Rumah Ambruk, Warga Kelurahan Slerok Terima Bantuan dari Baznas Kota Tegal

TEGAL-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal memberikan bantuan kepada Darsini, warga Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Darsini merupakan janda yang rumahnya roboh, pada Kamis minggu lalu.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf diterima langsung oleh Darsini. Baznas memberikan bantuan sebesar Rp. 5 juta rupiah, disaksikan jajaran pengurus Baznas Kota Tegal, Kelurahan Slerok, Ketua RW VI dan warga setempat.

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf mengatakan, apabila rumah Darsini memiliki sertifikat tanah atas nama sendiri, maka Baznas Kota Tegal siap menanggung biaya pembangunan rumah dengan syarat, ada pengantar RT/RW, surat keterangan tidak dalam sengketa dan lainnya.

“Kami siap menanggung semuanya,  asalkan ada sertfikat, ada pengantar RT/RW, surat keterangan tidak dalam sengketa”, ujar Harun.

Darsini mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Baznas. Darsini mengaku,tidak memiliki sertifikat tanah dan mengatakan, kondisi rumahnya memang sudah rapuh serta tidak ada biaya untuk merenovasi. “tanah ini dulu warisan, Ibu saya berpesan untuk tidak dijual”, ucap darsini.

Ketua RW VI Kelurahan Slerok, Dwijo Prasetyo menuturkan, Darsini merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Kota Tegal. Tahun 2008, Darsini pernah mendapatkan bantuan untuk renovasi rumah dari Pemkot Tegal.

“Awalnya rumah Darsini berupa geribig bambu, lalu mendapatkan bantuan melalui program RTLH”, kata Dwijo.

Tahun ini, kata Dwijo, rumah Darsini juga diusulkan, akan tetapi kondisi rumah sudah rapuh, akhirnya roboh terlebih dahulu sebelum bantuan itu turun. Bagian tengah dan dapur rumah Darsini ambruk hingga rata dengan tanah.

Melihat kondisi seperti itu, Dwijo bersama warga yang lain, swadaya menggalang dana untuk membangun kembali rumah Darsini yang ambruk. Saat ini sudah terkumpul Rp. 3,2 juta, dan telah dibelikan semen 10 sak serta pasir satu dump.

“Kami bersama warga telah menghitung rencana renovasi rumah totalnya sekitar Rp. 20 juta. Rencana akan kami tambahkan besi cor, agar bangunan lebih kuat. Minimal dua penyangga besi cor”, pungkas Dwijo.

Berita Lainnya

Pegiat Anti Narkoba Sosialisasi Bahaya Narkoba
Berita 19 Jul, 2017

Pegiat Anti Narkoba Sosialisasi Bahaya Narkoba

TEGAL-Badan Narkotika Nasional Kota Tegal bersama Pegiat Anti Narkoba sosialiasi bahaya zat yang dilarang tersebut. Seperti halnya Selasa (18/7) siang…

Pjs. Walikota Tegal Optimis Peskid Juarai Lomba Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Tk. Jateng
Berita 21 Mar, 2018

Pjs. Walikota Tegal Optimis Peskid Juarai Lomba Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Tk. Jateng

TEGAL- Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tegal optimis Kelurahan Pesurungan Kidul mampu menjuarai Lomba Kelurahan Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat…

UPS Tegal Tuan Rumah Peksimida Jateng
Berita 12 Aug, 2018

UPS Tegal Tuan Rumah Peksimida Jateng

TEGAL-Badan Pembina Seni Indonesia (BPSI) Jawa Tengah menggelar Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah ke XIV. Kegiatan tersebut dilaksanakan…

Tak Ada Logo Palu Arit Di Lembar Uang Rupiah
Berita 24 Jan, 2017

Tak Ada Logo Palu Arit Di Lembar Uang Rupiah

TEGAL – Bank Indonesia Perwakilan Kota Tegal dengan tegas mengatakan tidak ada logo palu arit di lembar uang rupiah seperti…

BP4D Kota Tegal Gelar Pelatihan Kewirausahaan
Berita 11 Oct, 2017

BP4D Kota Tegal Gelar Pelatihan Kewirausahaan

TEGAL – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Tegal menggelar kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi anggota Forum for…

Aplikasi SILAT Resmi Dilaunching
Berita 31 May, 2019

Aplikasi SILAT Resmi Dilaunching

Tegal – Launching Aplikasi Sistem Informasi Pelatihan (SILAT) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal dilakukan di Pendopo Ki…

Most from this category