Jokowi Janji Rest Area Jual Produk Daerah

TEGAL – Untuk menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dengan adanya jalan tol, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar rest area-rest area sepanjang tol Pejagan-Pemalang menjual produk-produk daerah, seperti makanan daerah dan bukan justru produk-produk import.

“Artinya bahwa yang ada di rest area itu bukan kaya yang dulu-dulu justru produk-produk import, atau brand import, tetapi betul-betul brand lokal, brand daerah, brand Indonesia,” kata Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 sepanjang 37,3 kilometer yang terhampar dari Brebes Timur hingga Sewaka, Pemalang, Jawa Tengah pada Jumat (9/11).

Mendampingi Jokowi, Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd, Bupati Tegal Umi Azizah dan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE. Walikota dan para Bupati tersebut mengusulkan adanya tempat bagi UMKM yang menjual produk unggulan daerah di rest area sepanjang jalan tol.

“Tadi sudah diperintahkan ke Menteri PUPR, Walikota dan Bupati, agar setelah ini selesai agar ada rest area-rest area yang menjual produk-produk dari daerah, makanan dari daerah. Tadi sudah usul Pak Wali, Ibu Bupati, ada telor asin, sate Tegal, brambang merah (bawang merah, red) semua dipajang disitu,” kata Jokowi.

Jokowi meminta rest area agar mengutamakan untuk memajang produk brand lokal. Namun nantinya akan dipertimbangkan kembali adanya brand import. Sebab diakui Jokowi, dengan adanya brand import sebagai daya tarik bagi konsumen namun jangan sampai brand import tersebut mendominasi.

“Akan kita lihat. Kadang-kadang diperlukan untuk menarik (brand internasional) tapi jangan mendominasi. Tapi yang paling penting brand lokalnya, brand daerahnya,” jelas Jokowi.

Mengenai apakah akan digratiskan atau dipungut biaya, Presiden mengatakan hal tersebut nantinya akan dibicarakan dengan para Menteri, Walikota dan Bupati.

Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden RI, dengan usulan dari Pemerintah Daerah agar rest area menampilkan produk-produk daerah.

Dalam peresmian tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil hingga Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Dengan terbangunnya seksi 3 dan 4, Basuki Hadimuljono menyebut bahwa seluruh bagian dari Tol Pejagan-Pemalang resmi beroperasi secara penuh sepanjang 57,5 km.

Berita Lainnya

Karena Cocok, Warga Kabupaten Tegal Periksa di Puskesmas Slerok
Berita 30 Jan, 2017

Karena Cocok, Warga Kabupaten Tegal Periksa di Puskesmas Slerok

TEGAL - Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) memiliki fungsi memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Upaya Kesehatan Masyarakat(UKM) dan Upaya Kesehatan…

Sedikitnya 18,72 Persen Anak Telah Imunisasi Measleas Rubella
Berita 07 Aug, 2017

Sedikitnya 18,72 Persen Anak Telah Imunisasi Measleas Rubella

TEGAL- Data Dinas Kesehatan Kota Tegal sampai dengan Sabtu (5/8) telah mencatat 11.323 anak telah melakukan imunisasi Measleas Rubella dari…

Sarung Goyor Dengan Alat Tenun Bukan Mesin Diminati Pasar Timur Tengah
Berita 02 May, 2019

Sarung Goyor Dengan Alat Tenun Bukan Mesin Diminati Pasar Timur Tengah

Tegal – Sarung khas Tegal, yakni Sarun Tenun Goyor saat ini telah menembus pasar dunia. Sarung Goyor yang diproduksi oleh…

Sistem Zonasi Berdasarkan Permendikbud
Berita 05 Jul, 2017

Sistem Zonasi Berdasarkan Permendikbud

TEGAL-Sekolah diwilayah Kota Tegal, baik sekolah Negeri maupun Swasta sedang disibukkan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. Tahun ini…

Warga Margadana Kunjungi E-Warung
Berita 27 Sep, 2018

Warga Margadana Kunjungi E-Warung

TEGAL – Sejumlah warga Margadana kunjungi E-Warung Margadana. Dimana E- Warung tersebut merupakan tempat untuk pembagian Bantuan Pangan Non Tunai…

Walikota Ajak Perempuan Berdayakan Potensi Kota Tegal
Arsip 01 Feb, 2017

Walikota Ajak Perempuan Berdayakan Potensi Kota Tegal

TEGAL- Di era pembangunan saat ini, peran perempuan Kota Tegal dapat diwujudkan dengan ikut  mengembangkan potensi asli Kota Tegal. Hal…

Most from this category