Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4). Dinas mengundang perusahaan dan serikat pekerja dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan menyampaikan, tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan terkait perselisihan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Harapannya, terjadi harmonisasi di lingkungan perusahaan dan meminimalisir terjadinya konflik.

“Masih banyak kendala yang menghambat hubungan kondusifitas hubungan industrial, salah satunya perbedaan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha”, kata Heru.

Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W mengatakan, peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dalam Penyelesaian Peselisihan Hubungan Industrial (PPHI) dan mekanisme PPHI.

Pada UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, menjelaskan bahwa SP/SB organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan.

“SP/SB bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya”, kata Eni.

Apabila terjadi perselisihan, kata Eni, maka penyelesaian secara Bipartit dan penyelesaian melalui Tripartit (mediasi, konsiliali dan Arbitrase). Perundingan Bipari adala perundingan antar pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan hubungan industrial. “Perundingan biparit wajib sebelum mediasi, konsiliasi maupun Abritase”, ungkap Eni.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Wagino menghimbau, apabila pekerja berkeluh kesah agar segera konsultasi dengan Disnakerin dan berunding terlebih dahulu dengan perusahaan. Paling efekrif, apabila keluh kesah tersebut disampaikan kepada Serikat Pekerja/Buruh.

“Nantinya, serikat pekerja/buruh yang akan menyampaikan keluh kesah tersebut kepada perusahaan”, pungkas Wagino. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Ruwatan PAI Akan Segera Digelar
Berita 23 Nov, 2017

Ruwatan PAI Akan Segera Digelar

TEGAL – Tradisi ruwatan Pantai Alam Indah Kota Tegal yang digelar setiap tahunnya di tahun 2017 akan dilakasanakan  pada hari…

KAMMI Tegal Adakan Studium General
Berita 28 Mar, 2018

KAMMI Tegal Adakan Studium General

TEGAL - Memperingati Milad 20 Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Pengurus Daerah KAMMI Tegal mengadakan kegiatan Studium General dengan…

Berikut Para Juara Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2017
Berita 27 Oct, 2017

Berikut Para Juara Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2017

TEGAL – Penyelenggaraan Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata (Duwis) Jawa Tengah 2017 Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa…

Kelurahan Mintaragen Terapkan Jam Belajar Masyarakat
Berita 09 Mar, 2017

Kelurahan Mintaragen Terapkan Jam Belajar Masyarakat

TEGAL – Salah satu faktor tumbuh kembang anak adalah kondisi di lingkungan sekitar, lingkungan yang baik agar dapat mempengaruhi kepribadian…

ASN Dilarang Terlibat Politik Praktis
Berita 28 Nov, 2017

ASN Dilarang Terlibat Politik Praktis

TEGAL- Asisten Deputi Pembinaan Integritas dan Penegakan Disiplin SDM Aparatur KemenPAN-RB Bambang D Sumarsono memberikan pembekalan peraturan kepada Pegawai Negeri…

Pasar Murah oleh TPID Kota Tegal Diserbu Warga Tegal Barat
Berita 13 Jun, 2017

Pasar Murah oleh TPID Kota Tegal Diserbu Warga Tegal Barat

TEGAL – Penyelanggaraan Pasar Murah oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal pada hari kedua (13/6) yang diselenggarakan di…

Most from this category