OJK Tegal Terima 10 Aduan Soal Finace

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai institusi yang mengawasi lembaga jasa keuangan, perbankan, finance, dan pasar modal dan investasi.

OJK juga melindungi masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan abal-abal dan membuka segala bentuk pengaduan yang berkaitan dengan investasi uang, umroh ataupun permasalahan dengan lembaga finance.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Tias Retnani, Rabu (4/7) saat gathering bersama wartawan.

Selain itu, kata Tias, OJK membentuk Satgas Waspada Investasi, terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melapor ketika ada temuan investasi-investasi yang mencurigakan”, ujar Tias.

Tias mengungkapkan, dari sekian aduan yang masuk, sebagian besar tentang permasalahan finance. OJK mencatat ada 10 aduan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Namun secara teknis, Tias menjelaskan bahwa nasabah diharapkan bisa menyelesaikan terlebih dahulu dengan jasa keuangan terkait. Jika tidak ada titik penyelesaian baru bisa melapor ke OJK.

Pada kesempatan tersebut, Tias juga memberikan tips memghindari investasi illegal, yakni memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai Mitra pemasar. “Masyarakat juga memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, ujar Tias.

Sementara itu, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto menghimbau, agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu lembaga-lembaga investasi yang menyasar kepada masyarakat. “Harus diketahui legalitasnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban investasi bodong”, pungkas Ludy.

 

Berita Lainnya

Kota Tegal, Tuntas Sekolah Kurikulum 2013
Berita 06 Aug, 2018

Kota Tegal, Tuntas Sekolah Kurikulum 2013

TEGAL-Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tegal menerapkan Kurikulum 2013 atau kurtilas. Kepala Bidang Pendidikan Dasar…

UPS Gelar Kompetisi Matematika
Berita 28 Feb, 2017

UPS Gelar Kompetisi Matematika

TEGAL - Universitas Pancasakti (UPS) gelar Mathematics Competition IX tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Februari 2017 di…

Jamaah Haji Kota Tegal:  Penyelenggaraan Haji Tahun 2018 Terasa Istimewa.
Berita 06 Sep, 2018

Jamaah Haji Kota Tegal: Penyelenggaraan Haji Tahun 2018 Terasa Istimewa.

TEGAL- Penyelenggaraan Haji Tahun 2018 dirasakan salah satu jamaah haji terasa sangat istimewa. Hal itu seperti diungkapkan salah satu jamaah…

Begini Cara Mahasiswa UPS Tegal Kampanyekan Sastra
Berita 15 Apr, 2018

Begini Cara Mahasiswa UPS Tegal Kampanyekan Sastra

Tegal – Baru baru ini mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal baru saja mengadakan kampanye sastra tepatnya oleh mahasiswa fakultas keguruan dan…

Gerakan Revolusi Mental Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah
Berita 26 Sep, 2017

Gerakan Revolusi Mental Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah

TEGAL – Penyelanggaraan Dialog Nasional Pembangunan dengan tema Menuju Tegal yang Amanah dan Barokah di Ruang Adipura Lingkungan Balaikota Tegal…

M. Ali Bahsori Jawarai Tegal Bahari 10 K
Berita 02 Sep, 2018

M. Ali Bahsori Jawarai Tegal Bahari 10 K

Atlet dari KODAM IV Diponegoro Semarang Muhammad Ali Bahsori menjawarai lomba lari Tegal Bahari 10K yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota…

Most from this category