Rumah Ambruk, Warga Kelurahan Slerok Terima Bantuan dari Baznas Kota Tegal

TEGAL-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal memberikan bantuan kepada Darsini, warga Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Darsini merupakan janda yang rumahnya roboh, pada Kamis minggu lalu.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf diterima langsung oleh Darsini. Baznas memberikan bantuan sebesar Rp. 5 juta rupiah, disaksikan jajaran pengurus Baznas Kota Tegal, Kelurahan Slerok, Ketua RW VI dan warga setempat.

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf mengatakan, apabila rumah Darsini memiliki sertifikat tanah atas nama sendiri, maka Baznas Kota Tegal siap menanggung biaya pembangunan rumah dengan syarat, ada pengantar RT/RW, surat keterangan tidak dalam sengketa dan lainnya.

“Kami siap menanggung semuanya,  asalkan ada sertfikat, ada pengantar RT/RW, surat keterangan tidak dalam sengketa”, ujar Harun.

Darsini mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Baznas. Darsini mengaku,tidak memiliki sertifikat tanah dan mengatakan, kondisi rumahnya memang sudah rapuh serta tidak ada biaya untuk merenovasi. “tanah ini dulu warisan, Ibu saya berpesan untuk tidak dijual”, ucap darsini.

Ketua RW VI Kelurahan Slerok, Dwijo Prasetyo menuturkan, Darsini merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Kota Tegal. Tahun 2008, Darsini pernah mendapatkan bantuan untuk renovasi rumah dari Pemkot Tegal.

“Awalnya rumah Darsini berupa geribig bambu, lalu mendapatkan bantuan melalui program RTLH”, kata Dwijo.

Tahun ini, kata Dwijo, rumah Darsini juga diusulkan, akan tetapi kondisi rumah sudah rapuh, akhirnya roboh terlebih dahulu sebelum bantuan itu turun. Bagian tengah dan dapur rumah Darsini ambruk hingga rata dengan tanah.

Melihat kondisi seperti itu, Dwijo bersama warga yang lain, swadaya menggalang dana untuk membangun kembali rumah Darsini yang ambruk. Saat ini sudah terkumpul Rp. 3,2 juta, dan telah dibelikan semen 10 sak serta pasir satu dump.

“Kami bersama warga telah menghitung rencana renovasi rumah totalnya sekitar Rp. 20 juta. Rencana akan kami tambahkan besi cor, agar bangunan lebih kuat. Minimal dua penyangga besi cor”, pungkas Dwijo.

Berita Lainnya

Sidak, Dinkes Kota Tegal Temukan Makanan Kadaluarsa
Berita 13 Dec, 2017

Sidak, Dinkes Kota Tegal Temukan Makanan Kadaluarsa

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal menggelar inspeksi mendadak (Sidak), Rabu (13/12) pagi. Sidak tersebut digelar jelang perayaan…

Kesehatan Para Supir Bus Diperiksa
Berita 08 Jun, 2018

Kesehatan Para Supir Bus Diperiksa

TEGAL-Jelang arus mudik tahun 2018, Dinas Kesehatan Kota Tegal bersama Dishub, BNNK dan Polres Tegal Kota dan stakeholder lain melakukan…

PJS.Walikota Tegal Sampaikan LKPJ Th. 2017
Berita 26 Mar, 2018

PJS.Walikota Tegal Sampaikan LKPJ Th. 2017

TEGAL- PJS.Walikota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2017 dalam rapat paripurna yang…

Perayaan Imlek 2568 Tahun Ayam Api Berlangsung Meriah Dan Aman
Berita 06 Feb, 2017

Perayaan Imlek 2568 Tahun Ayam Api Berlangsung Meriah Dan Aman

Tegal – Perayaan tahun baru China atau Imlek 2568 benar benar meriah dan berlangsung aman, nyaman kondusif tidak ada gejolak…

Wisata Kuliner Kupat Blengong
Berita 13 Mar, 2017

Wisata Kuliner Kupat Blengong

TEGAL –Sebentar lagi kuliner kupat blengong bakal jadi salah satu ikon kuliner Tegal, karena jum’at mendatang kota Tegal akan melaunching…

Pengembangan Kampung KB Akan Terus Ditingkatkan
Berita 03 Mar, 2018

Pengembangan Kampung KB Akan Terus Ditingkatkan

TEGAL - Keberadaan Kampung Keluarga Berencana (KB) yang ada disetiap kecamatan akan terus dikembangkan. Sehingga untuk ke depanya target setiap…

Most from this category