Masyarakat Diajak Tertib Administrasi

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, mengajak masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki, SE., MM. mengatakan, kinerja Disdukcapil Kota Tegal diapresiasi oleh KPU Pusat, sebab saat Pilkada, di Kota Tegal tidak ada data ganda dan invalid.

Kedepan, untuk DPT Pilpres, kata Basuki, pihaknya akan menyisir warga yang belum perekaman terutama para pemilih pemula.

“Sesuai prosedur, perekaman KTP elektronik prosesnya cepat, akan tetapi data yang masuk harus di verifikasi oleh Pusat sehingga diterbitkan Surat Keterangan yang  berlaku selama 6 bulan”, kata Basuki, Selasa (10/7) saat pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di aula Kecamatan Tegal Selatan.

Basuki menegaskan, untuk Kota Tegal, setelah verifikasi akan langsung cetak. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama sampai dengan enam bulan untuk mendapatkan KTP elektronik.

Akan tetapi, adakalanya KTP el sudah jadi akan tetapi belum diambil. Oleh karena itu, Basuki mengatakan akan melakukan pendistribusian KTP el yang belum diambil.  “KTP el yang belum diambil, akan kami distribusikan”, imbuh Basuki.

Sementara itu, Camat Tegal Selatan Budi Saptaji mengungkapkan, ada beberapa kebijakan terkait kependudukan, misalnya KTP el, yang sebelumnya berlaku 5 tahun saat ini KTP el berlaku seumur hidup. Kemudian, ketika yang akan membuat Akta Kelahiran, tidak harus sesuai dengan domisili saat lahir tetapi dapat dilakukan di daerah domisili saat ini.

“Misalnya, anak lahir di Jakarta, tetapi kalau domisilinya sudah di Kota Tegal maka Akta Kelahiran dapat dibuat di Kota Tegal”, ujar Budi.

Terkait kependudukan, kata Budi, sejak seseorang lahir sampai dengan meninggal akan berhubungan dengan dokumen kependudukan. “Seperti  Akta Kelahiran, KK, Kartu Identitas Anak, KTP el, sampai dengan Akta Kematian”, pungkas Budi.

Berita Lainnya

Begini Suasana Pengamanan Kantor  KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota
Berita 08 Jan, 2018

Begini Suasana Pengamanan Kantor KPU Kota Tegal Jelang Pendaftaran Balon Walikota

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal mulai membuka pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Senin (8/1). Selama tiga…

Koordinasi Pengendalian Inflasi Jelang Natal 2017 dan tahun baru 2018
Berita 15 Nov, 2017

Koordinasi Pengendalian Inflasi Jelang Natal 2017 dan tahun baru 2018

Tegal – Dalam rangka menyikapi hari libur keagamaan yaitu natal 2017 dan tahun baru 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw…

Resolusi Jihad Adalah Salah Satu Produk Ulama untuk Kemerdekaan Indonesia
Berita 23 Aug, 2017

Resolusi Jihad Adalah Salah Satu Produk Ulama untuk Kemerdekaan Indonesia

TEGAL – Kegiatan Dzikir Kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke 72 di Masjid Agung Kota Tegal dihadari…

Walikota Dukung Sismiyati, Juara I Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Maju ke Tingkat Nasional.
Berita 06 Jul, 2017

Walikota Dukung Sismiyati, Juara I Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Maju ke Tingkat Nasional.

TEGAL- Walikota Tegal mengapresiasi serta mendukung penuh Sismiyati salah satu pengelola TBM Sakila Kerti Kota Tegal yang akan maju ke…

Dinkes Kota Tegal Catat, 510 Orang Positif Tuberculosis
Berita 07 Apr, 2018

Dinkes Kota Tegal Catat, 510 Orang Positif Tuberculosis

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal,  sampai akhir 2017, di Kota Tegal ditemukan 510 orang positif penderita Tuberculosis (TBC),…

Plt. Walikota Minta Dibentuk Komunitas Masyarakat Siaga Bencana
Berita 27 Nov, 2017

Plt. Walikota Minta Dibentuk Komunitas Masyarakat Siaga Bencana

Memasuki bulan November, dimana terjadi cuaca yang cukup ekstrim, termasuk  bencana banjir, rob dan angina, perlu di sikapi dengan kesiapsiagaan…

Most from this category