DLH Kota Tegal Sosialisasikan Pengaduan Sengketa Lingkungan

TEGAL-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal menggelar sosialisasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan, Rabu (10/10) di Kantor DLH Kota Tegal, Jalan Nila No. 11 Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal.

Kegiatan itu, dihadiri Lurah, Camat, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder lainnya serta Tim Teknis Sengketa Lingkungan.  Sedangkan sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dwi Haryanto dan Mohammad Sobar.

Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungam Hidup, Kasnudi berharap melalui sosialiasi tersebut peserta memahami tata cara bagaimana penyelesaian lingkungan.  Memberikan edukasi dan pemahanan sengketa lingkungan.

Selain itu, menambah pengetahuan untuk menyikapi aktivitas pencemaran lingkungan yang merugikan masyarakat mulai dari identifikasi kasus, tata cara pengaduan hingga penyelesaian sengketanya.

Kasnudi menuturkan, di Kota Tegal banyak kegiatan usaha yang berpotensi terjadi menimbulkan pencemaran lingkungan.

Berdasarkan data DLH Kota Tegal, tercatat pada tahun 2017, terdapat 8 kasus sengketa lingkungan. Sedangkan tahun 2018, DLH mencatat 6 kasus, antara lain pencemaran limbah,  pabrik yang belum memiliki ijin lingkungan akan tetapi sudah beroperasi, pemotongan ayam, dan sebagainya.

Apabila terdapat kasus sengketa lingkungan, kata Kasnudi, masyarakat lapor ke RT, RW, Kelurahan dan membuat surat ke DLH Kota Tegal. Laporan tersebut juga dalam dilengkapi dengan bukti-bukti.

“Jika ada laporan, pertama kami verifikasi dulu oleh Tim Teknis, kalau sudah diverifikaai, kami undang pihak terkait dan akan diberikan solusi. Tim  Teknis Sengketa Lingkungan terdiri dari DLH, Satpol PP, Kepolisian”, kata Kasnudi.

Apabila terbukti, misalnya melakukukan pencemaran lingkungan, Kasnudi, menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi berupa teguran, pembekuan hingga pencabutan izin usaha.  Sanksi tersebut sesuai UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidupdengan Pasal 76 Ayat 1 dan 2.

Berita Lainnya

Pemerintah Kota Tegal Membuka TMMD Sengkuyung Tahap I  T.A. 2017
Berita 05 Apr, 2017

Pemerintah Kota Tegal Membuka TMMD Sengkuyung Tahap I T.A. 2017

TEGAL – Upacara Pembukaaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 Dan TMMD Sengkuyung Tahap I Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017…

Berita 03 Nov, 2018

Kampung Seni Benahi Program Kerja dan Konsep

Tegal - Kampung Seni Kota Tegal yang terletak di jalan Sangir No. 1 Kota Tegal sedang membenahi program dan konsep.…

Warga Manfaatkan Lapangan Tegal Selatan untuk Berkumpul dengan Keluarga
Berita 22 May, 2017

Warga Manfaatkan Lapangan Tegal Selatan untuk Berkumpul dengan Keluarga

TEGAL – Bila berkunjung di Lapangan Tegal Selatan dimalam hari, apalagi di waktu malam minggu pasti akan mencumpai keramain. Keramaian…

Bila Anda Pecinta Burung Tak Salah Bila Berkunjung ke Sini
Berita 03 Dec, 2017

Bila Anda Pecinta Burung Tak Salah Bila Berkunjung ke Sini

TEGAL – Jika menilik jalan Jalan Semeru Kota Tegal setiap hari Minggu pagi hingga sore maka kita akan menjumpai bebagai…

Lewat Poster, FANTRI Suarakan Hak Anak
Berita 06 Aug, 2017

Lewat Poster, FANTRI Suarakan Hak Anak

TEGAL - Minggu (6/8) pagi di area Pantai Alam Indah (PAI) Tegal tepatnya di halaman Kampung Seni PAI Tegal berkumpul…

Resmi, Dedi Wahyudin Sebagai Anggota DPRD Gantikan Susanto.
Berita 14 Sep, 2018

Resmi, Dedi Wahyudin Sebagai Anggota DPRD Gantikan Susanto.

Tegal - Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tegal dengan acara Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Tegal masa bakti…

Most from this category