BI Tegal Kampanyekan Kartu Gerbang Pembayaran Nasional

TEGAL-Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tegal menyeIenggarakan Kampanye kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Minggu (19/8) pada saat Car Free Day di Alun-alun Kota Tegal. Kegiatan diawali dengan jalan sehat dan senam yang diikuti diikuti 1.200 orang, baik dari perbankan di Wilayah eks Karisedenan Pekalongan maupun nasabah.

Pada kesempatan tersebut masyarakat juga dapat memperoleh informasi terkait Iayanan perbankan dan menukarkan kartu ATM/Debet berlogo GPN.

Kepala Kantor BI Tegal Joni Marsius mengatakan, Bank Indonesia mendorong masyarakat menggunakan kartu ATM/Debet berIogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan melakukan penukaran kartu ATM/Debet di bank terdekat.

Penggunaan kartu berlogo GPN, kata Joni, masyarakat dapat memperoleh lima manfaat. Pertama, masyarakat dapat mengunakan kartu ATM/Debet berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM/Debet GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

Ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR). Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

Kelima, biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

“Penggunaan kartu berlogo GPN memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas. Masyarakat dapat menggunakan kartu ATM/debet dengan logo GPN di seluruh ATM dan terminal pembayaran dalam negeri. Masyarakat dapat bertransaksi menggunakan kartu berlogo GPN dengan biaya lebih rendah”, kata Joni.

Sementara itu, Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh, yang diwakili Plt. Sekda Kota Tegal Yuswo Waluyo, mengapresiasi kampanye penggunaan kartu GPN sebab sejalan dengan semangat meningkatkan nasionalisme, rasa bangga dan cinta kepada tanah air, Indonesia.

Menurut Wali Kota, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah salah satu cara yang praktis, efektif dan efisien dalam mengelola keuangan. “Sebab, dengan menggunakan kartu berlogo GPN, kita tidak perlu lagi punya begitu banyak kartu untuk bertransaksi non tunai. Cukup dengan satu kartu, kita bisa bertransaksi di bank manapun dengan biaya yang sama”, pungkas Wali Kota, pada sambutan tertulisnya. (Sa. Amin/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Kapolres Tegal Kota Lepas Anggota dalam Wisuda Purna Bakti Polri
Berita 03 Jan, 2018

Kapolres Tegal Kota Lepas Anggota dalam Wisuda Purna Bakti Polri

TEGAL–Kepolisian Resor Tegal Kota Polda Jateng kembali mengelar upacara wisuda purna tugas bagi 6 personel Polri di Halaman Mapolres, Rabu…

Walikota Tinjau TPST Sumurpannggang
Berita 27 Mar, 2017

Walikota Tinjau TPST Sumurpannggang

TEGAL – Waikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno bersama Jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tegal menyempatkan diri…

Warga Minta Kebijakan Pemkot Tegal
Berita 13 Dec, 2017

Warga Minta Kebijakan Pemkot Tegal

TEGAL-Sejumlah warga yang mendirikan bangunan diatas sungai dan sempadan sungai dikumpulkan di aula Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur, Rabu (13/12)…

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Tegal Gelar Upacara Tabur Bunga
Berita 15 Jan, 2019

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Tegal Gelar Upacara Tabur Bunga

Tegal – Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Th. 2019. Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tegal menggelar Upacara Tabur Bunga di Lapangan…

Pjs. Wali Kota Tegal Ajak Semua Komponen Masyarakat Sukseskan Pilkada
Berita 07 Jun, 2018

Pjs. Wali Kota Tegal Ajak Semua Komponen Masyarakat Sukseskan Pilkada

TEGAL-Tahun 2018 merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat, karena terdapat hajat besar yakni  pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal…

Wali Kota Tegal, Nursholeh Apresiasi Silappa
Berita 10 Feb, 2019

Wali Kota Tegal, Nursholeh Apresiasi Silappa

Silaturahmi Purna Bakti Peradilan Agama (Silappa) Wilayah Jateng dan DIY menggelar pertemuan rutin, Minggu (10/2) di Gedung Adipura, Komplek Balai…

Most from this category