Kampung Literasi di Kota Tegal Diresmikan

TEGAL-Kampung Literasi di Kelurahan Panggung RT 4 RW 4, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal resmi dilaunching, Jum’at (11/5).

Peresmian itu, ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dr. Johardi mewakili Pjs. Wali Kota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si, didampingi Direktur Pendidikan Pembinaan Kesetaraan dan Keaksaraan Ditjen Kemendikbud, Abdul Kahar, Pendiri Kampung Literasi, Dr. Yusqon dan para pegiat literasi di Kota Tegal.

Direktur Pendidikan Pembinaan Kesetaraan dan Keaksaraan Ditjen Kemendikbud, Abdul Kahar mengapresiasi adanya kampung literasi di Kota Tegal.  Menurtnya, Kampung Literasi bukan hanya slogan dari kementerian.

Akan tetapi, memiliki makna bagaimana menggugah masyarakat untuk ikut serta dalam membangun bangsa . “Bangsa yang maju apabila masyarakat gemar belajar. Pintu utamanya adalah membaca”, kata Kahar.

Kahar menambahkan, jika ingin daerah aman, maka masyarakat harus berpengetahuan.  Jika lingkungan ingin bebas dari narkoba, maka harus harus lahir kampung literasi.   Semakin banyak kampung literasi, saya jamin, keamanan akan terjaga dan narkoba tidak akan masuk ke kampung.

“Jika ingin melahirkan generasi muda yang inovatif maka harus melahirkan kampung literasi. Sebab, merupakan wadah masyarakat agar terbuka wawasan.  Semoga kedepan akan lahir kamoung literasi di seluruh pelosok Kota Tegal”, ungkap Kahar.

Pjs. Wali Kota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si yang diwakili Kepala Disdikbud Kota Tegal Dr. Johardi mengatakan Pemerintah Kota Tegal terus menumbuhkan minat baca secara terus menerus. Untuk menyatukan persepsi seluruh stake holder guna meningkatkan dan membangkitkan minat baca di masyarakat.

Menurut Pjs. Wali Kota, Pemerintah Kota Tegal  memiliki kewajiban untuk menjamin hak masyarakat  memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui layanan perpustakaan. “Salah satunya, dengan perpustakaan keliling mendatangi sekolah, tempat – tempat publik seperti di Alun – alun dan lapangan serta pemberian bantuan buku – buku kepada Taman Baca Masyarakat”, pungkas Pjs. Wali Kota. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Penyerahan LHE AKIP, Kota Tegal Kembali Raih Predikat “CC”
Berita 07 Feb, 2017

Penyerahan LHE AKIP, Kota Tegal Kembali Raih Predikat “CC”

Yogyakarta- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) kembali menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE…

Ayo Makan Ikan, Paling Tidak Seminggu Tiga Kali
Berita 12 Apr, 2018

Ayo Makan Ikan, Paling Tidak Seminggu Tiga Kali

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan paling tidak…

Sejumlah Penggerak Pariwisata Ikuti Bimtek Promosi Pariwisata
Berita 17 May, 2018

Sejumlah Penggerak Pariwisata Ikuti Bimtek Promosi Pariwisata

TEGAL - Bimbingan Teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar Asia Selatan, Asia Tengah, Timur Tengah dan Afrika yang dilaksanakan oleh Asisten…

Pedagang Pasar Kejambon Siap Pindah Sementara
Berita 28 Feb, 2017

Pedagang Pasar Kejambon Siap Pindah Sementara

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal bakal renovasi pasar Kejambon tahun 2017. Rencana itu ditanggapi positif oleh pedagang pasar Kejambon yang menyatakan siap…

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an
Berita 10 Apr, 2018

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an

TEGAL - Khotmil Qur'an dalam rangka hari jadi ke 438 Kota Tegal di gelar di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota…

Hujan Deras, Tak Surutkan Walikota Pantau Pembangunan Muarareja
Berita 16 Jan, 2017

Hujan Deras, Tak Surutkan Walikota Pantau Pembangunan Muarareja

TEGAL- Bersama dengan Warga Muarareja,  Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno terlihat asik menikmati menu makanan yang disuguhkan di…

Most from this category