“Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”

Tegal -Upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila kembali di gelar di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Jumat (1/6/2018).

Dalam peringatan hari lahir Pancasila yang bertemakan “Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”, bertindak sebagai Inspektur Upacara Pjs. Walikota Tegal, Drs. Akhmad Rofai, M. Si.

Hadir sebagai peserta Upacara dari  unsur TNI, Polri, Mahasiswa, LSM dan juga para siswa sekolah menengah serta anggota pramuka.

Dalam sambutan Hari lahir Pancasila, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang di bacakan secara utuh oleh  Pjs. Walikota Tegal, Drs. Akhmad Rofai, M. Si. di depan para tamu undangan yang terdiri dari jajaran Forkopinda, Kepala OPD, tamu undangan dan peserta upacara, Presiden RI Joko Widodo diantaranya menyampaikan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia.

Pancasila di hasilkan melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Usai membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia secara utuh, Pjs. Walikota juga berharap agar kita semua mengamalkan Pancasila dalam aktivitas sehari-hari baik di lingkungan rumah dan khususnya di lingkungan pekerjaan.

Latar belakang pendidikan yang beragam di antara kita dan pengalaman serta wawasan yang berbeda-beda harus menambah warna dalam aktivitas bekerja kita.

”Prinsip BERSATU, BERBAGI, BERPRESTASI yang menjadi tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini harus benar-benar menjadi prinsip kerja kita. Pemerintah Kota Tegal akan kuat dan mampu menjaga wibawa serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat apabila seluruh elemen yang ada di dalamnya paham benar tupoksi masing-masing dan kita semua bekerja secara terintegrasi, bersatu dalam satu visi misi Kota Tegal,” ucap Pjs Walikota.

Berita Lainnya

Dapat Remisi HUT RI, 2 Napi Lapas Tegal Langsung Bebas.
Berita 17 Aug, 2018

Dapat Remisi HUT RI, 2 Napi Lapas Tegal Langsung Bebas.

TEGAL- Dua orang narapidana warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 2B Tegal akhirnya dapat menghirup udara bebas setelah mendapat Remisi…

Johardi: Tidak Ada Bocoran Jawaban UNBK
Berita 09 Apr, 2017

Johardi: Tidak Ada Bocoran Jawaban UNBK

TEGAL-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA bakal digelar besok,  Senin-Kamis, 10-13 April 2017. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)…

Johardi: Tidak Ada Keharusan Sekolah Mengikuti Kebijakan Full Day School
Berita 18 Aug, 2017

Johardi: Tidak Ada Keharusan Sekolah Mengikuti Kebijakan Full Day School

TEGAL-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal Dr. Johardi mengatakan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang  full day school…

Walikota secara Resmi buka TMMD sengkuyung tahap 2
Berita 04 Jul, 2017

Walikota secara Resmi buka TMMD sengkuyung tahap 2

Tegal – Pelaksanaan TMMD sengkuyung tahap 2 tahun 2017 di wilayah Kodim 0712 / Tegal kembali dilaksanakan tepatnya di Kelurahan…

BPJS 17.064 Warga Miskin, Ditanggung Pemkot
Berita 01 Feb, 2018

BPJS 17.064 Warga Miskin, Ditanggung Pemkot

Sebanyak 17.064 warga miskin yang belum tercover Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Tegal, untuk bisa masuk…

Butuh Peran Masyarakat dalam Mengolah Sampah
Berita 02 Jan, 2018

Butuh Peran Masyarakat dalam Mengolah Sampah

TEGAL - Sampah bila tidak ditangani dengan baik dan benar akan menjadikan masalah yang cukup serius di kalangan masyarakat. Karena…

Most from this category