Kini Pembuatan Kartu Kuning di Kota Tegal Bisa Online

TEGAL – Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengeluarlan terobosan baru dalam proses pembuatan kartu AK. 1 atau biasa dikenal sebagai kartu kuning.

Disnakerin baru saja melaunching  aplikasi Lapur Sijaja, Selasa (31/7) di kantor Disnakerin Kota Tegal, Jalan Hangtuah Tegal.  Lapur Sijaja adalah singkatan dari ‘Layanan Paripurna Untuk Siap Kerja Dan Menjadi Sejahtera’.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, Heru Setyawan, mengatakan kartu kuning sendiri berfungsi sebagai bukti diri seorang pelamar pekerjaan dalam melakukan pelamaran ke suatu instansi atau perusahaan di Indonesia.

“Sekarang, para pelamar dapat membuat Kartu AK 1 secara online. Para pelamar akan memperoleh barcode untuk proses print out kartu AK 1”, kata Heru.

Selain itu, kata Heru, aplikasi tersebut dapat mememudahkan perusahaan mencari tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai kualifikasi.

Data-data yang telah diisi untuk pembuatan kartu AK.1 nantinya akan terintegrasi dengan kebutuhan perusahaan untuk mencari calon pekerja yang memenuhi persyaratan dan keterampilan.

Sedangkan bagi pencari kerja, aplikasi tersebut dapat menyinergikan kebutuhan perusahaan dengan kemampuan kualifikasi yang dimiliki pelamar.

Sebab dalam aplikasi yang dapat diakses di lapursijajategalkota.co, pelamar dapat melampirkan data-data keahlian melalui sertifikat kepelatihan yang dimiliki pencari kerja.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Ketenagakerjaan Disnakerin, Heri Eko Purnumo menuturkan bahwa aplikasi ini dibuat khusus bagi warga asli Kota Tegal.

Menurutnya, aplikasi Lapur Sijaja ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

“Jadi, aplikasi ini penting bagi yang sedang mencari dan sudah mendapatkan pekerjaan. Sebab, para tenaga kerja akan terdata di data base aplikasi berbasis PC ini. Data perusahaan pun demikian,” pungkas Heri.

Berita Lainnya

Perayaan Harganas di Kota Tegal di Warnai Berbagai Aksi Treatikal Remaja.
Berita 30 Aug, 2017

Perayaan Harganas di Kota Tegal di Warnai Berbagai Aksi Treatikal Remaja.

TEGAL- Aksi Teatrikal oleh Teater GAMA, Pembacaan Puisi Siswa SMA Muhammadiyah, serta aksi Pidato oleh Dyah Ayu Cahya Ningrum Juara…

Ubaidillah Hasilkan Buku Kumpulan Cerpen
Berita 12 Jan, 2018

Ubaidillah Hasilkan Buku Kumpulan Cerpen

TEGAL - Namanya dikenal lewat Film Turah, adalah Ubaidillah seorang aktor dan juga penulis cerita pendek (cerpen). Sepuluh karya cerpen…

Kepadatan Pemudik Diprediksi Berkurang
Berita 31 May, 2017

Kepadatan Pemudik Diprediksi Berkurang

TEGAL-Kepadatan arus kendaraan pemudik jalur pantura (pantai utara) diprediksi bakal berkurang dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini dikarenakan tol pejagan-pemalang…

Siswa SMA Negeri 1 Tegal Gelar Manten di Sekolah
Berita 15 Mar, 2017

Siswa SMA Negeri 1 Tegal Gelar Manten di Sekolah

TEGAL – Gelar Manten yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Tegal bukanlah sebuah Manten sungguhan, namun para siswa kelas…

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Komandan Lanal Tegal Berikan Materi Pendidikan Pancasila, Berbangsa dan Bernegara
Berita 16 Jul, 2018

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Komandan Lanal Tegal Berikan Materi Pendidikan Pancasila, Berbangsa dan Bernegara

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Komandan Lanal Tegal Berikan Materi Pendidikan Pancasila, Berbangsa dan Bernegara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Komandan Pangkalan…

Begini Upaya Penanganan Sampah Kota Tegal
Berita 01 Aug, 2017

Begini Upaya Penanganan Sampah Kota Tegal

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Kota Tegal melakukan berbagai upaya menangani permasalahan sampah diwilayahnya. "Jumlah volume sampah…

Most from this category