Rumah Ambruk, Warga Kelurahan Slerok Terima Bantuan dari Baznas Kota Tegal

TEGAL-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal memberikan bantuan kepada Darsini, warga Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Darsini merupakan janda yang rumahnya roboh, pada Kamis minggu lalu.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf diterima langsung oleh Darsini. Baznas memberikan bantuan sebesar Rp. 5 juta rupiah, disaksikan jajaran pengurus Baznas Kota Tegal, Kelurahan Slerok, Ketua RW VI dan warga setempat.

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf mengatakan, apabila rumah Darsini memiliki sertifikat tanah atas nama sendiri, maka Baznas Kota Tegal siap menanggung biaya pembangunan rumah dengan syarat, ada pengantar RT/RW, surat keterangan tidak dalam sengketa dan lainnya.

“Kami siap menanggung semuanya,  asalkan ada sertfikat, ada pengantar RT/RW, surat keterangan tidak dalam sengketa”, ujar Harun.

Darsini mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Baznas. Darsini mengaku,tidak memiliki sertifikat tanah dan mengatakan, kondisi rumahnya memang sudah rapuh serta tidak ada biaya untuk merenovasi. “tanah ini dulu warisan, Ibu saya berpesan untuk tidak dijual”, ucap darsini.

Ketua RW VI Kelurahan Slerok, Dwijo Prasetyo menuturkan, Darsini merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Kota Tegal. Tahun 2008, Darsini pernah mendapatkan bantuan untuk renovasi rumah dari Pemkot Tegal.

“Awalnya rumah Darsini berupa geribig bambu, lalu mendapatkan bantuan melalui program RTLH”, kata Dwijo.

Tahun ini, kata Dwijo, rumah Darsini juga diusulkan, akan tetapi kondisi rumah sudah rapuh, akhirnya roboh terlebih dahulu sebelum bantuan itu turun. Bagian tengah dan dapur rumah Darsini ambruk hingga rata dengan tanah.

Melihat kondisi seperti itu, Dwijo bersama warga yang lain, swadaya menggalang dana untuk membangun kembali rumah Darsini yang ambruk. Saat ini sudah terkumpul Rp. 3,2 juta, dan telah dibelikan semen 10 sak serta pasir satu dump.

“Kami bersama warga telah menghitung rencana renovasi rumah totalnya sekitar Rp. 20 juta. Rencana akan kami tambahkan besi cor, agar bangunan lebih kuat. Minimal dua penyangga besi cor”, pungkas Dwijo.

Berita Lainnya

Ketua Cabang 7 Korcab.V DJAT Serahkan Dana Pendidikan Anak Yatim
Berita 31 Oct, 2017

Ketua Cabang 7 Korcab.V DJAT Serahkan Dana Pendidikan Anak Yatim

TEGAL-Bertempat di ruang kepengurusan Jalasenastri Lanal Tegal jl.Proklamasi No.1 Kota Tegal, Selasa (31/10), ketua cabang 7 Korcab.V DJAT Ny.Arisay SB.Manurung…

Agung Raih Juara Dalam Parade Monolog Teater Akar
Berita 18 Jul, 2019

Agung Raih Juara Dalam Parade Monolog Teater Akar

Tegal - Kemis kemarin (18/7) Teater Akar FKIP Universitas Pancasakti Tegal menjadikan acara puncak dari Parade Monolog yang telah diselenggarakan…

Berikut Film Pilihan Tempo, Salah Satunya Film Turah
Berita 17 Nov, 2017

Berikut Film Pilihan Tempo, Salah Satunya Film Turah

Berikut daftar nominasinya: 1. Nominasi Film Pilihan Tempo 2017 Marlina The Murderer in Four Acts Turah Posesif The Seen and Unseen…

Wujudkan WTP, Pemkot Tegal Adakan Rapat Gelar Pengawasan Daerah
Berita 13 Dec, 2016

Wujudkan WTP, Pemkot Tegal Adakan Rapat Gelar Pengawasan Daerah

TEGAL- Wujudkan predikat Wajar Tanpa Pengecuwalian (WTP) serta Good and Clean Government Pemerintah Kota Tegal mengadakan Rapat Dinas Gelar Pengawasan…

BPJS Kesehatan Buka Pendaftaran Melalui Telepon Care Center
Berita 29 May, 2017

BPJS Kesehatan Buka Pendaftaran Melalui Telepon Care Center

TEGAL-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)Kesehatan menargetkan seluruh masyarakat Indonesia masuk menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. Salah satu upaya…

Seribuan Warga Antre Kupon Daging Kurban di Masjid Agung Kota Tegal
Berita 21 Aug, 2018

Seribuan Warga Antre Kupon Daging Kurban di Masjid Agung Kota Tegal

TEGAL-Seribuan warga Kota Tegal antre untuk mendapatkan kupon dari panitia Hari Raya Idul Adha 1439 H khususnya untuk pengambilan daging…

Most from this category