Gelar Temu Bisnis, Pelaku IKM Diharapkan Bersinergi dengan pelaku Ritel, Hotel dan BUMN

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal menggelar temu usaha insdustri (Bussines Matcing), Kamis (9/8) di Hotel Karlita, Tegal.

Kegiatan yang mengusung tema, Bersinergi Memberdayakan IKM Kota Tegal untuk Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan itu, dihadiri sedikitnya 72 peserta pelaku industri. Selain itu, juga mengundang peserta pengusaha retail, pengusaha hotel, galangan kapal, BUMN, perbankan dan akademisi.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, Heru Setyawan mengatakan, Industri kecil menengah (IKM) sumber pendapatan masyarakat. IKM merupakan usaha yang tahan terhadap krisis.

Keunggulan itu, kata Heru, pada dasarnya mengembangkan ekonomi kerakyatan. Pihaknya mengupayakan akses pelaku industri IKM pada perusahaan ritel, BUMN, Swasta dll.

Heru menambahkan, adanya temu bisnis tersebut, diharapkan dapat membangun sinergi antar para pelaku industri, IKM dengan pengusaha ritail, hotel dan BUMN.

“Ini yang penting, antara pelaku IKM dengn pengusaja besar. Sinergi berbeda dengan berkerja bersama. Misal Si A bekerja mendapatkan nilai 5, dan si B mendapatkan nilai 5. Jika bekerja sama maka nilainya jadi 10. Sedangkan bersinergi hasilnya harus lebih lebih 10. Sebab, bagaimana sinergi tersebut output yang dihasilkan lebih besar dibandingkan jalan sendiri masing-masing”, kata Heru.

Sementara itu, Wali Kota Tegal, HM. Nursholeh yang diwakili,  Staff Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Gito Musriyono, menyampaikan, potensi ekonomi Kota Tegal cukup besar dan letak kotanya pun sangat strategis sehingga potensial menjadi destinasi wisata dan sentra produk unggulan yang berprospek pasar dalam negeri maupun luar negeri.

“Kita harus berupaya untuk meningkatkan produktivitas dan pengembangan jejaring pemasaran agar UMKM memiliki daya saing dan menjadi tulang punggung perekonomian rakyat”, kata Wali Kota Tegal, dalam sambutannya.

Sementara itu, narasumber Temu Usaha tersebut  General Manager TTIC Kadin Jateng, Marjoko, Komisi II DPRD Kota Tegal, Nur Fitriani, Kepala BNI Cabang Tegal, Andar Sirait, Ketua PHRI Kota Tegal Jungki Junato, dan Floor Manager Rita Pasaraya, Antonius Sutanyo.

Berita Lainnya

Bermain Tradisional, Kado Liburan Kampung Dongeng
Berita 11 Jul, 2017

Bermain Tradisional, Kado Liburan Kampung Dongeng

TEGAL- Banyak kegiatan yang dapat dinikmati saat libur sekolah. Pergi berwisata, main ke rumah saudara dan lainnya. Namun berbeda dengan…

Tekan Inflasi Selama Ramadhan, TPID Kota Tegal Siapkan Langkah Antisipasi
Berita 16 May, 2018

Tekan Inflasi Selama Ramadhan, TPID Kota Tegal Siapkan Langkah Antisipasi

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal tengah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif untuk menekan potensi inflasi yang mungkin terjadi pada…

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak
Berita 21 Feb, 2017

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak

TEGAL- Dalam pertemuannya dengan siswa dan siswi SMA N 5 Kota Tegal,  Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali…

Dinkes Kota Tegal Gencar Sosialisasi HIV/AIDS
Berita 28 Feb, 2017

Dinkes Kota Tegal Gencar Sosialisasi HIV/AIDS

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal mengencarkan sosialisasi bahaya virus HIV/AIDS ke sekolah-sekolah guna memberi pemahaman tentang penyakit berbahaya ini kepada kalangan…

Senam Sehat Bersama Pan Gu Shen Gong
Berita 20 Jan, 2017

Senam Sehat Bersama Pan Gu Shen Gong

TEGAL - Berapapun jumlah usia kita, olahraga adalah hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beragam bentuk olahraga saat ini menawarkan…

Gedung Yang Diimpikan Sekarang Terwujud.
Berita 09 Nov, 2017

Gedung Yang Diimpikan Sekarang Terwujud.

Tegal – Dengan ditandai pemotongan pita oleh Kang Nursholeh panggilan akrab Plt. Walikota Tegal,  Drs. H.M. Nursholeh, M.M.Pd, gedung serba…

Most from this category