Hari Anak Universal, Yuswo: Berikan Kesempatan Tumbuh Kembang Anak

TEGAL-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal menggelar peringatan Hari Anak Universal, Minggu (18/11) di Alun-alun Kota Tegal.

Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan OPD, Komisi III DPRD Kota Tegal Sutari, Procil Indonesia Community dan stakeholder lainnya.

Berbagai kegiatan digelar sebagai puncak acara Hari Anak Universal, seperti Penampilan Hiburan Masyarakat, Pencetakan KIA, Perpustakaan Keliling, Dongeng Anak, Deklarasi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, Poto Kontes dan lainnya.

Peringatan Hari Anak Universal setiap tahunnya diperingati secara serentak di seluruh dunia setiap tanggal 20 November.

Wali Kota Tegal, HM  Nursholeh yang di wakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Tegal, Yuswo Waluyo mengingatkan kepada orang tua, guru, lingkungan dan pemerintah bahwa, masing-masing memilki tanggung jawab terhadap pengembangan anak.

Menurut Yuswo, Hari Anak Universal didasari keprihatinan terhadap eksploitasi anak, anak dibawah umur yang sudah bekerja, mereka sudah diminta membantu keluarga dalam mencari nafkah.

“Kita perlu memberi kesempatan kepada anak untuk tumbuh kembang secara wajar”, kata Yuswo.

Selain itu, kata Yuswo, anak-anak berhak memperoleh waktu untuk bermain, bergembira bersama teman-temannya, diberi kesempatan berinteraksi dengan orang tua, baik untuk berkeluh-kesah, maupun memberikan kesempatan pertanyaan yang akan disampaikan anak.

“Orang tua wajib membimbing anak sebaik-baiknya. Jangan sampai terjadi KDRT. Selaku orang tua dalam runah tangga perlu sebaik-baiknya membimbing anak agar tumbuh kembangnya baik”, imbuh Yuswo.

Yuswo menuturkan, pemerintah dalam rangka meningkatkan tumbuh kembang anak berusaha mengurangi kemiskinan penduduk. Memberikan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan yang cukup memadai untuk kepentingan anak-anak.

Terkait maraknya anak punk yang kerap dijumpai di Kota Tegal, Yuswo mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut perlu bimbingan orang tua dan pemerintah.

“Kedepan, Kita berharap dapat membimbing mereka dengan membangun rumah singgah. Mereka akan dibimbing, dikonseling dan mempunyai kesempatan untuk masuk dunia pendidikan”, ungkap Yuswo.

Sementara, Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, Diah Triastuti berpesan, melalui peringatan Hari Anak Universal, selain bisa terpenuhi hak-haknya, anak -anak bebas mengeluarkan pendapat, dapat berkreasi, kreatif pada semua lini kegiatan. Kota Tegal selama 2 tahun berturut-turut mendapat predikat Kota Layak Anak tingkat Pratama.

“Kedepan, harapannya predikat akan meningkat. Tidak ada lagi kekerasan terhadap anak, pelecehan terhadap anak, sudah tidak ada lagi di Kota Tegal”, pungkas Diah, didampingi Ketua PPT Puspa Kota Tegal drg. Agus Dwi S.

Berita Lainnya

Dinkes Kota Tegal Ajak Warga Stop BAB Sembarangan
Berita 12 Mar, 2019

Dinkes Kota Tegal Ajak Warga Stop BAB Sembarangan

TEGAL- Dinas Kesehatan Kota Tegal gencar menggelar pemicuan program stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan atau open defecation free (ODF).…

Walikota Buka Acara Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ) Tingkat Kelurahan
Berita 28 Jan, 2017

Walikota Buka Acara Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ) Tingkat Kelurahan

FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang terbentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di masyarakat, kewaspadaan masyarakat adalah…

PelatihanPemasaran Online di PHB
Berita 07 Aug, 2019

PelatihanPemasaran Online di PHB

Pelatihan pemasaran online kembali diselenggarakan oleh Prodi D3 Teknik Komputer bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal pada…

Komandan Kodim 0712 Tegal Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci.
Berita 17 Aug, 2018

Komandan Kodim 0712 Tegal Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Tega – Komandan Kodim 0712 Tegal, Letnan Kolonel Kavaleri Kristianto. S.Sos pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati…

Sportifitas Cabang Olahraga Sepak Takraw Putri dalam Popda Tingkat Kota
Berita 22 Feb, 2017

Sportifitas Cabang Olahraga Sepak Takraw Putri dalam Popda Tingkat Kota

TEGAL – Pelaksanaan Popda cabang sepak takraw tingkat Kota Tegal  yang dilaksanakan pada 20-21 Februari 2017 di GOR Wisanggeni sudah…

PHB Bekali Lulusan Sukses di Dunia Kerja
Berita 20 Sep, 2018

PHB Bekali Lulusan Sukses di Dunia Kerja

TEGAL - Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia Bursa Kerja Khusus Politkenik Harapan Bersama (PHB) menggelar seminar bertajuk “Kiat Sukses…

Most from this category