OJK Tegal Terima 10 Aduan Soal Finace

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai institusi yang mengawasi lembaga jasa keuangan, perbankan, finance, dan pasar modal dan investasi.

OJK juga melindungi masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan abal-abal dan membuka segala bentuk pengaduan yang berkaitan dengan investasi uang, umroh ataupun permasalahan dengan lembaga finance.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Tias Retnani, Rabu (4/7) saat gathering bersama wartawan.

Selain itu, kata Tias, OJK membentuk Satgas Waspada Investasi, terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melapor ketika ada temuan investasi-investasi yang mencurigakan”, ujar Tias.

Tias mengungkapkan, dari sekian aduan yang masuk, sebagian besar tentang permasalahan finance. OJK mencatat ada 10 aduan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Namun secara teknis, Tias menjelaskan bahwa nasabah diharapkan bisa menyelesaikan terlebih dahulu dengan jasa keuangan terkait. Jika tidak ada titik penyelesaian baru bisa melapor ke OJK.

Pada kesempatan tersebut, Tias juga memberikan tips memghindari investasi illegal, yakni memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai Mitra pemasar. “Masyarakat juga memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, ujar Tias.

Sementara itu, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto menghimbau, agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu lembaga-lembaga investasi yang menyasar kepada masyarakat. “Harus diketahui legalitasnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban investasi bodong”, pungkas Ludy.

 

Berita Lainnya

Syukuran Kantor Baru, DPC HNSI Potong Tumpeng
Berita 15 Sep, 2017

Syukuran Kantor Baru, DPC HNSI Potong Tumpeng

TEGAL-Jum'at pagi (15/9), DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal gelar potong tumpeng sebagai wujud rasa syukur peresmian kantor…

Kang Nur : Sudah Saatnya Pers dan Komunitas Anak Muda Harus Bangkit dan Berkarya.
Berita 22 Oct, 2017

Kang Nur : Sudah Saatnya Pers dan Komunitas Anak Muda Harus Bangkit dan Berkarya.

TEGAL- Bertemu para jurnalis dan berbagai komunitas anak muda, Plt. Walikota Drs. HM. Nursholeh, M.MPd ajak mereka untuk bangkit dengan…

Dihadapan Komandan Lanal Tegal, Persegal Kalahkan Persiku Kudus
Berita 15 Aug, 2018

Dihadapan Komandan Lanal Tegal, Persegal Kalahkan Persiku Kudus

TEGAL-Komandan Pangkalan TNI-AL (LANAL) Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla menghadiri Pertandingan Sepakbola Piala Suratin di Stadion Yos…

Walikota Tegal Hadiri Rapat Koordinasi BNNK Tegal
Berita 21 Apr, 2017

Walikota Tegal Hadiri Rapat Koordinasi BNNK Tegal

TEGAL – Terlihat di Hotel Primebiz Tegal sedang diadakannya Rapat Koordinasi Seksi Rehabilitasi BNN Kota Tegal pada Kamis (20/4). Hadir…

Rehab Mushola, Walikota sumbang 100 sak Semen.
Berita 25 Apr, 2017

Rehab Mushola, Walikota sumbang 100 sak Semen.

Tegal -  Masyarakat Kelurahan Randugunting pantas berbangga, khususnya warga yang bertempat tinggal di Jalan Puter, pasalnya kini akan berdiri Masjid…

Buku Antologi Puisi Dari Negeri Poci “Negeri Bahari” Diluncurkan
Berita 28 Apr, 2018

Buku Antologi Puisi Dari Negeri Poci “Negeri Bahari” Diluncurkan

TEGAL - Peluncuran buku antologi puisi negeri poci yang bertempat di hotel Alexander Kota Tegal dihadiri oleh penyair nusantara yang…

Most from this category