Jokowi Janji Rest Area Jual Produk Daerah

TEGAL – Untuk menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dengan adanya jalan tol, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar rest area-rest area sepanjang tol Pejagan-Pemalang menjual produk-produk daerah, seperti makanan daerah dan bukan justru produk-produk import.

“Artinya bahwa yang ada di rest area itu bukan kaya yang dulu-dulu justru produk-produk import, atau brand import, tetapi betul-betul brand lokal, brand daerah, brand Indonesia,” kata Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 sepanjang 37,3 kilometer yang terhampar dari Brebes Timur hingga Sewaka, Pemalang, Jawa Tengah pada Jumat (9/11).

Mendampingi Jokowi, Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd, Bupati Tegal Umi Azizah dan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE. Walikota dan para Bupati tersebut mengusulkan adanya tempat bagi UMKM yang menjual produk unggulan daerah di rest area sepanjang jalan tol.

“Tadi sudah diperintahkan ke Menteri PUPR, Walikota dan Bupati, agar setelah ini selesai agar ada rest area-rest area yang menjual produk-produk dari daerah, makanan dari daerah. Tadi sudah usul Pak Wali, Ibu Bupati, ada telor asin, sate Tegal, brambang merah (bawang merah, red) semua dipajang disitu,” kata Jokowi.

Jokowi meminta rest area agar mengutamakan untuk memajang produk brand lokal. Namun nantinya akan dipertimbangkan kembali adanya brand import. Sebab diakui Jokowi, dengan adanya brand import sebagai daya tarik bagi konsumen namun jangan sampai brand import tersebut mendominasi.

“Akan kita lihat. Kadang-kadang diperlukan untuk menarik (brand internasional) tapi jangan mendominasi. Tapi yang paling penting brand lokalnya, brand daerahnya,” jelas Jokowi.

Mengenai apakah akan digratiskan atau dipungut biaya, Presiden mengatakan hal tersebut nantinya akan dibicarakan dengan para Menteri, Walikota dan Bupati.

Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden RI, dengan usulan dari Pemerintah Daerah agar rest area menampilkan produk-produk daerah.

Dalam peresmian tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil hingga Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Dengan terbangunnya seksi 3 dan 4, Basuki Hadimuljono menyebut bahwa seluruh bagian dari Tol Pejagan-Pemalang resmi beroperasi secara penuh sepanjang 57,5 km.

Berita Lainnya

Harnotosi, S.Pd Resmi Jabat Anggota DPRD dari Partai PPP Gantikan Supriyanto.
Berita 08 Jan, 2018

Harnotosi, S.Pd Resmi Jabat Anggota DPRD dari Partai PPP Gantikan Supriyanto.

TEGAL- Harnotosi, S.Pd resmi menjabat sebagai anggota DPRD dari Partai PPP menggantikan Supriyanto. Penggantian tersebut dilakukan melalui Sidang Istimewa DPRD…

Dengan Rumah Kreatif, UMKM Bisa Memasarkan Produk Secara Digital
Berita 29 Jul, 2017

Dengan Rumah Kreatif, UMKM Bisa Memasarkan Produk Secara Digital

Tegal- Rencana Bank BNI lewat program CSR Rumah Kreatif akan segera terwujud, adapun untuk lokasinya akan dicarikan tempat yang sesuai…

Wali Kota Minta Kang Nur Jadi Penasehat
Berita 25 Mar, 2019

Wali Kota Minta Kang Nur Jadi Penasehat

Dalam acara Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Wali Kota Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Tegal,…

Forum Anak Berharap Ada  Zona Sekolah
Berita 17 Mar, 2017

Forum Anak Berharap Ada Zona Sekolah

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar Musrenbangkot, Kamis 17 Maret 2017 di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal. Dalam kegiatan tersebut banyak sekali…

Selain Ilmu Agama, Santri Kekinian Dituntut Kuasai Iptek.
Berita 22 Oct, 2019

Selain Ilmu Agama, Santri Kekinian Dituntut Kuasai Iptek.

Rembang - Santri masa kini (kekinian) selain harus mampu kuasai ilmu agama juga dituntut harus mampu kuasai ilmu pengetahuan dan…

Pemkot Tegal Lakukan Studi Tiru ke Surakarta
Berita 27 Jan, 2017

Pemkot Tegal Lakukan Studi Tiru ke Surakarta

SURAKARTA- Berbagai upaya peningkatan kinerja pemerintahan terus dilakukan Pemerintah Kota Tegal. Setelah beberapa waktu lalu melakukan studi ke Kutai Kartanegara,…

Most from this category