Masyarakat Diajak Tertib Administrasi

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, mengajak masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki, SE., MM. mengatakan, kinerja Disdukcapil Kota Tegal diapresiasi oleh KPU Pusat, sebab saat Pilkada, di Kota Tegal tidak ada data ganda dan invalid.

Kedepan, untuk DPT Pilpres, kata Basuki, pihaknya akan menyisir warga yang belum perekaman terutama para pemilih pemula.

“Sesuai prosedur, perekaman KTP elektronik prosesnya cepat, akan tetapi data yang masuk harus di verifikasi oleh Pusat sehingga diterbitkan Surat Keterangan yang  berlaku selama 6 bulan”, kata Basuki, Selasa (10/7) saat pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di aula Kecamatan Tegal Selatan.

Basuki menegaskan, untuk Kota Tegal, setelah verifikasi akan langsung cetak. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama sampai dengan enam bulan untuk mendapatkan KTP elektronik.

Akan tetapi, adakalanya KTP el sudah jadi akan tetapi belum diambil. Oleh karena itu, Basuki mengatakan akan melakukan pendistribusian KTP el yang belum diambil.  “KTP el yang belum diambil, akan kami distribusikan”, imbuh Basuki.

Sementara itu, Camat Tegal Selatan Budi Saptaji mengungkapkan, ada beberapa kebijakan terkait kependudukan, misalnya KTP el, yang sebelumnya berlaku 5 tahun saat ini KTP el berlaku seumur hidup. Kemudian, ketika yang akan membuat Akta Kelahiran, tidak harus sesuai dengan domisili saat lahir tetapi dapat dilakukan di daerah domisili saat ini.

“Misalnya, anak lahir di Jakarta, tetapi kalau domisilinya sudah di Kota Tegal maka Akta Kelahiran dapat dibuat di Kota Tegal”, ujar Budi.

Terkait kependudukan, kata Budi, sejak seseorang lahir sampai dengan meninggal akan berhubungan dengan dokumen kependudukan. “Seperti  Akta Kelahiran, KK, Kartu Identitas Anak, KTP el, sampai dengan Akta Kematian”, pungkas Budi.

Berita Lainnya

Dinkes Kota Tegal Adakan Lomba Film Promosi Kesehatan
Berita 21 Nov, 2017

Dinkes Kota Tegal Adakan Lomba Film Promosi Kesehatan

TEGAL - Dinas Kesehatan Kota Tegal melalui Balai Pengobatan Pemberantasan Penyakit Paru-Paru (BP4) Kota Tegal mengadakan Lomba Film Promosi Kesehatan…

Sejumlah Pasar di Kota Tegal Dilengkapi Running Text Harga Kebutuhan Pokok
Berita 23 Jan, 2018

Sejumlah Pasar di Kota Tegal Dilengkapi Running Text Harga Kebutuhan Pokok

TEGAL-Sejumlah pasar di Kota Tegal kini telah dilengkap dengan running text harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas). Kepala Dinas UMKM, Koperasi,…

TMMD Sasar Pavingisasi Kelurahan Pesurungan Lor
Berita 10 Jul, 2018

TMMD Sasar Pavingisasi Kelurahan Pesurungan Lor

TEGAL-Pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa(TMMD)Sengkuyung Tahap II Kota Tegal tahun 2018 sasar Pavingisasi di Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana. Hal…

Perusahaan Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Berita 06 Feb, 2018

Perusahaan Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

TEGAL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal kembali menggelar sosialisasi ke perusahaan dalam rangka bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Roadshow kali…

Tegal Tak Pernah Tidur dalam Hal Teater
Berita 01 Feb, 2018

Tegal Tak Pernah Tidur dalam Hal Teater

TEGAL - Lagi-lagi kesenian di Kota Tegal menunjukan eksistensinya, kini giliran seni pertunjukan teater yang menyuarakan eksistensinya. Adalah Teater Akar…

PMI Kota Tegal Kukuhkan Anggota PMR Wira dan Madya
Berita 12 Dec, 2018

PMI Kota Tegal Kukuhkan Anggota PMR Wira dan Madya

TEGAL-PMI Kota Tegal mengukuhkan Relawan Muda Palang Merah Remaja (PMR) Wira dan Madya pada Apel Hari Relawan Internasional dan Hari…

Most from this category