Potensi Wilayah Dapat Dijadikan Identitas Kampung KB

TEGAL-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, Diah Triastuti mengatakan potensi wilayah pada Kampung KB akan menjadi identitas Kampung KB itu sendiri.

Hal tersebut dikatakan Diah Triastuti saat membuka pembinaan Kader Kesehatan Keluarga se Kota Tegal, Selasa (3/10/2018).

Kegiatan digelar di ruang Adipura Balai Kota Tegal itu dihadiri seratusan kader kesehatan keluarga se Kota Tegal.

Diah mencontohkan, seperti halnya Kampung KB di Kelurahan Muarareja. Menurut Diah, beberapa waktu yang lalu,
DPPKBP2PA bekerjasama dengan Disnakerin Kota Tegal bersama-sama melatih mengolah rumput laut yang diikuti ketua Pokja beserta anggotanya.

Hasilnya, rumput laut yang biasa hanya ditanam dan dijual saat panen ternyata dapat diolah beraneka olahan, misalnya dibuat cendol, kerupuk dan olahan lainnya.

Selain itu, Kampung KB di Kelurahan Kalinyamat Wetan, dibina tentang pengelolaan Bank Sampah bersama DLH Kota Tegal.

Wilayah lain seperti di Kelurahan Margadana yang masih dirintis produk unggulan seperti jenang.

Kampung KB di Kelurahan Panggung, ada potensi wisata Pulo Kodok yang saat ini sudah menjadi perhatian Pemkot Tegal dan masyarakat.

“Untuk wilayah Kampung KB di Kelurahan Slerok, disana belum menemukan produk unggulan/potensi yang ada disana. Ada yang usul produk kerajinan tangan, dari limbah dari pelepah pisang. Hal ini dimaksud agar produk tersebut menjadi unggulan di kampung KB”, ujar Diah.

Selain mendorong pada Kampung KB memiliki produk unggulan, kata Diah, pihaknya juga mendorong masyarakat untuk menggunakan Metode KB Jangka Panjang (MKJP).

“Kalau IUD dan Implan, masyarakat sudah familier, kedepan kita akan fokus pada MOW (Metoda Operasi Wanita ) dan MOP (Metoda Operasi Pria)”, pungkas Diah.

Berita Lainnya

PMI Kota Tegal Adakan Safari Donor Darah
Berita 06 Apr, 2017

PMI Kota Tegal Adakan Safari Donor Darah

TEGAL – Dalam rangka peringatan hari jadi Kota Tegal ke 437 tahun, PMI Kota Tegal menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Safari…

BI Tegaskan Kewajiban Perizinan Penyelenggara Penukaran Valuta Asing
Berita 23 Feb, 2017

BI Tegaskan Kewajiban Perizinan Penyelenggara Penukaran Valuta Asing

TEGAL-Bank Indonesia menegaskan adanya kewajiban bagi penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (KUPVA) bukan bank untuk memperoleh izin beroperasi. Bagi…

Pengenalan Lebih Dini Kanker Serviks
Berita 23 Nov, 2017

Pengenalan Lebih Dini Kanker Serviks

TEGAL - Pada tahun 2014, WHO menyatakan terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker.…

Teater Banyu Biru Pentaskan ”Dunia Seolah-olah”
Berita 15 Apr, 2018

Teater Banyu Biru Pentaskan ”Dunia Seolah-olah”

TEGAL - ''Ini adalah kisah dari negeri yang bisa terjadi apa saja. Warna hitam bisa dibuat menjadi warna putih, siang…

Koper Jemaah Calon Haji Diberi Tanda Khusus
Berita 11 Aug, 2017

Koper Jemaah Calon Haji Diberi Tanda Khusus

TEGAL-Sebanyak 349  Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Tegal yang tergabung dalam kloter 55, Jum’at (11/8) menyerahkan koper haji di Kantor…

Slamet Ambari Kembali Masuk Nominasi
Berita 31 May, 2018

Slamet Ambari Kembali Masuk Nominasi

TEGAL - Pemeran tokoh Jadag dalam film Turah, Slamet Ambari menenggerkan namanya dalam deretan nama-nama aktor dalam moninasi Pendatang Baru…

Most from this category