Pemkot Tegal Terima Kunker DPRD Kabupaten Purwakarta

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Kamis (11/10) di ruang rapat Setda, Komplek Balai Kota Tegal.

Mereka disambut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda, Kabid Pasar Maman Suherman, dan OPD terkait. Hadir pula, Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Tegal Drs. Imam Badarudin.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Asep Saepudin Saeful Milah, mengatakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah memiliki Peraturan Daerah yang fokus pada Retribusi Pelayanan Pasar.

Akan tetapi saat ini Perda tersebut akan dirubah, sehingga perlu ke Kota Tegal untuk dapat sharing dan apa yang sudah diteraapkan di Pemkot Tegal dapat dimplementasikan di Kab Purwakarta.

“Perda yang ada saat ini sudah tidak relevan, baik regulasinya, maupun nominal retribusinya. Kota Tegal sebagai refrensi terkait retribusi pelayanan pasar”, ungkap Asep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda mengatakan, Pemkot Tegal melaksanakan e retribusi sebagai proses pembayaran retribusi bagi pedagang. Tiga pasar yakni, Pasar Kejambon, Pasar Pagi Kota Tegal dan Pasar Karangdawa yang akan menerapkan e retribusi dari 14 pasar yang dikelola Pemkot Tegal.

“E retribusi bekerja sama dengan Bank Jateng. Kita berharap akhir tahun dapat terealisasi.  Tiga pasar tersebut terdapat sekitar 1000 pedagang, mereka akan menggunakan kartu untuk membayaran retribusi, sedangkan untuk sewa kios tetap melalui bank yang sudah kerjasama”, kata Khaerul.

Khaerul memaparkan, di Jawa Tengah sudah beberapa daerah menerapkan e retribusi. Menurut Khaerul, penerapan e-Retribusi akan lebih efektif dan efisiensi kinerja. Nantinya uang yang disetorkan pedagang akan langsung masuk ke Kas Daerah.  Selain itu, untuk mengurangi kebocoran pendapatan asli daerah.

“e-Retribusi sebagai upaya mengurangi kebocoran. Perda Retribusi juga sudah disahkan oleh DPRD Kota Tegal”, pungkas Khaerul.

Sementara itu, pada akhir pertemuan tersebut, Ketua Komisi II, Asep Saepudin berharap melalui kunker tersebut dapat saling menggali ilmu dan informasi baik tentang retribusi pasar maupun tentang peraturan daerah. (SyaeFulloh Aminn/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Sinok Sithong Harus Mampu Promosikan Wisata Kota Tegal
Berita 09 May, 2018

Sinok Sithong Harus Mampu Promosikan Wisata Kota Tegal

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata menggelar grand final pemilihan Duta Wisata, Rabu (9/5) di gedung…

BPBD Himbau Masyarakat Hindari Pemicu Kebakaran
Berita 01 Aug, 2017

BPBD Himbau Masyarakat Hindari Pemicu Kebakaran

TEGAL- Kepala Badan Penanggulangan Daerah Kota Tegal Imam Sofwan melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Andri Yudi menyampaikan masyarakat dihimbau untuk…

Pemkot Tegal Vaksinasi Hewan Peliharaan Gratis
Berita 10 Jul, 2018

Pemkot Tegal Vaksinasi Hewan Peliharaan Gratis

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, memberikan vaksin untuk hewan peliharaan warga seperti…

Bila Anda Pecinta Burung Tak Salah Bila Berkunjung ke Sini
Berita 03 Dec, 2017

Bila Anda Pecinta Burung Tak Salah Bila Berkunjung ke Sini

TEGAL – Jika menilik jalan Jalan Semeru Kota Tegal setiap hari Minggu pagi hingga sore maka kita akan menjumpai bebagai…

Warga Antusias Daftar Jadi PPK dan PPS
Berita 19 Oct, 2017

Warga Antusias Daftar Jadi PPK dan PPS

TEGAL- Sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), masyarakat…

Tindak Pidana Pemilu Bakal Diserahkan ke Gakkumdu
Berita 10 Mar, 2018

Tindak Pidana Pemilu Bakal Diserahkan ke Gakkumdu

TEGAL-Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tegal Akbar Kusharyanto menegaskan, pihaknya akan menyerahkan tindak pidana pada Pemilihan Walikota dan…

Most from this category