Bawaslu Minta ASN Jaga Netralitas

TEGAL-Badan Pengawas Pemilu Kota Tegal menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan Dengan Stakeholder dan Masyarakat, Rabu (28/11) Plaza Hotel Tegal Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo No. 2 Kel. Pesurungan Kidul Kec. Tegal Barat Kota Tegal.

Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Bawaslu Kota Tegal, perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Tegal, Polri, organisasi masyarkat dan tokoh masyarakat.

Sebagai narasumber yakni, Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh yang diwakili Asisten I Setda Kota Tegal, Imam Badarudin, Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto dan sebagai moderator Komisioner Bawaslu Kota Tegal, Nurbaeni.

Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh yang diwakili Asisten I Setda Kota Tegal, Imam Badarudin mendorong menjaga memenuhi netralisanya, agar tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon Presiden/Wakil Presiden dengan cara, membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye atau mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye.

Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto berharap, para stakeholder untuk mengambil peran aktif dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu, Akbar meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral dan tidak ada yang berpihak pada Pemilu 2019.

Netralitas ASN atau PNS, kata Akbar, diatur pada Pasal 9 ayat (2) UU Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik dan Pasal 87 ayat (4) huruf C UU Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena menjadi anggota dan pengurus Partai politik.

Akbar menambahkan, selain ASN, para honorer Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal diminta untuk menjaga netralitas selama berlangsungnya proses kampanye. Akbar menyebut bahwa para honorer yang berstatus sebagai honor daerah harus tetap menjaga netralitasnya pada Pilpres dan Pileg 2019 nanti.

“Honorer yang masuk kategori honor daerah tetap harus menjaga netralitas saat Pemilu karena kontrak kerjanya ditandatangani langsung oleh Pemerintah Daerah,” ujar Akbar.

Menurut Akbar, tidak semua honorer harus dituntut menjaga netralitas saat pemilu, seperti honorer berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) yang biasa diangkat oleh Organisadi Perangkat Daerah (OPD). Akan tetapi.

Akbar menghimbau agar masyarkat yang bekerja di wilayah pemerintahan diminta tetap netral saat Pemilu. Sebab, warga yang bekerja di pemerintahan mesti memiliki citra tersendiri di lingkungan sekitar.

Berita Lainnya

Tugu Garuda Dibongkar dan Akan di Bangun Model yang Sama di Jalan Pancasila
Berita 16 May, 2019

Tugu Garuda Dibongkar dan Akan di Bangun Model yang Sama di Jalan Pancasila

Tegal – Tugu Garuda di kawasan Alun-alun Kota Tegal mulai dibongkar petugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tegal.…

Taman Tegalsari Jadi Pilihan Ngabuburit
Berita 22 May, 2019

Taman Tegalsari Jadi Pilihan Ngabuburit

Tegal – Taman Tegalsari yang beberapa bulan lalu telah ditata rapi, kini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bersantai dengan keluarga.…

Tampil Beda Usai di Pugar, Pendopo Ki Gede Sebayu Diresmikan Walikota
Berita 12 Jul, 2017

Tampil Beda Usai di Pugar, Pendopo Ki Gede Sebayu Diresmikan Walikota

TEGAL- Usai selesai di pugar beberapa waktu yang lalu, Pendopo Ki Gede Sebayu akhirnya diresmikan penggunaanya oleh Walikota Tegal KMT…

Begini Cara Mahasiswa UPS Tegal Kampanyekan Sastra
Berita 15 Apr, 2018

Begini Cara Mahasiswa UPS Tegal Kampanyekan Sastra

Tegal – Baru baru ini mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal baru saja mengadakan kampanye sastra tepatnya oleh mahasiswa fakultas keguruan dan…

Jumadi Minta Kampung Literasi Diduplikasi
Berita 06 Jul, 2019

Jumadi Minta Kampung Literasi Diduplikasi

Festival TBM dan Gramedia Bookfair dilaksanakan di Kampung Literasi, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Sabtu (6/7). Beragam kegiatan digelar pada…

Bekraf Ajak Pelaku UMKM Kreatif Gabung Bisma
Berita 09 Mar, 2017

Bekraf Ajak Pelaku UMKM Kreatif Gabung Bisma

TEGAl-Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota dan Kabupaten Tegal gabung dalam aplikasi…

Most from this category