Masyarakat Diajak Tertib Administrasi

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, mengajak masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki, SE., MM. mengatakan, kinerja Disdukcapil Kota Tegal diapresiasi oleh KPU Pusat, sebab saat Pilkada, di Kota Tegal tidak ada data ganda dan invalid.

Kedepan, untuk DPT Pilpres, kata Basuki, pihaknya akan menyisir warga yang belum perekaman terutama para pemilih pemula.

“Sesuai prosedur, perekaman KTP elektronik prosesnya cepat, akan tetapi data yang masuk harus di verifikasi oleh Pusat sehingga diterbitkan Surat Keterangan yang  berlaku selama 6 bulan”, kata Basuki, Selasa (10/7) saat pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di aula Kecamatan Tegal Selatan.

Basuki menegaskan, untuk Kota Tegal, setelah verifikasi akan langsung cetak. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama sampai dengan enam bulan untuk mendapatkan KTP elektronik.

Akan tetapi, adakalanya KTP el sudah jadi akan tetapi belum diambil. Oleh karena itu, Basuki mengatakan akan melakukan pendistribusian KTP el yang belum diambil.  “KTP el yang belum diambil, akan kami distribusikan”, imbuh Basuki.

Sementara itu, Camat Tegal Selatan Budi Saptaji mengungkapkan, ada beberapa kebijakan terkait kependudukan, misalnya KTP el, yang sebelumnya berlaku 5 tahun saat ini KTP el berlaku seumur hidup. Kemudian, ketika yang akan membuat Akta Kelahiran, tidak harus sesuai dengan domisili saat lahir tetapi dapat dilakukan di daerah domisili saat ini.

“Misalnya, anak lahir di Jakarta, tetapi kalau domisilinya sudah di Kota Tegal maka Akta Kelahiran dapat dibuat di Kota Tegal”, ujar Budi.

Terkait kependudukan, kata Budi, sejak seseorang lahir sampai dengan meninggal akan berhubungan dengan dokumen kependudukan. “Seperti  Akta Kelahiran, KK, Kartu Identitas Anak, KTP el, sampai dengan Akta Kematian”, pungkas Budi.

Berita Lainnya

Pupuk Kebersamaan Melalui Lomba
Berita 24 Nov, 2017

Pupuk Kebersamaan Melalui Lomba

Upaya mengembangan semangat kebersamaan Siswa Siswi Sekolah melalui lomba seperti yang dilaksanakan di SMP PIUS dalam rangkaian acara Open House…

33 Tahun, Yuswo Waluyo Abdikan Dirinya
Berita 07 Jan, 2019

33 Tahun, Yuswo Waluyo Abdikan Dirinya

Tegal – Ramah tamah dan Pelepasan Pelaksa Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Yuswo Waluyo berlangsung di Gedung Adipura…

Melaju ke Oscar, Kang Nur Apresiasi Film Turah
Berita 05 Oct, 2017

Melaju ke Oscar, Kang Nur Apresiasi Film Turah

TEGAL – Plt. Walikota Tegal Drs. H.M Nursoleh, M.M.Pd memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan Film Turah yang lolos untuk…

Berita 16 Jan, 2018

Babinsa, Bubarkan Tawuran Pelajar

TEGAL - Sejumlah  Pelajar dari berbagai arah berkumpul di Jalan Kolonel Sugiono, Kota Tegal (13/01) sekitar pukul 14.00. Mereka berdatangan…

Bagkesra Setda Kota Tegal, Gelar Kuliah Dhuha Untuk Pelajar
Berita 04 Jun, 2018

Bagkesra Setda Kota Tegal, Gelar Kuliah Dhuha Untuk Pelajar

Bagian Kesejahteraan Rakyat (Bagkesra) Sekretariat Daerah Kota Tegal mengadakan Kuliah Dhuha bagi pelajar SMP/MTs dan SMA/MA/SMK, selama lima hari berturut…

Hima Teknik Mesin UPS Gelar Seminar
Berita 05 Oct, 2017

Hima Teknik Mesin UPS Gelar Seminar

TEGAL-Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) Universitas Pancasakti Tegal menggelar seminar nasional, Kamis (5/10) di auditorium kampus UPS Tegal, Jalan Halmahera…

Most from this category