Mendagri: Himbau Calon Kepala Daerah Pahami Area Rawan Korupsi

Semarang-Mencermati dari kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi kepada beberapa kepala daerah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tjahyo Kumolo mengaku prihatin dan menghimbau kepada calon kepala daerah Se-Jawa Tengah dalam pilkada 2018 agar memahami area rawan korupsi.
Hal ini disampaikkan Mendagri dalam pengarahannya kepada 21 pasang calon kepala daerah Se-Jawa Tengah, di Ball
Room Quest Hotel, Semarang, Selasa (8/5).
Menurutnya, ada beberapa area rawan korupsi yang perlu dipahami betul oleh kepala daerah, diantaranya pada perencanaan anggaran, dimana ini merupakan faktor yang paling banyak jadi temuan. Selain itu, Tjahyo Kumolo juga menyinggung proses hibah dan bantuan sosial, retribusi serta pajak jual beli barang dan jasa.
Penanggulangan korupsi menurut Tjahyo Kumolo, menjadi perhatian khusus Pemerintah, sebab menurutnya korupsi merupakan salah satu ancaman bagi bangsa Indonesia.
Senada dengan Mendagri, Penasehat KPK yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut Muhammad Tsani Annafari menyampaikan bahwa, kepala daerah seharusnya menjadi panglima pemberantasan korupsi di daerahnya, bukan malah sebaliknya.
Ini menurut Tsani sangat penting, sebab sebuah daerah akan susah maju jika kepala daerahnya ditahan oleh KPK. Situasi seperti ini akan menjadi kendala kedepannya.
Dan di dalam proses pilkada ini akan mendapatkan hasil yang baik jika, calon peserta, penyelenggara dan masyarakat pemilihnya memiliki integritas.
Sementara itu, Pejabat Sementara (PJS) Wali Kota Tegal, Achmad Rofai menyampaikan bahwa pengarahan ini merupakan moment penting yang harus dipahami oleh kita semua. Apa yang disampaikan Mendagri untuk memahami area korupsi, ini berarti dengan memahami tersebut diharapkan tidak akan melakukan korupsi.
PJS. Wali Kota berharap, siapapun yang akan menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal bisa amanah dan tidak melakukan korupsi.

Berita Lainnya

Ini yang Diminta Warga Krandon Saat Musrenbangkel
Berita 02 Feb, 2018

Ini yang Diminta Warga Krandon Saat Musrenbangkel

TEGAL - Warga minta pembenahan saluran air Si Pitung di Kelurahan Krandon, Kecamatan Margadana, segera dilakukan. Karena ketika musim hujan…

Polres Tegal Kota Tertibkan Parkir
Berita 09 Feb, 2017

Polres Tegal Kota Tertibkan Parkir

TEGAL-Pagi ini cuaca mendung menyelimuti wilayah Kota Tegal. Rintik-rintik hujan mulai berjatuhan namun itu semua tak mengurangi semangat jajaran Polres…

Indonesia Raih “Best Director” dalam Ajang ASEAN Film Awards 2017
Berita 29 Nov, 2017

Indonesia Raih “Best Director” dalam Ajang ASEAN Film Awards 2017

Hanoi - Wicaksono Wisnu Legowo, Sutradara Film "Turah" terpilih sebagai sutradara terbaik (Best Director) dalam ajang ASEAN Film Awards yang…

Bersama Forkopimda, Walikota Tegal HBH dengan Gubernur
Berita 04 Jul, 2017

Bersama Forkopimda, Walikota Tegal HBH dengan Gubernur

SEMARANG - Hari pertama masuk kerja usai cuti panjang Idul Fitri 1438 H tahun 2017, Walikota Tegal KMT Hj. Siti…

Sistem Parkir PAI akan Diperbaiki
Berita 08 Mar, 2017

Sistem Parkir PAI akan Diperbaiki

TEGAL – Upaya penataan Pantai Alam Indah (PAI) terus dilakukan, termasuk penataan lahan parkir. Pada Selasa (7/3) terlihat beberapa pengurus …

Pelaku UMKM Dilatih Pengemasan Produk
Berita 18 Sep, 2018

Pelaku UMKM Dilatih Pengemasan Produk

TEGAL-Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal memberikan pelatihan pengemasan produk bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, Selasa (18/9)…

Most from this category