digelar di Lapangan Desa Munjung Agung Kec. Kramat dengan inspektur upacara Sekda Kab. Tegal dr. Widodo Joko Mulyono M.Kes, MM dan bertindak sebagai Komandan Upacara Paspotmar Lanal Tegal Kapten Laut (P) Subandi.

Selepas Prosesi Upacara ceremonial tersebut, Jajaran Forkompinda Kab. Tegal yang ikut hadir dalam upacara ini, ikut melaksanakan penanaman bibit pohon cemara laut secara simbolik, termasuk diantaranya Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla yang hadir didampingi Ny.Endah Agus Hariyanto.

Dalam Keterangannya, Komandan Lanal Tegal, Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla menyampaikan bahwa Program tersebut merupakan upaya bersama antara TNI-AL dalam hal ini Lanal Tegal dengan Pemerintah Daerah melalui DKPP Kab. Tegal untuk melakukan penghijauan dikawasan pesisir sekaligus untuk menimalisir Abrasi Pantai Utara Jawa.

Lebih jauh lagi orang nomor satu di Lanal Tegal menambahkan meskipun manfaatnya hanya dapat dirasakan dalam jangka panjang, akan tetapi dengan adanya kawasan pantai yang hijau dan rindang, tentunya akan menambah destinasi wisata baru di wilayah Kab. Tegal.

Letkol Agus Haryanto memberikan contoh, seperti yang ada dikawasan Pantai Larangan ini yang dulu pohon cemaranya ditanam oleh Prajurit Lanal beserta Warga masyarakat setempat dan sekarang telah menjadi Destinasi Wisata baru.

Berita Lainnya

Pastikan Kesiapan Mudik, Mobil Ambulan Dicek
Berita 14 Jun, 2017

Pastikan Kesiapan Mudik, Mobil Ambulan Dicek

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal memastikan 15 armada ambulan dan 2 unit ambulan motor siap digunakan saat musim mudik lebaran tahun…

Anggota Lanal Tegal Diambil Data Gigi Antemortem
Berita 19 Jul, 2019

Anggota Lanal Tegal Diambil Data Gigi Antemortem

TEGAL-Bertempat Tim Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi)TNI Angkatan Laut RE Martadinata Diskesal melaksanakan Pengambilan Data Gigi Antemortem kepada seluruh Perwira, Anggota…

Pekerja Perempuan Besar, Dinkes Galakan GP2SP
Berita 09 Apr, 2019

Pekerja Perempuan Besar, Dinkes Galakan GP2SP

TEGAL – Jumlah pekerja perempuan di Kota Tegal sebanyak 41,76 persen dari 13.018 orang pekerja yang ada di Kota Tegal.…

Dapat Bantuan Perlu Dibuktikan Status Kepemilikan Lahan
Berita 19 Jul, 2017

Dapat Bantuan Perlu Dibuktikan Status Kepemilikan Lahan

TEGAL-Kabid Pendidikan Khusus Provinsi Jawa Tengah Dr. Padmaningrum menyampaikan terkait bantuan dari pusat kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) salah satu…

DLH Adakan Penyuluhan Pengelolaan Air Limbah
Berita 05 Sep, 2019

DLH Adakan Penyuluhan Pengelolaan Air Limbah

Tegal - Penyuluhan pengolahan air limbah dengan menghadirkan Konsultan Lingkungan dari Belgia Olivier Piantadosi dan aktivis Yayasan Kekuatan Cinta Bethania…

BPJS Kesehatan Cabang Tegal  Kerja Sama Dengan Hotel dan RM
Berita 16 Jun, 2017

BPJS Kesehatan Cabang Tegal Kerja Sama Dengan Hotel dan RM

TEGAL-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tegal dan hotel serta satu rumah makan (RM), Jum’at (16/6) siang, menandatangani nota…

Most from this category