DLH Kota Tegal Gelar Bintek Pelelolaan Limbah B3

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar bimbingan teknis pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Senin (14/5) di ruang rapat DLH Kota Tegal.

Sedikitnya 30 orang pelaku usaha dari sektor industri, perdagangan, jasa, dan perhotelan dan fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, dan laboratorium mengikuti bintek tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Haryoto dalam laporannya mengatakan, bintek tersebut untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha tentang kewajiban pengelolaan limbah B3 yang dihasilkan.

Kemudian, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, ketaatan dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan aparat pembina dan pengawas lingkungan hidup dalam pengelolaan limbah B3.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Tegal Ir. Resti Drijo Prihanto mengatakan, kegiatan pengelolaan B3 dan limbah B3 adalah satu mata rantai yang cukup panjang dengan melibatkan banyak pihak yaitu mulai dari penyedia B3, penghasil limbah B3, pengangkut, pengumpul, pemanfaat, pengolah dan penimbun limbah B3.

Sesuai dengan amanat UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pengelolaan limbah B3 merupakan tanggung jawab pihak yang menghasilkannya. Namun kegiatan ini memerlukan teknologi dan tenaga ahli yang khusus sehingga bisa jadi membebani penghasil jika melakukannya sendiri.

“Pemerintah memberikan kebijakan kepada para penghasil untuk menyerahkan kegiatan pengelolaan limbah B3 yang dihasilkannya kepada pihak lain, dalam hal ini ialah fasilitas jasa pengelolaan limbah B3 yang berbadan hukum dan memiliki izin operasional dari Pemerintah, jika tidak mampu melakukannya sendiri”, kata Resti.

Resti menambahkan, jenis limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibuang langsung ke lingkungan merupakan sumber pencemaran dan perusakan lingkungan. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya dampak akibat limbah B3 itu, diperlukan suatu sistem pengelolaan yang terintegrasi dan berkesinambungan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Dikdukcapil Kota Tegal Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Data Kependudukan
Berita 09 Mar, 2018

Dikdukcapil Kota Tegal Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Data Kependudukan

TEGAL- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal berkomitmen untuk meningkatkan kualitas data kependudukan. Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB)…

Perayaan Imlek 2568 Tahun Ayam Api Berlangsung Meriah Dan Aman
Berita 06 Feb, 2017

Perayaan Imlek 2568 Tahun Ayam Api Berlangsung Meriah Dan Aman

Tegal – Perayaan tahun baru China atau Imlek 2568 benar benar meriah dan berlangsung aman, nyaman kondusif tidak ada gejolak…

Tujuh Tahun Terakhir ada 114 Kasus  Kekerasan Terhadap Anak di Kota Tegal
Berita 17 May, 2018

Tujuh Tahun Terakhir ada 114 Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Kota Tegal

Di Kota Tegal sepanjang tahun 2011 sampai 2017 berdasarkan data dari Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) PUSPA tercatat ada 114 kasus…

Pusling Diserbu Puluhan Siswa
Berita 20 Jan, 2017

Pusling Diserbu Puluhan Siswa

TEGAL - Hadirnya mobil Perpustakaan Keliling di halaman Polsek Barat langsung diserbu siswa sekolah yang sudah menunggu kedatangan mobil tersebut.…

Wali Kota Serahkan Mou Penyaluran Dana UMKM kepada Bank Jateng
Berita 01 Dec, 2016

Wali Kota Serahkan Mou Penyaluran Dana UMKM kepada Bank Jateng

TEGAL - Sebagai wujud nyata penyaluran dana untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tegal, Bank Jateng bersama…

Keluarga Tri Setyowati Maju ke Tingkat Provinsi
Berita 05 Apr, 2018

Keluarga Tri Setyowati Maju ke Tingkat Provinsi

TEGAL - Adalah keluarga Tri Setyowati dan Suherman, salah satu keluarga di RT 6 RW 1 Keluarahan Tunon Kecamatan Tegal…

Most from this category