OJK Tegal Terima 10 Aduan Soal Finace

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai institusi yang mengawasi lembaga jasa keuangan, perbankan, finance, dan pasar modal dan investasi.

OJK juga melindungi masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan abal-abal dan membuka segala bentuk pengaduan yang berkaitan dengan investasi uang, umroh ataupun permasalahan dengan lembaga finance.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Tias Retnani, Rabu (4/7) saat gathering bersama wartawan.

Selain itu, kata Tias, OJK membentuk Satgas Waspada Investasi, terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melapor ketika ada temuan investasi-investasi yang mencurigakan”, ujar Tias.

Tias mengungkapkan, dari sekian aduan yang masuk, sebagian besar tentang permasalahan finance. OJK mencatat ada 10 aduan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Namun secara teknis, Tias menjelaskan bahwa nasabah diharapkan bisa menyelesaikan terlebih dahulu dengan jasa keuangan terkait. Jika tidak ada titik penyelesaian baru bisa melapor ke OJK.

Pada kesempatan tersebut, Tias juga memberikan tips memghindari investasi illegal, yakni memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai Mitra pemasar. “Masyarakat juga memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, ujar Tias.

Sementara itu, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto menghimbau, agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu lembaga-lembaga investasi yang menyasar kepada masyarakat. “Harus diketahui legalitasnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban investasi bodong”, pungkas Ludy.

 

Berita Lainnya

Silaturahim Walikota dengan Jamiyah Se – Kelurahan Bandung
Berita 26 Feb, 2017

Silaturahim Walikota dengan Jamiyah Se – Kelurahan Bandung

TEGAL – Banyak upaya yang dilakukan untuk menjalin sebuah komunikasi antar umat manusia. Salah satunya melalui silaturahim, seperti yang dilakukan…

Giliran Warga Pekauman Bukber dengan Walikota
Berita 22 Jun, 2017

Giliran Warga Pekauman Bukber dengan Walikota

TEGAL – Buka puasa antara Walikota Tegal bersama masyarakat pada Rabu (21/6) menempatkan di Kelurahan Pekauman yang dihadiri oleh jajaran…

Sosialisasi Pengawas Ruang USBN SD/MI Dilakukan
Berita 15 Apr, 2019

Sosialisasi Pengawas Ruang USBN SD/MI Dilakukan

TEGAL – Ratusan pengawas sekolah ikuti Sosialisasi Pengawas Ruang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD/MI Kota Tegal. Kegiatan tersebut…

Walikota Tegal Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Berita 01 Oct, 2019

Walikota Tegal Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

TEGAL- Pemerintah Kota Tegal menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 yang dilangsungkan di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu…

Pesta Siaga Tegal Barat Dilengkapi Materi Permainan
Berita 02 Feb, 2019

Pesta Siaga Tegal Barat Dilengkapi Materi Permainan

TEGAL – Pesta Siaga Kecamatan Tegal Barat resmi digelar, sebanyak 670 orang mengijuti Pesta Siaga di Halaman Kecamatan Tegal Barat,…

Dialog Dengan Warga Cabawan Plt.Walikota Tegal Kembali Sampaikan Prioritas Pembangunan
Berita 11 Jan, 2018

Dialog Dengan Warga Cabawan Plt.Walikota Tegal Kembali Sampaikan Prioritas Pembangunan

TEGAL- Dalam agendanya melakukan dialog interaktif dengan warga Kelurahan Cabawan. Rabu. (10/1) malam, Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh kembali…

Most from this category