“Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”

Tegal -Upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila kembali di gelar di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Jumat (1/6/2018).

Dalam peringatan hari lahir Pancasila yang bertemakan “Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”, bertindak sebagai Inspektur Upacara Pjs. Walikota Tegal, Drs. Akhmad Rofai, M. Si.

Hadir sebagai peserta Upacara dari  unsur TNI, Polri, Mahasiswa, LSM dan juga para siswa sekolah menengah serta anggota pramuka.

Dalam sambutan Hari lahir Pancasila, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang di bacakan secara utuh oleh  Pjs. Walikota Tegal, Drs. Akhmad Rofai, M. Si. di depan para tamu undangan yang terdiri dari jajaran Forkopinda, Kepala OPD, tamu undangan dan peserta upacara, Presiden RI Joko Widodo diantaranya menyampaikan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia.

Pancasila di hasilkan melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Usai membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia secara utuh, Pjs. Walikota juga berharap agar kita semua mengamalkan Pancasila dalam aktivitas sehari-hari baik di lingkungan rumah dan khususnya di lingkungan pekerjaan.

Latar belakang pendidikan yang beragam di antara kita dan pengalaman serta wawasan yang berbeda-beda harus menambah warna dalam aktivitas bekerja kita.

”Prinsip BERSATU, BERBAGI, BERPRESTASI yang menjadi tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini harus benar-benar menjadi prinsip kerja kita. Pemerintah Kota Tegal akan kuat dan mampu menjaga wibawa serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat apabila seluruh elemen yang ada di dalamnya paham benar tupoksi masing-masing dan kita semua bekerja secara terintegrasi, bersatu dalam satu visi misi Kota Tegal,” ucap Pjs Walikota.

Berita Lainnya

Dialog Dengan Warga Randugunting, Kang Nur Sampaikan Lima Program Unggulan
Berita 09 Feb, 2018

Dialog Dengan Warga Randugunting, Kang Nur Sampaikan Lima Program Unggulan

TEGAL- Dalam upayanya mensejahterakan masyarakat, Pemerintah Kota Tegal kedepan pada tahun 2018 telah menerapkan program pembangunan berbasis kemasyarakatan. Hal itu…

Pengunjung PAI Menurun Sekitar 50 Persen
Berita 24 May, 2018

Pengunjung PAI Menurun Sekitar 50 Persen

TEGAL - Bulan Ramadhan sudah memasuki hari kedelapan, tetapi pengunjung yang ada di Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI), Kota…

Berikut Jumlah Sampah yang Terkumpul dari Bersih Pantai Menghadap Laut
Berita 19 Aug, 2018

Berikut Jumlah Sampah yang Terkumpul dari Bersih Pantai Menghadap Laut

TEGAL - Bersih pantai Menghadap Laut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 73 tahun di Pantai Alam…

Nenek Berusia 88 Tahun Jadi Jemaah Calon Haji Tertua Kota Tegal
Berita 01 Aug, 2017

Nenek Berusia 88 Tahun Jadi Jemaah Calon Haji Tertua Kota Tegal

TEGAL-Karwi Karmad Dasmad merupakan salah satu jemaah calon haji yang akan menunaikan ibadah haji. Nenek dari 15 cucu itu masuk…

Hari Pertama Kerja PJS. Wali Kota, Silaturahmi ke Forkopimda
Berita 15 Feb, 2018

Hari Pertama Kerja PJS. Wali Kota, Silaturahmi ke Forkopimda

Hari pertama kerja Pejabat Sementara Wali Kota Tegal, Achmad Rofai diisi dengan silaturahmi ke anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)…

Dalang Bule, Manggung Di Tegal
Berita 07 Aug, 2018

Dalang Bule, Manggung Di Tegal

Dalang Wayang Kulit Gagrak Cirebonan asal Inggris Prof. Mathew Isaac Coheen manggung di kota Tegal, Mathew membawakan lakon “Eka Laya…

Most from this category