Dalang Bule, Manggung Di Tegal

Dalang Wayang Kulit Gagrak Cirebonan asal Inggris Prof. Mathew Isaac Coheen manggung di kota Tegal, Mathew membawakan lakon “Eka Laya Pralaya”. Pementasan wayang kulit gagrak yang di selenggarakan di Lapangan Alun-alun, Selasa (7/8) ini menceritakan tentang perjuangan dan kerja keras Eka Laya untuk menjadi murid Negawan Drona, namun tidak tercapai karena Begawan Drona terikat sumpah dan tugas untuk mendidik Pandawa dan Kurawa.
Tak hanya Dalang Mathew saja yang berasal dari luar negeri, Ia juga membawa beberapa pengrawit yang berasal dari Inggris.
Plt. Wali Kota Tegal M. Nursholeh yang hadir secara langsung menyampaikan apresiasinya kepada dalang Mathew, atas usahanya sebagai orang luar Indonesia yang mencintai dan turut melestarikan budaya Indonesia yakni seni wayang.
Nursholeh berharap masyarakat Kota Tegal bisa turut melestarikan budaya asli Indonesia berupa seni Wayang, karena menurutnya wayang merupakan salah satu pilar budaya Indonesia.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Penndidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dinar Marnoto menyampaikan acara pementasan wayang ini kerjasama antara Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik I ndonesia dengan Pemerintah Kota Tegal.
Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-73 juga untuk menelusuri jejak penghayatan Mathew sebagai seorang dalang yang belajar di tlatah Cirebon.
Ini merupakan rangkaian perjalanan dari Subang Purwakarta, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Brebes dan Selasa (7/8) mentas di Kota Tegal.
Menurut Dinar, setelah pentas di kota Tegal, Mathew akan pentas di Solo, dalam perhelatan “Back to Home”, dimana seniman-seniman luar negeri yang mempelajari tradisi gamelan dan wayang akan pulang ke Indonesia sebagai rumah kedua, untuk reuni sekaligus mentas bersama.
Ia berharap masyarakat yang turut menyaksikan pementasan wayang gagrak ini bisa menikmati pertunjukan, dan tetap mencintai seni wayang.

Berita Lainnya

IBI Kota Tegal Inginkan Masyarakat Kota Tegal Jadi Kota MKJP se Jateng
Berita 31 Jul, 2017

IBI Kota Tegal Inginkan Masyarakat Kota Tegal Jadi Kota MKJP se Jateng

TEGAL- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke 66 Tahun, IBI Kota Tegal memberikan pelayanan…

Pemkot Tegal Dukung Peningkatan Kesejahteraan Perawat
Berita 13 May, 2018

Pemkot Tegal Dukung Peningkatan Kesejahteraan Perawat

Semarang- Pemerintah Kota Tegal tetap mendukung adanya peningkatan kesejahteraan bagi perawat utamanya yang saat ini masih berstatus sebagai pegawai honor.…

Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkot Gelar Apel Bersama
Berita 21 Jun, 2018

Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkot Gelar Apel Bersama

TEGAL – Hari pertama kerja usai cuti panjang libur lebaran, Pemkot Tegal menggelar apel bersama yang dipimpin Pjs. Wali Kota…

Munculkan Patriotisme dengan Jalan Sehat Hari Santri
Berita 27 Oct, 2019

Munculkan Patriotisme dengan Jalan Sehat Hari Santri

Tegal - Jalan sehat Hari Santri Nasiona ke IV tahun 2019 Kota Tegal diikuti ribuan masyarakat yang berkumpul di area…

Cetak Wirausahawan melalui PKW
Berita 07 Nov, 2017

Cetak Wirausahawan melalui PKW

TEGAL - Sebanyak 30 calon wirausaha dari berbagai kelurahan di kota Tegal mengikuti seremonial pembukaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)…

KPAI Aktif Sosialisasi  Cegah HIV AIDS
Berita 06 Apr, 2017

KPAI Aktif Sosialisasi Cegah HIV AIDS

TEGAL-Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mengadakan Quarterly Meeting Program PMTS working groups, di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal, Selasa (4/4)…

Most from this category