Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, JKN KIS Dapat Digunakan di Luar Kota

TEGAL-Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur Idul Fitri tahun 2018, 7-23 Juni 2018 atau pada H-8 sampai dengan H+8.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal A Prasetya Harry P mengatakan peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Pada keadaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS”, kata Harry, kepada wartabahari.com.

Untuk kantor cabang BPJS Kesehatan Cabang Tegal., kata Harry, beroperasi pada libur Lebaran, namun dengan waktu tertentu. Yakni pada tanggal 11,12,13,14,18,19, dan 20 Juni 2018 pada pukul 08.00 WIB- 12.00 WIB.

Untuk kantor cabang yang tidak membuka pelayanan selama libur Lebaran, maka kebutuhan peserta atas pelayanan administrasi kepesertaan melalui koordinasi dan komunikasi antara person in charge rumah sakit dan petugas piket.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya-jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur Idulfitri 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan libur.  (Sa. Amin/WB)

Berita Lainnya

Kota Tegal, Pemerintah Daerah Informatif
Berita 19 Nov, 2017

Kota Tegal, Pemerintah Daerah Informatif

Tegal – Satu lagi prestasi yang berhasil di raih oleh pemerintah Kota Tegal di bawah kepemimpinan Plt. Walikota Tegal, Drs.…

Kantor ATR/BPN Kota Tegal Telah Keluarkan Enam Bidang Serifikat Tanah Aset Pemkot.
Berita 12 Sep, 2017

Kantor ATR/BPN Kota Tegal Telah Keluarkan Enam Bidang Serifikat Tanah Aset Pemkot.

TEGAL-Kepala Kantor Agraria dan Tata Tuang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Tegal Rukiatno, SH melalui Kasi Pengadaan Tanah Sarifudin mengatakan untuk…

Kampung Nelayan Tegalsari Kini Punya Taman
Berita 16 Jan, 2017

Kampung Nelayan Tegalsari Kini Punya Taman

TEGAL- Pemerintah Kota Tegal bersama Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemepupera) mewujudkan komitmenya dalam upaya penataan…

Ini Zona Museum Listrik dan Energi Baru
Berita 28 Apr, 2017

Ini Zona Museum Listrik dan Energi Baru

TEGAL-Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengajak sekolah-sekolah yang ada di Kota Tegal datang berkunjung ke Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB)…

Samsat Kampus On Line Diluncurkan
Berita 09 Feb, 2018

Samsat Kampus On Line Diluncurkan

TEGAL-Samsat kampus on line di Universitas Pancasakti Tegal resmu diluncurkan, Jum’at (9/2) pagi. Hadirnya samsat tersebut merupakan bentuk kerjasama antara…

BP4D Kota Tegal Gelar Pelatihan Kewirausahaan
Berita 11 Oct, 2017

BP4D Kota Tegal Gelar Pelatihan Kewirausahaan

TEGAL – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Tegal menggelar kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi anggota Forum for…

Most from this category

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 11 Jun, 2018

.