UPS Tegal Siap Eksis di Kancah Internasional

Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang diformat dalam bentuk “roundtable discussion : on strategic partnership” yang diadakan di Hotel Gets Semarang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari hasil kunjungan UPS Tegal beberapa waktu lalu dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri di Thailand. Selain itu, pertemuan perumusan kerja sama tindak lanjut dengan empat perguruan tinggi dari Amerika Serikat (USA), Thailand, dan Malaysia.

UPS Tegal menginisiasi pertemuan ini dan mengundang beberapa perguruan tinggi dan asosiasi profesi dosen, seperti Universitas Muhammadiyah Semarang, STIE AAS Surakarta, STIE Totalwin Semarang, dan STIE Semarang.

Sedangkan, Universitas luar negeri, yakni, Hatyai University Thailand, University of Mount Union USA, Lincoln University College Malaysia, dan Universiti Teknologi Petronas Malaysia. Perguruan tinggi luar negeri tersebut juga sebagai patner kerja sama UPS Tegal.

Setiap perwakilan perguruan tinggi yang hadir dalam diskusi ini, telah menyiapkan keunggulan dan kekhasan akademik masing-masing sebagai bahan penyelarasan kerja sama internasional.

Acara yang digelar selama satu hari ini menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama antara perguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi luar negeri.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan kerja sama yang berkaitan dengan pengiriman mahasiswa dalam program sit in (Student Exchange), transfer kredit semester, serta pelaksanaan program magang dan PPL (Praktik Pengalaman lapangan) yang akan difasilitasi oleh Hatyai University Thailand dan Lincoln University College Malaysia.

Perwakilan dari Hatyai University Thailand Asst Prof. Wittawat Didyasarin Sattarayak menyambut baik dan mendukung hubungan kerja sama yang dilakukan. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan publikasi ilmiah antarnegara.

Senada dengan Asst Prof. Wittawat dari Thailand, perwakilan delegasi dari Lincoln University College Malaysia Dr. Datuk Bibi dan delegasi dari University of Mount Union USA Peter L. Schneller, Ph.D. mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan yang dilakukan ini.

Sementara itu, Kepala UPT Kerja sama dan Urusan Internasional (UPT KUI) UPS Tegal Dr. Dien Novianny Rahmatika menyampaikan bahwa, realisasi kerja sama dapat segera dilakukan dalam waktu dekat.

Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan sit in yang akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Rencananya UPS Tegal akan mengirimkan perwakilan mahasiswa sebanyak dua orang untuk mengikuti perkuliahan dan kegiatan di Thailand selama satu bulan.

”Program ini diharapkan selain bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa, namun juga kegiatan ini dapat menancapkan brand image UPS Tegal di kancah internasional”, ungkap Dr. Dien Novianny.

Berita Lainnya

Kelurahan Mintaragen Raih Juara dalam Festival Kuliner Tegal Tempo Doeloe
Berita 13 May, 2017

Kelurahan Mintaragen Raih Juara dalam Festival Kuliner Tegal Tempo Doeloe

TEGAL – Pelaksanaan Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal…

Dedy-Jumadi Gelar Deklarasi
Berita 08 Jan, 2018

Dedy-Jumadi Gelar Deklarasi

TEGAL – Ribuan orang memadati lapangan GOR Wisanggeni Kota Tegal, mereka berkumpul untuk menyaksikan deklarasi Pasangan Dedy Yon Supriyono dan…

109 Jemaah Calon Haji Kota Tegal Diberangkatkan
Berita 01 Jul, 2022

109 Jemaah Calon Haji Kota Tegal Diberangkatkan

TEGAL - Sebanyak 109 jemaah calon haji Kota Tegal dan satu orang petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kota Tegal…

PLN  Berikan Potongan Biaya Penyambungan Tambah Daya Listrik
Berita 27 Oct, 2017

PLN Berikan Potongan Biaya Penyambungan Tambah Daya Listrik

TEGAL - Melengkapi kemeriahan perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke- 72 pada 27 Oktober 2017, PLN menggelar promosi bertajuk "Indonesia…

Bulan Ramadhan Sebanyak 25 Warung Pulo Kodok Tutup
Berita 22 May, 2018

Bulan Ramadhan Sebanyak 25 Warung Pulo Kodok Tutup

TEGAL - Ketua Kelompok Sadara Wisata (Pokdarwis) Pulo Kodok, Kasiran mengatakan bahwa selama Bulan Ramadhan, warung-warung di kawasan Pantai Martoloyo,…

Tak Lagi Zona Merah, PSBB Jadikan Kota Tegal Zona Hijau
Berita 07 May, 2020

Tak Lagi Zona Merah, PSBB Jadikan Kota Tegal Zona Hijau

Tak lagi Zona Merah, PSBB Jadikan Kota Tegal Zona Hijau. TEGAL - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal…

Most from this category