DLH Kota Tegal Gelar Bintek Pelelolaan Limbah B3

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar bimbingan teknis pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Senin (14/5) di ruang rapat DLH Kota Tegal.

Sedikitnya 30 orang pelaku usaha dari sektor industri, perdagangan, jasa, dan perhotelan dan fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, dan laboratorium mengikuti bintek tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Haryoto dalam laporannya mengatakan, bintek tersebut untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha tentang kewajiban pengelolaan limbah B3 yang dihasilkan.

Kemudian, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, ketaatan dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan aparat pembina dan pengawas lingkungan hidup dalam pengelolaan limbah B3.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Tegal Ir. Resti Drijo Prihanto mengatakan, kegiatan pengelolaan B3 dan limbah B3 adalah satu mata rantai yang cukup panjang dengan melibatkan banyak pihak yaitu mulai dari penyedia B3, penghasil limbah B3, pengangkut, pengumpul, pemanfaat, pengolah dan penimbun limbah B3.

Sesuai dengan amanat UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pengelolaan limbah B3 merupakan tanggung jawab pihak yang menghasilkannya. Namun kegiatan ini memerlukan teknologi dan tenaga ahli yang khusus sehingga bisa jadi membebani penghasil jika melakukannya sendiri.

“Pemerintah memberikan kebijakan kepada para penghasil untuk menyerahkan kegiatan pengelolaan limbah B3 yang dihasilkannya kepada pihak lain, dalam hal ini ialah fasilitas jasa pengelolaan limbah B3 yang berbadan hukum dan memiliki izin operasional dari Pemerintah, jika tidak mampu melakukannya sendiri”, kata Resti.

Resti menambahkan, jenis limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibuang langsung ke lingkungan merupakan sumber pencemaran dan perusakan lingkungan. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya dampak akibat limbah B3 itu, diperlukan suatu sistem pengelolaan yang terintegrasi dan berkesinambungan. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Masyarakat Diminta Jaga Pola Makan Saat Ramadhan
Berita 22 May, 2017

Masyarakat Diminta Jaga Pola Makan Saat Ramadhan

TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal mengimbau masyarakat menjaga menu makanan selama bulan Ramadhan agar terhindar dari berbagai penyakit saat pelaksanaan ibadah puasa.…

Kapolres Tegal Kota Cek Kesiapan Jalur Mudik
Berita 31 May, 2017

Kapolres Tegal Kota Cek Kesiapan Jalur Mudik

Tegal – Jelang Ops Ramadniya pengamanan lebaran mendatang, Kepolisian Resor Tegal Kota Polda Jawa Tengah bersama Pemerintah Kota Tegal dan…

Lebih Dekat dengan Warga, Ghautsun-Muslih Gelar Open House
Berita 22 Jun, 2018

Lebih Dekat dengan Warga, Ghautsun-Muslih Gelar Open House

TEGAL - Halalbihalal dengan open house dilakukan oleh Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Nomor urut 2 H.…

Peringatan HALUN Kota Tegal di Ramaiakan dengan Apel dan Senam Bersama Ribuan Lansia
Berita 02 Aug, 2017

Peringatan HALUN Kota Tegal di Ramaiakan dengan Apel dan Senam Bersama Ribuan Lansia

TEGAL- Apel dan senam bersama meriahkan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) ke 21 di Kota Tegal yang berlangsung di…

Warga Dimotivasi Agar Aktif dalam Pemberantasan Narkoba
Berita 11 Dec, 2017

Warga Dimotivasi Agar Aktif dalam Pemberantasan Narkoba

TEGAL- Kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia kini semakin mengkhawatirkan. Karenanya, diperlukan peran aktif dari seluruh elemen untuk turut serta melakukan…

Pemkot Tegal Siap Membuat MOU Dengan BEKRAF
Berita 07 Jan, 2018

Pemkot Tegal Siap Membuat MOU Dengan BEKRAF

Pemerintah Kota Tegal dalam waktu dekat akan membuat Memorandum of Understanding (MOU) dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) terkait dengan pengembangan…

Most from this category