OJK Tegal Terima 10 Aduan Soal Finace

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai institusi yang mengawasi lembaga jasa keuangan, perbankan, finance, dan pasar modal dan investasi.

OJK juga melindungi masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan abal-abal dan membuka segala bentuk pengaduan yang berkaitan dengan investasi uang, umroh ataupun permasalahan dengan lembaga finance.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Tias Retnani, Rabu (4/7) saat gathering bersama wartawan.

Selain itu, kata Tias, OJK membentuk Satgas Waspada Investasi, terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melapor ketika ada temuan investasi-investasi yang mencurigakan”, ujar Tias.

Tias mengungkapkan, dari sekian aduan yang masuk, sebagian besar tentang permasalahan finance. OJK mencatat ada 10 aduan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Namun secara teknis, Tias menjelaskan bahwa nasabah diharapkan bisa menyelesaikan terlebih dahulu dengan jasa keuangan terkait. Jika tidak ada titik penyelesaian baru bisa melapor ke OJK.

Pada kesempatan tersebut, Tias juga memberikan tips memghindari investasi illegal, yakni memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai Mitra pemasar. “Masyarakat juga memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, ujar Tias.

Sementara itu, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto menghimbau, agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu lembaga-lembaga investasi yang menyasar kepada masyarakat. “Harus diketahui legalitasnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban investasi bodong”, pungkas Ludy.

 

Berita Lainnya

Dinas Lingkungan Hidup Kerahkan 19 Truck Angkut Sampah
Berita 23 Jan, 2017

Dinas Lingkungan Hidup Kerahkan 19 Truck Angkut Sampah

TEGAL - Demi terciptanya lingkungan yang bersih dan bebas sampah Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan 19 armada  Truck untuk mengangkut sampah…

Kemenag Berikan Inovasi Terbaru Pelayanan Jemaah Calon Haji
Berita 09 Jul, 2018

Kemenag Berikan Inovasi Terbaru Pelayanan Jemaah Calon Haji

TEGAL- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan, diwakili Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Ghofir menghimbau kepada…

Kota Tegal Siap Jadi Kota Kuliner.
Berita 01 Mar, 2017

Kota Tegal Siap Jadi Kota Kuliner.

Tegal – Keseriusan Kota Tegal menjadi Kota Kuliner bisa dilihat dari rencana Pemerintah Kota Tegal yang akan mengadakan pencanangan Tegal…

38 Calon Wisudawan Fakultas Hukum UPS Tegal Dilepas
Berita 07 Sep, 2017

38 Calon Wisudawan Fakultas Hukum UPS Tegal Dilepas

TEGAL-Sebanyak 38 calon wisudawan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dilepas, Kamis (7/9) di ruang MKU Fakultas  Hukum. Hadir dalam…

TBT Menjadi Saksi Bisu Pementasan Teater Sabili
Berita 25 Apr, 2017

TBT Menjadi Saksi Bisu Pementasan Teater Sabili

TEGAL – ‘’Berbohong demi kebaikan itu bukan bohong tetapi kebajikan’’ berikut adalah cuplikan dialog dalam naskah lakon Cipoa karya Putu…

Walikota Tegal Hadiri Rapat Koordinasi BNNK Tegal
Berita 21 Apr, 2017

Walikota Tegal Hadiri Rapat Koordinasi BNNK Tegal

TEGAL – Terlihat di Hotel Primebiz Tegal sedang diadakannya Rapat Koordinasi Seksi Rehabilitasi BNN Kota Tegal pada Kamis (20/4). Hadir…

Most from this category