MOS, Peserta Didik PAUD/RA Sakila Kerti Pakai Topi Litetasi, Ini Filosofinya

TEGAL-Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/RA Sakila Kerti dilaksanakan selama tiga hari, sejak Senin (16/7) sampai dengan Rabu (18/7), esok.

Berbagai pernak-pernik kreatifitas menghiasi pelaksanaan MOS itu. Salah satunya adalah topi. Topi yang terbuat dari karton ini, dihias sedemikian rupa ternyata memiliki filosofi sendiri. Ada model topi seperti kelinci, topi dengan model kerucut yang dihiasi aneka pernak pernik dan sebagainya.

Kepala PAUD/RA Sakila Kerti, Kusnani, S.Pd., mengatakan bahwa topi dikenakan diatas kepala yang disimbolkan seperti halnya mahkota.

“Anak merupakan mahkota. Topi itu dapat disimbolkan dan anak merupakan masa depan kita bersama,” kata Kusnani, Selasa (17/7).

Kusnani, menambahkan, pada PAUD/RA Sakila Kerti jumlah anak didiknya tidak banyak, hanya 41 anak. Hal itu sengaja, yang utama adalah mutu pendidikan. Jika anak didik sedikit, maka lima orang guru dapat membimbing anak didik semua.

Pengelola PAUD/RA Sakila Kerti Sismiati, M.MP.d, menjelaskan bahwa, Masa Orientiasi Siswa (MOS) tersebut adalah wujud sekolah untuk memberikan edukasi kepada peserta didik. Selain itu, orang tua juga dapat ikut mengawal proses pendidikan anak di tingkat PAUD.

Sementara itu, Pembuna PAUD/RA Sakila Kerti Doktor Yusqon mengungkapkan, materi yang diajarkan berbeda-beda pada masa pengenalan lingkungan sekolah. Ada doa-doa, bagaimana berbakti kepada orang tua, lalu peduli terhadap teman, lingkungan dan sebagainya.

Pada masa pengenalan lingkungan sekolah ini, para orang tua datang mendampingi anak-anaknya. Ini adalah moment bahwa pendidikan saling mengikat antara orang tua dan anak.

Misal, anak-anak diajarkan membuang sampah pada tempatnya, akan tetapi di rumah tidak ada tempat sampah. Maka orang tua pun harus ikut mendukung, untuk menyediakan tempat sampah di rumah.

“Budaya edukasi yang diterapkan di sekolah, Kami berharap orang tua juga ikut mengawal”, pungkas Doktor Yusqon.

Berita Lainnya

Panwas Kota Tegal Umumkan Calon Komisioner Panwascam
Berita 25 Sep, 2017

Panwas Kota Tegal Umumkan Calon Komisioner Panwascam

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal resmi mengumumkan calon terpilih anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan se-Kota Tegal, Senin (25/9). Sebanyak…

Sinergi Semua Pihak Diperlukan Dalam Pengamanan Idul Fitri.
Berita 25 May, 2018

Sinergi Semua Pihak Diperlukan Dalam Pengamanan Idul Fitri.

Tegal – Rapat Koordinasi lintas sektor “Ketupat-Candi 2018” dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1439 hijriah tahun 2018 di…

Tangis Haru Sambut Kedatangan Jamaah Haji
Berita 24 Sep, 2017

Tangis Haru Sambut Kedatangan Jamaah Haji

TEGAL-Suasana haru mewarnai  kedatangan rombongan jemaah haji Kota Tegal. Tangis haru pun pecah saat mereka tiba dan bertemu keluarga di …

Membaur Bersama dalam Tasyakuran Kemerdekaan di Kelurahan Pesurungan Lor
Berita 29 Aug, 2017

Membaur Bersama dalam Tasyakuran Kemerdekaan di Kelurahan Pesurungan Lor

TEGAL – Kemeriahan dalam peringatan HUT RI Ke 72 dapat dirasakan dari tingkat RT hingga tingkat kota. Seperti yang terjadi…

Plt. Wali Kota Pamitan Cuti Pilkada
Berita 09 Feb, 2018

Plt. Wali Kota Pamitan Cuti Pilkada

Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh pamitan kepada Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), terhitung mulai Kamis (15/2) sampai Sabtu (23/6)…

Pemkot Segera  Cari Solusi untuk Terminal Bus Tegal
Berita 09 Mar, 2018

Pemkot Segera Cari Solusi untuk Terminal Bus Tegal

Terkait dengan kondisi terminal bus Kota Tegal saat ini, dimana dibeberapa titik di terminal membutuhkan permeliharan, sementara disisi lain Pemerintah…

Most from this category