311 Calon Jemaah Haji Ikuti Manasik di Alun-alun Kota Tegal,

TEGAL-Jemaah Calon Haji Kota Tegal mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Rabu (11/7).

Kegiatan dimulai dari halaman kantor Kemenag Kota Tegal yang diibartkan bandara King Abdul Aziz. Kemudian dilanjutkan ke Masjid Agung Kota Tegal sebagai pemondokan Makkah, lapangan Alun-alun sebagai Masjidil Haram.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Akhmad Farkhan, mengatakan, manasik haji diikuti oleh 311 jemaah calon haji dan merupakan puncak kegiatan manasik.

“Hari ini, kegiatan manasik terakhir, besok, Kamis (12/7) sudah pelepasan Jemaah Calon Haji di Pendopo Balai Kota Tegal, yang akan dilepas langsung oleh Pak Wali”, kata Farkhan.

Setelah mendapatkan teori-teori, baik dari KBIH maupun Kemenag, kata Farkhan, pelaksanaan manasik merupakan praktek secara langsung. Para jemaah praktik secara langsung melantunkan doa-doa, melaksanakan thawaf dan sebagainya.

“Walaupun ini praktek, akan tetapi seperti keadaan seperti haji yang sebenarnya”, tutur Farkhan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berbeda. Kemenag telah melakukan berbagai inovasi, seperti rekam biometrik yang mencakup data 10 sidik jari dan foto wajah jemaah haji bisa dilakukan di embarakasi masing-masing.

Selain itu, jemaah akan menganakan gelang idenditas QR Code. QR Code berisi rekam data identitas jemaah yang dapat diakses melalui aplikasi haji pintar. Ini akan memudahkan petugas haji dalam mengidentifikasi dan membantu jemaah yang membutuhkan pertolongan.

Lalu, sistem sewa akomodasi satu musim penuh di Madinah. Selama ini, sistem sewa seperti itu hanya diterapkan di Makkah. Di Madinah, sewa akomodasi dilakukan secara blocking time.  Mulai tahun ini, jemaah akan ditempatkan di hotel yang disewa satu musim penuh dan beragam inovasi lain.

Sesuai jadwal keberangkatan, calon jemaah haji Kota Tegal yang terbagi dalam kloter 9 dan 10, akan diberangkatkan dari Pendapa Balai Kota Tegal pada 18 Juli 2018 mendatang.

Berita Lainnya

Perpusda Gelar Bedah Buku Best Seller “Titik Ba” dan Buku Cerpen “Senja Memerah Di Atas Perahu Sopek”
Berita 04 Sep, 2018

Perpusda Gelar Bedah Buku Best Seller “Titik Ba” dan Buku Cerpen “Senja Memerah Di Atas Perahu Sopek”

TEGAL - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal, akan menggelar Pameran dan Bazar Buku serta Multilomba, dengan tajuk “Mr. Besar…

Kota Tegal, Pemerintah Daerah Informatif
Berita 19 Nov, 2017

Kota Tegal, Pemerintah Daerah Informatif

Tegal – Satu lagi prestasi yang berhasil di raih oleh pemerintah Kota Tegal di bawah kepemimpinan Plt. Walikota Tegal, Drs.…

Pawai Rolasan Dimeriahkan Pentas Seni Islami
Berita 30 Nov, 2017

Pawai Rolasan Dimeriahkan Pentas Seni Islami

TEGAL - Meskipun gerimis rintik-rintik tak menyurutkan semangat peserta Pawai Rolasan yng diselenggarakan oleh Yayasan Syiarul Islam bekerjasama dengan Pemerintah Kota…

Ifa Isfansyah: Saya Harap Film Turah Berumur Panjang
Berita 02 Apr, 2017

Ifa Isfansyah: Saya Harap Film Turah Berumur Panjang

TEGAL – Premier Film Turah produksi Fourcolors Films telah sukses di Kota Tegal pada Sabtu (1/4) pada pukul 13.00, 15.30,…

Walikota Tegal Tarawih Bersama Warga Kaligangsa
Berita 03 Jun, 2017

Walikota Tegal Tarawih Bersama Warga Kaligangsa

TEGAL – Kegiatan tarawih dan silaturahmi Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno pada Jum’at (2/6) yang dilaksanakan di Masjid…

Mr. Besar Tegal Books Expo 2018 Resmi Dibuka
Berita 04 Apr, 2018

Mr. Besar Tegal Books Expo 2018 Resmi Dibuka

TEGAL-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal menggelar kegiatan yang mengusung tema Mr. Besar Tegal Books Expo 2018. Peresmian kegiatan tersebut…

Most from this category