LPPP UPS Tegal Mengadakan Pelatihan Aplikasi BKD Bagi Dosen

TEGAL- Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) UPS Tegal mengadakan pelatihan bagi dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik di lingkungan UPS Tegal, beberapa waktu lalu.

Pelatihan ini merupakan bentuk penyesuaian dari perubahan pelaporan beban kerja dosen (BKD) tahun 2018 sesuai dengan edaran dari Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah.

Laporan BKD merupakan bentuk pelaksaan Tridarma perguruan tinggi yang dilakukan oleh Dosen dalam melakukan kegiatan tridarma perguruan tinggi. Oleh karena itu, BKD harus dibua dan didistribusikan secara proporsional dan terukur pada semua bidang kegiatan tridarma perguruan tinggi.

Kegiatan yang diadakan di ruang Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal ini dihadiri oleh sekitar 150 dosen. Sebagai pemateri Agnes Dwita S, S.E., M.Kom. yang juga Kepala Bagian Sertifikasi Dosen LP3 UPS Tegal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pemberitahuan.

Kegiatan tersebut juga untuk mengingatkan kembali kepada dosen yang telah bersertifikat untuk membuat kontrak BKD semester gasal 2018/2019 dengan aplikasi BKD versi 2018.

“Secara umum pelaporan BKD tidak banyak mengalami perubahan karena komponen pelaporan BKD masih cenderung sama”, kata Agnes.

Selain itu, Agnes menuturkan, pelaporan BKD ditujukan untuk dosen yang telah tersertifikasi dengan berbagai kriteria pelaporan seperti pelaporan BKD untuk dosen biasa, Pelaporan Dosen dengan Tugas Belajar, pelaporan BKD Untuk Guru Besar, dan pelaporan BKD untuk dosen dengan tugas tambahan (struktural) untuk mengikuti perubahan pelaporan BKD sesuai dengan versi 2018.

Lebih Lanjut Agnes menyampaikan bahwa kontrak BKD semester gasal 2018/2019 merupakan salah satu persyaratan pencairan tunjangan profesi/kehormatan, bagi dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik.

“Dengan pelatihan pelaporan BKD versi 2018 ini diharapkan dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik di lingkungan UPS Tegal akan terbiasa dan dapat dengan tepat waktu melakukan tahapan-tahapan pelaporan BKD. Pelaporan yang sesuai dan tepat waktu dapat mempermudah UPS tegal dalam melakukan verifikasi data sehingga tahapan dalam pelapan BKD dapat dikontrol”, imbuh Agnes.

Sebagai informasi, peloporan BKD dosen yang dilakukan mencakup, pertama Pendidikan dan pengajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran, membimbing dan melatih).

Kedua, melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan. Ketiga melakukan tugas tambahan pada administrasi atau manajemen pada perguruan tinggi, dan  keempat, melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan demikian dosen yang tidak dapat memenuhi hal tersebut dan tidak memenuhi capaian kinerja tridarma perguruan tinggi minimal 12 sks maka tidak berhak untuk memperoleh tunjangan profesi atau tunjangan kehormatannya.

Berita Lainnya

Petugas PPDP Datangi Rumah Plt. Wali Kota
Berita 20 Jan, 2018

Petugas PPDP Datangi Rumah Plt. Wali Kota

Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Tegal mendatangi rumah Plt. Wali Kota Tegal. M Nursholeh,…

Kang Nursholeh Buka FASI Kota Tegal
Berita 08 Nov, 2017

Kang Nursholeh Buka FASI Kota Tegal

Tegal – Acara diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an dan terjemahannya oleh Qoriah Nur Syafaatul Auliya, terbaik 1 cabang tilawah…

Ada Jalan Santai di Lustrum XII SMA Negeri 1 Tegal
Berita 09 Dec, 2018

Ada Jalan Santai di Lustrum XII SMA Negeri 1 Tegal

Tegal – Jalan santai Lustrum XII SMA Negeri 1 Tegal berlangsung Minggu (9/12) pagi yang dimulai pukul 07.00 WIB diikuti…

Jemaah Haji Kota Tegal Meninggal, Keluarga: Kami Ikhlas
Berita 19 Sep, 2017

Jemaah Haji Kota Tegal Meninggal, Keluarga: Kami Ikhlas

TEGAL-Kabar meninggal (Alm) Casnadi (69) di Tanah Suci membuat duka bagi keluarga. Wawan, anak pertama Alm. mengaku sudah merelakan kepergian…

Walikota Dukung Sismiyati, Juara I Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Maju ke Tingkat Nasional.
Berita 06 Jul, 2017

Walikota Dukung Sismiyati, Juara I Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Maju ke Tingkat Nasional.

TEGAL- Walikota Tegal mengapresiasi serta mendukung penuh Sismiyati salah satu pengelola TBM Sakila Kerti Kota Tegal yang akan maju ke…

Plt. Walikota Tegal Ingin Rumah Kreatif BUMN (RKB) Mampu Dorong Digitalisasi UMKM dI Kota Tegal
Berita 12 Sep, 2017

Plt. Walikota Tegal Ingin Rumah Kreatif BUMN (RKB) Mampu Dorong Digitalisasi UMKM dI Kota Tegal

TEGAL- Pada era yang serba digital ini, persaingan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) semakin kompetitif. Para pelaku…

Most from this category