Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4). Dinas mengundang perusahaan dan serikat pekerja dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan menyampaikan, tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan terkait perselisihan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Harapannya, terjadi harmonisasi di lingkungan perusahaan dan meminimalisir terjadinya konflik.

“Masih banyak kendala yang menghambat hubungan kondusifitas hubungan industrial, salah satunya perbedaan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha”, kata Heru.

Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W mengatakan, peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dalam Penyelesaian Peselisihan Hubungan Industrial (PPHI) dan mekanisme PPHI.

Pada UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, menjelaskan bahwa SP/SB organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan.

“SP/SB bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya”, kata Eni.

Apabila terjadi perselisihan, kata Eni, maka penyelesaian secara Bipartit dan penyelesaian melalui Tripartit (mediasi, konsiliali dan Arbitrase). Perundingan Bipari adala perundingan antar pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan hubungan industrial. “Perundingan biparit wajib sebelum mediasi, konsiliasi maupun Abritase”, ungkap Eni.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Wagino menghimbau, apabila pekerja berkeluh kesah agar segera konsultasi dengan Disnakerin dan berunding terlebih dahulu dengan perusahaan. Paling efekrif, apabila keluh kesah tersebut disampaikan kepada Serikat Pekerja/Buruh.

“Nantinya, serikat pekerja/buruh yang akan menyampaikan keluh kesah tersebut kepada perusahaan”, pungkas Wagino. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Sepuluh Bidang Tanah Pemkot Dilelang
Berita 07 May, 2018

Sepuluh Bidang Tanah Pemkot Dilelang

TEGAL - Sepuluh bidang tanah yang ada di Kelurahan Krandon, Kecamatan Margadana, milik Pemerintah Kota (Pemkot) dilelang kepada petani. Lelang…

Tegal Kota Pendidikan Vokasi
Berita 04 Mar, 2019

Tegal Kota Pendidikan Vokasi

TEGAL – Politeknik Harapan Bersama (PHB) telah mengadakan Workshop Kurikulum Pendidikan Vokasi Akuntansi Perguruan Tinggi Se-Indonesia dengan tema “Mengahadapi Revolusi…

Puskesmas Bandung, 89 Calon Jamaah Haji Diberi Pengetahuan Kesehatan
Berita 08 Mar, 2019

Puskesmas Bandung, 89 Calon Jamaah Haji Diberi Pengetahuan Kesehatan

Tegal – Sebanyak 89 calon jamaah haji dari wilayah kerja Puskesmas Tegal Selatan dan Bandung diberi pengetahuan tentang kesehatan. Mereka…

Wali Kota Minta Jamaah Jaga Dokumen dan Doakan Kota Tegal
Berita 14 Aug, 2017

Wali Kota Minta Jamaah Jaga Dokumen dan Doakan Kota Tegal

BOYOLALI – Sebanyak 349  Jamaah Calon Haji (JCH) asal kloter 55 dengan nomor penerbangan GIA 6255 resmi dilepas Wali Kota…

Meriah, Perayaan HUT RI Ke-73 dan HUT Jalasenastri Ke-72 Lanal  Tegal
Berita 14 Aug, 2018

Meriah, Perayaan HUT RI Ke-73 dan HUT Jalasenastri Ke-72 Lanal Tegal

TEGAL-Dalam rangka menyambut Perayaan HUT Kemerdakaan RI Ke-73 dan HUT Jalasenastri Ke-72, Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tegal turut memeriahkannya dengan menggelar…

Kampung Dongeng Keliling Kampung
Berita 03 Dec, 2017

Kampung Dongeng Keliling Kampung

TEGAL-Pagi ini, nampak cerah dan penuh ceria, Minggu (3/12) di pendopo Kelurahan Pekauman. Tampak 200 anak yang hadir membanjiri pendopo…

Most from this category