Dinsos Tegal Bakal Mendata Penyandang Masalah dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial

TEGAL-Dinas Sosial Kota Tegal akan mendata Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial.

Terkait itu, Dinsos menggelar rapat koordinasi bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat dan perwakilan Kelurahan, Rabu (15/8) di Ruang Rapat lantai II Setda.

Kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Dyah Kemala Shinta menuturkan, pendataan masalah sosial harus sesuai yang sebenarnya. Data tersebut nantinya akan dijadikan sebagai dasar untuk membuat kebijakan oleh Pemerintah.

“Tahun lalu, misalnya ada data anak terlantas 15 anak, nanti tahun ini ditambah sendiri menjadi 18, itu jangan dilalukan.  Sebab nanti tidak singkron dengan kebijakan pemerintah yang akan diambil”, kata Dyah dihadapan peserta rakor.

Dyah menyebut, ada 26 kategori yang akan didata, seperti Anak balita telantar, Anak terlantar, Anak yang berhadapan dengan hukum, Anak jalanan, Anak dengan Kedisabilitasan (ADK), Anak yang menjadi korban tindak kekerasan atau diperlakukan salah.

Kemudian, Anak yang memerlukan perlindungan khusus, Lanjut usia telantar, Penyandang disabilitas, Tuna Susila, Gelandangan, Pengemis, Pemulung, Kelompok Minoritas, Bekas Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (BWBLP), Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), Korban Penyalahgunaan NAPZA, Korban trafficking, Korban tindak kekerasan, Pekerja Migran Bermasalah Sosial (PMBS).

Lalu, Korban bencana alam, Korban bencana sosial, Perempuan rawan sosial ekonomi, Fakir Miskin Keluarga bermasalah sosial psikologis, Komunitas Adat Terpencil.

“Kalau data ini benar pemerintah akan hadir untuk menangani permasalahan tadi. Petugas diharapkan bersinergi dengan Dinsos, aparat kelurahan dan menyajikan data yang valid. Semua akan bekerja by data”, pungkas Dyah.

Sementara itu, turut hadir dalam rakor tersebut Sekretaris Dinsos Kota Tegal Siti Cahyani dan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Cipto Darsono. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Sinergi Untuk Sukseskan Pilkada
Berita 02 Mar, 2018

Sinergi Untuk Sukseskan Pilkada

Tegal - Olahraga bersepeda dan aerobic bersama TNI/Polri dan instansi terkait dalam rangka menjalin kebersamaan guna mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak…

Produksi Terasi Tegal Meningkat
Berita 18 Mar, 2017

Produksi Terasi Tegal Meningkat

TEGAL – Tidak sedikit orang yang gemar dengan terasi, bau khas mampu menyedot indra penciuman kita. Mungkin banyak mengenal terasi…

Menilik Talkshow di Radio Mengusung TBM Sakila Kerti
Berita 04 Oct, 2018

Menilik Talkshow di Radio Mengusung TBM Sakila Kerti

TEGAL-TBM Sakila Kerti adalah tempat pendidikan untuk pengasong dan pengamen di Terminal Kota Tegal. Selain TBM, ada juga sekolah terminal…

Wali Kota Apresiasi HUT Suara Merdeka ke 69 Tahun
Berita 24 Feb, 2019

Wali Kota Apresiasi HUT Suara Merdeka ke 69 Tahun

Tegal – Wali Kota H.M Nursoleh mengapresiasi terselenggranya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Suara Merdeka yang ke 69 tahun. Kegiatan…

Tunas Cendikia, Majalah Kreasi Peserta Didik SMP Negeri 11 Tegal
Berita 13 Jul, 2019

Tunas Cendikia, Majalah Kreasi Peserta Didik SMP Negeri 11 Tegal

Tegal – Sebagai upaya untuk mengembangkan literasi di SMP 11 Kota Tegal. sekolah bersama tim jurnalistik yang terdiri dari peserta…

HUT Bhayangkara, Pemkot Tegal Tandatangani Deklarasi Tolak Paham Radikalisme dan Aksi Terorisme
Berita 10 Jul, 2017

HUT Bhayangkara, Pemkot Tegal Tandatangani Deklarasi Tolak Paham Radikalisme dan Aksi Terorisme

TEGAL- Pemerintah Kota Tegal bersama jajaran Polres Tegal Kota dan seluruh elemen masyarakat di Kota Tegal menolak Paham Radikalisme dan…

Most from this category