SD Ihsaniyah 1 dan SMP N 6 Disiapkan Sebagai Sekolah Sehat

TEGAL – SD Ihsaniyah 1 Pusaka Tegal dan SMP N 6 Tegal disiapkan untuk mewakili Kota Tegal di kancah sekolah sehat tingkat Provinsi pada tahun 2019.

“Penting sekali untuk dipersiapkan sejak dini, jika ada kekurangan agar dapat diperbaiki lebih awal,”  kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Budio Pradipto, SH saat memandu Sosialisasi Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kota Tegal Tahun 2018 di Gedung Adipura Kota Tegal, Selasa (27/11). Hadir sebagai narasumber sosialisasi  Sri Ekowatiningsih, SKM. M.Kes Penyuluh Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Drs. Budi Siswanto, M.Pd Kepala Program UKS SMP N 1 Cepogo Kabupaten Boyolali.

Untuk menjadi juara tingkat provinsi, Budio meminta peserta sosialisasi untuk melihat paparan narasumber dari SMP N 1 Cepogo Kabupaten Boyolali yang menjadi juara sekolah sehat terbaik tingkat Jawa Tengah. “Kita lihat kiat-kiat SMP N 1 Cepogo menjadi  juara,” ungkap Budio.

Disebutkan Budio, pada  tahun 2018 prestasi yang diperoleh sekolah di Kota Tegal yakni juara dua sekolah sehat tingkat provinsi Jawa Tengah yang diraih oleh SMP N 2 Tegal dan SD N Tegalsari 6.

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 240 orang yang terdiri dari Tim Pembina dan Sekretaris Tim Pembina UKS Kota Tegal, Unsur Pembina UKS Kecamatan se-Kota Tegal, Ketua/Anggota Tim Pelaksana UKS/M dari SD/MI dan SMP/MTs Negeri dan Swasta se-Kota Tegal.

Budi Siswanto mengatakan sekolahnya memiliki prestasi sekolah sehat juara 1 tingkat provinsi dan finalis lomba sekolah sehat nasional pada tahun 2016. Untuk menjadi juara, pihaknya melaksanakan langkah-langkah menuju sekolah sehat dengan menyusun program sekolah sehat, sosialisasi kepada warga sekolah, sosialisasi kepada komite sekolah, kerja sama dengan instansi terkait seperti puskesmas, PKK dan masyarakat sekitar, membentuk team sekolah sehat, studi banding, membuat potofolio dan pelaksanaan program kerja.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Tegal Drs. M. Ali Rosyidi, M.Pd dalam laporannya mengatakan tujuan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran semua stakeholder terkait tentang pentingnya UKS/M dengan memberikan pemahaman kepada peserta tentang kebijakan pelaksanaan UKS/M melalui model sekolah sehat dan memberikan contoh praktik terbaik pelaksanaan UKS/M di sekolah/madrasah.

Sosialisasi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Tegal Herlien Tedjo Oetami, SH mewakili Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd. Dalam sambutan Walikota yang disampaikan Herlien, dengan sosialisasi yang dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Kota Tegal mengajak para tim pembina UKS/M untuk jeli dan giat mengembangkan UKS/M.

Walikota menyebut adapun beberapa langkah upaya telah disiapkan pemerintah Kota Tegal agar usaha ini bisa dilakukan dengan optimal. Antara lain menyelenggarakan rapat koordinasi Tim Pembina UKS/M secara rutin dan pembinaan UKS/M secara berjenjang, mengaktifkan keberadaan kesekretariatan UKS/M dengan penyediaan Ruang Khusus Sekretariat UKS dan sarana penunjangnya, mendorong Camat untuk segera membentuk Tim Pembina UKS/M tingkat Kecamatan dan mengusulkan kegiatan dalam rangka pembinaan dan pengembangan UKS di tingkat kecamatan, memberi dukungan anggaran dan pembinaan pengembangan UKS/M di Kota Tegal, mendorong Kepala Sekolah/ Madrasah untuk mengambil kebijakan internal yang mendukung terlaksananya program UKS/M di sekolah/madrsah.

“Dengan dukungan dan upaya yang dilakukan pemerintah Kota Tegal maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak segera dengan giat mengelola UKS/M dengan sebaik mungkin. Sebab kesehatan anak-anak kita, generasi muda kita adalah aset dalam menciptakan SDM yang berkualitas lahir dan batin,” ungkap Walikota.

Berita Lainnya

Kang Nur Resmikan Sekolah Terminal.
Berita 23 Oct, 2017

Kang Nur Resmikan Sekolah Terminal.

Tegal - Sekolah Terminal di TBM Sakila Kerti yang merupakan role model satu satunya di Indonesia diresmikan oleh oleh Plt.…

Revitalisasi Pasar Kejambon dilakukan 2017
Berita 06 Mar, 2017

Revitalisasi Pasar Kejambon dilakukan 2017

TEGAL- Berbagai langkah nyata pembenahan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Kota Tegal, tidak terkecuali terhadap pasar-pasar tradiosional yang ada di Kota…

Majukan Pariwisata Dengan Mengenali Faktor Pemicunya.
Berita 16 Mar, 2017

Majukan Pariwisata Dengan Mengenali Faktor Pemicunya.

Jakarta – Untuk lebih memajukan pariwisata di Kota Tegal, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, Plt.Kepala Dinas Kominfo Kota…

Kota Tegal Siap Hadapi Arus Mudik Balik
Berita 04 Jun, 2018

Kota Tegal Siap Hadapi Arus Mudik Balik

Secara umum Pemerintah Kota Tegal bersama Instansi terkait baik dari Polres Tegal Kota dan Kodim 0712 dan pihak-pihak terkait lainnya,…

Pentas Teater Ramaikan TBT Diawal Tahun
Berita 06 Jan, 2018

Pentas Teater Ramaikan TBT Diawal Tahun

TEGAL - Ratusan apresiator seni pertunjukan teater tumpah ruah di Teater Arena Taman Budaya Tegal tepatnya di Kompleks Gedung PPIB…

BPJS 17.064 Warga Miskin, Ditanggung Pemkot
Berita 01 Feb, 2018

BPJS 17.064 Warga Miskin, Ditanggung Pemkot

Sebanyak 17.064 warga miskin yang belum tercover Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Tegal, untuk bisa masuk…

Most from this category