Rektor UPS Tegal, Burhan Eko Purwanto Lepas 1.264 Mahasiswa KKN

TEGAL-Rektor Universitas Pancasakti Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum melepas 1.264 mahasiawa melepas 1.264 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Sabtu (14/7).

Pelepasan tersebut ditandai pemakaian jaket KKN UPS Tegal kepada dua perwakilan mahasiswa oleh Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum disusul oleh seluruh peserta KKN UPS Tegal.

Hadir dalam acara tersebut Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan Pejabat Struktural di lingkungan kampus yang terletak Jl. Halmahera KM1 Kota Tegal itu.

Dalam laporannya, Kepala LPPM UPS Tegal Dr. Purwo Susongko, M.Pd., mengatakan, pelaksanaan KKN UPS dimulai tanggal 16 Juli sampai dengan 6 September 2018.

KKN “Daya Sakti” UPS Tegal, kata Purwo, bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan hidup. Selain itu, untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dengan menggali potensi yang ada di desa (kearifan lokal) serta memberikan penguatan ideologi Pancasila kepada masyarakat dalam rangka mengimplementasikan visi misi Universitas Pancasakti Tegal.

“Kegiatan KKN adalah upaya untuk memberikan kesempatan kepada tiap mahasiswa untuk belajar mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat secara pragmatis dengan pendekatan interdisipliner melalui pendekatan teore dan praktik yang didapatkan selama perkuliahan”, kata Dr. Purwo.

Dalam keterangan lebih lanjut yang disampaikan Dr. Purwo kegiatan KKN diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mempercepat akselerasi pembangunan khususnya dalam proses pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan hidup serta mempersiapkan kader pembangunan masyarakat di pedesaan. Hal inilah yang merupakan bentuk implementasi nyata dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Dr. Purwo menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti KKN “Daya Sakti” sejumlah 1.264 mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 56 dosen yang terbagi pada empat wilayah, yakni Kota Tegal, Kab. Tegal, Brebes dan Pemalang.

Sementara itu, Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. menyampaikan bahwa, KKN merupakan implementasi dari empat pilar meliputi pilar pendidikan, pilar kesehtan, pilar ekonomi, dan pilar lingkungan, ditambahkan dua pilar lain yaitu pilar kearifan lokal dan pilar kekhasan UPS Tegal yakni penerapan nilai-nilai pancasila.

“Dengan penambahan ini diharapkan nilai luhur pancasila dapat menyebar dan diimplementasikan dalam kehidupan di masyarakat”, pungkas Rektor UPS Tegal, Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.

Berita Lainnya

Walkot Tandatangani Nota Kesepakatan dengan Kejari Kota Tegal
Berita 22 Jul, 2020

Walkot Tandatangani Nota Kesepakatan dengan Kejari Kota Tegal

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, menandatangani Nota Kesepakatan Antara Pemerintah Kota Tegal dengan Kejaksaan…

Kang Nur Monitoring Pembangunan di Kelurahan Tunon
Berita 12 Oct, 2018

Kang Nur Monitoring Pembangunan di Kelurahan Tunon

Tegal – Monitoring Wajah Kota dengan bersepeda kembali dilakukan oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd bersama jajaran Forkopimda,…

Pemanfaatan Barang Bekas Semarakan Karnaval Kelurahan Panggung
Berita 04 Aug, 2019

Pemanfaatan Barang Bekas Semarakan Karnaval Kelurahan Panggung

Kreativitas peserta, dengan mengolah barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang-barang berguna, turut semarakan Karnaval HUT Republik Indonesia Ke-74 kelurahan…

Wali Kota Apresiasi Warga NU Sebagai Benteng Melawan Radikalisme
Berita 27 Nov, 2019

Wali Kota Apresiasi Warga NU Sebagai Benteng Melawan Radikalisme

Walu Kota Tegal , Dedy Yon Supriyono mengajak warga NU untuk selalu menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia juga…

Walikota Serahkan Jasa Tenaga Keagamaan Masyarakat Rohaniawan
Berita 27 Dec, 2018

Walikota Serahkan Jasa Tenaga Keagamaan Masyarakat Rohaniawan

TEGAL – Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd menyerahkan bantuan jasa tenaga keagamaan masyarakat Rohaniawan dari agama Kristen, Protestan, Budha,…

Habib Ali Targetkan 47 Persen Suara
Berita 27 Jun, 2018

Habib Ali Targetkan 47 Persen Suara

Calon Wali Kota Tegal nomor urut empat Habib Ali Zaenal Abidin menargetkkan memperoleh 47 persen suara, pada Pemilihan Wali Kota…

Most from this category