Kota Tegal, Tuntas Sekolah Kurikulum 2013

TEGAL-Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tegal menerapkan Kurikulum 2013 atau kurtilas. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdukbud Kota Tegal Budio Pradipto mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudataan menyatakan bahwa, penerapan Kurikulim 2013 sudah tuntas termasuk di Kota Tegal.

Menurut Budio, Disdikbud Kota Tegal mencatat 158 SD/MI di Kota Tegal sudah menerapkan kurtilas. “Bimbingan teknis kurtilas oleh Kemendikbud melalui Dirjen GTK sudah rampung pada 16 Juli 2018, lalu, sebelum tahun ajaran baru 2018”, kata Budio, mewakili Kepala Disdikbud Kota Tegal, Dr. Johardi, Senin (6/8).

Pelaksanaan Bintek, kata Budio, dilaksanakan di SD Kejambon 10 dan SD Kamandungan 5. Semua peserta adalah guru sasaran Kurtilas. Akan tetapi, penerapan Kurtilas juga terdapat pada hanya kelas bawah saja, sejumlah 58 sekolah SD.

“58 SDitu, hanya kelas 1 dan 4 dan guru Agama yang menggunakan K13, Sedangkan kelas, 2,3,5 dan 6 masih menggunakan sistem Kurikulum Terpadu Satuan Pendidikan (KTSP)”, imbuh Budio.

Budio menegaskan, pada tahun 2019, pihaknya memastikan semua tuntas menggunakan K13. Secara bertahap, melalui APBD II akan mencover guru yang belum mengikuti Bintek K13. Utamanya, pada bimbingan pada guru kelas yang belum mengikuti Bintek.

“Sekolah diharapkan menyiapkan personil guru, setiap sekolah ada 6 guru, yakni, guru kelas 2,3,5,6 dan guru Agama serta Penjas”, ujar Budio.

Sedangkan untuk SMP, kata Budio, semua sudah menerapkan Kurtilas. Kemendikbud juga tekah mengeluarkan Surat Edaran, Dirjen Dikdasmen, 2746/D.III/KP/2018 tentang pelaksanaan kurikulim 2018 jenjang SMP.

“Penekannya semua sekoah wajib mengimplementasikan Kurikulum 2013. mendasari edaran tadi kita akan melalukan dijenjang Dikdas, baik SD maupun SMP”, pungkas Budio.

Berita Lainnya

Berita 29 Sep, 2017

Giliran RT/RW di Kelurahan Bandung mendapatkan dana operasional RT/RW.

TEGAL – Setelah sebelumnya Plt Walikota Tegal HM Nursholeh menyalurkan dana operasional kepada RT/RW di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur,…

UJian Sekolah Tentukan Kelulusan Siswa
Berita 08 Mar, 2017

UJian Sekolah Tentukan Kelulusan Siswa

TEGAL- Ujian Nasional (UN) tidak menetukan kelululusan. Ujian Sekolah (US) menetukan kelulusan kelulusan siswa SMA/SMK, kriteria kelulusan berdasarkan keputusan sekolah …

Kunjungi Posko Pengungsian, Plt.Walikota Tegal Minta Semua Pihak Bantu Korban Banjir
Berita 10 Feb, 2018

Kunjungi Posko Pengungsian, Plt.Walikota Tegal Minta Semua Pihak Bantu Korban Banjir

TEGAL- Usai meninjau langsung kondisi banjir sabtu pagi, Plt. Walikota Tegal Drs. HM Nursholeh, M.MPd sabtu siang  (10/2) mengunjungi posko…

Walikota Hadiri Perayaan Kirab Tao Pe Kong di Kota Tegal
Berita 13 Feb, 2017

Walikota Hadiri Perayaan Kirab Tao Pe Kong di Kota Tegal

TEGAL- Menyambut hari raya Yuan Xiao atau lebih dikenal hari raya Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke lima…

Pemkot Tegal Vaksinasi Hewan Peliharaan Gratis
Berita 10 Jul, 2018

Pemkot Tegal Vaksinasi Hewan Peliharaan Gratis

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, memberikan vaksin untuk hewan peliharaan warga seperti…

Lanal Tegal Gelar Coffee Morning Bersama Forkompinda, Unsur Maritim dan Pengusaha Maritim Tegal
Berita 07 Aug, 2018

Lanal Tegal Gelar Coffee Morning Bersama Forkompinda, Unsur Maritim dan Pengusaha Maritim Tegal

TEGAL-Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lantamal V Tegal menggelar coffe morning bersama jajaran Forkompinda, unsur maritim dan pengusaha maritim Tegal.  Kegiatan…

Most from this category