AMM Kota Tegal Gelar Dialog Pedidikan Karakter

TEGAL– Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Tegal menyelenggarakan Dialog Interaktif bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  di SMA Muhammadiyah Kota Tegal.

Dialog interaktif yang diisi oleh pemateri dari Kemendikbud RI dan dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) serta sebagai moderator Abdul Wahab, S.Kom, yang juga Sekteraris PD Pemuda Muhammadiyah Kota Tegal.

Dialog tersebut mengusung tema pentingnya peningkatan pendidikan karakter.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tegal dan seluruh Angkatan Muda Muhammadiyah yang terdiri dari Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathon dan Tapak Suci Putera Muhammadiyah serta mahasiwa dari Politeknik Muhammadiyah Kota Tegal.

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemendikbud RI, Aryuna Wahyudi, S.T menjabarkan tentang pentingnya perkembangan dunia informasi dan teknologi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Sebab, menurut Aryuna, pendidikan di Indonesia saat ini sudah mulai menerapkan sistem digital dalam pelaksaanya.

Selain itu, pentingnya peningkatan pendidikan karakter juga disampaikan oleh Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasyi, M.Si yang merupakan seorang dosen dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Dr. Ma’mun menyampaikan bahwa pelajar Indonesia saat ini menjadi korban dari “Rangking”. Hal ini terlihat dari para orang tua yang menghukum anaknya bila anaknya tidak mendapatkan rangking yang memuaskan di sekolahnya.

“Apabila rangking dijadikan sebagai tujuan utama belajar disekolah, maka siswa hanya terpaku pada nilai dan karakter siswa tidak terbentuk dengan semestinya”, kata Dr. Ma’mun.

Oleh karena itu, kata Dr. Ma’mun, pendidikan karakter dapat diterapkan sekolah-sekolah antara lain dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan di sekolah seperti mengantri, mendahulukan orang yang lemah dan lain-lain, sehingga secara perlahan tapi pasti karakter siswa akan tumbuh melalui pembiasaan-pembiasaan tersebut.

Berita Lainnya

TP PKK Kota Tegal Gelar Tasyakuran
Berita 24 May, 2017

TP PKK Kota Tegal Gelar Tasyakuran

TEGAL- Tim Penggerak PKK Kota Tegal gelar tasyakuran peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 dengan tema Dengan Hari Kesatuan Gerak…

Ubaidillah Hasilkan Buku Kumpulan Cerpen
Berita 12 Jan, 2018

Ubaidillah Hasilkan Buku Kumpulan Cerpen

TEGAL - Namanya dikenal lewat Film Turah, adalah Ubaidillah seorang aktor dan juga penulis cerita pendek (cerpen). Sepuluh karya cerpen…

Walikota Tegal Pantau Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SD/MI.
Berita 15 May, 2017

Walikota Tegal Pantau Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SD/MI.

Tegal – Secara umum pelaksanaan Ujian Nasional di Kota Tegal berjalan lancar, mulai dari tingkat SLTA, SLTP dan hari ini…

Kang Nur Letakan Batu Pertama Pembangunan M.I. Ihsaniah
Berita 30 Oct, 2017

Kang Nur Letakan Batu Pertama Pembangunan M.I. Ihsaniah

Tegal – Usai menjadi ispektur upacara dalam rangka hari lahir M.I. Ihsaniah yang ke 84, Kang Nur panggilan Akrab Plt…

28 Pelajar SD IT BIAS Assalam Ikuti Program Student Exchange di Malaysia
Berita 19 Jan, 2017

28 Pelajar SD IT BIAS Assalam Ikuti Program Student Exchange di Malaysia

TEGAL- Sebanyak 28 siswa siswi SD IT BIAS Assalam Kota Tegal terpilih menjadi peserta  program Student Exchange (pertukaran pelajar) di…

Dinkes Kota Tegal Adakan Lomba Film Promosi Kesehatan
Berita 21 Nov, 2017

Dinkes Kota Tegal Adakan Lomba Film Promosi Kesehatan

TEGAL - Dinas Kesehatan Kota Tegal melalui Balai Pengobatan Pemberantasan Penyakit Paru-Paru (BP4) Kota Tegal mengadakan Lomba Film Promosi Kesehatan…

Most from this category