OJK Tegal Terima 10 Aduan Soal Finace

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai institusi yang mengawasi lembaga jasa keuangan, perbankan, finance, dan pasar modal dan investasi.

OJK juga melindungi masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan abal-abal dan membuka segala bentuk pengaduan yang berkaitan dengan investasi uang, umroh ataupun permasalahan dengan lembaga finance.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Tias Retnani, Rabu (4/7) saat gathering bersama wartawan.

Selain itu, kata Tias, OJK membentuk Satgas Waspada Investasi, terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan Kantor Kementerian Agama.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melapor ketika ada temuan investasi-investasi yang mencurigakan”, ujar Tias.

Tias mengungkapkan, dari sekian aduan yang masuk, sebagian besar tentang permasalahan finance. OJK mencatat ada 10 aduan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Namun secara teknis, Tias menjelaskan bahwa nasabah diharapkan bisa menyelesaikan terlebih dahulu dengan jasa keuangan terkait. Jika tidak ada titik penyelesaian baru bisa melapor ke OJK.

Pada kesempatan tersebut, Tias juga memberikan tips memghindari investasi illegal, yakni memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai Mitra pemasar. “Masyarakat juga memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, ujar Tias.

Sementara itu, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto menghimbau, agar masyarakat mengetahui terlebih dahulu lembaga-lembaga investasi yang menyasar kepada masyarakat. “Harus diketahui legalitasnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban investasi bodong”, pungkas Ludy.

 

Berita Lainnya

Komunitas Dua Pedal Gelar Jambore I
Berita 10 May, 2018

Komunitas Dua Pedal Gelar Jambore I

TEGAL-Komunitas Dua Pedal Brebes, Kota Tegal, Slawi (Bregas) menggelar jambore, Rabu-Kamis (9-10/5) di kawasan objek wisata Pantai Alam Indah (PAI).…

PLN UP3 Tegal Gelar Apel Kesiapan Natal dan Tahun Baru
Berita 02 Dec, 2019

PLN UP3 Tegal Gelar Apel Kesiapan Natal dan Tahun Baru

TEGAL — PLN UP3 TEGAL membentuk tim piket yang siaga selama 24 jam demi mengamankan pasokan listrik selama libur Natal…

Mahasiswa Kebidanan Agen Perubahan
Berita 07 Feb, 2019

Mahasiswa Kebidanan Agen Perubahan

TEGAL - Bidan memiliki posisi strategis dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan pelayanan Keluarga Berencana…

Kamis Pagi, Calon Jamaah Haji Kloter 10 Tiba di Donohudan
Berita 19 Jul, 2018

Kamis Pagi, Calon Jamaah Haji Kloter 10 Tiba di Donohudan

Boyolali - Setelah sebelumnya pada rabu malam menyambut dan menyerahkan Jamaah Calon Haji Kota Tegal dan Kota Pekalongan yang tergabung…

Klinik Konsultasi dan Perwal Tegal Nomor 24 Tahun 2019 di Sosialisasikan
Berita 14 May, 2019

Klinik Konsultasi dan Perwal Tegal Nomor 24 Tahun 2019 di Sosialisasikan

Tegal – Sosialisasi Klinik Konsultasi dan Bantuan Hukum Kota Tegal dan Peraturan Walikota Tegal nomor 24 Tahun 2019 tentang Pedoman…

Menetap Sementara di Kota Tegal, Dihimbau Membuat Surat Keterangan
Berita 09 Jul, 2018

Menetap Sementara di Kota Tegal, Dihimbau Membuat Surat Keterangan

TEGAL- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal menghimbau agar warga yang tinggal atau menetap sementara dan belum pindah…

Most from this category