DLH Kota Tegal Sosialisasikan Pengaduan Sengketa Lingkungan

TEGAL-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal menggelar sosialisasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan, Rabu (10/10) di Kantor DLH Kota Tegal, Jalan Nila No. 11 Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal.

Kegiatan itu, dihadiri Lurah, Camat, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder lainnya serta Tim Teknis Sengketa Lingkungan.  Sedangkan sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dwi Haryanto dan Mohammad Sobar.

Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungam Hidup, Kasnudi berharap melalui sosialiasi tersebut peserta memahami tata cara bagaimana penyelesaian lingkungan.  Memberikan edukasi dan pemahanan sengketa lingkungan.

Selain itu, menambah pengetahuan untuk menyikapi aktivitas pencemaran lingkungan yang merugikan masyarakat mulai dari identifikasi kasus, tata cara pengaduan hingga penyelesaian sengketanya.

Kasnudi menuturkan, di Kota Tegal banyak kegiatan usaha yang berpotensi terjadi menimbulkan pencemaran lingkungan.

Berdasarkan data DLH Kota Tegal, tercatat pada tahun 2017, terdapat 8 kasus sengketa lingkungan. Sedangkan tahun 2018, DLH mencatat 6 kasus, antara lain pencemaran limbah,  pabrik yang belum memiliki ijin lingkungan akan tetapi sudah beroperasi, pemotongan ayam, dan sebagainya.

Apabila terdapat kasus sengketa lingkungan, kata Kasnudi, masyarakat lapor ke RT, RW, Kelurahan dan membuat surat ke DLH Kota Tegal. Laporan tersebut juga dalam dilengkapi dengan bukti-bukti.

“Jika ada laporan, pertama kami verifikasi dulu oleh Tim Teknis, kalau sudah diverifikaai, kami undang pihak terkait dan akan diberikan solusi. Tim  Teknis Sengketa Lingkungan terdiri dari DLH, Satpol PP, Kepolisian”, kata Kasnudi.

Apabila terbukti, misalnya melakukukan pencemaran lingkungan, Kasnudi, menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi berupa teguran, pembekuan hingga pencabutan izin usaha.  Sanksi tersebut sesuai UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidupdengan Pasal 76 Ayat 1 dan 2.

Berita Lainnya

Hari Jadi Kota Tegal, Walkot Serahkan Dokumen “Three In One”
Berita 12 Apr, 2019

Hari Jadi Kota Tegal, Walkot Serahkan Dokumen “Three In One”

Tepat dihari jadi Kota Tegal Ke-439, Jum’at (12/4) Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono beserta Wakil Wali Kota Tegal M.…

Pemkot Tegal Gelar  Sosialisasi Bulan Bhakti Gotong Royong
Berita 04 May, 2017

Pemkot Tegal Gelar Sosialisasi Bulan Bhakti Gotong Royong

TEGAL- Pemkot Tegal gelar  sosialisasi Bulan Bhakti Gerakan Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Kamis (4/5) di aula eks Samsat komplek Balaikota…

Kodim 0712/Tegal Tanam Pohon
Berita 06 Dec, 2017

Kodim 0712/Tegal Tanam Pohon

TEGAL –Pagi itu, Rabu (6/12) bertempat di Ladur Martoloyo Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf…

Walikota Ajak Jamaah Bersholawat Untuk Memuliakan Nabi
Berita 21 May, 2019

Walikota Ajak Jamaah Bersholawat Untuk Memuliakan Nabi

Tegal – Usai lakukan Sholat Tarawih, Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M mengajak rombongan yang terdiri dari Wakil…

Anggota Partai Politik Tidak Boleh Menjadi Ketua RT dan RW
Berita 21 Dec, 2018

Anggota Partai Politik Tidak Boleh Menjadi Ketua RT dan RW

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2018, Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, melarang…

Wali Kota: Pendidikan dan Pelatihan Adalah Modal
Berita 14 Jul, 2017

Wali Kota: Pendidikan dan Pelatihan Adalah Modal

TEGAL-Wali Kota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, buka Pendidikan dan Pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja tahun 2017 yang diselenggarakan…

Most from this category