Kini Pembuatan Kartu Kuning di Kota Tegal Bisa Online

TEGAL – Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengeluarlan terobosan baru dalam proses pembuatan kartu AK. 1 atau biasa dikenal sebagai kartu kuning.

Disnakerin baru saja melaunching  aplikasi Lapur Sijaja, Selasa (31/7) di kantor Disnakerin Kota Tegal, Jalan Hangtuah Tegal.  Lapur Sijaja adalah singkatan dari ‘Layanan Paripurna Untuk Siap Kerja Dan Menjadi Sejahtera’.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, Heru Setyawan, mengatakan kartu kuning sendiri berfungsi sebagai bukti diri seorang pelamar pekerjaan dalam melakukan pelamaran ke suatu instansi atau perusahaan di Indonesia.

“Sekarang, para pelamar dapat membuat Kartu AK 1 secara online. Para pelamar akan memperoleh barcode untuk proses print out kartu AK 1”, kata Heru.

Selain itu, kata Heru, aplikasi tersebut dapat mememudahkan perusahaan mencari tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai kualifikasi.

Data-data yang telah diisi untuk pembuatan kartu AK.1 nantinya akan terintegrasi dengan kebutuhan perusahaan untuk mencari calon pekerja yang memenuhi persyaratan dan keterampilan.

Sedangkan bagi pencari kerja, aplikasi tersebut dapat menyinergikan kebutuhan perusahaan dengan kemampuan kualifikasi yang dimiliki pelamar.

Sebab dalam aplikasi yang dapat diakses di lapursijajategalkota.co, pelamar dapat melampirkan data-data keahlian melalui sertifikat kepelatihan yang dimiliki pencari kerja.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Ketenagakerjaan Disnakerin, Heri Eko Purnumo menuturkan bahwa aplikasi ini dibuat khusus bagi warga asli Kota Tegal.

Menurutnya, aplikasi Lapur Sijaja ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

“Jadi, aplikasi ini penting bagi yang sedang mencari dan sudah mendapatkan pekerjaan. Sebab, para tenaga kerja akan terdata di data base aplikasi berbasis PC ini. Data perusahaan pun demikian,” pungkas Heri.

Berita Lainnya

NU dan Muhammadiyah Kota Tegal Lakukan Halal bi Halal
Berita 16 Jul, 2017

NU dan Muhammadiyah Kota Tegal Lakukan Halal bi Halal

TEGAL – Terlihat di gedung  Mulya Dana pada Kamis (13/7) malam, pertemuan dua ormas islam terbesar di Indonesia yaitu Muhamadiyah…

Pasangan Usia Subur Diajak Ikut KB
Berita 26 Apr, 2017

Pasangan Usia Subur Diajak Ikut KB

TEGAL-Dalam rangka peringatan hari jadi Kota Tegal ke-437 dan memperingati hari Kartini ke 138 Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Tegal berkerja…

Tim Senam Kota Tegal Mewakili Jawa Tengah Berlaga di Jakarta.
Berita 20 Aug, 2017

Tim Senam Kota Tegal Mewakili Jawa Tengah Berlaga di Jakarta.

Tegal – Perhatian Pemerintah Kota dalam hal ini Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno  terhadap talenta dan bibit unggul…

Ada Jambore Kesehatan Puskesmas di Taman Poci
Berita 17 Apr, 2018

Ada Jambore Kesehatan Puskesmas di Taman Poci

TEGAL - Penyelenggaraan Jambore Kader Kesehatan Puskesmas Tegal Timur diadakan di Taman Poci Kota Tegal. Para kader kesehatan dengan busana…

Tim Penilai Apresiasi Kerja Kemanusiaan TBM Sakila Kerti
Berita 12 Jul, 2018

Tim Penilai Apresiasi Kerja Kemanusiaan TBM Sakila Kerti

JAKARTA-Tim penilai kompetisi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pada Kamis (12/7) di…

Teruslah Maju Perempuan Indonesia, Teruslah Berkarya Untuk Indonesia Yang Kita Cintai.
Berita 23 May, 2017

Teruslah Maju Perempuan Indonesia, Teruslah Berkarya Untuk Indonesia Yang Kita Cintai.

Tegal – Tak henti Pemerintah Kota Tegal melalui Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menambah pundi pundi penghargaan, kali…

Most from this category