Usaha Makanan Harus Bersertifikat

TEGAL – Unit usaha Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) harus memiliki sertifikat laik sehat. Semua itu untuk menjamin bahwa produk makanan yang dijual di TPM sudah terjamin keamanan dan kesehatannya.

selain itu, sebagai bukti unit usaha tersebut sudah memenuhi syarat. Hal itu disampaikan pada sosialisasi laik sehat jasa boga, rumah makan, kantin sehat dan depot air minum di Ruang Pertemuan Kesling Dinkes Kota Tegal, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Sri Primawati Indaswari diwakili Kasie Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Siti Halamah dalam sambutanya menyampaikan, saat ini di Kota Tegal sudah ada 267 TPM yang memenuhi syarat hygiene sanitasi 198 (74,16%) dan yang tidak memenuhi syarat hygiene sanitasi sebanyak 69 (25,84%).

Saat ini banyak makanan jajanan penambah yang merambah ke berbagai tempat. Sehingga sertifikat laik sehat itu diperlukan. Ketika kondisi makanan sehat maka Indeks Pertumbuhan Masyarakat (IPM) juga akan meningkat. Sehingga kondisi sanitasi lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan makanan.

“Untuk itu peran pengusaha TPM untuk memelihara produk makanan dengan sanitasi yang baik sangat diperlukan,” kata Siti Halamah.

Staf Seksi Kesling Dinkes Provinsi Jateng Siti Yulaikah menyampaikan, aturan terhadap sertifikat laik sehat sesuai dengan Permenkes no 2 tahun 2013 tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan pangan dengan pengendalian faktor resiko penyakit bawaan pangan dan KLB keracunan pangan di seluruh sasaran tempat pengelolaan makanan.

Terutama untuk makanan siap saji yang sudah ada hampir di wilayah Jawa Tengah. Untuk itu aturan dalam menjamak makanan perlu adanya pengawasan dari internal dinas dan eksternal masyarakat. Karena sebagai konsumen tentu tidak mengetahui proses menjamak dan memproduksi makanan sehat.

Untuk itu sebagai syarat bahwa makanan yang dibuat sehat, TPM di Kota Tegal harus memiliki sertifikat laik sehat. Sehingga masyarakat Kota Tegal akan terbebas dari keracunan makanan meskipun untuk tahun 2018 belum ada kasus.

“Selain menjaga makanan agar tetap sehat, kita juga perlu untuk memelihara dan melindungi kebersihan diri. Dengan cara mandi teratur dan menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Siti Yulaikah.

Berita Lainnya

2.679 orang menerima Jasa Tenaga Keagamaan
Berita 25 Dec, 2016

2.679 orang menerima Jasa Tenaga Keagamaan

Tegal – Perhatian Pemerintah Kota Tegal untuk meningkatkan Kesejahteraan guru madrasah diniyah, guru taman pendidikan Al qur’an, Guru ngaji, Lebe/Modin,…

Satpol PP Copot Spanduk Reklame  Bila Langgar Ini
Berita 18 Jul, 2017

Satpol PP Copot Spanduk Reklame Bila Langgar Ini

TEGAL-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal melakukan penertiban spanduk melalui operasi rutin. Spanduk liar berjenis iklan produk, rokok,…

Plt. Walikota Minta Dibentuk Komunitas Masyarakat Siaga Bencana
Berita 27 Nov, 2017

Plt. Walikota Minta Dibentuk Komunitas Masyarakat Siaga Bencana

Memasuki bulan November, dimana terjadi cuaca yang cukup ekstrim, termasuk  bencana banjir, rob dan angina, perlu di sikapi dengan kesiapsiagaan…

ASN Tegal Timur Ikuti Pembinaaan Netralitas ASN
Berita 06 Mar, 2018

ASN Tegal Timur Ikuti Pembinaaan Netralitas ASN

TEGAL - Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal berlangsung di Pendopo Kecamatan Tegal Timur.…

Dandim 0712 Ajak Kaum Muslimin Teladani Nabi Muhammad Soal Toleransi
Berita 19 Nov, 2017

Dandim 0712 Ajak Kaum Muslimin Teladani Nabi Muhammad Soal Toleransi

Komandan Distrik Militer 0712, Letkol.Kav. Kristiyanto ajak kaum muslimin kota Tegal meneladani bagaimana Sifat Nabi Muhammad, SAW dalam mengajarkan toleransi…

KMD Kembali di Gelar UKM Racana Pancasakti
Berita 26 Jul, 2017

KMD Kembali di Gelar UKM Racana Pancasakti

TEGAL- Dewan Racana Pancasakti menyelenggarakan Program Kerja yang sangat penting untuk kelanjutan kegiatan Pramuka ditingkat Gugus Depan, yakni Kursus Mahir…

Most from this category