Bawaslu Minta ASN Jaga Netralitas

TEGAL-Badan Pengawas Pemilu Kota Tegal menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan Dengan Stakeholder dan Masyarakat, Rabu (28/11) Plaza Hotel Tegal Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo No. 2 Kel. Pesurungan Kidul Kec. Tegal Barat Kota Tegal.

Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Bawaslu Kota Tegal, perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Tegal, Polri, organisasi masyarkat dan tokoh masyarakat.

Sebagai narasumber yakni, Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh yang diwakili Asisten I Setda Kota Tegal, Imam Badarudin, Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto dan sebagai moderator Komisioner Bawaslu Kota Tegal, Nurbaeni.

Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh yang diwakili Asisten I Setda Kota Tegal, Imam Badarudin mendorong menjaga memenuhi netralisanya, agar tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon Presiden/Wakil Presiden dengan cara, membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye atau mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye.

Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto berharap, para stakeholder untuk mengambil peran aktif dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu, Akbar meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral dan tidak ada yang berpihak pada Pemilu 2019.

Netralitas ASN atau PNS, kata Akbar, diatur pada Pasal 9 ayat (2) UU Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik dan Pasal 87 ayat (4) huruf C UU Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena menjadi anggota dan pengurus Partai politik.

Akbar menambahkan, selain ASN, para honorer Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal diminta untuk menjaga netralitas selama berlangsungnya proses kampanye. Akbar menyebut bahwa para honorer yang berstatus sebagai honor daerah harus tetap menjaga netralitasnya pada Pilpres dan Pileg 2019 nanti.

“Honorer yang masuk kategori honor daerah tetap harus menjaga netralitas saat Pemilu karena kontrak kerjanya ditandatangani langsung oleh Pemerintah Daerah,” ujar Akbar.

Menurut Akbar, tidak semua honorer harus dituntut menjaga netralitas saat pemilu, seperti honorer berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) yang biasa diangkat oleh Organisadi Perangkat Daerah (OPD). Akan tetapi.

Akbar menghimbau agar masyarkat yang bekerja di wilayah pemerintahan diminta tetap netral saat Pemilu. Sebab, warga yang bekerja di pemerintahan mesti memiliki citra tersendiri di lingkungan sekitar.

Berita Lainnya

PJS Wali Kota Himbau, RKPD Selaras dengan Prioritas Musrenbang
Berita 19 Mar, 2018

PJS Wali Kota Himbau, RKPD Selaras dengan Prioritas Musrenbang

PJS. Wali Kota Tegal, Achmad Rofai menghimbau agar Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah harus selaras dengan usulan prioritas program dan…

Lawan Arus, Siap-siap Kena Tilang
Berita 14 Aug, 2017

Lawan Arus, Siap-siap Kena Tilang

TEGAL-Kepolisian Resor Tegal Kota gelar operasi rutin pelanggaran lalu lintas. Kegiatan tersebut merupakan upaya menekan kecelakaan lalu lintas di jalan.…

Disdikbud Sosialisasi Updating Data Pendidikan
Berita 14 Jul, 2017

Disdikbud Sosialisasi Updating Data Pendidikan

TEGAL-Untuk memperoleh data yang bermutu dan berkualitas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal menggelar sosialisasi updating data pendidikan, Jum’at…

Pemkot Tegal Gelar Temu Bisnis Pengusaha Besar dan Mikro
Berita 23 Aug, 2017

Pemkot Tegal Gelar Temu Bisnis Pengusaha Besar dan Mikro

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Tegal gelar temu bisnis (Matchmaking) peningkatan…

Jaringan Teater Tegal Audiensi dengan DPRD Kota Tegal
Berita 02 Feb, 2017

Jaringan Teater Tegal Audiensi dengan DPRD Kota Tegal

TEGAL – Jaringan Teater Tegal (JTT) melakukan audiensi ke DPRD Tegal, Rabu (01/02). Jaringan Teater Tegal (JTT) adalah jaringan teater…

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal  Terima Kunjungan Kerja Kementerian Pertahanan
Berita 03 Jul, 2018

Komandan Pangkalan TNI-AL Tegal Terima Kunjungan Kerja Kementerian Pertahanan

TEGAL-Komandan Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tegal,Lantamal V Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla beserta seluruh Perwira Staff Lanal Tegal menerima…

Most from this category