311 Calon Jemaah Haji Ikuti Manasik di Alun-alun Kota Tegal,

TEGAL-Jemaah Calon Haji Kota Tegal mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Rabu (11/7).

Kegiatan dimulai dari halaman kantor Kemenag Kota Tegal yang diibartkan bandara King Abdul Aziz. Kemudian dilanjutkan ke Masjid Agung Kota Tegal sebagai pemondokan Makkah, lapangan Alun-alun sebagai Masjidil Haram.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Akhmad Farkhan, mengatakan, manasik haji diikuti oleh 311 jemaah calon haji dan merupakan puncak kegiatan manasik.

“Hari ini, kegiatan manasik terakhir, besok, Kamis (12/7) sudah pelepasan Jemaah Calon Haji di Pendopo Balai Kota Tegal, yang akan dilepas langsung oleh Pak Wali”, kata Farkhan.

Setelah mendapatkan teori-teori, baik dari KBIH maupun Kemenag, kata Farkhan, pelaksanaan manasik merupakan praktek secara langsung. Para jemaah praktik secara langsung melantunkan doa-doa, melaksanakan thawaf dan sebagainya.

“Walaupun ini praktek, akan tetapi seperti keadaan seperti haji yang sebenarnya”, tutur Farkhan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berbeda. Kemenag telah melakukan berbagai inovasi, seperti rekam biometrik yang mencakup data 10 sidik jari dan foto wajah jemaah haji bisa dilakukan di embarakasi masing-masing.

Selain itu, jemaah akan menganakan gelang idenditas QR Code. QR Code berisi rekam data identitas jemaah yang dapat diakses melalui aplikasi haji pintar. Ini akan memudahkan petugas haji dalam mengidentifikasi dan membantu jemaah yang membutuhkan pertolongan.

Lalu, sistem sewa akomodasi satu musim penuh di Madinah. Selama ini, sistem sewa seperti itu hanya diterapkan di Makkah. Di Madinah, sewa akomodasi dilakukan secara blocking time.  Mulai tahun ini, jemaah akan ditempatkan di hotel yang disewa satu musim penuh dan beragam inovasi lain.

Sesuai jadwal keberangkatan, calon jemaah haji Kota Tegal yang terbagi dalam kloter 9 dan 10, akan diberangkatkan dari Pendapa Balai Kota Tegal pada 18 Juli 2018 mendatang.

Berita Lainnya

Plt. Wali Kota Kenalkan Smart Bahari 247
Berita 23 Aug, 2018

Plt. Wali Kota Kenalkan Smart Bahari 247

Tegal – “Saya mengajak anda semuanya untuk berfikir dengan mentalitas menjadi pelopor bukan pengekor saatnya kita berhenti bertanya teknologi ini…

Puluhan ASN Dinas PU Dites Darah
Berita 04 Mar, 2017

Puluhan ASN Dinas PU Dites Darah

TEGAL-Demi menciptakan lingkungan kerja yang sehat, puluhan ASN Dinas Pekerjaan Umum Kota Tegal dicek darah oleh Dinkes Kota Tegal, kemarin…

Ibu Rumah Tangga Dilatih Membangun Usaha
Berita 16 Mar, 2017

Ibu Rumah Tangga Dilatih Membangun Usaha

TEGAL-DPPKBP2PA Kota Tegal adakan pelatihan peningkatan produktifitas ekonomi perempuan (PPEP) kegiatan peningkatan produktifitas ekonomi perempuan di gedung eks Samsat komplek…

Polytechnic Accounting Competition se eks Karesidenan Pekalongan
Berita 29 Aug, 2018

Polytechnic Accounting Competition se eks Karesidenan Pekalongan

TEGAL - Himpunan Mahasiswa Prodi (Himaprodi) Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal menggelar acara Polytechnic Accounting Competition (PAC) di kampus…

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak
Berita 21 Feb, 2017

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak

TEGAL- Dalam pertemuannya dengan siswa dan siswi SMA N 5 Kota Tegal,  Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali…

Randa Keli dan Gemblep hadir di Jalan Pemuda Kota Tegal
Berita 13 May, 2017

Randa Keli dan Gemblep hadir di Jalan Pemuda Kota Tegal

TEGAL – Ada yang berbeda di Jalan Pemuda Kota Tegal atau di depan DPRD lama Kota Tegal, Sabtu (13/5) pagi…

Most from this category