Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, JKN KIS Dapat Digunakan di Luar Kota

TEGAL-Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur Idul Fitri tahun 2018, 7-23 Juni 2018 atau pada H-8 sampai dengan H+8.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal A Prasetya Harry P mengatakan peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Pada keadaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS”, kata Harry, kepada wartabahari.com.

Untuk kantor cabang BPJS Kesehatan Cabang Tegal., kata Harry, beroperasi pada libur Lebaran, namun dengan waktu tertentu. Yakni pada tanggal 11,12,13,14,18,19, dan 20 Juni 2018 pada pukul 08.00 WIB- 12.00 WIB.

Untuk kantor cabang yang tidak membuka pelayanan selama libur Lebaran, maka kebutuhan peserta atas pelayanan administrasi kepesertaan melalui koordinasi dan komunikasi antara person in charge rumah sakit dan petugas piket.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya-jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur Idulfitri 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan libur.  (Sa. Amin/WB)

Berita Lainnya

Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Kesejahteraan.
Berita 17 Nov, 2017

Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Kesejahteraan.

Tegal – Keikutsertaan warga melalui warung teknologi kelurahan (wartekel) adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam membangun Kota Tegal ucap Plt. Walikota…

Pererat Silaturahmi dengan Sukarelawan, PMI Kota Tegal Gelar Jalan Sehat
Berita 17 Dec, 2017

Pererat Silaturahmi dengan Sukarelawan, PMI Kota Tegal Gelar Jalan Sehat

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal, mengadakan jalan sehatbagi para pendonor darahsukarelawan,Kelompok Korps Sukarela, Palang Merah Remaja dan Pengurus PMI…

Petugas Parkir Resmi Memakai Rompi Dishub dan Kartu Anggota
Berita 31 Jul, 2017

Petugas Parkir Resmi Memakai Rompi Dishub dan Kartu Anggota

TEGAL - Bagi anda pemakai kendraan bermotor baik beroda empat (mobil) atau beroda dua (motor) pasti tidak luput dengan namanya…

Disdukcapil Kota Tegal Akan Ikuti GIZA
Berita 05 Mar, 2018

Disdukcapil Kota Tegal Akan Ikuti GIZA

TEGAL – Dalam rangka mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GIZA), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tegal akan hadir…

Kelompok Ketoprak Taruna Budaya Bawakan Lakon Suminten Edan
Berita 13 May, 2017

Kelompok Ketoprak Taruna Budaya Bawakan Lakon Suminten Edan

TEGAL – Gelaktawa pengunjung Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe Sabtu (13/5) malam pecah tak beraturan. Mereka terpingkal…

Kompetisi Bahasa Indonesia Sebagai Ajang Meningkatkan Keterampilan Berbahasa
Berita 11 Feb, 2017

Kompetisi Bahasa Indonesia Sebagai Ajang Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

TEGAL -  Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) FKIP UPS Tegal mengadakan Kompetisi Bahasa Indonesia (KOBI) Se…

Most from this category