Sembilan Kelurahan Deklarasi ODF

TEGAL – Sembilan kelurahan di Kota Tegal mendeklarasikan sebagai kelurahan Open Defection Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan.

Kesembilan kelurahan tersebut yakni Debong Kidul, Bandung, Kalinyamat Wetan, Debong Kulon, Debong Lor, Pekauman, Kemandungan, Cabawan dan Margadana.

Deklarasi dilakukan oleh sembilan lurah di hadapan Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd sebagai Pembina Apel Besar Hari Kesehatan Nasional ke-54 tingkat Kota Tegal Tahun 2018 di Jl. Proklamasi halaman Dinas Kesehatan Kota Tegal, Senin (12/11).  Hadir mengikuti Apel Besar HKN Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah, Petugas Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) dari rumah sakit, klinik, laboratorium klinik, petugas kesehatan, kader kesehatan dan mahasiswa Akper Kota Tegal.

Ada tiga hal yang dideklarasikan oleh para Lurah yang mengatasnamakan masyarakat masing-masing kelurahan. Mereka menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa perilaku buang air sembarangan adalah perbuatan yang tidak baik yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat. “Sehingga mulai saat ini kami akan buang air besar di jamban sehat, mempertahankan dan menjaga lingkungan di kelurahan kami untuk senantiasa dalam keadaan bersih, sehat dan berstatus ODF dan mendukung program pemerintah Kota Tegal dalam mewujudkan Kota Tegal ODF menuju Universal Access “100-0-100”,” ungkap para Lurah bersama-sama dengan lantang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari, SpKK menyebut berbagai kegiatan untuk memeriahkan HKN telah dilaksanakan, antara lain kegiatan pokok yaitu pengabdian masyarakat dan bhakti sosial, donor darah, screening penyakit degeranatif pada moment strategis, kegiatan pengembangan kapasitas dan promosi kesehatan dengan menyelenggarakan berbagai seminar, simposium kesehatan dan workshop, siaran radio, pemasangan spanduk dengan pesan HKN pada faskes di Kota Tegal dan berbagai lomba yang diikuti oleh masyarakat dan petugas kesehatan.

Dalam peringatan HKN ke-54 tersebut juga dilakukan launching Komisi Pemberantasan Kakus Liar (KPKL) Puskesmas Margadana. Launching dilakukan simbolis ditandai dengan penyematan topi kepada enam orang petugas kesehatan Puskesmas Margadana oleh Walikota Tegal.

Tak ketinggalan, Walikota menyerahkan penghargaan dalam rangka HKN tahun 2018 kepada dr. Indrawan Eko Murtono sebagai Pelaksana Terbaik Jejaring Layanan Kesehatan Ibu, dr. R. Setiyadi, Sp.A sebagai Pelaksana Terbaik Jejaring layanan Kesehatan Anak, Klinik Pratama Siti Hajar sebagai Pelaksana Tebraik Jejaring Layanan TB-HIV, RSI Harapan Anda sebagai Fasilitas Kesehatan Lanjut/Rujukan Tervaforit dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Kecamatan Tegal Timur sebagai Pelaksana Terbaik Kecamatan Pemberi Layanan Orang dengan Gangguan Jiwa, Mirza Akbar Ar Rasyid dari Kelurahan Sumurpanggang sebagai pemenang I Lomba Balita Sehat Indonesia Kelompok Usia 6-24 bulan.

Selanjutnya Arista Shakila R dari Kelurahan Panggung sebagai pemenang Lomba Balita Sehat Indonesia Kelompok Usia 2-5 ahun, Poksila Dewi Shinta dari Kelurahan Panggung sebagai pemenang I Lomba Posyandu Lansia, Posyandu Mawar Merah dari Kelurahan Tegalsari sebagai Pemenang I Lomba Pelaksana Terbaik Posyandu Tingkat Kota Tegal, Kelurahan Mangkukusuman sebagai pemenang I Lomba PHBS Tingkat Kota Tegal, Slamet Sugiarto dari Kelurahan Debong Kidul sebagai pemenang  I Kontes Pemilihan Natural Leader Tingkat Kota Tegal, Mikail Farras  dari SD Randugunting 6 sebagai pemenang I Lomba Kontes Pemilihan Duta STBM Tingkat Kota Tegal, SD Kejambon 7 sebagai Pemenang I Lomba Toilet Antik da Puskesmas Bandung sebagai Pemenang I Lomba 3 S (Senyum, Sapa dan Salam).

Walikota juga menyerahkan Peraturan Walikota No. 2 Tahun 2018 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Krja UPTD pada Dinas Kesehatan Kota Tegal yakni UPTD Klinik Paru Masyarakat dan UPTD Laboratorium Kesehatan.

Dalam sambutannya, Walikota Tegal menyebut Peringatan HKN dengan tema “Ayo hidup sehat, mulai dari kita” sebagai ajakan kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan. “Harus ada kemauan dari diri kita untuk tetap hidup sehat, tidak sedikit-dikit mengkonsumsi obat-obatan dan baru memeriksakan kesehatan saat tubuh sudah jelas-jelas merasakan sakit,” tutur Walikota.

Walikota juga menekankan pentingnya kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Untuk itu, Walikota menghimbau masyarakat Kota Tegal memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

“Sebab sayur dan buah mengandung nutrisi dan vitamin yang banyak dibutuhkan tubuh, baik untuk beraktivitas maupun untuk daya tahan tubuh dalam menghadapi berbagai cuaca,” ungkap Walikota yang menyinggung saat ini memasuki musim hujan.

Untuk itu, Walikota mengajak masyarakat untuk terus menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan saluran air,  tidak membuang sampah sembarangan agar meminimalisir potensi banjir. Gerakan tersebut perlu dilaksanakan dengan keterlibatan dari berbagai komponen bangsa mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat.  (*)

Berita Lainnya

RAPI Punya Andil Dalam Memajukan Pembangunan Kota Tegal Lewat Jalur Komunikasi.
Berita 18 May, 2017

RAPI Punya Andil Dalam Memajukan Pembangunan Kota Tegal Lewat Jalur Komunikasi.

Tegal – Lewat jalur Hobi keberadaan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) tetap eksis sampai sekarang, setelah terbentuk kepengurusan baru periode…

577 Pemuda Ikuti Tahapan Seleksi CABA, CATA TNI-AL Tahun 2018, di Mako Lanal Tegal
Berita 09 Aug, 2018

577 Pemuda Ikuti Tahapan Seleksi CABA, CATA TNI-AL Tahun 2018, di Mako Lanal Tegal

TEGAL-Sebanyak 577 Pemuda yang berasal dari wilayah eks Karisidenan Pekalongan mengikuti tes seleksi tahap I (satu) penerimaan CABA, CATA TNI-AL…

Kak Nursholeh Serah Terimakan Estafet Tunas Kelapa
Berita 16 Sep, 2018

Kak Nursholeh Serah Terimakan Estafet Tunas Kelapa

Plt. Wali Kota Tegal, sekaligus Kepala Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal, Kak Nursholeh menyerahkan Estafet Tunas Kelapa (ETK)…

Apito dan Apas Berbicara Teater Dihadapan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Berita 05 Apr, 2018

Apito dan Apas Berbicara Teater Dihadapan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

TEGAL - Sarasehan Sastra oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti Tegal (UPS)…

Festival Kuliner Tegal Resmi Dibuka
Berita 25 Jan, 2019

Festival Kuliner Tegal Resmi Dibuka

Tegal – Pembukaan Festival Kuliner Tegal 2019, yang diselenggarakan oleh Indonesian Chef Association Bregas di DeBe Mall Tegal dibuka oleh…

Relawan BPBD Lakukan Monitoring Detiap Tiga Jam Sekali
Berita 12 Jan, 2018

Relawan BPBD Lakukan Monitoring Detiap Tiga Jam Sekali

TEGAL - Posko penanggulangan banjir dan rob yang merupakan posko 2 berada di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis (11/1).…

Most from this category