Masyarakat Diajak Tertib Administrasi

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, mengajak masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki, SE., MM. mengatakan, kinerja Disdukcapil Kota Tegal diapresiasi oleh KPU Pusat, sebab saat Pilkada, di Kota Tegal tidak ada data ganda dan invalid.

Kedepan, untuk DPT Pilpres, kata Basuki, pihaknya akan menyisir warga yang belum perekaman terutama para pemilih pemula.

“Sesuai prosedur, perekaman KTP elektronik prosesnya cepat, akan tetapi data yang masuk harus di verifikasi oleh Pusat sehingga diterbitkan Surat Keterangan yang  berlaku selama 6 bulan”, kata Basuki, Selasa (10/7) saat pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di aula Kecamatan Tegal Selatan.

Basuki menegaskan, untuk Kota Tegal, setelah verifikasi akan langsung cetak. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama sampai dengan enam bulan untuk mendapatkan KTP elektronik.

Akan tetapi, adakalanya KTP el sudah jadi akan tetapi belum diambil. Oleh karena itu, Basuki mengatakan akan melakukan pendistribusian KTP el yang belum diambil.  “KTP el yang belum diambil, akan kami distribusikan”, imbuh Basuki.

Sementara itu, Camat Tegal Selatan Budi Saptaji mengungkapkan, ada beberapa kebijakan terkait kependudukan, misalnya KTP el, yang sebelumnya berlaku 5 tahun saat ini KTP el berlaku seumur hidup. Kemudian, ketika yang akan membuat Akta Kelahiran, tidak harus sesuai dengan domisili saat lahir tetapi dapat dilakukan di daerah domisili saat ini.

“Misalnya, anak lahir di Jakarta, tetapi kalau domisilinya sudah di Kota Tegal maka Akta Kelahiran dapat dibuat di Kota Tegal”, ujar Budi.

Terkait kependudukan, kata Budi, sejak seseorang lahir sampai dengan meninggal akan berhubungan dengan dokumen kependudukan. “Seperti  Akta Kelahiran, KK, Kartu Identitas Anak, KTP el, sampai dengan Akta Kematian”, pungkas Budi.

Berita Lainnya

Dialog Interaktif Peserta Lomba Penulisan Artikel Ilmiah
Berita 19 Mar, 2017

Dialog Interaktif Peserta Lomba Penulisan Artikel Ilmiah

TEGAL-“Tulis satu kata, selanjutnya biarkan Tuhan menyelesaikanya”, itulah kalimat Budayawan Kota Tegal, Eko Tunas yang dikutip Wiluyo, Kasi Pelayanan dan…

Walikota Serahkan DPA TA 2017 Kepada OPD
Berita 17 Jan, 2017

Walikota Serahkan DPA TA 2017 Kepada OPD

TEGAL- Guna melaksanakan kegiatan pemerintahan di tahun 2017, Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menyerahkan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran)…

Pemilihan RT 16 di Kelurahan Panggung Seperti Pilkada
Berita 23 Nov, 2017

Pemilihan RT 16 di Kelurahan Panggung Seperti Pilkada

TEGAL - Pemilihan RT 16 RW 7 Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur berjalan dengan lancar. Dimana kegiatan tersebut berlangsung di…

Panen Udang Vaname Libatkan Siswa SUPM Negeri Sorong
Berita 05 Mar, 2017

Panen Udang Vaname Libatkan Siswa SUPM Negeri Sorong

TEGAL – Nampak beberapa orang sedang berada di tambak milik SUPM Negeri Tegal pada Jumat (3/3) sore. Mereka berkumpul dalam…

Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Pemkot
Berita 12 Aug, 2018

Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Pemkot

Ribuan peserta ikuti Jalan Sehat yang diselnggarakan Pemmerintah Kota Tegal Dalam Rangka memperingati HUT Republik Indonesia Ke-73, Minggu, (12/8). Panitia…

Permaian Tradisional Ramaikan Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe
Berita 13 May, 2017

Permaian Tradisional Ramaikan Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe

TEGAL – Rangkaian Festival Seni Budaya dan Kuliner Tempo Doeloe menghadirkan sebuah kegiatan permainan tradisional pada Sabtu (13/5) di jalan…

Most from this category