Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4). Dinas mengundang perusahaan dan serikat pekerja dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan menyampaikan, tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan terkait perselisihan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Harapannya, terjadi harmonisasi di lingkungan perusahaan dan meminimalisir terjadinya konflik.

“Masih banyak kendala yang menghambat hubungan kondusifitas hubungan industrial, salah satunya perbedaan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha”, kata Heru.

Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W mengatakan, peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dalam Penyelesaian Peselisihan Hubungan Industrial (PPHI) dan mekanisme PPHI.

Pada UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, menjelaskan bahwa SP/SB organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan.

“SP/SB bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya”, kata Eni.

Apabila terjadi perselisihan, kata Eni, maka penyelesaian secara Bipartit dan penyelesaian melalui Tripartit (mediasi, konsiliali dan Arbitrase). Perundingan Bipari adala perundingan antar pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan hubungan industrial. “Perundingan biparit wajib sebelum mediasi, konsiliasi maupun Abritase”, ungkap Eni.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Wagino menghimbau, apabila pekerja berkeluh kesah agar segera konsultasi dengan Disnakerin dan berunding terlebih dahulu dengan perusahaan. Paling efekrif, apabila keluh kesah tersebut disampaikan kepada Serikat Pekerja/Buruh.

“Nantinya, serikat pekerja/buruh yang akan menyampaikan keluh kesah tersebut kepada perusahaan”, pungkas Wagino. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kang Nur Pimpin Upacara HUT TNI ke 72 di Kota Tegal
Berita 05 Oct, 2017

Kang Nur Pimpin Upacara HUT TNI ke 72 di Kota Tegal

TEGAL-  Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh atau biasa di sapa Kang Nur memimpin upacara HUT TNI dengan bertindak sebagai…

Perda APBD TA 2019, Tinggal Menunggu Evaluasi Gubernur
Berita 28 Nov, 2018

Perda APBD TA 2019, Tinggal Menunggu Evaluasi Gubernur

Setelah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) kota Tegal tahun anggaran 2019 ditetapkan DPRD Kota…

Pengemudi Menggunakan Handphone Sasaran Operasi Zebra
Berita 30 Oct, 2018

Pengemudi Menggunakan Handphone Sasaran Operasi Zebra

Pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2018 kali ini menjadikan pengemudi yang menggunakan handphone (Hp) sambil berkendara sebagai salah satu sasaran operasi…

Komandan Lanal Tegal Pimpin Upacara Ziarah
Berita 25 May, 2017

Komandan Lanal Tegal Pimpin Upacara Ziarah

TEGAL-Bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Jl. Melati Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal dilaksanakan ziarah rombongan…

UPS Tegal Launching SNI Corner
Berita 13 Sep, 2017

UPS Tegal Launching SNI Corner

TEGAL-Universitas Pancasakti (UPS) Tegal bersama Badan Standarisasi Nasional (BSN) melaunching Standar Nasional Indonesia (SNI) Corner, Rabu (13/9) di Perpustakaan Pusat…

BI Tegal Musnahkan Uang Tidak Layak Edar
Berita 18 Jun, 2017

BI Tegal Musnahkan Uang Tidak Layak Edar

TEGAL- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal memusnahkan uang tidak layak edar (UTLE)  karena lusuh, rusak, cacat ataupun uang yang memang…

Most from this category