Masyarakat Diajak Tertib Administrasi

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, mengajak masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki, SE., MM. mengatakan, kinerja Disdukcapil Kota Tegal diapresiasi oleh KPU Pusat, sebab saat Pilkada, di Kota Tegal tidak ada data ganda dan invalid.

Kedepan, untuk DPT Pilpres, kata Basuki, pihaknya akan menyisir warga yang belum perekaman terutama para pemilih pemula.

“Sesuai prosedur, perekaman KTP elektronik prosesnya cepat, akan tetapi data yang masuk harus di verifikasi oleh Pusat sehingga diterbitkan Surat Keterangan yang  berlaku selama 6 bulan”, kata Basuki, Selasa (10/7) saat pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di aula Kecamatan Tegal Selatan.

Basuki menegaskan, untuk Kota Tegal, setelah verifikasi akan langsung cetak. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama sampai dengan enam bulan untuk mendapatkan KTP elektronik.

Akan tetapi, adakalanya KTP el sudah jadi akan tetapi belum diambil. Oleh karena itu, Basuki mengatakan akan melakukan pendistribusian KTP el yang belum diambil.  “KTP el yang belum diambil, akan kami distribusikan”, imbuh Basuki.

Sementara itu, Camat Tegal Selatan Budi Saptaji mengungkapkan, ada beberapa kebijakan terkait kependudukan, misalnya KTP el, yang sebelumnya berlaku 5 tahun saat ini KTP el berlaku seumur hidup. Kemudian, ketika yang akan membuat Akta Kelahiran, tidak harus sesuai dengan domisili saat lahir tetapi dapat dilakukan di daerah domisili saat ini.

“Misalnya, anak lahir di Jakarta, tetapi kalau domisilinya sudah di Kota Tegal maka Akta Kelahiran dapat dibuat di Kota Tegal”, ujar Budi.

Terkait kependudukan, kata Budi, sejak seseorang lahir sampai dengan meninggal akan berhubungan dengan dokumen kependudukan. “Seperti  Akta Kelahiran, KK, Kartu Identitas Anak, KTP el, sampai dengan Akta Kematian”, pungkas Budi.

Berita Lainnya

Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia Tegal Dilantik
Berita 26 Nov, 2017

Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia Tegal Dilantik

TEGAL-Ketua Pengurus Wilayah PII Jawa Tengah Syakir Mudlofar Zaen melantik Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PII) Kota dan Kabupaten Tegal…

Jadilah Bintang Yang Membanggakan Kota Tegal.
Berita 02 Mar, 2017

Jadilah Bintang Yang Membanggakan Kota Tegal.

Tegal – Siswa-siswi SMK Negeri 1 terobati rasa rindu dan kangennya dengan orang nomor 1 di kota Tegal, bercengkrama saat…

Peringati HUT Kota Tegal, PMI Laksanakan Bakti Sosial Safari Donor Darah
Berita 18 Apr, 2017

Peringati HUT Kota Tegal, PMI Laksanakan Bakti Sosial Safari Donor Darah

TEGAL- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tegal yang ke-437, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal melaksanakan kegiatan…

Kang Nursholeh Canangkan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah
Berita 31 Dec, 2017

Kang Nursholeh Canangkan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah

Tegal – Gerakan Sholat Subuh Berjamaah menjadi agenda baru yang akan dilaksanakan rutin di Masjid dan Mushola di Kota Tegal,…

UPS Tegal Adakan Buka Bersama dan Santunan
Berita 05 Jun, 2018

UPS Tegal Adakan Buka Bersama dan Santunan

TEGAL - Buka puasa bersama keluarga besar UPS Tegal yang digelar di Auditorium Dariyoen Seno Atmodjo Universitas Pancasakti Tegal disertai…

Karang Taruna Tegal Selatan Adakan Lomba Mewarnai
Berita 19 Apr, 2017

Karang Taruna Tegal Selatan Adakan Lomba Mewarnai

TEGAL – Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/RA/TK dan SD/MI Se Kecamatan Tegal Selatan yang dilaksankan oleh Karang Taruna Kecamatan Tegal Selatan…

Most from this category