e-Retribusi Mulai Diterapkan Bertahap di Tiga Pasar

Ditahun 2019 mendatang, pelaksanaan e-retribusi mulai akan diterapkan secara bertahap di tiga pasar, antara lain Pasar Pagi Blok A, Pasar Kejambon dan Pasar Karangdawa Kota Tegal. Hal ini terungkap dalam dialog Wali Kota Menyapa di Radio Sebayu FM, Selasa (16/10).
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinas UKM dan Perdagangan) Kota Tegal, Khaerul Huda yang hadir sebagai narasumber dalam acara teraebut menyampaikan bahwa, khusus untuk pedagang los dan Kios di ketiga pasar tersebut akan menggunakan e-retribusi mulai januari 2019.
Khaerul menyampaikan, untuk tahap awal, baru menyasar tiga pasar, nantinya, jika pendataan pedagang di sembilan pasar se-Kota Tegal sudah valid maka, e-retribusi ini akan dillaksanakn di sembilan pasar se-Kota Tegal.
Sebelum pelaksanaan e-retribusi tersebut, Khaerul akan melaksanakan pendataan ulang pedagang dan sosialisasi kepada para pedagang. Rencananya pada Desember 2018 akan dilaksanakan uji coba pelaksanaan e-retribusi, dan pada Januari 2019 akan mulai pelaksanaan e-retribusi dan dicanangkan oleh Wali Kota Tegal.
Masing-masing pedagang, nantinya akan diberikan kartu, yang bisa di top-up sebagai alat penyetoran e-retribusi, dan cara pemungutan retribusi dilakukan oleh petugas pemungut yang akan berkeliling menggunakan alat MPOS untuk memungut retribusi, dan sebagai bukti pembayaran retribusi tersebut, para pedagang akan mendapatkan struk dari alat MPOS tersebut.
Khaerul menuturkan, untuk pedagang yang tidak berjualan pada waktu tertentu, maka pihaknya akan menyiapkan catatan bahwa yang bersangkutan tidak dikenakan retribusi, karena tidak berjualan.
Sementara itu, Wali Kota Tegal, M. Nursholeh yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa e-retribusi ini merupakan terobosan Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas UKM dan Perdagangan Kota Tegal dalam manajemen pengelolaan dan pembayaran retribusi bagi para pedagang pasar secara elektronik.
Nursholeh menyampaikan ada beberapa keuntungan dengan sistem e-retribusi ini, diantaranya, turut menciptakan tertib administrasi, selain menciptakan kepercayaan pedagang kepada pemerintah kota Tegal dibidang pelayanan, efisiensi pengelolaan retribusi pasar.
Ia berharap, dengan e-retribusi ini, pengelolaan yang selama ini menjadi perhatian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang pengelolaan retribusi, bisa menjadi lebih baik.

Berita Lainnya

Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Menurun
Berita 11 Dec, 2017

Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Menurun

TEGAL-Angka kasus kekerasan pada anak dan perempuan di Kota Tegal, saat ini perlahan menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Intensnya kegiatan…

Walikota Canangkan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Tingkat Kota Tegal Tahun 2019.
Berita 01 Oct, 2019

Walikota Canangkan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Tingkat Kota Tegal Tahun 2019.

Tegal - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M secara resimi lakukan pencanangan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Tingkat Kota…

Pertandingan Sepak Bola Mini Berlangsung Meriah
Berita 23 Feb, 2018

Pertandingan Sepak Bola Mini Berlangsung Meriah

TEGAL-Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kota Tegal saat ini pertandingkan 14 cabang olahraga. Salah satunya cabang sepak bola mini. Pagi…

Ada ‘Rawa Rontek’ di UPS Tegal
Berita 10 Dec, 2018

Ada ‘Rawa Rontek’ di UPS Tegal

Tegal - Terlihat mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Senin ( 10/12) malam…

Upacara Hari Ibu, Komandannya pun Ibu-Ibu
Berita 21 Dec, 2018

Upacara Hari Ibu, Komandannya pun Ibu-Ibu

TEGAL- Peringatan Hari Ibu ke-90, Hari Bela Negara dan Hari Nusantara  Tahun 2018 diperingati Pemerintah Kota Tegal dengan menggelar upacara…

Hari Terakhir, 659 Orang Pendidik dan Tenaga Pendidikan Non PNS  Terima Dana Fasilitasi Honor Tahap II
Berita 08 Nov, 2017

Hari Terakhir, 659 Orang Pendidik dan Tenaga Pendidikan Non PNS Terima Dana Fasilitasi Honor Tahap II

TEGAL- Di Hari terakhirnya, sebanyak 659 orang pendidik dan tenaga kependidikan Non PNS menerima Fasilitasi Honor Tahap II dari Pemerintah…

Most from this category