Pemkot Mulai Tertibkan Kawasan Alun-alun Tegal

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Satuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal mulai melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Alun-alun Tegal.

Terkait itu, sejumlah tim gabungan Satpol PP, TNI dan Polri mulai mensosialisasikan rencana penertiban kawasan itu dari aktivitas PKL, Selasa (14/8) sore.

Pada kawasan tersebut, juga sudah terpasang spanduk larangan untuk berdagang  sebab, kawasan Alun-alun memang tidak diperkenankan untuk berjualan.

Kasatpol PP Kota Tegal, Joko Sukur Baharudin saat dimintai keterangan mengatakan, pengosongan kawasan alun-alun merupakan agenda yang sudah lama dijadwalkan.

“Namun perlu waktu yang tepat untuk melaksanakannya sehingga tidak sampai terjadi tindakan yang represif. Kita akan lebih mengedepankan cara dialogis dan pendekatan secara humanis,” kata Joko, sebelum memulai sosialisasi.

Sesuai aturan yang ada, kata Joko, Alun-alun memang bukan lahan untuk berjualan. Apalagi, kini kondisi kesemrawutan Alun-alun Kota Tegal ditambah dengan munculnya wahana permainan.  “Selain itu, mereka yang selama ini berjualan di sana tidak dipungut retribusi. Jadi, kami menganggap ini merupakan momentum yang tepat,” imbuh Joko.

Joko menuturkan, untuk melakukan penertiban sudah melalui proses tahapan, seperti teruran, baik lisan maupun tertulis, pemberitahuan melalui surat edaran, sampai dengan pemasangan papan larangan untuk berdagang.

Joko menargetkan, kawasan Alun-alun Tegal bersih dari PKL selamanya sebab Alun-alun merupakan ikon Kota Tegal. “Bagaimana menjadi ikon kalau konsidinya semrawut bau dan tidak tertib”, tutur Joko. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Ribuan ASN Kota Tegal Halal bi Halal Dengan PJS. Wali Kota
Berita 21 Jun, 2018

Ribuan ASN Kota Tegal Halal bi Halal Dengan PJS. Wali Kota

Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal hadiri Halal Bi Halal dengan Pejabat Sementara (PJS) Wali…

Satu QRIS Untuk Idonesia
Berita 14 Mar, 2020

Satu QRIS Untuk Idonesia

Tegal - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, secara resmi membuka pekan Quick Respond Indonesia Standard (QRIS), QRIS…

PLN UP3 Tegal Gelar Apel Kesiapan Natal dan Tahun Baru
Berita 02 Dec, 2019

PLN UP3 Tegal Gelar Apel Kesiapan Natal dan Tahun Baru

TEGAL — PLN UP3 TEGAL membentuk tim piket yang siaga selama 24 jam demi mengamankan pasokan listrik selama libur Natal…

Terwujud, Komplek Balaikota Tegal Diaspal Berbahan Limbah Plastik
Nasional 03 Dec, 2019

Terwujud, Komplek Balaikota Tegal Diaspal Berbahan Limbah Plastik

TEGAL – Akhirnya Pemerintah Kota Tegal dan Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) berhasil mewujudkan kerja sama dalam…

Untuk Tingkatkan Partisipan Pemilih, PPK Adakan Sosialisasi
Berita 27 May, 2018

Untuk Tingkatkan Partisipan Pemilih, PPK Adakan Sosialisasi

TEGAL - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengelar sosialisasi Pemilu dengan mengelilingi kelurahan di Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Hal tersebut dilakukan…

Janda Miskin Hidup di Gubuk Tanah Tetangga
Berita 28 Feb, 2018

Janda Miskin Hidup di Gubuk Tanah Tetangga

TEGAL - Janda miskin Tarkamah (65) hidup sebatang kara di gubuk ukuran 2 x 3 meter di tanah tetangga yang…

Most from this category