Pemkot Mulai Tertibkan Kawasan Alun-alun Tegal

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Satuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal mulai melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Alun-alun Tegal.

Terkait itu, sejumlah tim gabungan Satpol PP, TNI dan Polri mulai mensosialisasikan rencana penertiban kawasan itu dari aktivitas PKL, Selasa (14/8) sore.

Pada kawasan tersebut, juga sudah terpasang spanduk larangan untuk berdagang  sebab, kawasan Alun-alun memang tidak diperkenankan untuk berjualan.

Kasatpol PP Kota Tegal, Joko Sukur Baharudin saat dimintai keterangan mengatakan, pengosongan kawasan alun-alun merupakan agenda yang sudah lama dijadwalkan.

“Namun perlu waktu yang tepat untuk melaksanakannya sehingga tidak sampai terjadi tindakan yang represif. Kita akan lebih mengedepankan cara dialogis dan pendekatan secara humanis,” kata Joko, sebelum memulai sosialisasi.

Sesuai aturan yang ada, kata Joko, Alun-alun memang bukan lahan untuk berjualan. Apalagi, kini kondisi kesemrawutan Alun-alun Kota Tegal ditambah dengan munculnya wahana permainan.  “Selain itu, mereka yang selama ini berjualan di sana tidak dipungut retribusi. Jadi, kami menganggap ini merupakan momentum yang tepat,” imbuh Joko.

Joko menuturkan, untuk melakukan penertiban sudah melalui proses tahapan, seperti teruran, baik lisan maupun tertulis, pemberitahuan melalui surat edaran, sampai dengan pemasangan papan larangan untuk berdagang.

Joko menargetkan, kawasan Alun-alun Tegal bersih dari PKL selamanya sebab Alun-alun merupakan ikon Kota Tegal. “Bagaimana menjadi ikon kalau konsidinya semrawut bau dan tidak tertib”, tutur Joko. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Puluhan Anak-anak PAUD dan TK Ramaikan Lomba Mewarnai
Berita 28 Apr, 2017

Puluhan Anak-anak PAUD dan TK Ramaikan Lomba Mewarnai

TEGAL – Penyelenggaraan Lomba Mewarnai yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal pada Jum’at (28/4) diikuti oleh peserta…

Penonton Apresiasi Pementasan ‘Kebo Nyusu Gudel’
Berita 11 Dec, 2018

Penonton Apresiasi Pementasan ‘Kebo Nyusu Gudel’

Tegal- Kelas 5B progdi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Pncasakti Tegal melangsungkan sebuah pementasan drama dengan…

Pjs. Wali Kota Tegal Ajak Semua Komponen Masyarakat Sukseskan Pilkada
Berita 07 Jun, 2018

Pjs. Wali Kota Tegal Ajak Semua Komponen Masyarakat Sukseskan Pilkada

TEGAL-Tahun 2018 merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat, karena terdapat hajat besar yakni  pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal…

Angkatan 55 SUPM Tegal Dilantik
Berita 10 Aug, 2017

Angkatan 55 SUPM Tegal Dilantik

TEGAL – Terlihat  Pelantikan Peserta Didik baru SUPM Negeri Tegal Angkatan 55 Tahun Pelajaran 2017/2018 pada hari Kamis (10/8) di…

Didampingi Orang Tuanya, Dedy Yon “Nyoblos” di TPS 07 Cimohong.
Berita 17 Apr, 2019

Didampingi Orang Tuanya, Dedy Yon “Nyoblos” di TPS 07 Cimohong.

Tegal - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE. MM beserta istri, dr. Roro Kusnabilla Erfa menggunakan hak pilihnya di…

Seniman Luar Daerah Akan Grudug Tegal
Berita 13 Mar, 2017

Seniman Luar Daerah Akan Grudug Tegal

TEGAL - Bulan Maret ini Kota Tegal akan diserbu para seniman luar daerah. Baik seni teater, sastra serta seni lainnya.…

Most from this category