UPS Tegal Siap Eksis di Kancah Internasional

Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang diformat dalam bentuk “roundtable discussion : on strategic partnership” yang diadakan di Hotel Gets Semarang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari hasil kunjungan UPS Tegal beberapa waktu lalu dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri di Thailand. Selain itu, pertemuan perumusan kerja sama tindak lanjut dengan empat perguruan tinggi dari Amerika Serikat (USA), Thailand, dan Malaysia.

UPS Tegal menginisiasi pertemuan ini dan mengundang beberapa perguruan tinggi dan asosiasi profesi dosen, seperti Universitas Muhammadiyah Semarang, STIE AAS Surakarta, STIE Totalwin Semarang, dan STIE Semarang.

Sedangkan, Universitas luar negeri, yakni, Hatyai University Thailand, University of Mount Union USA, Lincoln University College Malaysia, dan Universiti Teknologi Petronas Malaysia. Perguruan tinggi luar negeri tersebut juga sebagai patner kerja sama UPS Tegal.

Setiap perwakilan perguruan tinggi yang hadir dalam diskusi ini, telah menyiapkan keunggulan dan kekhasan akademik masing-masing sebagai bahan penyelarasan kerja sama internasional.

Acara yang digelar selama satu hari ini menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama antara perguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi luar negeri.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan kerja sama yang berkaitan dengan pengiriman mahasiswa dalam program sit in (Student Exchange), transfer kredit semester, serta pelaksanaan program magang dan PPL (Praktik Pengalaman lapangan) yang akan difasilitasi oleh Hatyai University Thailand dan Lincoln University College Malaysia.

Perwakilan dari Hatyai University Thailand Asst Prof. Wittawat Didyasarin Sattarayak menyambut baik dan mendukung hubungan kerja sama yang dilakukan. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan publikasi ilmiah antarnegara.

Senada dengan Asst Prof. Wittawat dari Thailand, perwakilan delegasi dari Lincoln University College Malaysia Dr. Datuk Bibi dan delegasi dari University of Mount Union USA Peter L. Schneller, Ph.D. mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan yang dilakukan ini.

Sementara itu, Kepala UPT Kerja sama dan Urusan Internasional (UPT KUI) UPS Tegal Dr. Dien Novianny Rahmatika menyampaikan bahwa, realisasi kerja sama dapat segera dilakukan dalam waktu dekat.

Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan sit in yang akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Rencananya UPS Tegal akan mengirimkan perwakilan mahasiswa sebanyak dua orang untuk mengikuti perkuliahan dan kegiatan di Thailand selama satu bulan.

”Program ini diharapkan selain bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa, namun juga kegiatan ini dapat menancapkan brand image UPS Tegal di kancah internasional”, ungkap Dr. Dien Novianny.

Berita Lainnya

577 Pemuda Ikuti Tahapan Seleksi CABA, CATA TNI-AL Tahun 2018, di Mako Lanal Tegal
Berita 09 Aug, 2018

577 Pemuda Ikuti Tahapan Seleksi CABA, CATA TNI-AL Tahun 2018, di Mako Lanal Tegal

TEGAL-Sebanyak 577 Pemuda yang berasal dari wilayah eks Karisidenan Pekalongan mengikuti tes seleksi tahap I (satu) penerimaan CABA, CATA TNI-AL…

Wisata Edukasi Kopi Menjadi Primadona Saat Ini
Berita 30 Jul, 2018

Wisata Edukasi Kopi Menjadi Primadona Saat Ini

SEMARANG – Saat ini banyak tempat wisata yang menyuguhkan berbagai wahana, tak luput dengan wisata edukasi. Pengelola wisata berusaha untuk…

Kota Tegal Siap Dan Aman Dilalui Oleh Pemudik
Berita 06 Jun, 2018

Kota Tegal Siap Dan Aman Dilalui Oleh Pemudik

Tegal-Apel gelar pasukan operasi ketupat dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018 masehi dilaksanakan di halaman Pores Tegal…

Dari Upacara Hingga Lomba-lomba di Sasana Suko Mulyo Tegal
Berita 17 Aug, 2017

Dari Upacara Hingga Lomba-lomba di Sasana Suko Mulyo Tegal

TEGAL-Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah melalui Sasana Pelayanan Sosial Anak Suko Mulyo Tegal, Kamis (17/8) Jalan Dr. Soetomo, No. 50,…

KPU Batasi Akun Medsos Kampanye Paslon
Berita 11 Feb, 2018

KPU Batasi Akun Medsos Kampanye Paslon

TEGAL-Jelang masa kampanye pasangan calon Pilkada serentak tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal akan membatasi jumlah akun media…

Polres Tegal Kota Wujudkan Kamseltibcar
Berita 02 Mar, 2017

Polres Tegal Kota Wujudkan Kamseltibcar

TEGAL- Kepolisian Resor Tegal Kota menggelar Operasi dengan sandi Ops Simpatik Candi 2017. Operasi tersebut akan digelar selama 21 hari …

Most from this category