Wartekkel Se-Kota Tegal Adu Inovasi

Warung Teknologi Kelurahan (Wartekkel) Se-Kota Tegal beradu inovasi pada acara Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal tahun 2018, yang digelar di Area PArkir Rita Supermall, Jum’at (2/11) sampai Minggu  (4/11).

Wartekkel se-Kota Tegal menampilkan berbagai macam inovasi teknologi, dari inovasi yang ditampilkan beberapa wartekel sempat mencuri perhatian Wali Kota Tegal, M. Nursholeh saat meninjau langsung stand masing-masing Wartekkel saat acara pembukaan Gelar Teknologi, Jum’at (2/11).

Diantara wartekkel yang menarik adalah, Wartekkel dari kelurahan Tegal sari yang menampilkan kompor dengan bahan bakar limbah oli bekas, yang diklaim lebih irit dengan menggunakan kompor dengan bahan bakar oli bekas.

Tak hanya itu, Wartekel kelurahan Keturen juga menampilkan hasil inovasinya berupa Kompor Alternatif dan Proses pembuatan BBM dari Limbah Plastik, kompor tersebut bisa menjadi alternative pda saat terjadi kelangkaan gas.

Sedangkan Wartekkel dari kelurahan Randugunting menampilkan Alat sensor maling dan alat deteksi ketinggian air dari kelurahan randugunting, pada saat alat tersebut dinyalakan, maka alat tersebut bisa menditeksi orang melewati sensor dari  alat tersebut dan alarm akan berbunyi.

Saat membuka gelaran tersebut, Wali Kota Tegal, M. Nursholeh menyampaikan bahwa potensi ekonomi kota Tegal memang besar jika dikelola dengan baik. Ia menyampaikan beberapa produk unggulan telah menjadi produk dalam dan luar negeri seperti logam, batik, tenun, shuttlecock , kerajinan, makanan olahan, dan telur itik.

Dalam kesempatan tersebut, Nursholeh juga menyampaikan bahwa produk – produk baru yang dikembangkan masyarakat, seperti yang dipamerkan  Wartekkel masing-masing kelurahan juga perlu kita angkat, terutama binaan wartekkel maupun posyantek, serta untuk mendorong pengrajin industri kecil perlu kita dukung pengembangan pasarnya.

Senada dengan Wali Kota Tegal, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Redemtus Heru Setyawan sekaligus ketua penyelenggara menyampaikan bahwa gelaran TTG terebut memang ditujukan untuk mendorong pengembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, ramah lingkungan, mudah diaplikasikan serta mampu  memberikan nilai tambah ekonomi.

Selain mendekatkan akses pelaku Industri Kecil menengah (IKM) kepada masyarakat dalam mengenalkan dan memasarkan produk-produk IKM.

R Heru Setyawan berharap, beragam alat yang ditampilkan oleh masing-masing Wartekkel benar-benar dapat bermanfaat bagi para pelaku IKM. Alat yang mudah dioperasikan, harga terjangkau, akan kami rekomendasikan untuk dibeli dan dimanfaatkan oleh para pelaku IKM.

 

Berita Lainnya

Bersepeda Ke Tegalsari, Kang Nur Tinjau Proyek Pembangunan Kawasan Pemukiman Nelayan
Berita 24 Nov, 2017

Bersepeda Ke Tegalsari, Kang Nur Tinjau Proyek Pembangunan Kawasan Pemukiman Nelayan

TEGAL-Plt. Walikota Tegal Drs. HM Nursholeh, M.MPd menyempatkan diri memantau proyek Pembangunan Kawasan Pemukiman Nelayan / Tepi Air di Kelurahan…

Tidak Disangka, Guru TK Ini Boyong Expander Dari Bank Jateng
Berita 28 Feb, 2019

Tidak Disangka, Guru TK Ini Boyong Expander Dari Bank Jateng

TEGAL- Rochani (60) warga Kelurahan Mintaragen Kota Tegal menjadi salah satu orang beruntung yang berhasil mendapatkan hadiah utama berupa satu…

Teater Akar Siap Pentaskan Monolog “Mayat Terhormat”
Berita 02 Apr, 2018

Teater Akar Siap Pentaskan Monolog “Mayat Terhormat”

TEGAL - ''Penjara… Kuburan…apakah yang membedakan keduanya? Barangkali tak ada. Setiap orang tak ada yang ingin memikirkan keduanya. Berusaha sedapat…

Polisi Patroli di Medsos Sambut Pilkada Serentak
Berita 05 Jan, 2018

Polisi Patroli di Medsos Sambut Pilkada Serentak

TEGAL- Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan polisi telah membentuk satgas cyber troops untuk memonitor semua informasi atau…

Nelayan Tegal Klaim Cantrang Tak Rusak Lingkungan
Berita 28 Mar, 2018

Nelayan Tegal Klaim Cantrang Tak Rusak Lingkungan

Terkait polemik operasional kapal cantrang, Hadi Santoso mewakili nelayan cantrang kota Tegal menyampaikan bahwa pihaknya yakin bahwa cantrang tidak merusak…

Pemkot Tegal Terus Berupaya Cegah Kekerasan Anak
Berita 23 Jul, 2018

Pemkot Tegal Terus Berupaya Cegah Kekerasan Anak

TEGAL-Pemerintah Kota Tegak melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal berkomitmen untuk mecegahan…

Most from this category