e-Retribusi Mulai Diterapkan Bertahap di Tiga Pasar

Ditahun 2019 mendatang, pelaksanaan e-retribusi mulai akan diterapkan secara bertahap di tiga pasar, antara lain Pasar Pagi Blok A, Pasar Kejambon dan Pasar Karangdawa Kota Tegal. Hal ini terungkap dalam dialog Wali Kota Menyapa di Radio Sebayu FM, Selasa (16/10).
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinas UKM dan Perdagangan) Kota Tegal, Khaerul Huda yang hadir sebagai narasumber dalam acara teraebut menyampaikan bahwa, khusus untuk pedagang los dan Kios di ketiga pasar tersebut akan menggunakan e-retribusi mulai januari 2019.
Khaerul menyampaikan, untuk tahap awal, baru menyasar tiga pasar, nantinya, jika pendataan pedagang di sembilan pasar se-Kota Tegal sudah valid maka, e-retribusi ini akan dillaksanakn di sembilan pasar se-Kota Tegal.
Sebelum pelaksanaan e-retribusi tersebut, Khaerul akan melaksanakan pendataan ulang pedagang dan sosialisasi kepada para pedagang. Rencananya pada Desember 2018 akan dilaksanakan uji coba pelaksanaan e-retribusi, dan pada Januari 2019 akan mulai pelaksanaan e-retribusi dan dicanangkan oleh Wali Kota Tegal.
Masing-masing pedagang, nantinya akan diberikan kartu, yang bisa di top-up sebagai alat penyetoran e-retribusi, dan cara pemungutan retribusi dilakukan oleh petugas pemungut yang akan berkeliling menggunakan alat MPOS untuk memungut retribusi, dan sebagai bukti pembayaran retribusi tersebut, para pedagang akan mendapatkan struk dari alat MPOS tersebut.
Khaerul menuturkan, untuk pedagang yang tidak berjualan pada waktu tertentu, maka pihaknya akan menyiapkan catatan bahwa yang bersangkutan tidak dikenakan retribusi, karena tidak berjualan.
Sementara itu, Wali Kota Tegal, M. Nursholeh yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa e-retribusi ini merupakan terobosan Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas UKM dan Perdagangan Kota Tegal dalam manajemen pengelolaan dan pembayaran retribusi bagi para pedagang pasar secara elektronik.
Nursholeh menyampaikan ada beberapa keuntungan dengan sistem e-retribusi ini, diantaranya, turut menciptakan tertib administrasi, selain menciptakan kepercayaan pedagang kepada pemerintah kota Tegal dibidang pelayanan, efisiensi pengelolaan retribusi pasar.
Ia berharap, dengan e-retribusi ini, pengelolaan yang selama ini menjadi perhatian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang pengelolaan retribusi, bisa menjadi lebih baik.

Berita Lainnya

Dharma Wanita Persatuan Gelar Resepsi HUT Ke 19,,
Berita 13 Dec, 2018

Dharma Wanita Persatuan Gelar Resepsi HUT Ke 19,,

TEGAL-Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tegal menggelar resepsi dalam rangka HUT ke-19 tahun 2018, Kamis (13/12) di gedung Adipura, komplek…

Donor Darah Massal, Sinergitas TNI-Polri
Berita 25 Jun, 2019

Donor Darah Massal, Sinergitas TNI-Polri

TEGAL-Kepolisian Resor Tegal Kota menggelar donor darah di aula Gedung Bhayangkari, Selasa (25/6/2019). Selain Polisi, donor darah ini juga diikuti…

RT dan RW di Kelurahan Panggung Dikukuhkan
Berita 02 Jan, 2018

RT dan RW di Kelurahan Panggung Dikukuhkan

TEGAL- Camat Tegal Timur Indardi mengukuhkan Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) se-Kelurahan Panggung, Selasa (2/1) di pendopo Kelurahan…

SMP Mutu Tegal Launching Kelas IT
Berita 29 Apr, 2017

SMP Mutu Tegal Launching Kelas IT

TEGAL- SMP Muhammadiyah I Kota Tegal Launching Kelas Unggulan IT dan Seminar Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi , Sabtu (29/4) di…

Wali Kota Tegal Non Aktif Siti Masitha Divonis 5 Tahun Penjara
Berita 23 Apr, 2018

Wali Kota Tegal Non Aktif Siti Masitha Divonis 5 Tahun Penjara

Semarang - Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Antonius Widijantono, S.H memvonis 5 tahun penjara dan denda…

Baznas Distribusikan Bantuan untuk Pemberdayaan Umat
Berita 22 Nov, 2018

Baznas Distribusikan Bantuan untuk Pemberdayaan Umat

TEGAL – Badan Zakat Amil Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah dan Baznas Kota Tegal secara bergantian akan mendistribusikan hasil pengumpulan…

Most from this category