Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4). Dinas mengundang perusahaan dan serikat pekerja dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan menyampaikan, tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan terkait perselisihan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Harapannya, terjadi harmonisasi di lingkungan perusahaan dan meminimalisir terjadinya konflik.

“Masih banyak kendala yang menghambat hubungan kondusifitas hubungan industrial, salah satunya perbedaan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha”, kata Heru.

Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W mengatakan, peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dalam Penyelesaian Peselisihan Hubungan Industrial (PPHI) dan mekanisme PPHI.

Pada UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, menjelaskan bahwa SP/SB organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan.

“SP/SB bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya”, kata Eni.

Apabila terjadi perselisihan, kata Eni, maka penyelesaian secara Bipartit dan penyelesaian melalui Tripartit (mediasi, konsiliali dan Arbitrase). Perundingan Bipari adala perundingan antar pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan hubungan industrial. “Perundingan biparit wajib sebelum mediasi, konsiliasi maupun Abritase”, ungkap Eni.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Wagino menghimbau, apabila pekerja berkeluh kesah agar segera konsultasi dengan Disnakerin dan berunding terlebih dahulu dengan perusahaan. Paling efekrif, apabila keluh kesah tersebut disampaikan kepada Serikat Pekerja/Buruh.

“Nantinya, serikat pekerja/buruh yang akan menyampaikan keluh kesah tersebut kepada perusahaan”, pungkas Wagino. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Karpet baru untuk Masji Al Hikmah dan Musholla Al Istiqomah ( Langgar Dhuwur )
Berita 25 Jan, 2017

Karpet baru untuk Masji Al Hikmah dan Musholla Al Istiqomah ( Langgar Dhuwur )

Tegal – Perhatian Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno yang juga merupakan Ibunya masyarakat Kota Tegal tidak hanya terbatas…

Wisnu Moncer di Piala Maya 2017
Berita 19 Dec, 2017

Wisnu Moncer di Piala Maya 2017

Jakarta – Namanya mungkin kini menjadi buah bibir bagi sineas muda di Kota Tegal ataupun dikancah nasional dan internasional. Benar…

Buku Antologi Puisi Dari Negeri Poci “Negeri Bahari” Diluncurkan
Berita 28 Apr, 2018

Buku Antologi Puisi Dari Negeri Poci “Negeri Bahari” Diluncurkan

TEGAL - Peluncuran buku antologi puisi negeri poci yang bertempat di hotel Alexander Kota Tegal dihadiri oleh penyair nusantara yang…

TK Hangtuah 16 Tegal Lepas Siswa
Berita 11 May, 2017

TK Hangtuah 16 Tegal Lepas Siswa

TEGAL-Yayasan Taman Kanak-kanak (TK) Hangtuah 16 Tegal melaksanakan pentas seni dan perpisahan tahun ajaran 2016/2017 di Aula Dewi Sri Komplek…

Persiapan HUT Bhayangkara, Polres Tegal Kota Lakukan Latihan Upacara
Berita 06 Jul, 2017

Persiapan HUT Bhayangkara, Polres Tegal Kota Lakukan Latihan Upacara

TEGAL – Dalam rangka mempersiapkan peringatan  HUT Bhayangkara ke 71, Polres Tegal Kota melalukan latihan upacara di Alun-alun Kota Tegal…

Pentingnya Peran Pokdarwis dalam Pengembangan Pariwisata
Berita 16 Jul, 2017

Pentingnya Peran Pokdarwis dalam Pengembangan Pariwisata

TEGAL – Kelompok Sadar Wisata adalah  kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian…

Most from this category