DLH Kota Tegal Sosialisasikan Pengaduan Sengketa Lingkungan

TEGAL-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal menggelar sosialisasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan, Rabu (10/10) di Kantor DLH Kota Tegal, Jalan Nila No. 11 Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal.

Kegiatan itu, dihadiri Lurah, Camat, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder lainnya serta Tim Teknis Sengketa Lingkungan.  Sedangkan sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dwi Haryanto dan Mohammad Sobar.

Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungam Hidup, Kasnudi berharap melalui sosialiasi tersebut peserta memahami tata cara bagaimana penyelesaian lingkungan.  Memberikan edukasi dan pemahanan sengketa lingkungan.

Selain itu, menambah pengetahuan untuk menyikapi aktivitas pencemaran lingkungan yang merugikan masyarakat mulai dari identifikasi kasus, tata cara pengaduan hingga penyelesaian sengketanya.

Kasnudi menuturkan, di Kota Tegal banyak kegiatan usaha yang berpotensi terjadi menimbulkan pencemaran lingkungan.

Berdasarkan data DLH Kota Tegal, tercatat pada tahun 2017, terdapat 8 kasus sengketa lingkungan. Sedangkan tahun 2018, DLH mencatat 6 kasus, antara lain pencemaran limbah,  pabrik yang belum memiliki ijin lingkungan akan tetapi sudah beroperasi, pemotongan ayam, dan sebagainya.

Apabila terdapat kasus sengketa lingkungan, kata Kasnudi, masyarakat lapor ke RT, RW, Kelurahan dan membuat surat ke DLH Kota Tegal. Laporan tersebut juga dalam dilengkapi dengan bukti-bukti.

“Jika ada laporan, pertama kami verifikasi dulu oleh Tim Teknis, kalau sudah diverifikaai, kami undang pihak terkait dan akan diberikan solusi. Tim  Teknis Sengketa Lingkungan terdiri dari DLH, Satpol PP, Kepolisian”, kata Kasnudi.

Apabila terbukti, misalnya melakukukan pencemaran lingkungan, Kasnudi, menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi berupa teguran, pembekuan hingga pencabutan izin usaha.  Sanksi tersebut sesuai UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidupdengan Pasal 76 Ayat 1 dan 2.

Berita Lainnya

Cinta NKRI dengan Jalan Kaki
Berita 14 Mar, 2017

Cinta NKRI dengan Jalan Kaki

TEGAL – Rasa cinta terhadap bangsa dapat diekspresikan dengan cara dan gaya masing – masing orang atau kelompok. Itu adalah…

UPS Tegal Adakan Buka Bersama dan Santunan
Berita 05 Jun, 2018

UPS Tegal Adakan Buka Bersama dan Santunan

TEGAL - Buka puasa bersama keluarga besar UPS Tegal yang digelar di Auditorium Dariyoen Seno Atmodjo Universitas Pancasakti Tegal disertai…

Pasha Ungu Masih Punya Satu Hutang ke Kota Tegal
Berita 21 Feb, 2020

Pasha Ungu Masih Punya Satu Hutang ke Kota Tegal

Jumadi Usul saat Hari Jadi Kota Tegal atau saat Apeksi JAKARTA – Sigit Purnomo alias Pasha Ungu yang juga Wakil…

Pemkot Tegal Gelar Workshop Budaya Kerja
Berita 22 Nov, 2018

Pemkot Tegal Gelar Workshop Budaya Kerja

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Bagian Organisasi Setda Kota Tegal menggelar Workshop Budaya Kerja, Kamis (22/11) di ruang Adipura, kawasan Balai…

Hadapi Liga 3 dan Piala Suratin, Persegal Luncurkan “Jersey” Baru
Berita 07 Jul, 2019

Hadapi Liga 3 dan Piala Suratin, Persegal Luncurkan “Jersey” Baru

TEGAL - Dalam menghadapi Kompetisi Piala Suratin dan keikutsertaanya pada Liga 3 tahun 2019. Persatuan Sepakbola Tegal (Pesegal) meluncurkan Jersey…

Pawai Rolasan Meriahkan Maulid Nabi
Berita 09 Nov, 2019

Pawai Rolasan Meriahkan Maulid Nabi

Tegal - Antusiasme warga iringi pagelaran pawai rolasan yang rutin diadakan tiap tahun. Sepanjang rute yang dilalui Warga memenuhi untuk…

Most from this category