LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional

TEGAL-UPS Tegal melaksanakan sosialisasi pembelajaran daring (Online learning) bestrandar internasional di Aula YPP UPS Tegal, Selasa (5/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari sekolah menengah atas (SMA) sederajat dilingkungan eks-Karasidenan Pekalongan.

Lembaga Penelitian dan Pengabdai Kepada Masyarakat (LPPM) UPS Tegal sebagai penyelenggara kegiatan mengundang sekitar delapan puluh kepala sekolah SMA/SMK/Sederajat di lingkungan esk-Karasidenan Pekalongan.

Dalam kegiatan tersebut UPS Tegal menawarkan kepada sekolah untuk dapat menikmati pembelajaran daring berstandar internasional dengan cara melakukan pengesian kesediaan untuk menjadi mitra dalam kegiatan pembelajaran daring tersebut. Melalui kegiatan ini diharapkan mutu pembelajaran pada siswa akan memiliki standar yang sesuai dengan kebutuhan internasional.

Sosialisasi tersebut, UPS Tegal menghadirkan dua pemateri utama yaitu Heru Widiatmo, Ph.D yang merupakan Senior Psychometrician, Reseach Technology, data, Science and Analytics, ACT, dari Amerika Serikat (USA), yang juga peneliti senior dan fasilitator dalam pembelajaran daring, dan Dr. Purwo Susongko, M.Pd. selaku ketua LLPM UPS Tegal.

Heru menyampaian bahwa mutu pendidikan di Indonesia sudah tertinggal 128 tahun seperti yang dirilis oleh lembaga PISA. Hal inilah yang menjadikan bahwa pembelajaran berbasis daring merupakan salah satu cara untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

Menurut Heru, saat ini mindset pembelajaran daring masih menganggap bahwa kepentingan pembelajaran tersebut berkaitan dengan perolehan sertifikat yang didapatkan dalam pembelajaran.

“Padahal pembelajaran daring bukan sekadar sertifikat saja namun perbaikan kualitas pembelajaran di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan pembelajaran daring bertandar internasional merupakan kebutuhan dalam pembelajaran”, kata Heru.

Sementara itu, Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa pembelajaran daring sudah digaungkan oleh pemerintahanan tahun 2014. Hal ini merupakan kegiatan positif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia.

Menurut Dr. Burhan, adanya era industri 4.0 maka pendidikan di Indonesia di tuntut untuk melakukan kegiatan literasi. Dengan demikian pembelajaran berbasis daring memang menjadi kebutuhan dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

“Melalui kegiatan ini diharapkan selain mendongkrat nilai jual UPS Tegal di masyarakat, kegiatan juga dapat menjadi eksistensi UPS Tegal dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia. Kegiatan ini merupakan awal dalam peningkatan kerja sama UPS Tegal dalam bidang akademik dengan institusi dalam dan luar negeri”, pungkas Dr. Burhan

Berita Lainnya

Saka Bhayangkara Raih Juara 1 Iklan Layanan Masyarakat
Berita 24 Aug, 2019

Saka Bhayangkara Raih Juara 1 Iklan Layanan Masyarakat

Kontingen Saka Bhayangkara Kota Tegal berhasil meraih dua penghargaan dalam Perkemahan Saka Bhayangkara tingkat Polda Jateng tahun 2019 dan Juara…

Dedy-Jumadi Hantar Alm. H. M Nursholeh ke Tempat Peristirahatan Terakhir
Berita 24 Aug, 2020

Dedy-Jumadi Hantar Alm. H. M Nursholeh ke Tempat Peristirahatan Terakhir

TEGAL - Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., beserta Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, S.T., M.M.,…

Walikota Tegal Silaturahim dengan Keluarga Besar Wirawati Catur Panca Jakarta Selatan
Berita 06 Apr, 2017

Walikota Tegal Silaturahim dengan Keluarga Besar Wirawati Catur Panca Jakarta Selatan

TEGAL – Bertempat di ruang Adipura Balaikota Tegal hadir Keluarga Besar Wirawati Catur Panca cabang Jakarta Selatan pada Kamis (6/4).…

Pengadilan Agama Tegal Canangkan Zona Integritas
Berita 21 Mar, 2019

Pengadilan Agama Tegal Canangkan Zona Integritas

Tegal – Pencanangan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi dan Melayani digelar di Auditorium Pengadilan Agama…

PHB Fasilitiasi Kelas Internasional
Berita 16 Oct, 2018

PHB Fasilitiasi Kelas Internasional

Tegal - Sebagai upaya untuk bersaing secara global, dan tantangan Era Revolusi Industri 4.0, PHB telah mengimplementasikan visi menjadi Politeknik…

Perpusda Kota Tegal Adakan Lomba Story Telling Tingkat SD/MI
Berita 28 Mar, 2019

Perpusda Kota Tegal Adakan Lomba Story Telling Tingkat SD/MI

Tegal – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal menggelar lomba story telling tingkat SD/MI Kota Tegal. Dalam penyelenggaraan tersebut diikuti…

Most from this category