Dalang Bule, Manggung Di Tegal

Dalang Wayang Kulit Gagrak Cirebonan asal Inggris Prof. Mathew Isaac Coheen manggung di kota Tegal, Mathew membawakan lakon “Eka Laya Pralaya”. Pementasan wayang kulit gagrak yang di selenggarakan di Lapangan Alun-alun, Selasa (7/8) ini menceritakan tentang perjuangan dan kerja keras Eka Laya untuk menjadi murid Negawan Drona, namun tidak tercapai karena Begawan Drona terikat sumpah dan tugas untuk mendidik Pandawa dan Kurawa.
Tak hanya Dalang Mathew saja yang berasal dari luar negeri, Ia juga membawa beberapa pengrawit yang berasal dari Inggris.
Plt. Wali Kota Tegal M. Nursholeh yang hadir secara langsung menyampaikan apresiasinya kepada dalang Mathew, atas usahanya sebagai orang luar Indonesia yang mencintai dan turut melestarikan budaya Indonesia yakni seni wayang.
Nursholeh berharap masyarakat Kota Tegal bisa turut melestarikan budaya asli Indonesia berupa seni Wayang, karena menurutnya wayang merupakan salah satu pilar budaya Indonesia.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Penndidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dinar Marnoto menyampaikan acara pementasan wayang ini kerjasama antara Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik I ndonesia dengan Pemerintah Kota Tegal.
Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-73 juga untuk menelusuri jejak penghayatan Mathew sebagai seorang dalang yang belajar di tlatah Cirebon.
Ini merupakan rangkaian perjalanan dari Subang Purwakarta, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Brebes dan Selasa (7/8) mentas di Kota Tegal.
Menurut Dinar, setelah pentas di kota Tegal, Mathew akan pentas di Solo, dalam perhelatan “Back to Home”, dimana seniman-seniman luar negeri yang mempelajari tradisi gamelan dan wayang akan pulang ke Indonesia sebagai rumah kedua, untuk reuni sekaligus mentas bersama.
Ia berharap masyarakat yang turut menyaksikan pementasan wayang gagrak ini bisa menikmati pertunjukan, dan tetap mencintai seni wayang.

Berita Lainnya

Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan, 162 Petugas KPU Terjun Ke Masyarakat
Berita 12 Dec, 2017

Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan, 162 Petugas KPU Terjun Ke Masyarakat

TEGAL- Mulai hari ini, Selasa (12/12) hingga 25 Desember 2017, petugas verifikasi Komisi Pemilihan Umum Kota Tegal, melakukan verifikasi faktual…

Barata Indonesia Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah Memajukan Kota Tegal
Berita 02 Aug, 2017

Barata Indonesia Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah Memajukan Kota Tegal

Kota Tegal adalah Kota yang pro investasi, ini pulalah yang membawa Silmy Karim yang kini dipercaya oleh Menteri Badan Usaha…

KKP Fasilitasi Nelayan Tegal Membayar PNBP  3,6 Milyar
Berita 22 Feb, 2018

KKP Fasilitasi Nelayan Tegal Membayar PNBP 3,6 Milyar

TEGAL - Menurut Direktur Perizinan dan Kenelayanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP Ir. Saifuddin, MMA menyampaikan kapal yang siap beralih…

Promosikan  PPP Tegalsari Lewat Berbagai Perlombaan
Berita 18 Nov, 2017

Promosikan PPP Tegalsari Lewat Berbagai Perlombaan

TEGAL – Dalam rangka mengenalkan dunia perikanan dan mengenalkan fungsi dari Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari (PPP Tegalsari) mengadakan berbagai lomba…

Dan Lanal Tegal Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II
Berita 02 Aug, 2017

Dan Lanal Tegal Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II

TEGAL-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II tahun 2017 di Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal resmi ditutup Komandan…

BNN Tegal Datangi Makodim 0712/Tegal
Berita 11 Dec, 2017

BNN Tegal Datangi Makodim 0712/Tegal

TEGAL, Badan Narkotika Nasional Kota Tegal mendatangi Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0712/Tegal guna melaksanakan tes urine kepada 100 prajurit…

Most from this category