DPRD Kota Tegal Tetapkan 4 Perda Kota Tegal

TEGAL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal akhirnya menetapkan empat (4) Rancangan Peraturan Daerah Kota Tegal menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Tegal. Keempat Raperda yang ditetapkan menjadi Perda yakni Raperda Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan, Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah, Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum, dan Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Usaha.

Penetapan empat raperda tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna yang di Pimpin Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Drs. H. Anshori Faqih dan Wasmad Edi Susilo, SH di Ruang Paripurna DPRD Kota Tegal. Selasa (15/5).

Sebelumya dalam pembahasanya keempat raperda tersebut dibahas melalui tiga Panitia Khusus (Pansus) yakni Pansus 10, 11 dan 12. Sementara itu dalam pemandangan umumnya, Enam (6) Fraksi DPRD Kota Tegal juga seluruhnya menyetujui penetapan empat raperda tersebut.

Pjs. Wali Kota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si dalam sambutannya mengatakan keempat peraturan daerah tersebut sangat penting sebagai regulasi dan landasan hukum bagi Pemerintah Kota Tegal dalam menyelenggarakan otonomi daerah dan melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya.

“Dengan telah disetujuinya penetapan Perda Tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan, dapat memaksimalkan kinerja dalam  beberapa dalam segi penyelenggaraan peternakan maupun penyelenggaraan kesehatan hewan”,Ucapnya.

Sementara itu terkait Perda Perubahan Atas Perda Tentang Retribusi Daerah diharapkan mencerminkan keadilan serta mempertimbangkan aspek keterbukaan dan akuntabilitas dalam rangka pembebanan retribusi kepada masyarakat.

Lebih lanjut Rofai mengatakan, dengan ditetapkannya tiga peraturan daerah tentang perubahan pajak daerah dan retribusi daerah ini, diharapkan sebagai wujud pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan serta manfaat untuk masyarakat.

Adapun untuk proses selanjutnya Perda Tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan akan terlebih dahulu di registrasi ke Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk  kemudian dapat diundangkan. Sementara itu, untuk Perda Perubahan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah setelah mendapat Persetujuan Penetapan DPRD Kota Tegal proses selanjutnya yakni akan di evaluasi Gubernur Jawa Tengah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebelum akhirnya diundangkan.

Berita Lainnya

Kemeriahan Color Fest di PHB Accounting Days
Berita 03 Oct, 2018

Kemeriahan Color Fest di PHB Accounting Days

TEGAL – Accounting Days kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (PHB). Accounting Days ke-4th…

Paskibra Diminta Menunjukan Keteladanan Sebagai Pelajar Yang Berprestasi, Berdisiplin Dan Bermoral, Serta Memiliki Jiwa Nasionalisme Yang Tinggi.
Berita 16 Aug, 2017

Paskibra Diminta Menunjukan Keteladanan Sebagai Pelajar Yang Berprestasi, Berdisiplin Dan Bermoral, Serta Memiliki Jiwa Nasionalisme Yang Tinggi.

Tegal – Pengukuhan (Pasukan Pengibar Bendera) Paskibra Kota Tegal Tahun 2017, Rabu, 16 Agustus 2017, pukul 07:30 WIB, di halaman…

BNP Kota Tegal Gratiskan PTSL
Berita 19 Jul, 2017

BNP Kota Tegal Gratiskan PTSL

TEGAL - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) mulai dilaksanakan di Kota Tegal  tahun 2017…

Sutari : Kampanye yang baik adalah Kampanye Berbuat Baik
Berita 21 May, 2018

Sutari : Kampanye yang baik adalah Kampanye Berbuat Baik

Berbeda dengan kampanye-kampanye di tengah masa kampanye Pilwalkot Tegal, Wakil Ketua DPRD kota Tegal Sutari mengajak jemaah untuk Kampanye berbuat…

Kelompok Nelayan Tirang Jaya Manfaatkan Sumber Daya Alam
Berita 19 Jan, 2017

Kelompok Nelayan Tirang Jaya Manfaatkan Sumber Daya Alam

TEGAL - Laut merupakan sumberdaya air yang apa bila dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal, memberi keuntungan besar baik secara ekonomi…

Pelayaanan Memuaskan, PDAM Kota Tegal Raih Penghargaan
Berita 29 Dec, 2016

Pelayaanan Memuaskan, PDAM Kota Tegal Raih Penghargaan

TEGAL- PDAM Kota Tegal meraih penghargaan The Best PDAM Service and Customer Satisfaction Of The Year 2016. Penghargaan diterima langsung…

Most from this category