Long March Jakarta-Yogjakarta, Komando Singgah di UPS Tegal

TEGAL– Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) singgah di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, pekan lalu,  dalam perjalanan long march Jakarta-Yogjakarta dengan berjalan kaki.

Komando yang diprakarsai oleh Surya Hakim Lubis dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) tersebut tiba direktorat di UPS Tegal pukul 10.00 siang. Mereka disambut oleh jajaran BEM dan  Rektorat UPS Tegal.

Dalam kesempatan tersebut ketua rombongan Surya menyampaikan bahwa Komando merupakan wadah bagi mahasiswa yang mengalami kegelisahan terhadap ancaman ideologi pancasila. Kegelisan tersebut menurut mereka sudah harus diatasi karna berpotensi akan merusak keutuhan NKRI.

Untuk itulah mereka melakukan long march dengan berjalan kaki untuk mendapatkan dukungan dan perhatian masyarakat agar gerakan tersebut dapat menyebar luas.

Surya juga menambahkan dalam orasinya bahwa pancasila harus diletakan sebagai hierarki tertinggi dalam tatanan dan sistem kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Fajar Arisaewo, M.H. dalam sambutannya menampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para mahasiswa yang masih memiliki egosentris ideologi kebangsaan yang sekarang ini sudah mulai luntur.

Menurutnya gerakan mahasiswa biasanya terjebak dalam hal-hal yang berkaitan dengan politik praktis seperti perubahan kebijakan, kesenjangan sosial dan sebagainya. Namun Komando memiliki identitas ideologi yang sangat baik sebagai suatu pergerakan tambah Dr. Fajar.

Wakil ketua rombongan M. Muhayat Mustadapin dari Univesitas Surya Kencana Cianjur menyampaikan bahwa jumlah rombongan tediri atas 10 orang, 9 mahasiswa dan 1 orang Petani yang berasal dari Lebak Banten.

Keikutsertaan Lamudin seorang petani tersebut berawal dari pendampingan Hukum yang dilakukan oleh teman-teman mahasiswa dalam kasus penggusuran lahan pertanian di Lebak banten. Sejak saat itu beliau aktif ikut dala gerakan yang diadakan oleh Komando.

Muhayat juga menambahkan bahwa anggota Komando berasal dari aliansi mahasiswa di sekitar Jakarta dan Jawa Barat. Mereka memulai perjalan dari Jakarta dari tanggal 30 Juli 2018. Sejak saat itu mereka long march berjalan kaki dan menyinggahi kampus yang mereka temui untuk berorasi.

Kegiatan long march direncanakan akan di seleasaikan di Yogyakarta dengan tujuan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mereka berharap dengan kegiatan ini masyarakat dapat mendalami nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat.

Berita Lainnya

Tulisan Pantai Alam Indah Menjadi Favorit dalam Berfoto
Berita 16 May, 2017

Tulisan Pantai Alam Indah Menjadi Favorit dalam Berfoto

TEGAL – Ada kalanya untuk mendapatkan gambar dalam berfoto ada yang rela merogoh kocek dengan berkunjung ke obyek-obyek foto diluar…

Pemudik Menggunkan Kereta Api Mengalami Kenaikan
Berita 30 Jun, 2017

Pemudik Menggunkan Kereta Api Mengalami Kenaikan

TEGAL – Peningkatan pemudik menggunakan Kereta Api di Stasiun Kota Tegal mulai mengalami peningkatan setiap harinya. Hal itu disampaikan oleh…

Sosialisasi BOS Digelar
Berita 29 Mar, 2017

Sosialisasi BOS Digelar

TEGAL- Kepala Sekolah dan Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SD dan SMP mengikuti sosialisasi BOS Tahun Anggaran 2017 di…

Dinas Kesehatan Harus Bisa Meningkatkan Kinerja.
Berita 03 Jul, 2018

Dinas Kesehatan Harus Bisa Meningkatkan Kinerja.

Tegal - Halal Bi Halal keluarga besar Dinas Kesehatan Kota tegal dengan tema Sucikan Hati Menuju Kemenangan Sejati, Selasa 3…

Tiga Pokja DPRD Kota Tegal Setujui LKPJ Walikota Tegal.
Berita 24 Apr, 2018

Tiga Pokja DPRD Kota Tegal Setujui LKPJ Walikota Tegal.

TEGAL- Melalui Juru Bicaranya Harnotosi, Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Kota Tegal menyampaikan hasil Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ)…

16 PGOT Kena Razia
Berita 13 Nov, 2017

16 PGOT Kena Razia

TEGAL – Dalam rangka memberikanketertiban dan kenyamanan bagi masyarkat Kota Tegal, Dinas Sosial Kota Tegal melakukan razia Pengemis, Gelandangan, dan…

Most from this category