Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, JKN KIS Dapat Digunakan di Luar Kota

TEGAL-Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur Idul Fitri tahun 2018, 7-23 Juni 2018 atau pada H-8 sampai dengan H+8.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal A Prasetya Harry P mengatakan peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Pada keadaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS”, kata Harry, kepada wartabahari.com.

Untuk kantor cabang BPJS Kesehatan Cabang Tegal., kata Harry, beroperasi pada libur Lebaran, namun dengan waktu tertentu. Yakni pada tanggal 11,12,13,14,18,19, dan 20 Juni 2018 pada pukul 08.00 WIB- 12.00 WIB.

Untuk kantor cabang yang tidak membuka pelayanan selama libur Lebaran, maka kebutuhan peserta atas pelayanan administrasi kepesertaan melalui koordinasi dan komunikasi antara person in charge rumah sakit dan petugas piket.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya-jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur Idulfitri 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan libur.  (Sa. Amin/WB)

Berita Lainnya

Ziarah Ke Makam Ki Gede Sebayu, Pjs.Walikota Tegal Berikan Tali Asih
Berita 12 Apr, 2018

Ziarah Ke Makam Ki Gede Sebayu, Pjs.Walikota Tegal Berikan Tali Asih

TEGAL – Usai memimpin upacara HUT Kota Tegal ke 438 tahun di Alun-alun Kota Tegal, Pjs.Walikota Tegal Drs. Achmad Rofai,M.Si…

Catin Dianjurkan Periksa Kesehatan
Berita 05 Apr, 2017

Catin Dianjurkan Periksa Kesehatan

TEGAL- Untuk menekan angka kematian ibu dan anak, Dinas Kesehatan Kota Tegal menganjurkan calon pengantin (Catin) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan…

Besok, APK Paslon akan Ditertibkan
Berita 04 Mar, 2018

Besok, APK Paslon akan Ditertibkan

TEGAL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal bersama KPU Kota Tegal, Satpol PP, Dinas Perhubungan, tim kampanye Pasangan Calon (Paslon) dan…

Buku Menjadi Cermin Kita Semua.
Berita 28 Jan, 2018

Buku Menjadi Cermin Kita Semua.

Tegal - Plt. Walikota Tegal,  Drs. H.M. Nursholeh, M.M.Pd atau yang akrab dipanggil Kang Nursholeh secara resmi meluncurkan buku “…

Waspada Difteri
Berita 11 Dec, 2017

Waspada Difteri

TEGAL-Masyarakat patut waspada,pasalnya penyakit difteri yang berbahaya dan menular kembali mewabah berbagai berbagai wilayah Indonesia.  Kementerian Kesehatan bahkan sudah menetapkan…

KAMMI Tegal Adakan Studium General
Berita 28 Mar, 2018

KAMMI Tegal Adakan Studium General

TEGAL - Memperingati Milad 20 Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Pengurus Daerah KAMMI Tegal mengadakan kegiatan Studium General dengan…

Most from this category