AMM Kota Tegal Gelar Dialog Pedidikan Karakter

TEGAL– Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Tegal menyelenggarakan Dialog Interaktif bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  di SMA Muhammadiyah Kota Tegal.

Dialog interaktif yang diisi oleh pemateri dari Kemendikbud RI dan dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) serta sebagai moderator Abdul Wahab, S.Kom, yang juga Sekteraris PD Pemuda Muhammadiyah Kota Tegal.

Dialog tersebut mengusung tema pentingnya peningkatan pendidikan karakter.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tegal dan seluruh Angkatan Muda Muhammadiyah yang terdiri dari Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathon dan Tapak Suci Putera Muhammadiyah serta mahasiwa dari Politeknik Muhammadiyah Kota Tegal.

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemendikbud RI, Aryuna Wahyudi, S.T menjabarkan tentang pentingnya perkembangan dunia informasi dan teknologi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Sebab, menurut Aryuna, pendidikan di Indonesia saat ini sudah mulai menerapkan sistem digital dalam pelaksaanya.

Selain itu, pentingnya peningkatan pendidikan karakter juga disampaikan oleh Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasyi, M.Si yang merupakan seorang dosen dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Dr. Ma’mun menyampaikan bahwa pelajar Indonesia saat ini menjadi korban dari “Rangking”. Hal ini terlihat dari para orang tua yang menghukum anaknya bila anaknya tidak mendapatkan rangking yang memuaskan di sekolahnya.

“Apabila rangking dijadikan sebagai tujuan utama belajar disekolah, maka siswa hanya terpaku pada nilai dan karakter siswa tidak terbentuk dengan semestinya”, kata Dr. Ma’mun.

Oleh karena itu, kata Dr. Ma’mun, pendidikan karakter dapat diterapkan sekolah-sekolah antara lain dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan di sekolah seperti mengantri, mendahulukan orang yang lemah dan lain-lain, sehingga secara perlahan tapi pasti karakter siswa akan tumbuh melalui pembiasaan-pembiasaan tersebut.

Berita Lainnya

Resmi, Achmad Rofai Serahkan Laporan Pelaksaan Tugas Pjs Walikota Tegal
Berita 25 Jun, 2018

Resmi, Achmad Rofai Serahkan Laporan Pelaksaan Tugas Pjs Walikota Tegal

Semarang - Pjs. Walikota Tegal Drs. Achmad Rofai yang baru saja berakhir masa tugas nya per 24 Juni kemarin secara…

Pedagang Diajak Jajakan Jajanan Sehat
Berita 02 Nov, 2017

Pedagang Diajak Jajakan Jajanan Sehat

TEGAL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal gelar pertemuan MPA-HAST Hygiene Sanitasi SD/MI, Kamis (2/11) di aula Kecamatan Tegal Selatan. Sedikitnya 20…

Habib Ali dan Tanty Daftar ke KPU Dihari Terakhir
Berita 10 Jan, 2018

Habib Ali dan Tanty Daftar ke KPU Dihari Terakhir

TEGAL – Suara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal nampak ramai,terutama dimalam hari sekitar pulul 08.30 WIB. Iring-iringan…

Truk Besar Dilarang Melintas H-4 Hingga H+3 Lebaran
Berita 18 Jun, 2017

Truk Besar Dilarang Melintas H-4 Hingga H+3 Lebaran

TEGAL-Menjelang arus mudik dan balik angkutan Lebaran tahun 2017, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali memberlakukan pembatasan…

Rutiningsih : Tidak Disangka Saya Mendapatkan Hadiah Umroh Gratis
Berita 25 Apr, 2017

Rutiningsih : Tidak Disangka Saya Mendapatkan Hadiah Umroh Gratis

TEGAL – Penyelenggraan Jalan Sehat yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tegal dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Tegal ke 437…

Sidak, Pjs.Walikota Temukan Banyak Makanan dan Minuman Kadaluarsa
Berita 23 May, 2018

Sidak, Pjs.Walikota Temukan Banyak Makanan dan Minuman Kadaluarsa

TEGAL- Pastikan makanan dan minuman yang beredar di Kota Tegal layak konsumsi, Pjs.Wali Kota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si didampingi…

Most from this category