Pemkot Tegal Terima Kunker DPRD Kabupaten Purwakarta

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Kamis (11/10) di ruang rapat Setda, Komplek Balai Kota Tegal.

Mereka disambut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda, Kabid Pasar Maman Suherman, dan OPD terkait. Hadir pula, Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Tegal Drs. Imam Badarudin.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Asep Saepudin Saeful Milah, mengatakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah memiliki Peraturan Daerah yang fokus pada Retribusi Pelayanan Pasar.

Akan tetapi saat ini Perda tersebut akan dirubah, sehingga perlu ke Kota Tegal untuk dapat sharing dan apa yang sudah diteraapkan di Pemkot Tegal dapat dimplementasikan di Kab Purwakarta.

“Perda yang ada saat ini sudah tidak relevan, baik regulasinya, maupun nominal retribusinya. Kota Tegal sebagai refrensi terkait retribusi pelayanan pasar”, ungkap Asep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda mengatakan, Pemkot Tegal melaksanakan e retribusi sebagai proses pembayaran retribusi bagi pedagang. Tiga pasar yakni, Pasar Kejambon, Pasar Pagi Kota Tegal dan Pasar Karangdawa yang akan menerapkan e retribusi dari 14 pasar yang dikelola Pemkot Tegal.

“E retribusi bekerja sama dengan Bank Jateng. Kita berharap akhir tahun dapat terealisasi.  Tiga pasar tersebut terdapat sekitar 1000 pedagang, mereka akan menggunakan kartu untuk membayaran retribusi, sedangkan untuk sewa kios tetap melalui bank yang sudah kerjasama”, kata Khaerul.

Khaerul memaparkan, di Jawa Tengah sudah beberapa daerah menerapkan e retribusi. Menurut Khaerul, penerapan e-Retribusi akan lebih efektif dan efisiensi kinerja. Nantinya uang yang disetorkan pedagang akan langsung masuk ke Kas Daerah.  Selain itu, untuk mengurangi kebocoran pendapatan asli daerah.

“e-Retribusi sebagai upaya mengurangi kebocoran. Perda Retribusi juga sudah disahkan oleh DPRD Kota Tegal”, pungkas Khaerul.

Sementara itu, pada akhir pertemuan tersebut, Ketua Komisi II, Asep Saepudin berharap melalui kunker tersebut dapat saling menggali ilmu dan informasi baik tentang retribusi pasar maupun tentang peraturan daerah. (SyaeFulloh Aminn/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Resmi Dikukuhkan, Pengurus RT RW Terpilih Dilarang “Prengat-Prengut” Dalam Melayani Masyarakat
Berita 07 Jan, 2018

Resmi Dikukuhkan, Pengurus RT RW Terpilih Dilarang “Prengat-Prengut” Dalam Melayani Masyarakat

TEGAL- Plt.Walikota Tegal Drs. HM Nursholeh secara resmi menghadiri pengukuhan kepengurusan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se Kecamatan…

Pejabat Eselon III dan IV Dites Urine
Berita 28 Apr, 2017

Pejabat Eselon III dan IV Dites Urine

TEGAL-Dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ratusan pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemkot Tegal…

LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional
Berita 05 Sep, 2018

LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional

TEGAL-UPS Tegal melaksanakan sosialisasi pembelajaran daring (Online learning) bestrandar internasional di Aula YPP UPS Tegal, Selasa (5/9). Hadir dalam kegiatan…

Bulan Ramadhan, Harga Kepokmas Kota Tegal, Relatif Stabil
Berita 28 May, 2018

Bulan Ramadhan, Harga Kepokmas Kota Tegal, Relatif Stabil

Dari hasil pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah terkait harga dan ketersediaam komoditas Kebutuhan Pokok Masyarakat (kepokmas),…

91 Tim Jalan Kaki dan 43 Kendaraan Hias Ramaikan Pawai Pembangunan
Berita 25 Aug, 2018

91 Tim Jalan Kaki dan 43 Kendaraan Hias Ramaikan Pawai Pembangunan

Sebayak 91 tim jalan kaki yang terdiri dari 58 pasukan dan 33 marchinband serta 39 kendaraan hias dan ada 4…

Wayang Spektakuler 9 Dalang
Berita 30 Apr, 2018

Wayang Spektakuler 9 Dalang

Tegal – Warga kembali memadati Alun-alun Kota Tegal untuk melihat pementasan wayang spektakuler 9 dalang yang mengangkat lakon Bisma Sang…

Most from this category