Uji Kelayakan Kendaraan Dengan Kamera Inspection

TEGAL – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal Herviyanto mengatakan dalam rangka peningkatan pelayanan untuk cek kendaraan yang tidak bisa dijangkau, maka Dinas Perhubungan (Disbub), Kota Tegal, membuat terobosan baru dalam melakukan uji kelayakan kendaraan dengan kamera inspection. Sehingga semua kerangka kendaraan dari yang sulit terjangkau akan dapat diketahui.

‘’Saat ini sudah bisa dijangkau dengan kamera inspection. Pengujian dengan kamera tersebut dilakukan untuk bagian terkecil dalam kendaraan. Sehingga kamera akan bergerak kearah beberapa bagian rangka kendaraan, sesuai arah dari petugas,’’ ujar Hervi.

“Kamera inspection tersebut kecil, sehingga bisa diarahkan petugas pengecekan ke bagian rangka yang tersulit,” tambah Herviyanto, Selasa, (25/9).

Herviyanto mengungkapkan dengan kamera tersebut semua bagian kendaraan akan dapat dicapai. Karena selama ini bagian rem dan mesin yang sulit untuk dicek. Tetapi dengan kamera tersebut semua dapat dilihat. Karena langsung terkoneksi dengan Hanphone (HP) Android dan dapat langsung dilihat hasilnya. Tujuan pengecekan dengan kamera tersebut untuk memastikan kelayakan dan kestandaran kendaraan.

“Karena kamera itu dapat merekam dan terdokumentasi langsung dengan sisitem komputer. Dan akan tetlihat dari HP maupun komputer,” ungkap Herviyanto.

Kamera inspection tersebut dilakukan untuk uji rumceck dan semua dilakukan untuk pemeriksaan kendaraan. Sehinggga ketika terjadi kerusakan pada kebocoran oli, rusak rem dan mesin rusak akan dapat langsung diketahui.

Hervi menambahkan dengan adanya terobosan tersebut, untuk kedepanya Dishub akan terus mengupayakan dengan sistem robotik. Sedangkan kendaraan yang diuji kelayakan dengan kamera tersebut diantaranya truk, bus, pick up dan kendaraan penumpang lainya. Dengan pengujian dengan kamera inspection tersebut. Dishub berharap akan dapat mempermudah dalam pengecekan dan lebih menjamin kendaraan yang baik. Sehingga Dishub dapat memberikan pelayanan sesuai indikator yang baik dan mudah. Dan kendaraan yang berjalan akan lebih layak. Hal itu tentu dapat meminimalisir kecelakaan.

“Uji kelayakan kendaraan dengan kamera inspection tersebut baru kami laksanaksn hari ini. Sedangkan biaya pengecekan hanya Rp 25 ribu, itu sudah sesuai Perda,” tandasnya.

Berita Lainnya

Berita Festival Durian di PAI Adalah Hoax
Berita 23 Nov, 2017

Berita Festival Durian di PAI Adalah Hoax

TEGAL – Info yang beredar saat ini di sosial media terkait Festival Tegal Laka-laka yang menyuguhkan kegiatan makan Durian di…

Sebelum Dilarung, Ancak Diarak Keliling
Berita 01 Oct, 2017

Sebelum Dilarung, Ancak Diarak Keliling

TEGAL – Tradisi sedekah laut nelayan Kota Tegal yang setiap tahunnya digelar tidak luput menghadirkan Ancak. Ancak yang akan dilarung…

Kang Nur Letakan Batu Pertama Pembangunan M.I. Ihsaniah
Berita 30 Oct, 2017

Kang Nur Letakan Batu Pertama Pembangunan M.I. Ihsaniah

Tegal – Usai menjadi ispektur upacara dalam rangka hari lahir M.I. Ihsaniah yang ke 84, Kang Nur panggilan Akrab Plt…

Sistem Zonasi Berdasarkan Permendikbud
Berita 05 Jul, 2017

Sistem Zonasi Berdasarkan Permendikbud

TEGAL-Sekolah diwilayah Kota Tegal, baik sekolah Negeri maupun Swasta sedang disibukkan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. Tahun ini…

Cegah Narkoba, Polsek Sumurpanggang Kota Tegal Sasar Pelajar
Berita 15 Dec, 2017

Cegah Narkoba, Polsek Sumurpanggang Kota Tegal Sasar Pelajar

TEGAL-Kepolisian Resor Tegal Kota Polda Jateng bekerjasama dengan pihak sekolah melakukan upaya pencegahan bahaya narkotika dan obat berbahaya (narkoba) dikalangan…

Siap-siap, Gerakan Tegal Membaca Akan Diluncurkan
Berita 18 Oct, 2018

Siap-siap, Gerakan Tegal Membaca Akan Diluncurkan

TEGAL-Gerakan Tegal Membaca akan dilaunching di Kota Tegal, Jum’at (19/10) besok, di ruang Adipura Kawasan Balai Kota Tegal.  Kota Tegal…

Most from this category