MOS, Peserta Didik PAUD/RA Sakila Kerti Pakai Topi Litetasi, Ini Filosofinya

TEGAL-Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/RA Sakila Kerti dilaksanakan selama tiga hari, sejak Senin (16/7) sampai dengan Rabu (18/7), esok.

Berbagai pernak-pernik kreatifitas menghiasi pelaksanaan MOS itu. Salah satunya adalah topi. Topi yang terbuat dari karton ini, dihias sedemikian rupa ternyata memiliki filosofi sendiri. Ada model topi seperti kelinci, topi dengan model kerucut yang dihiasi aneka pernak pernik dan sebagainya.

Kepala PAUD/RA Sakila Kerti, Kusnani, S.Pd., mengatakan bahwa topi dikenakan diatas kepala yang disimbolkan seperti halnya mahkota.

“Anak merupakan mahkota. Topi itu dapat disimbolkan dan anak merupakan masa depan kita bersama,” kata Kusnani, Selasa (17/7).

Kusnani, menambahkan, pada PAUD/RA Sakila Kerti jumlah anak didiknya tidak banyak, hanya 41 anak. Hal itu sengaja, yang utama adalah mutu pendidikan. Jika anak didik sedikit, maka lima orang guru dapat membimbing anak didik semua.

Pengelola PAUD/RA Sakila Kerti Sismiati, M.MP.d, menjelaskan bahwa, Masa Orientiasi Siswa (MOS) tersebut adalah wujud sekolah untuk memberikan edukasi kepada peserta didik. Selain itu, orang tua juga dapat ikut mengawal proses pendidikan anak di tingkat PAUD.

Sementara itu, Pembuna PAUD/RA Sakila Kerti Doktor Yusqon mengungkapkan, materi yang diajarkan berbeda-beda pada masa pengenalan lingkungan sekolah. Ada doa-doa, bagaimana berbakti kepada orang tua, lalu peduli terhadap teman, lingkungan dan sebagainya.

Pada masa pengenalan lingkungan sekolah ini, para orang tua datang mendampingi anak-anaknya. Ini adalah moment bahwa pendidikan saling mengikat antara orang tua dan anak.

Misal, anak-anak diajarkan membuang sampah pada tempatnya, akan tetapi di rumah tidak ada tempat sampah. Maka orang tua pun harus ikut mendukung, untuk menyediakan tempat sampah di rumah.

“Budaya edukasi yang diterapkan di sekolah, Kami berharap orang tua juga ikut mengawal”, pungkas Doktor Yusqon.

Berita Lainnya

Gelar Budaya Kota Tegal di TMII Berlangsung Meriah
Berita 31 Jul, 2017

Gelar Budaya Kota Tegal di TMII Berlangsung Meriah

JAKARTA - Pementasan Gelar Budaya Kota Tegal dan Pameran Produk Unggulan Kota Tegal yang diselenggarakan Pemkot Tegal berlangsung meriah. Berbagai…

Pengurus PGSI Kota Tegal Dilantik
Berita 09 Aug, 2018

Pengurus PGSI Kota Tegal Dilantik

TEGAL – Pelantikan Pengurus Daerah Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) Kota Tegal periode 2018 – 2023 berlangsung di Pendopo Ki…

Usai Mengabdi pada Masyarakat, KKN Mahasiswa UPS Tegal Ditarik
Berita 06 Sep, 2018

Usai Mengabdi pada Masyarakat, KKN Mahasiswa UPS Tegal Ditarik

TEGAL- Sebanyak 114 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal ditarik kembali dari lokasi KKN di wilayah Kota…

Kesadaran Masyarakat Untuk Mengeluarkan Zakat Semakin Tinggi
Berita 30 Dec, 2017

Kesadaran Masyarakat Untuk Mengeluarkan Zakat Semakin Tinggi

Tegal - Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Baznas Kota Tegal secara resmi dimulai oleh Plt. Walikota Tegal, …

Dinas Kesehatan Kota Tegal Ajak Semua Pihak Terapkan 5 Pilar Pokok STBM
Berita 12 Jul, 2018

Dinas Kesehatan Kota Tegal Ajak Semua Pihak Terapkan 5 Pilar Pokok STBM

TEGAL- Dinas Kesehatan berkomitmen mewujudkan Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan pada 27 kelurahan di Kota…

Mahasiswa Baru UPS Tegal Dikukuhkan
Berita 29 Aug, 2018

Mahasiswa Baru UPS Tegal Dikukuhkan

TEGAL- Sebanyak 1.493 mahasiswa baru Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dikukuhkan pada senat terbuka dan kuliah umum, Selasa (28/8) di gedung…

Most from this category