Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, JKN KIS Dapat Digunakan di Luar Kota

TEGAL-Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur Idul Fitri tahun 2018, 7-23 Juni 2018 atau pada H-8 sampai dengan H+8.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal A Prasetya Harry P mengatakan peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Pada keadaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS”, kata Harry, kepada wartabahari.com.

Untuk kantor cabang BPJS Kesehatan Cabang Tegal., kata Harry, beroperasi pada libur Lebaran, namun dengan waktu tertentu. Yakni pada tanggal 11,12,13,14,18,19, dan 20 Juni 2018 pada pukul 08.00 WIB- 12.00 WIB.

Untuk kantor cabang yang tidak membuka pelayanan selama libur Lebaran, maka kebutuhan peserta atas pelayanan administrasi kepesertaan melalui koordinasi dan komunikasi antara person in charge rumah sakit dan petugas piket.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya-jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur Idulfitri 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan libur.  (Sa. Amin/WB)

Berita Lainnya

Berikut Hasil Seleksi Administrasi Pejabat di Pemkot Tegal
Berita 25 Nov, 2017

Berikut Hasil Seleksi Administrasi Pejabat di Pemkot Tegal

TEGAL-Panitia seleksi pejabat pimpinan tinggi pratama Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengumumkan hasil seleksi jabatan di 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).…

Niatkan Ibadah Maka Pahala Akan Mengalir.
Berita 06 Jan, 2018

Niatkan Ibadah Maka Pahala Akan Mengalir.

Tegal - Peringatan hari lahir ke 48 dan haul para pendiri MTs Assalafiyah Kota Tegal, 05 Januari 1970  -  05…

Saatnya Kita Lebur Dosa Dosa Kita Dengan Saling Memaafkan
Berita 25 Jul, 2017

Saatnya Kita Lebur Dosa Dosa Kita Dengan Saling Memaafkan

Tegal – Acara halal bi halal forum silaturahmi Majelis Ta’lim Kota Tegal diadakan di Ruang pertemuan RSI Harapan Anda Kota…

Kuliner Khas Kota Tegal Berhasil Menarik Pengunjung Untuk Mampir dan Mencicipi
Berita 22 Jul, 2017

Kuliner Khas Kota Tegal Berhasil Menarik Pengunjung Untuk Mampir dan Mencicipi

Jakarta – Badan penghubung Provinsi Jawa Tengah bersama Paguyuban Jawa Tengah menyelenggarakan pameran produk unggulan dan potensi daerah Jawa Tengah…

Sarjana Sains Terapan ke I dan Ahli Madya ke XIII Polek HB di Wisuda
Berita 15 Oct, 2017

Sarjana Sains Terapan ke I dan Ahli Madya ke XIII Polek HB di Wisuda

TEGAL – Bertempat di Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama Tegal Jl Mataram No.9 Tegal, diselenggarakan Sidak Teruka Senat Dalam Rangka…

Profil  Kelurahan Miliki Peranan Penting
Berita 08 May, 2017

Profil Kelurahan Miliki Peranan Penting

TEGAL-Profil desa/kelurahan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional khususnya pembangunan desa/kelurahan. Hal itu karena profil merupakan sumber data…

Most from this category