BI Tegal Kampanyekan Kartu Gerbang Pembayaran Nasional

TEGAL-Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tegal menyeIenggarakan Kampanye kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Minggu (19/8) pada saat Car Free Day di Alun-alun Kota Tegal. Kegiatan diawali dengan jalan sehat dan senam yang diikuti diikuti 1.200 orang, baik dari perbankan di Wilayah eks Karisedenan Pekalongan maupun nasabah.

Pada kesempatan tersebut masyarakat juga dapat memperoleh informasi terkait Iayanan perbankan dan menukarkan kartu ATM/Debet berlogo GPN.

Kepala Kantor BI Tegal Joni Marsius mengatakan, Bank Indonesia mendorong masyarakat menggunakan kartu ATM/Debet berIogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan melakukan penukaran kartu ATM/Debet di bank terdekat.

Penggunaan kartu berlogo GPN, kata Joni, masyarakat dapat memperoleh lima manfaat. Pertama, masyarakat dapat mengunakan kartu ATM/Debet berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM/Debet GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

Ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR). Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

Kelima, biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

“Penggunaan kartu berlogo GPN memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas. Masyarakat dapat menggunakan kartu ATM/debet dengan logo GPN di seluruh ATM dan terminal pembayaran dalam negeri. Masyarakat dapat bertransaksi menggunakan kartu berlogo GPN dengan biaya lebih rendah”, kata Joni.

Sementara itu, Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh, yang diwakili Plt. Sekda Kota Tegal Yuswo Waluyo, mengapresiasi kampanye penggunaan kartu GPN sebab sejalan dengan semangat meningkatkan nasionalisme, rasa bangga dan cinta kepada tanah air, Indonesia.

Menurut Wali Kota, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah salah satu cara yang praktis, efektif dan efisien dalam mengelola keuangan. “Sebab, dengan menggunakan kartu berlogo GPN, kita tidak perlu lagi punya begitu banyak kartu untuk bertransaksi non tunai. Cukup dengan satu kartu, kita bisa bertransaksi di bank manapun dengan biaya yang sama”, pungkas Wali Kota, pada sambutan tertulisnya. (Sa. Amin/wartabahari.com)

 

Berita Lainnya

Pemkot Layangkan Surat Peringatan Terakhir ke PT. Bumirejo
Berita 31 Jan, 2017

Pemkot Layangkan Surat Peringatan Terakhir ke PT. Bumirejo

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal telah berulang kali melayangkan surat peringatan kepada PT Bumirejo untuk memindahkan alat berat milik PT…

Doa Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia
Berita 16 Aug, 2017

Doa Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia

Berikut Doa Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia, file selengkapnya dapat diunduh dibawah ini : DOWNLOAD

P2MKP Ulam Sari berbagi Ilmu dengan Siswa SMK Negeri 1 Pangandaran
Berita 12 May, 2017

P2MKP Ulam Sari berbagi Ilmu dengan Siswa SMK Negeri 1 Pangandaran

TEGAL – Pelaksanaan program kerja nyata didalam dunia SMK menawarkan tempat industri seseui dengan program bidang studi yang diampu oleh…

DRD Diminta Langsung Bergerak Dan Berproduksi.
Berita 27 Dec, 2017

DRD Diminta Langsung Bergerak Dan Berproduksi.

TEGAL - Plt. Walikota Tegal,  Drs. H.M. Nursholeh, M.M.Pd atau yang akrab dipanggil Kang Nursholeh kukuhkan Dewan Riset Daerah Kota…

Sebanyak 24 PGOT Terjaring Razia
Berita 27 Feb, 2017

Sebanyak 24 PGOT Terjaring Razia

TEGAL- Sebanyak 24 orang  pengemis gelandangan orang terlantar (PGOT) terjaring razia rutin gabungan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Tegal…

Amir Mirza Divonis 7 Tahun Penjara
Berita 23 Apr, 2018

Amir Mirza Divonis 7 Tahun Penjara

Semarang - Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Antonius Widijantono, S.H memvonis 7 tahun penjara dan denda…

Most from this category