Perbaikan Jalingkut Dikebut

TEGAL- Jalur nasional non-tol di pantai utara Jawa (Pantura) di Kota Tegal bisa menjadi jalan alternatif bagi pemudik jika jalan tol Pejagan-Pemalang cukup padat pada libur Lebaran tahun ini.

Sebagai informasi pembangunan ruas tol seksi III (Brebes Timur- Tegal) dan IV (Tegal- Pemalang) hingga kemarin terus dikebut. Pekerjaan konstruksi jalan sepanjang 37,3 kilometer ini ditargetkan selesai dan bisa digunakan sebelum Lebaran.
Sementara itu, hingga kemarin ruas jalan lingkar utara (Jalingkut) Kota Tegal sebagai jalur alternatif di Pantura sepertinya belum siap dilalui pemudik. Minimnya lampu penerangan dan beberapa ruas jalan berlobang membuat jalingkut kurang nyaman dilalui kendaraan bahkan rawan.

Meski demikian, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tegal-Brebes Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang Dirjen Binamarga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemnPUPR) Erwin Winarko menyatakan jalingkut siap dilalui.
“Kalau yang masuk jalan nasional sudah beres. Jalingkut sudah siap untuk arus mudik. Tidak masalah. Tapi kalau yang jalan kota itu kewenangan Pemda,” kata Erwin, Jumat (25/5).

Sementara itu, jalur persimpangan yang rusak di Jalingkut mulai dilakukan perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal, kemarin. Setidaknya ada lima orang yang bekerja dilengkapi alat berat.
Menurut salah satu pekerja, Seno (54), penambalan jalan berlobang dengan batu kerikil, pasir dan aspal itu akan selesai dalam empat hari ke depan. “Pakai batu amparan tiga lima nanti digiles alat berat, kemudian diaspal dan dikasih batu kerikil lagi yang lebih kecil. Empat hari selesai,” kata dia.
Terpisah Kepala DPUPR Sugiyanto mengatakan, penanganan kesiapan jalingkut sebagai alternatif jalur mudik ditangani beberapa stakeholder. Saat ini untuk perbaikan jalan terus dikebut, khususnya jalan yang jadi kewenangan Pemda.

Ia menargetkan pada H-11 Lebaran seluruh ruas jalur alternatif baik itu jalan kota dan nasional yang terhubung ke jalingkut sudah selesai 100 persen. “Termasuk penambahan tujuh pal titik PJU (penerangan jalan umum). Harapannya pemudik yang melintas di malam hari bisa aman dan nyaman,” kata Sugiyanto.

Berita Lainnya

Ada Payung Batik Tegal di Festival Payung Indonesia 2018
Berita 08 Sep, 2018

Ada Payung Batik Tegal di Festival Payung Indonesia 2018

TEGAL – Payung Batik Tegal hadir dalam Festival Payung Indonesia di Taman Lumbini Candi Borobudur Magelang pada 7 hingga 9…

Tegal Tak Pernah Tidur dalam Hal Teater
Berita 01 Feb, 2018

Tegal Tak Pernah Tidur dalam Hal Teater

TEGAL - Lagi-lagi kesenian di Kota Tegal menunjukan eksistensinya, kini giliran seni pertunjukan teater yang menyuarakan eksistensinya. Adalah Teater Akar…

Berita 16 Jan, 2018

Fasilitas Digratiskan, Penumpang Tidak Ada Peningkatan

TEGAL - Sudah genap satu tahun fasilitas yang berada di Terminal Kota Tegal digratiskan untuk penumpang.  Fasilitas tersebut sudah digratiskan…

Enam Barung Maju ke Tingkat Kota
Berita 08 Feb, 2019

Enam Barung Maju ke Tingkat Kota

Tegal – Enam barung yang terpilih dari Pesta Siaga di tingkat Kecamatan Tegal Timur, akan maju ke tingkat kota. Untuk…

Universitas Pancasakti Tegal Gelar Wisuda
Berita 21 Sep, 2019

Universitas Pancasakti Tegal Gelar Wisuda

Tegal – Universitas Pancasakti Tegal gelar Wisuda Magister ke 7, Sarjana ke 62 dan Diploma III ke 40 Periode Genap…

KKBPK Di Kota Tegal Lebih Baik Dibanding Tingkat Nasional.
Berita 15 Sep, 2017

KKBPK Di Kota Tegal Lebih Baik Dibanding Tingkat Nasional.

TEGAL – Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pusat Pelatihan Klinik Primer Kesehatan Reproduksi (P2KP KR) pada Rabu (13/9) di RM. Dapoer Tempo…

Most from this category