OJK Tegal Terima 10 Aduan Soal Finace

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai institusi yang mengawasi lembaga jasa keuangan, perbankan, finance, dan pasar modal dan investasi.

OJK juga melindungi masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan abal-abal dan membuka segala bentuk pengaduan yang berkaitan dengan investasi uang, umroh ataupun permasalahan dengan lembaga finance.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Tias Retnani, Rabu (4/7) saat gathering bersama wartawan.

Selain itu, kata Tias, OJK membentuk Satgas Waspada Investasi, terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melapor ketika ada temuan investasi-investasi yang mencurigakan”, ujar Tias.

Tias mengungkapkan, dari sekian aduan yang masuk, sebagian besar tentang permasalahan finance. OJK mencatat ada 10 aduan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Namun secara teknis, Tias menjelaskan bahwa nasabah diharapkan bisa menyelesaikan terlebih dahulu dengan jasa keuangan terkait. Jika tidak ada titik penyelesaian baru bisa melapor ke OJK.

Pada kesempatan tersebut, Tias juga memberikan tips memghindari investasi illegal, yakni memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai Mitra pemasar. “Masyarakat juga memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, ujar Tias.

Sementara itu, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto menghimbau, agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu lembaga-lembaga investasi yang menyasar kepada masyarakat. “Harus diketahui legalitasnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban investasi bodong”, pungkas Ludy.

 

Berita Lainnya

Berita 29 Jan, 2017

Pemkot Tegal Dorong Pertumbuhan UMKM

TEGAL –  Pemerintah Kota Tegal terus dorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu program unggulan Dinkop, UMKM…

Tim Penggerak PKK Adakan Sosialisasi Kesehatan
Berita 27 Nov, 2017

Tim Penggerak PKK Adakan Sosialisasi Kesehatan

TEGAL -  Tim Pengerak PKK Kota Tegal pada hari Senin (27/11) mengadakan sosialisasi di Ruang PKK Kota Tegal yakni kompleks…

KM Berkah Agung Meledak, 1 ABK Hilang
Berita 08 Sep, 2017

KM Berkah Agung Meledak, 1 ABK Hilang

TEGAL -  Terjadinya ledakan pada Kapal Motor Berkah Agung  milik salah seorang warga  Kota Tegal, di perairan Kalimantan Barat mengakibatkan…

Cegah Stunting Dengan Makanan BerIodium
Berita 20 Apr, 2018

Cegah Stunting Dengan Makanan BerIodium

TEGAL – Cegah adanya Stunting (Kekurangan Gizi) pada masyarakat, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BP4D) bersama Dinas Kesehatan Kota…

Atikah Bertekad Kurangi Kekerasan Anak dan Bullying di Sekolah.
Berita 15 Aug, 2018

Atikah Bertekad Kurangi Kekerasan Anak dan Bullying di Sekolah.

TEGAL-Atikah Saidah, merupakan wakil dari Kota Tegal yang saat menghadiri Forum Anak Nasional (FAN) 2018 di Kabupaten Pasuruan pada 23…

Mulai 16 Agustus 2017, Film Turah akan Diputar di Bioskop
Berita 01 Aug, 2017

Mulai 16 Agustus 2017, Film Turah akan Diputar di Bioskop

TEGAL - Film Turah merupakan sebuah film drama menggunakan bahasa Tegal produksi Fourcolours Films. Ditanggan Wicaksono Wisnu Legowo selaku sutradara,…

Most from this category