Pemkot Tegal Terima Kunker DPRD Kabupaten Purwakarta

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Kamis (11/10) di ruang rapat Setda, Komplek Balai Kota Tegal.

Mereka disambut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda, Kabid Pasar Maman Suherman, dan OPD terkait. Hadir pula, Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Tegal Drs. Imam Badarudin.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Asep Saepudin Saeful Milah, mengatakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah memiliki Peraturan Daerah yang fokus pada Retribusi Pelayanan Pasar.

Akan tetapi saat ini Perda tersebut akan dirubah, sehingga perlu ke Kota Tegal untuk dapat sharing dan apa yang sudah diteraapkan di Pemkot Tegal dapat dimplementasikan di Kab Purwakarta.

“Perda yang ada saat ini sudah tidak relevan, baik regulasinya, maupun nominal retribusinya. Kota Tegal sebagai refrensi terkait retribusi pelayanan pasar”, ungkap Asep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda mengatakan, Pemkot Tegal melaksanakan e retribusi sebagai proses pembayaran retribusi bagi pedagang. Tiga pasar yakni, Pasar Kejambon, Pasar Pagi Kota Tegal dan Pasar Karangdawa yang akan menerapkan e retribusi dari 14 pasar yang dikelola Pemkot Tegal.

“E retribusi bekerja sama dengan Bank Jateng. Kita berharap akhir tahun dapat terealisasi.  Tiga pasar tersebut terdapat sekitar 1000 pedagang, mereka akan menggunakan kartu untuk membayaran retribusi, sedangkan untuk sewa kios tetap melalui bank yang sudah kerjasama”, kata Khaerul.

Khaerul memaparkan, di Jawa Tengah sudah beberapa daerah menerapkan e retribusi. Menurut Khaerul, penerapan e-Retribusi akan lebih efektif dan efisiensi kinerja. Nantinya uang yang disetorkan pedagang akan langsung masuk ke Kas Daerah.  Selain itu, untuk mengurangi kebocoran pendapatan asli daerah.

“e-Retribusi sebagai upaya mengurangi kebocoran. Perda Retribusi juga sudah disahkan oleh DPRD Kota Tegal”, pungkas Khaerul.

Sementara itu, pada akhir pertemuan tersebut, Ketua Komisi II, Asep Saepudin berharap melalui kunker tersebut dapat saling menggali ilmu dan informasi baik tentang retribusi pasar maupun tentang peraturan daerah. (SyaeFulloh Aminn/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Sinergi Untuk Sukseskan Pilkada
Berita 02 Mar, 2018

Sinergi Untuk Sukseskan Pilkada

Tegal - Olahraga bersepeda dan aerobic bersama TNI/Polri dan instansi terkait dalam rangka menjalin kebersamaan guna mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak…

Kota Tegal Jadi Saksi Gala Premier Film Turah
Berita 13 Aug, 2017

Kota Tegal Jadi Saksi Gala Premier Film Turah

TEGAL- Setelah sebelumnya sukses membawa Film “Siti” sebagai film Terbaik FFI 2015 ke layar bioskop nasional, kali ini Fourcolours Films…

Jalan Sehat Bersama Walikota Sebagai puncak Acara Hut PGRI ke 71
Berita 03 Dec, 2016

Jalan Sehat Bersama Walikota Sebagai puncak Acara Hut PGRI ke 71

HUT PGRI ke 71 tahun 2016 Serangkaian kegiatan dalam rangka HUT PGRI ke 71 tingkat Kota Tegal dilaksanakan mulai dari…

Ada Pungli, Segera Laporkan ke Saber Pungli
Berita 30 Jan, 2017

Ada Pungli, Segera Laporkan ke Saber Pungli

TEGAL- Terkait pungutan liar (pungli) Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali menegaskan komitmenya bahwa lembaga pemerintahan harus bebas…

Dinsos Kota Tegal Berikan Penghargaan Kepada Pendamping PKH
Berita 14 Feb, 2019

Dinsos Kota Tegal Berikan Penghargaan Kepada Pendamping PKH

TEGAL-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal memberikan penghargaan kepada Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (14/2/2019) di Raneskichen, Jalan Hos Cokroaminoto,…

Pojok Pengawasan Pemilu Dilaunching
Berita 22 Dec, 2017

Pojok Pengawasan Pemilu Dilaunching

TEGAL-Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilu serentak 2019 (Pemilu legislatif dan Pemilu presiden), Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota…

Most from this category