Dalang Bule, Manggung Di Tegal

Dalang Wayang Kulit Gagrak Cirebonan asal Inggris Prof. Mathew Isaac Coheen manggung di kota Tegal, Mathew membawakan lakon “Eka Laya Pralaya”. Pementasan wayang kulit gagrak yang di selenggarakan di Lapangan Alun-alun, Selasa (7/8) ini menceritakan tentang perjuangan dan kerja keras Eka Laya untuk menjadi murid Negawan Drona, namun tidak tercapai karena Begawan Drona terikat sumpah dan tugas untuk mendidik Pandawa dan Kurawa.
Tak hanya Dalang Mathew saja yang berasal dari luar negeri, Ia juga membawa beberapa pengrawit yang berasal dari Inggris.
Plt. Wali Kota Tegal M. Nursholeh yang hadir secara langsung menyampaikan apresiasinya kepada dalang Mathew, atas usahanya sebagai orang luar Indonesia yang mencintai dan turut melestarikan budaya Indonesia yakni seni wayang.
Nursholeh berharap masyarakat Kota Tegal bisa turut melestarikan budaya asli Indonesia berupa seni Wayang, karena menurutnya wayang merupakan salah satu pilar budaya Indonesia.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Penndidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dinar Marnoto menyampaikan acara pementasan wayang ini kerjasama antara Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik I ndonesia dengan Pemerintah Kota Tegal.
Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-73 juga untuk menelusuri jejak penghayatan Mathew sebagai seorang dalang yang belajar di tlatah Cirebon.
Ini merupakan rangkaian perjalanan dari Subang Purwakarta, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Brebes dan Selasa (7/8) mentas di Kota Tegal.
Menurut Dinar, setelah pentas di kota Tegal, Mathew akan pentas di Solo, dalam perhelatan “Back to Home”, dimana seniman-seniman luar negeri yang mempelajari tradisi gamelan dan wayang akan pulang ke Indonesia sebagai rumah kedua, untuk reuni sekaligus mentas bersama.
Ia berharap masyarakat yang turut menyaksikan pementasan wayang gagrak ini bisa menikmati pertunjukan, dan tetap mencintai seni wayang.

Berita Lainnya

Hujan Ringan Akan Guyur Kota Tegal Dua Hari Kedepan
Berita 28 Sep, 2017

Hujan Ringan Akan Guyur Kota Tegal Dua Hari Kedepan

TEGAL- Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kota Tegal memprediksi cuaca di wilayah Kota Tegal selama dua hari kedepan akan diguyur…

Profil  Kelurahan Miliki Peranan Penting
Berita 08 May, 2017

Profil Kelurahan Miliki Peranan Penting

TEGAL-Profil desa/kelurahan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional khususnya pembangunan desa/kelurahan. Hal itu karena profil merupakan sumber data…

Koramil Pantau Genangan Air di Krandon
Berita 22 Feb, 2018

Koramil Pantau Genangan Air di Krandon

TEGAL - Koramil melakukan pemantauan terhadap beberapa titik jalan yang ada di dua kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Margadana.…

Puluhan Ibu Dilatih Membuat Sushi
Berita 05 Oct, 2017

Puluhan Ibu Dilatih Membuat Sushi

TEGAL-Puluhan ibu terlihat sibuk memasak di aula Eks Samsat komplek Balai Kota Tegal, Kamis (5/10). Mereka sedang membuat masakah khas…

Bekraf Ajak Pelaku UMKM Kreatif Gabung Bisma
Berita 09 Mar, 2017

Bekraf Ajak Pelaku UMKM Kreatif Gabung Bisma

TEGAl-Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota dan Kabupaten Tegal gabung dalam aplikasi…

Babinsa Heroik Pesurungan Kidul Dipindah Tugaskan
Berita 06 Mar, 2018

Babinsa Heroik Pesurungan Kidul Dipindah Tugaskan

TEGAL - Babinsa Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, akan berpindah tugas ke tempat yang baru. Banyak bimbingan dan arahan…

Most from this category