Pemkot Tegal Terima Kunker DPRD Kabupaten Purwakarta

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Kamis (11/10) di ruang rapat Setda, Komplek Balai Kota Tegal.

Mereka disambut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda, Kabid Pasar Maman Suherman, dan OPD terkait. Hadir pula, Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Tegal Drs. Imam Badarudin.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Asep Saepudin Saeful Milah, mengatakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah memiliki Peraturan Daerah yang fokus pada Retribusi Pelayanan Pasar.

Akan tetapi saat ini Perda tersebut akan dirubah, sehingga perlu ke Kota Tegal untuk dapat sharing dan apa yang sudah diteraapkan di Pemkot Tegal dapat dimplementasikan di Kab Purwakarta.

“Perda yang ada saat ini sudah tidak relevan, baik regulasinya, maupun nominal retribusinya. Kota Tegal sebagai refrensi terkait retribusi pelayanan pasar”, ungkap Asep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda mengatakan, Pemkot Tegal melaksanakan e retribusi sebagai proses pembayaran retribusi bagi pedagang. Tiga pasar yakni, Pasar Kejambon, Pasar Pagi Kota Tegal dan Pasar Karangdawa yang akan menerapkan e retribusi dari 14 pasar yang dikelola Pemkot Tegal.

“E retribusi bekerja sama dengan Bank Jateng. Kita berharap akhir tahun dapat terealisasi.  Tiga pasar tersebut terdapat sekitar 1000 pedagang, mereka akan menggunakan kartu untuk membayaran retribusi, sedangkan untuk sewa kios tetap melalui bank yang sudah kerjasama”, kata Khaerul.

Khaerul memaparkan, di Jawa Tengah sudah beberapa daerah menerapkan e retribusi. Menurut Khaerul, penerapan e-Retribusi akan lebih efektif dan efisiensi kinerja. Nantinya uang yang disetorkan pedagang akan langsung masuk ke Kas Daerah.  Selain itu, untuk mengurangi kebocoran pendapatan asli daerah.

“e-Retribusi sebagai upaya mengurangi kebocoran. Perda Retribusi juga sudah disahkan oleh DPRD Kota Tegal”, pungkas Khaerul.

Sementara itu, pada akhir pertemuan tersebut, Ketua Komisi II, Asep Saepudin berharap melalui kunker tersebut dapat saling menggali ilmu dan informasi baik tentang retribusi pasar maupun tentang peraturan daerah. (SyaeFulloh Aminn/wartabahari.com)

Berita Lainnya

DPRD Kota Tegal Tetapkan Perda Ketertiban Umum.
Berita 15 Oct, 2018

DPRD Kota Tegal Tetapkan Perda Ketertiban Umum.

TEGAL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal akhirnya menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman…

Bahas RAPBD 2020, Banggar DPRD Capai Kesepakatan dengan Pemkot
Berita 24 Nov, 2019

Bahas RAPBD 2020, Banggar DPRD Capai Kesepakatan dengan Pemkot

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Tegal mencapai kesepakatan bersama Pemerintah Kota Tegal dalam pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah…

Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Serahkan Penghargaan WTP ke Pemkot Tegal
Berita 24 Oct, 2019

Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Serahkan Penghargaan WTP ke Pemkot Tegal

Tegal - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Tengah menyerahkan Piagam Penghargaan opini Wajar Tanpa…

Jelang Penyederhanaan Birokrasi, BKPPD Lakukan Pemetaan Jabatan
Berita 22 Apr, 2021

Jelang Penyederhanaan Birokrasi, BKPPD Lakukan Pemetaan Jabatan

TEGAL - Menindaklajuti amanat Pemerintah Pusat untuk melakukan penyederhanaan birokrasi, Pemerintah Kota (Pemkot),melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD)…

Jumadi Serahkan Bantuan Paket Sembako ke PKL dan Penjaga Makam.
Berita 21 Apr, 2020

Jumadi Serahkan Bantuan Paket Sembako ke PKL dan Penjaga Makam.

Tegal- Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST.MM menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) serta Penjaga…

Menjaga Tradisi dalam Kreasi melalui GPS
Berita 14 Mar, 2017

Menjaga Tradisi dalam Kreasi melalui GPS

TEGAL – Terlihat berbeda ketika melintas di jalan Menteri Supeno nomor 16 Tegal, tepatnya di SMA Negeri 1 Tegal. Di…

Most from this category