Pemkot Tegal Serius Turunkan Angka Kemiskinan

SEMARANG- Pemerintah Kota Tegal berkomitmen serius turunkan angka kemiskinan. Berbagai upaya penanggulangan kemiskinan dilakukan Pemkot Tegal melalui empat bidang prioritas penanggulangan kemiskinan (Pronangkis). Hal itu disampaikan Plt. Walikota Tegal Drs.HM Nursholeh M. MPd sesaat usai menghadiri Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Jawa Tengah. Kamis (23/8) di Gedung Bappeda Provinsi Jawa Tengah.

Rakor TKPK yang dilaksanakan, diungkapkan Walikota sebagai upaya serius dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menurunkan angka kemiskinan Jawa Tengah menjadi dibawah nasional. “Tentu upaya tersebut dilakukan dengan bekerjaama dengan pemerintah Kab/Kota di daerah. Oleh karena sebagai salah satu kepala daerah dirinya berkomitmen untuk membantu pemprov jateng bersama menurunkan kemiskinan”‘, ucap Walikota.
Seperti diketahui, di tahun 2017 angka kemiskinan Kota Tegal berada diangka 8.11 persen. Angka tersebut dikatakan Nursholeh tersebut Lebih rendah dari angka kemiskinan provinsi 13.01 persen dan nasional 10.12 persen.
Namun diungkapkan Nursholeh walaupun angka kemiskinan sudah tergolong rendah, tapi angka pengangguran Kota Tegal menjadi salah satu yg tertinggi di Jawa Tengah.
Oleh karena itu kedepan pihaknya melalui OPD terkait telah membuat program penanggulangan kemisikinan dalam empat bidang prioritas seperti bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan perekonomian. Seperti diantaranya penanganan kawasan kumuh melalui program, “KOTAKU” (Kota Tanpa Kumuh) dengan mengurangi luasan kawasan kumuh sekitar 35,8 hektar dan memberikan bantuan RTLH sebanyak 233 Unit senilai 2.23 Milyar pada tahun 2018. Meningkatkan pelayanan supply air bersih melalui PDAB Bregas. Tahun 2018 Pemkot Tegal juga sudah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan jambanisasi bagi 100 rumah tangga sasaran,termasuk melaksanakan peningkatan infrastruktur jalan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.
Dibidang kesehatan pemkot mengalokasikan anggaran sebesar 8.1 miliar untuk jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin Kota Tegal. Di Bidang Pendidikan Kota Tegal juga menganggarkan sebesar 10.7 miliar untuk bantuan operasional dari tingkat PAUD hingga SMP dengan sasaran 6691 siswa dan 298 warga belajar.
Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Jateng Ir. Sudjarwanto Dwiatmoko dalam pertemuan tersebut mengajak seluruh kepala daerah di Kab/Kota untuk membantu menurunkan angka kemiskinan melalui berbagai strategi di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta perekonomian. Termasuk menggalakan program padat karya pada proyek pemerintah.
“Saya mohon agar pemda dapat mengalokasikan paling tidak 10 persen dari nilai proyek menjadi proyek padat karya,”ucapnya. Akan sangat banyak tenaga kerja yang terserap jika hal ini dilakukan setiap daerah”, imbuhnya.
Tidak hanya itu, dirinya juga mengingatkan kepala daerah untuk terus mensosialisakan adanya program kredit usaha yang dapat dimanfaatkan masyarakat baik melalui bank jateng maupun bank bank kredit kecamatan yang ada di masing masing daerah.

Berita Lainnya

Dokteater Kota Tegal Akan Pentaskan Lakon ‘’Secangkir Teh dan Rindu’’
Berita 02 Oct, 2019

Dokteater Kota Tegal Akan Pentaskan Lakon ‘’Secangkir Teh dan Rindu’’

Tegal - Kota Tegal yang dulu sekitar tahun 70 an dikenal dengan Kota Tegal terus bergerak mengahirkan peristiwa teater, dengan…

Ciptakan Keamanan melalui Papan Himbauan di Obyek Wisata PAI
Berita 19 Feb, 2017

Ciptakan Keamanan melalui Papan Himbauan di Obyek Wisata PAI

TEGAL – Nampak keseriusan dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata. Dalam hal ini melalui Bidang Pariwisata terus berupaya…

Kader PKK di Kota Tegal Belajar Mengolah Makanan Berbahan Ikan
Berita 11 Apr, 2018

Kader PKK di Kota Tegal Belajar Mengolah Makanan Berbahan Ikan

TEGAL-Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal menggelar pelatihan pengolahan perikanan membuat variasi makanan ikan untuk keluarga, Rabu (11/4)…

ASN Kota Tegal Pelopori Penggunaan Bright Gas
Berita 06 Dec, 2017

ASN Kota Tegal Pelopori Penggunaan Bright Gas

TEGAL – Terlihat Aparutur Sipil Negera (ASN) Pemerintah Kota Tegal sedang menukarkan tabung gas 3 kg dengan 1 Bright Gas…

Nelayan Muarareja dapat Bantuan 17 Unit Kapal
Berita 19 Dec, 2017

Nelayan Muarareja dapat Bantuan 17 Unit Kapal

Sebanyak 17 Nelayan Muarareja mendapatkan bantuan kapal dari Pemerintah Kota Tegal, penyerahan kapal dilakukan secara simbolis oleh Plt. Wali Kota…

Kota Tegal Sabet Dua Penghargaan
Berita 20 Aug, 2018

Kota Tegal Sabet Dua Penghargaan

Kota Tegal menyabet dua penghargaan dalam Pesona Seni Kriya Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Jawa Tengah 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten…

Most from this category