Rektor UPS Tegal, Burhan Eko Purwanto Lepas 1.264 Mahasiswa KKN

TEGAL-Rektor Universitas Pancasakti Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum melepas 1.264 mahasiawa melepas 1.264 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Sabtu (14/7).

Pelepasan tersebut ditandai pemakaian jaket KKN UPS Tegal kepada dua perwakilan mahasiswa oleh Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum disusul oleh seluruh peserta KKN UPS Tegal.

Hadir dalam acara tersebut Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan Pejabat Struktural di lingkungan kampus yang terletak Jl. Halmahera KM1 Kota Tegal itu.

Dalam laporannya, Kepala LPPM UPS Tegal Dr. Purwo Susongko, M.Pd., mengatakan, pelaksanaan KKN UPS dimulai tanggal 16 Juli sampai dengan 6 September 2018.

KKN “Daya Sakti” UPS Tegal, kata Purwo, bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan hidup. Selain itu, untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dengan menggali potensi yang ada di desa (kearifan lokal) serta memberikan penguatan ideologi Pancasila kepada masyarakat dalam rangka mengimplementasikan visi misi Universitas Pancasakti Tegal.

“Kegiatan KKN adalah upaya untuk memberikan kesempatan kepada tiap mahasiswa untuk belajar mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat secara pragmatis dengan pendekatan interdisipliner melalui pendekatan teore dan praktik yang didapatkan selama perkuliahan”, kata Dr. Purwo.

Dalam keterangan lebih lanjut yang disampaikan Dr. Purwo kegiatan KKN diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mempercepat akselerasi pembangunan khususnya dalam proses pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan hidup serta mempersiapkan kader pembangunan masyarakat di pedesaan. Hal inilah yang merupakan bentuk implementasi nyata dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Dr. Purwo menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti KKN “Daya Sakti” sejumlah 1.264 mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 56 dosen yang terbagi pada empat wilayah, yakni Kota Tegal, Kab. Tegal, Brebes dan Pemalang.

Sementara itu, Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. menyampaikan bahwa, KKN merupakan implementasi dari empat pilar meliputi pilar pendidikan, pilar kesehtan, pilar ekonomi, dan pilar lingkungan, ditambahkan dua pilar lain yaitu pilar kearifan lokal dan pilar kekhasan UPS Tegal yakni penerapan nilai-nilai pancasila.

“Dengan penambahan ini diharapkan nilai luhur pancasila dapat menyebar dan diimplementasikan dalam kehidupan di masyarakat”, pungkas Rektor UPS Tegal, Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.

Berita Lainnya

Resmi, Turnamen Sepak Bola  Wali Kota Tegal Cup Dumulai
Berita 06 Jul, 2019

Resmi, Turnamen Sepak Bola Wali Kota Tegal Cup Dumulai

Tendangan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, menandai dimulainya Turnamen Sepakbola Wali Kota Tegal Cup 2019, di Stadion Yos Sudarso,…

Kecamatan Margadana Adakan Rapat Pesiapan Musrembang
Berita 16 Jan, 2018

Kecamatan Margadana Adakan Rapat Pesiapan Musrembang

TEGAL - Pelaksanaan rapat persiapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kelurahan di Wilayah Kecamatan Margadana dilaksanakan pada Selasa (16/1) di Aula…

UPS Tegal Berangkatkan Tiga Mahasiswa ke Thailand
Berita 01 Aug, 2018

UPS Tegal Berangkatkan Tiga Mahasiswa ke Thailand

TEGAL – Universitas Pancasakti Tegal akan mengirimkan tiga mahasiswanya melalui Program Transfer Kredit Luar Negeri Belmawa 2018 dari Direktorat Jendral…

Prodi TI PHB Gelar Berbagai Kegiatan
Berita 17 Jan, 2019

Prodi TI PHB Gelar Berbagai Kegiatan

TEGAL – Program Studi (Prodi TI) Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) telah merayakan ulang tahunnya ke-6th. Acara tersebut…

Ganjar Mengajar di Terminal
Berita 11 Feb, 2018

Ganjar Mengajar di Terminal

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kali ini tidak mengajar di sekolah seperti biasanya, melainkan mengajar di Terminal Bus Kota Tegal,…

Aktor Tegal ‘’Slamet Ambari’’ Tutup Usia
Berita 18 Feb, 2019

Aktor Tegal ‘’Slamet Ambari’’ Tutup Usia

Tegal – Tegal berduka. Aktor kawakan asal Tegal, Slamet Ambari tutup usia pada Senin (18/2) pagi. Slamet Ambari yang pernah…

Most from this category