Zakiyah Merasa Senang Ikut Pelatihan Mengolah Rumput Laut

TEGAL– Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal menggelar pelatihan wira usaha baru, Rabu (19/9) di Sekretariat Sanggar Pramuka Kota Tegal.

Sebanyak 20 orang mengikuti pelatihan tersebut. Mereka diajarkan bagaimana mengolah rumput laut menjadi aneka makanan seperti dodol, sirup dan cendol dari rumput laut.

Zakiyatul Fitriyah (20), warga Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja mengaku senang dapat mengikuti dan ini baru pertama mengikuti pelatihan ini.

Menurutnya, selama ini tidak mengetahui bahwa rumput laut bisa dimanfaatkan menjadi olahan makanan.  “Saya belum mengetaui bahwa rumput laut bisa diolah menjadi dodol dan sirup”, kata Zakiyah.

Instruktur Pengolahan Ikan BP3 Tegal, Suprihatin menuturkan, sebenarnya banyak olahan yang dapat dibuat dari bahan rumput laut. Menurut Suprihatin, selama ini warga Kelurahan Muarareja hanya menjual rumput laut kering, padahal potensi rumput laut sangat melimpah.

“Potensi rumput laut sangat melimpah di Muarareja, apabila hanya dijual kering saja sangat saying”, ungkap Suprihatin.

Suprihati menambahkan, untuk meningkatkan nilai tambah rumput laut dapat diolah menjadi makanan. Apabila rumput laut dijual mentah (kering) hanya dihargai sebesar Rp 5 ribu perkilogram. Akan tetapi apabila dapat diolah dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Sementara itu, Kepala Disnakerin Kota Tegal, Heru Setyawan melalui Kepala Bidang Perindustrian Erni Wijayanti menuturkan, kegiatan wirausaha baru untuk mencari orang yang berpotensi untuk dilatih memproduksi olahan dari rumput laut.

Harapannya, kata Erni, Kelurahan Muarareja memiliki potensi wisata, sehingga apabila mereka (wirausaha baru) dapat bersinergi misal rumput laut diolah menjadi makanan, dikemas sedemikian rupa dan dijual maka dapat menambah penghasilan.

“Kita pilih rumput laut, karena di Muarareja banyak produksi rumput laut, kita manfaatkan potensi yang ada disana”, pungkas Erni. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Wali Kota Tegal Terima Kunjungan IKASMA
Berita 12 Oct, 2018

Wali Kota Tegal Terima Kunjungan IKASMA

TEGAL-Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh, M.MPd, menerima kunjungan silaturahmi Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tegal (IKASMA), Jum’at (12/10) di ruang…

PC HIMPAUDI Kota Tegal Dilantik
Berita 09 Jul, 2019

PC HIMPAUDI Kota Tegal Dilantik

Tegal – Pelantikan Pengurus Cabang Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (PC HIMPAUDI) dan Silaturahim Pendidik PAUD Kota Tegal berlangsung…

Jajaran PLN APJ Tegal Simulasi Kebakaran
Berita 16 Jun, 2017

Jajaran PLN APJ Tegal Simulasi Kebakaran

TEGAL- PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Tegal menggelar Simulasi Bahaya Kebakaran, yang diikuti oleh pegawai PLN  APJ Tegal dan juga…

Dishub Kota Tegal Gelar Razia Uji Laik
Berita 15 May, 2019

Dishub Kota Tegal Gelar Razia Uji Laik

Tegal – Pelaksanaan pemeriksaan kendaraan bermotor (razia) uji Laik Jalan yang dilaksanakan secara rutin oleh Dinas Perhubungan Kota Tegal dilaksanakan…

Danlanal Tegal Ziarah ke makam Posongan dan Tugu Pahlawan Comal
Berita 04 Mar, 2018

Danlanal Tegal Ziarah ke makam Posongan dan Tugu Pahlawan Comal

PEMALANG-Pada saat berlangsungnya Agresi Militer Belanda Ke-2 tahun 1947, bertempat di Dukuh Posongan Comal Kabupaten Pemalang telah terjadi Pertempuran Sengit…

Cegah Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba Sedini Mungkin.
Berita 14 Jul, 2017

Cegah Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba Sedini Mungkin.

Tegal – Upacara Puncak peringatan hari anti narkotika internasional tahun 2017 yag digelar di Gor Wisanggeni, Kamis (13/7/2017) dihadiri oleh…

Most from this category