OJK Tegal Terima 10 Aduan Soal Finace

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai institusi yang mengawasi lembaga jasa keuangan, perbankan, finance, dan pasar modal dan investasi.

OJK juga melindungi masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan abal-abal dan membuka segala bentuk pengaduan yang berkaitan dengan investasi uang, umroh ataupun permasalahan dengan lembaga finance.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Tias Retnani, Rabu (4/7) saat gathering bersama wartawan.

Selain itu, kata Tias, OJK membentuk Satgas Waspada Investasi, terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melapor ketika ada temuan investasi-investasi yang mencurigakan”, ujar Tias.

Tias mengungkapkan, dari sekian aduan yang masuk, sebagian besar tentang permasalahan finance. OJK mencatat ada 10 aduan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Namun secara teknis, Tias menjelaskan bahwa nasabah diharapkan bisa menyelesaikan terlebih dahulu dengan jasa keuangan terkait. Jika tidak ada titik penyelesaian baru bisa melapor ke OJK.

Pada kesempatan tersebut, Tias juga memberikan tips memghindari investasi illegal, yakni memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai Mitra pemasar. “Masyarakat juga memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, ujar Tias.

Sementara itu, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto menghimbau, agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu lembaga-lembaga investasi yang menyasar kepada masyarakat. “Harus diketahui legalitasnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban investasi bodong”, pungkas Ludy.

 

Berita Lainnya

Komiter Teater DKT Segera Menggelar FTT 2018
Berita 26 Nov, 2018

Komiter Teater DKT Segera Menggelar FTT 2018

TEGAL- Perkembangan teater di Tegal sudah muncul sejak tahun 1957, pada saat itu muncul kelompok dalam wadah Ikatan Seniman Muda…

Dislatan Kota Tegal Gencar Ajak Masyarakat Makan Ikan
Berita 16 Nov, 2017

Dislatan Kota Tegal Gencar Ajak Masyarakat Makan Ikan

TEGAL-Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal gencarkan gerakan Ayo Makan Ikan (Gemarikan) Menuju Generasi Sehat, Cerdas dan…

BPJS Kesehatan Siapkan Aplikasi Khusus Mudik
Berita 15 Jun, 2017

BPJS Kesehatan Siapkan Aplikasi Khusus Mudik

TEGAL-Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Aplikasi tersebut…

Kapolres Tegal Kota Lepas Anggota dalam Wisuda Purna Bakti Polri
Berita 03 Jan, 2018

Kapolres Tegal Kota Lepas Anggota dalam Wisuda Purna Bakti Polri

TEGAL–Kepolisian Resor Tegal Kota Polda Jateng kembali mengelar upacara wisuda purna tugas bagi 6 personel Polri di Halaman Mapolres, Rabu…

Anggota Partai Politik Tidak Boleh Menjadi Ketua RT dan RW
Berita 21 Dec, 2018

Anggota Partai Politik Tidak Boleh Menjadi Ketua RT dan RW

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2018, Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, melarang…

Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat
Berita 26 Jan, 2017

Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat

Tegal - Jargon yang menjadi judul besar tulisan ini - Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat - telah berumur kurang lebih…

Most from this category