Hebat! Ini Dia Bentuk Gapura Asian Games Slerok Yang Juara Nasional

TEGAL – Pesta olahraga terbesar di Asia saat ini sedang melanda warga Asia, terlebih warga Indonesia, karena Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan akbar tesebut di Jakarta dan Palembang. Banyak ragam dilakukan sebagai wujud dukungan even empat tahunan itu, mulai dari menghias kompleks ruang publik menjadi serba Asian Games.

Begitu pula di Kota Tegal, salah satu bentuk partisipasi warga untuk mendukung dan mensukseskan perhelatan akbar tersebut dengan cara membuat Gapura Asian Games. Tepatnya di gapura jalan Nakula 6, RW VI Kelurahan Slerok Kecamatan Tegal Timur.

Gapura dengan bentuk tangan raksasa yang membentang itu berhasil menjadi juara harapan 1 tingkat nasional. Meski dengan menggunakan barang bekas, gapura tersebut nampak elegan dan indah.

“Pembuatan gapura Asian Games tersebut kami kerjakan dengan barang bekas yang ada di lingkungan sekitar. Karena bahan bakunya hanya bekas tempat semen, kardus dan bambu,” ungkap Ketua RW VI Dwijo Prasetyo.

Gapura Asian Games dengan tema Energy dan Semangat tersebut dikerjakan selama delapan hari. Membutuhkan sekitar sepuluh warga dan anggaranya merupakan hasil swadaya masyarakat. Ide munculnya desain tersebut, berkaca pada perhelatan Asian Games yang masih berlangsung di Jakarta-Palembang.

“Atas saran dan arahan dari lurah, kami pun menyusun konsep untuk membuat gapura tersebut. Dan kami bersyukur bisa menembus tingkat nasional,” ujar Dwijo.

Sedangkan Lurah Slerok Untung Sugiharto mengungkapkan setelah pembuatan gapura selesai. Pihak kelurahan dan tim yang membuat mendaftarkanya ke website www.dukungbersama.id dari Kemenkoinfo. Mulai dari proses awal pembuatan, berupa foto dan video. Dan 24 Agustus 2018 kelurahan mendapat kabar melalui website telah masuk menjadi juara harapan 1 tingkat nasional. Meskipun menjadi juara harapan 1 tingkat nasional. Tetapi gapura tersebut berhasil bersaing dengan 3500 se-Indonesia.

“Bahkan dari Pemkot juga memberikan apresiasi atas prestasi tersebut dengan memberikan penghargaan di malam resepsi HUT RI ke 73. Dan saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu,” ungkap Untung.

Berita Lainnya

Alat Batik Cap Berbahan Karton Didaulat jadi Alat TTG Terbaik
Berita 04 Nov, 2018

Alat Batik Cap Berbahan Karton Didaulat jadi Alat TTG Terbaik

TEGAL-Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal yang berlangsung sejak Jumat (2/11) lalu, ditutup oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, Yuswo…

Meriahkan HUT ke 74, Pemerintah Kota Tegal Adakan Jalan Sehat
Berita 18 Aug, 2019

Meriahkan HUT ke 74, Pemerintah Kota Tegal Adakan Jalan Sehat

Tegal - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM, PJ Sekretaris…

TMMD Sengkuyung Tahap II Resmi Dimulai
Berita 11 Jul, 2019

TMMD Sengkuyung Tahap II Resmi Dimulai

TEGAL-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2019 resmi dimulai, Selasa (9/7). Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan…

Pemkot Tegal Beri Bantuan Kepada Wanita Rawan Sosial Ekonomi
Berita 24 Apr, 2019

Pemkot Tegal Beri Bantuan Kepada Wanita Rawan Sosial Ekonomi

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada sejumlah Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE). Bantuan tersebut diserahkan…

Dedy-Jumadi Hantar Alm. H. M Nursholeh ke Tempat Peristirahatan Terakhir
Berita 24 Aug, 2020

Dedy-Jumadi Hantar Alm. H. M Nursholeh ke Tempat Peristirahatan Terakhir

TEGAL - Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., beserta Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, S.T., M.M.,…

Lima Mahasiswa UPS Tegal Diberangkatkan ke Thailand
Berita 05 Sep, 2018

Lima Mahasiswa UPS Tegal Diberangkatkan ke Thailand

TEGAL - Secara bertahap Universitas Pancasakti (UPS) Tegal memberangkatkan lima mahasiswa dari tiga fakultas untuk kuliah ditiga fakultas ternama di…

Most from this category