Masyarakat Diajak Tertib Administrasi

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, mengajak masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki, SE., MM. mengatakan, kinerja Disdukcapil Kota Tegal diapresiasi oleh KPU Pusat, sebab saat Pilkada, di Kota Tegal tidak ada data ganda dan invalid.

Kedepan, untuk DPT Pilpres, kata Basuki, pihaknya akan menyisir warga yang belum perekaman terutama para pemilih pemula.

“Sesuai prosedur, perekaman KTP elektronik prosesnya cepat, akan tetapi data yang masuk harus di verifikasi oleh Pusat sehingga diterbitkan Surat Keterangan yang  berlaku selama 6 bulan”, kata Basuki, Selasa (10/7) saat pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di aula Kecamatan Tegal Selatan.

Basuki menegaskan, untuk Kota Tegal, setelah verifikasi akan langsung cetak. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama sampai dengan enam bulan untuk mendapatkan KTP elektronik.

Akan tetapi, adakalanya KTP el sudah jadi akan tetapi belum diambil. Oleh karena itu, Basuki mengatakan akan melakukan pendistribusian KTP el yang belum diambil.  “KTP el yang belum diambil, akan kami distribusikan”, imbuh Basuki.

Sementara itu, Camat Tegal Selatan Budi Saptaji mengungkapkan, ada beberapa kebijakan terkait kependudukan, misalnya KTP el, yang sebelumnya berlaku 5 tahun saat ini KTP el berlaku seumur hidup. Kemudian, ketika yang akan membuat Akta Kelahiran, tidak harus sesuai dengan domisili saat lahir tetapi dapat dilakukan di daerah domisili saat ini.

“Misalnya, anak lahir di Jakarta, tetapi kalau domisilinya sudah di Kota Tegal maka Akta Kelahiran dapat dibuat di Kota Tegal”, ujar Budi.

Terkait kependudukan, kata Budi, sejak seseorang lahir sampai dengan meninggal akan berhubungan dengan dokumen kependudukan. “Seperti  Akta Kelahiran, KK, Kartu Identitas Anak, KTP el, sampai dengan Akta Kematian”, pungkas Budi.

Berita Lainnya

Calon Peserta Didik SUPM Tegal Dilantik
Berita 13 Aug, 2018

Calon Peserta Didik SUPM Tegal Dilantik

TEGAL – Sejumlah 166 calon peserta didik baru SUPM Tegal dilantik. Pelantikan tersebut diikuti oleh calon peserta didik baru dalam…

Sosialisasi Pilkada, KPU Kota Tegal Gandeng Komunitas
Berita 12 Mar, 2018

Sosialisasi Pilkada, KPU Kota Tegal Gandeng Komunitas

BERITA FOTO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal bersama perwakilan komunitas sedang berdiskusi. Kegiatan itu bertajuk Pertemuan Organisasi dan Kelompok Sasaran…

Peringati Hari Ibu ke-88 Pemkot dan GOW Kota Tegal adakan Seminar Kesetaraan Perempuan
Berita 23 Dec, 2016

Peringati Hari Ibu ke-88 Pemkot dan GOW Kota Tegal adakan Seminar Kesetaraan Perempuan

TEGAL- Memperingati Hari ibu yang ke-88 Pemerintah Kota Tegal dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tegal mengadakan seminar tentang penggunaan…

BPBD Kota Tegal Terima Kunker Komisi E DPRD Jateng
Berita 18 Oct, 2018

BPBD Kota Tegal Terima Kunker Komisi E DPRD Jateng

TEGAL-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal menerima rombongan kunjungan kerja Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa…

Forkopimda Diminta Perketat Keamanan Jelang Pilpres dan Pileg 2019
Berita 18 Mar, 2019

Forkopimda Diminta Perketat Keamanan Jelang Pilpres dan Pileg 2019

Tegal - Walikota Tegal Drs.HM Nursholeh M.MPd meminta Forkopimda Perketat keamanan dan kondusifitas Kota Tegal. Hal itu disampaikan walikota saat…

Suwandi dan Winwin Bekali Mahasiswa UPS Tegal
Berita 16 Sep, 2017

Suwandi dan Winwin Bekali Mahasiswa UPS Tegal

TEGAL- Dalam seminar nasional yang diadakan BEM Fakultas Ekonomi UPS Tegal, ribuan mahasiswa dibekali pemahaman strategi bagaimana menghadapi Masyarakat Ekonomi…

Most from this category