Jokowi Janji Rest Area Jual Produk Daerah

TEGAL – Untuk menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dengan adanya jalan tol, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar rest area-rest area sepanjang tol Pejagan-Pemalang menjual produk-produk daerah, seperti makanan daerah dan bukan justru produk-produk import.

“Artinya bahwa yang ada di rest area itu bukan kaya yang dulu-dulu justru produk-produk import, atau brand import, tetapi betul-betul brand lokal, brand daerah, brand Indonesia,” kata Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 sepanjang 37,3 kilometer yang terhampar dari Brebes Timur hingga Sewaka, Pemalang, Jawa Tengah pada Jumat (9/11).

Mendampingi Jokowi, Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd, Bupati Tegal Umi Azizah dan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE. Walikota dan para Bupati tersebut mengusulkan adanya tempat bagi UMKM yang menjual produk unggulan daerah di rest area sepanjang jalan tol.

“Tadi sudah diperintahkan ke Menteri PUPR, Walikota dan Bupati, agar setelah ini selesai agar ada rest area-rest area yang menjual produk-produk dari daerah, makanan dari daerah. Tadi sudah usul Pak Wali, Ibu Bupati, ada telor asin, sate Tegal, brambang merah (bawang merah, red) semua dipajang disitu,” kata Jokowi.

Jokowi meminta rest area agar mengutamakan untuk memajang produk brand lokal. Namun nantinya akan dipertimbangkan kembali adanya brand import. Sebab diakui Jokowi, dengan adanya brand import sebagai daya tarik bagi konsumen namun jangan sampai brand import tersebut mendominasi.

“Akan kita lihat. Kadang-kadang diperlukan untuk menarik (brand internasional) tapi jangan mendominasi. Tapi yang paling penting brand lokalnya, brand daerahnya,” jelas Jokowi.

Mengenai apakah akan digratiskan atau dipungut biaya, Presiden mengatakan hal tersebut nantinya akan dibicarakan dengan para Menteri, Walikota dan Bupati.

Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden RI, dengan usulan dari Pemerintah Daerah agar rest area menampilkan produk-produk daerah.

Dalam peresmian tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil hingga Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Dengan terbangunnya seksi 3 dan 4, Basuki Hadimuljono menyebut bahwa seluruh bagian dari Tol Pejagan-Pemalang resmi beroperasi secara penuh sepanjang 57,5 km.

Berita Lainnya

Sepeda Motor VS Bus Pariwisata, Satu  Pengendara Motor Tewas Terlindas
Berita 16 Jan, 2018

Sepeda Motor VS Bus Pariwisata, Satu Pengendara Motor Tewas Terlindas

TEGAL - Pengendara motor tewas terlindas Bus Pariwisata  di Jalan Jalingkut, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Selasa (16/01) sekitar pukul…

Politeknik Harapan Bersama Adakan PKKMB
Berita 04 Sep, 2018

Politeknik Harapan Bersama Adakan PKKMB

TEGAL - Acara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Harapan Bersama berlangsung di Kampus 1 jalan Mataram…

Agar Tangguh dan Siap Mengadapai Bencana, 40 Relawan Dilatih.
Berita 04 Sep, 2018

Agar Tangguh dan Siap Mengadapai Bencana, 40 Relawan Dilatih.

TEGAL – Untuk menanggulangi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi, sebanyak 40 relawan dilatih. Pembekalan berbagai materi tentang kebencanaanpun diberikan pada…

RT dan RW di Kelurahan Panggung Dikukuhkan
Berita 02 Jan, 2018

RT dan RW di Kelurahan Panggung Dikukuhkan

TEGAL- Camat Tegal Timur Indardi mengukuhkan Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) se-Kelurahan Panggung, Selasa (2/1) di pendopo Kelurahan…

Arus Lalu Lintas di Jalan Zaenal Arifin Sering Tersendat
Berita 25 Aug, 2017

Arus Lalu Lintas di Jalan Zaenal Arifin Sering Tersendat

TEGAL- Nampak terlihat sempit bila memasuki area jalan Zaenal Arifin Kota Tegal, yakni area Pasar Pagi Kota Tegal. Sempitnya jalan…

Ulama dan Umaro Sepakat Menjaga Kondusifitas Kota Tegal
Berita 05 Dec, 2016

Ulama dan Umaro Sepakat Menjaga Kondusifitas Kota Tegal

TEGAL- Ulama dan Umaro Kota Tegal sepakat untuk tetap menjaga kondusifitas Kota Tegal. Hal itu dikemukakan para ulama dan umaro…

Most from this category