Dalang Bule, Manggung Di Tegal

Dalang Wayang Kulit Gagrak Cirebonan asal Inggris Prof. Mathew Isaac Coheen manggung di kota Tegal, Mathew membawakan lakon “Eka Laya Pralaya”. Pementasan wayang kulit gagrak yang di selenggarakan di Lapangan Alun-alun, Selasa (7/8) ini menceritakan tentang perjuangan dan kerja keras Eka Laya untuk menjadi murid Negawan Drona, namun tidak tercapai karena Begawan Drona terikat sumpah dan tugas untuk mendidik Pandawa dan Kurawa.
Tak hanya Dalang Mathew saja yang berasal dari luar negeri, Ia juga membawa beberapa pengrawit yang berasal dari Inggris.
Plt. Wali Kota Tegal M. Nursholeh yang hadir secara langsung menyampaikan apresiasinya kepada dalang Mathew, atas usahanya sebagai orang luar Indonesia yang mencintai dan turut melestarikan budaya Indonesia yakni seni wayang.
Nursholeh berharap masyarakat Kota Tegal bisa turut melestarikan budaya asli Indonesia berupa seni Wayang, karena menurutnya wayang merupakan salah satu pilar budaya Indonesia.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Penndidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dinar Marnoto menyampaikan acara pementasan wayang ini kerjasama antara Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik I ndonesia dengan Pemerintah Kota Tegal.
Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-73 juga untuk menelusuri jejak penghayatan Mathew sebagai seorang dalang yang belajar di tlatah Cirebon.
Ini merupakan rangkaian perjalanan dari Subang Purwakarta, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Brebes dan Selasa (7/8) mentas di Kota Tegal.
Menurut Dinar, setelah pentas di kota Tegal, Mathew akan pentas di Solo, dalam perhelatan “Back to Home”, dimana seniman-seniman luar negeri yang mempelajari tradisi gamelan dan wayang akan pulang ke Indonesia sebagai rumah kedua, untuk reuni sekaligus mentas bersama.
Ia berharap masyarakat yang turut menyaksikan pementasan wayang gagrak ini bisa menikmati pertunjukan, dan tetap mencintai seni wayang.

Berita Lainnya

Operator Harus Teliti Saat Input Data
Berita 04 Apr, 2017

Operator Harus Teliti Saat Input Data

TEGAL-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal sosialisasikan Program Indonesia Pintar (PIP) jenjang. SD dan SMP tingkat Kota Tegal, Selasa,…

Ada “Kodok Raksasa” di Pantai Pulo Kodok
Berita 20 Jun, 2018

Ada “Kodok Raksasa” di Pantai Pulo Kodok

TEGAL - Setelah menikmati momen Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat kita yang menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berrekreasi. Tempat…

Ust. Moh. Sochi: Doa Kami Akhirnya Terkabul
Berita 06 Mar, 2017

Ust. Moh. Sochi: Doa Kami Akhirnya Terkabul

TEGAL-Impian untuk memiliki speaker sudah lama dimimpikan oleh Jamiyyah Tahlil Walisongo. Jamiyyah walisongo merupakah pengajian bergilir dari rumah ke rumah…

Pengawas TPS di Kota Tegal Dilantik, Ini Tugas-tugasnya
Berita 04 Jun, 2018

Pengawas TPS di Kota Tegal Dilantik, Ini Tugas-tugasnya

TEGAL-Panwaslu  Kota Tegal melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara serentak di masing masing Kecamatan di Kota Tegal, Senin (4/6).…

IMT Ciputat Gelar Festival Budaya Tegal
Berita 17 Feb, 2019

IMT Ciputat Gelar Festival Budaya Tegal

Tegal – Festival Budaya Tegal 2019 yang digelar di Taman Budaya Tegal, Minggu (17/2) menghadirkan sepuluh sekolah di wilayah Kabupaten…

Pekauman Wakili Kota Tegal dalam Penilaian Evaluasi Perkembangan Kelurahan
Berita 04 May, 2018

Pekauman Wakili Kota Tegal dalam Penilaian Evaluasi Perkembangan Kelurahan

TEGAL- Penilaian  Evaluasi Perkembangan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah, Jum'at (4/5) di aula Kantor Kelurahan Pekauman. Kelurahan Pekauman Kecamatan Tegal…

Most from this category