Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4). Dinas mengundang perusahaan dan serikat pekerja dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan menyampaikan, tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan terkait perselisihan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Harapannya, terjadi harmonisasi di lingkungan perusahaan dan meminimalisir terjadinya konflik.

“Masih banyak kendala yang menghambat hubungan kondusifitas hubungan industrial, salah satunya perbedaan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha”, kata Heru.

Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W mengatakan, peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dalam Penyelesaian Peselisihan Hubungan Industrial (PPHI) dan mekanisme PPHI.

Pada UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, menjelaskan bahwa SP/SB organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan.

“SP/SB bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya”, kata Eni.

Apabila terjadi perselisihan, kata Eni, maka penyelesaian secara Bipartit dan penyelesaian melalui Tripartit (mediasi, konsiliali dan Arbitrase). Perundingan Bipari adala perundingan antar pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan hubungan industrial. “Perundingan biparit wajib sebelum mediasi, konsiliasi maupun Abritase”, ungkap Eni.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Wagino menghimbau, apabila pekerja berkeluh kesah agar segera konsultasi dengan Disnakerin dan berunding terlebih dahulu dengan perusahaan. Paling efekrif, apabila keluh kesah tersebut disampaikan kepada Serikat Pekerja/Buruh.

“Nantinya, serikat pekerja/buruh yang akan menyampaikan keluh kesah tersebut kepada perusahaan”, pungkas Wagino. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

BAZNAS Kota Tegal Distribusikan ZIS Catur Wulan 2
Berita 06 Jun, 2018

BAZNAS Kota Tegal Distribusikan ZIS Catur Wulan 2

TEGAL – Tashoruf atau Distribusi Dana Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) Catur Wulan ke 2 tahun 2018 oleh Badan Amil…

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat
Berita 16 Jun, 2017

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat

TEGAL – Permintaan jenis olahan ikan menjelang hari lebaran makin ada peningkatan. Beberapa olahan ikan terus diminati oleh konsumen. Seperti…

Kader Kesehatan Diminta Makin Giat Sebarluaskan Program Kesehatan
Berita 14 Jul, 2017

Kader Kesehatan Diminta Makin Giat Sebarluaskan Program Kesehatan

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno meminta seluruh Kader Kesehatan di Kota Tegal agar makin giat dan aktif…

PLN Siap Sambut Era Kendaraan  Listrik, 875  SPLU Terpasang Disejumlah  Kota
Berita 28 Aug, 2017

PLN Siap Sambut Era Kendaraan Listrik, 875 SPLU Terpasang Disejumlah Kota

TEGAL - Perkembangan kendaraan listrik, baik sepeda, motor maupun mobil listrik, semakin diterima di Indonesia saat munculnya dukungan dari Pemerintah.…

Jelang Ramadhan, Pemkot dan Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi
Berita 16 May, 2018

Jelang Ramadhan, Pemkot dan Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi

Tegal- Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H / 2018 M, Pemerintah Kota Tegal bersama Forkopimda Kota Tegal…

Wali Kota: Idul Fitri Momen Saling Memaafkan
Berita 04 Jul, 2017

Wali Kota: Idul Fitri Momen Saling Memaafkan

TEGAL-Wali Kota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menghadiri Halal Bi Halal yang diadakan oleh masyarakat Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal…

Most from this category