Bawaslu Minta ASN Jaga Netralitas

TEGAL-Badan Pengawas Pemilu Kota Tegal menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan Dengan Stakeholder dan Masyarakat, Rabu (28/11) Plaza Hotel Tegal Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo No. 2 Kel. Pesurungan Kidul Kec. Tegal Barat Kota Tegal.

Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Bawaslu Kota Tegal, perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Tegal, Polri, organisasi masyarkat dan tokoh masyarakat.

Sebagai narasumber yakni, Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh yang diwakili Asisten I Setda Kota Tegal, Imam Badarudin, Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto dan sebagai moderator Komisioner Bawaslu Kota Tegal, Nurbaeni.

Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh yang diwakili Asisten I Setda Kota Tegal, Imam Badarudin mendorong menjaga memenuhi netralisanya, agar tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon Presiden/Wakil Presiden dengan cara, membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye atau mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye.

Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto berharap, para stakeholder untuk mengambil peran aktif dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu, Akbar meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral dan tidak ada yang berpihak pada Pemilu 2019.

Netralitas ASN atau PNS, kata Akbar, diatur pada Pasal 9 ayat (2) UU Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik dan Pasal 87 ayat (4) huruf C UU Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena menjadi anggota dan pengurus Partai politik.

Akbar menambahkan, selain ASN, para honorer Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal diminta untuk menjaga netralitas selama berlangsungnya proses kampanye. Akbar menyebut bahwa para honorer yang berstatus sebagai honor daerah harus tetap menjaga netralitasnya pada Pilpres dan Pileg 2019 nanti.

“Honorer yang masuk kategori honor daerah tetap harus menjaga netralitas saat Pemilu karena kontrak kerjanya ditandatangani langsung oleh Pemerintah Daerah,” ujar Akbar.

Menurut Akbar, tidak semua honorer harus dituntut menjaga netralitas saat pemilu, seperti honorer berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) yang biasa diangkat oleh Organisadi Perangkat Daerah (OPD). Akan tetapi.

Akbar menghimbau agar masyarkat yang bekerja di wilayah pemerintahan diminta tetap netral saat Pemilu. Sebab, warga yang bekerja di pemerintahan mesti memiliki citra tersendiri di lingkungan sekitar.

Berita Lainnya

Ketua RT RW di Kelurahan Pesurungan Kidul Diberi Pembekalan
Berita 08 Jan, 2018

Ketua RT RW di Kelurahan Pesurungan Kidul Diberi Pembekalan

TEGAL - Bertempat di Pendopo Kelurahan Pesurungan Kidul para Ketua RT dan RW dilingkungan Kelurahan Pesurungan Kidul mengikuti pembekalan terkait…

Overload, Orang Luar Dilarang Membuang Sampah di Pasar Bandung
Berita 22 Jan, 2018

Overload, Orang Luar Dilarang Membuang Sampah di Pasar Bandung

TEGAL - Tempat sampah yang ada di Pasar Bandung, Kota Tegal, hampir setiap hari kelebihan sampah. Karena sampah yang ada…

Tidak ada Korban Jiwa dalam Kebakaran Ruko di Jalan Pancasila
Berita 09 Apr, 2017

Tidak ada Korban Jiwa dalam Kebakaran Ruko di Jalan Pancasila

TEGAL – Nampak kerumunan masyarakat di jalan Pancasila Kota Tegal pada Minggu (9/4) malam dikarenakan adanya api yang melalap beberapa…

Teater Akar Gelar Workshop
Berita 24 Dec, 2018

Teater Akar Gelar Workshop

Tegal – Perkembangan teater di Tegal beberapa tahun ini mengalami perkembangan yang pesat, terbukti dengan maraknya kegiatan bertajuk pertunjukan teater,…

Tiga Pejabat Kabupaten Tegal Ikuti Lelang Jabatan Eselon II Kota Tegal
Berita 04 Dec, 2017

Tiga Pejabat Kabupaten Tegal Ikuti Lelang Jabatan Eselon II Kota Tegal

Tiga orang pejabat dari kabupaten Tegal, mengikuti lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Kota Tegal, ketiga pejabat tersebut…

Taruna dan Perwira SMK Pelayaran Bahari Diwisuda
Berita 15 May, 2017

Taruna dan Perwira SMK Pelayaran Bahari Diwisuda

TEGAL-Sebanyak 90 siswa kelas XII Taruna SMK Pelayaran Bahari Angkatan XXI dan 18 Perwira Muda Ant/ATT IV Tahun 2017, Senin…

Most from this category