Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4). Dinas mengundang perusahaan dan serikat pekerja dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan menyampaikan, tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan terkait perselisihan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Harapannya, terjadi harmonisasi di lingkungan perusahaan dan meminimalisir terjadinya konflik.

“Masih banyak kendala yang menghambat hubungan kondusifitas hubungan industrial, salah satunya perbedaan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha”, kata Heru.

Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W mengatakan, peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dalam Penyelesaian Peselisihan Hubungan Industrial (PPHI) dan mekanisme PPHI.

Pada UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, menjelaskan bahwa SP/SB organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan.

“SP/SB bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya”, kata Eni.

Apabila terjadi perselisihan, kata Eni, maka penyelesaian secara Bipartit dan penyelesaian melalui Tripartit (mediasi, konsiliali dan Arbitrase). Perundingan Bipari adala perundingan antar pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan hubungan industrial. “Perundingan biparit wajib sebelum mediasi, konsiliasi maupun Abritase”, ungkap Eni.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Wagino menghimbau, apabila pekerja berkeluh kesah agar segera konsultasi dengan Disnakerin dan berunding terlebih dahulu dengan perusahaan. Paling efekrif, apabila keluh kesah tersebut disampaikan kepada Serikat Pekerja/Buruh.

“Nantinya, serikat pekerja/buruh yang akan menyampaikan keluh kesah tersebut kepada perusahaan”, pungkas Wagino. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

UPS Tegal Terjunkan Mahasiswa KKN
Berita 17 Jul, 2017

UPS Tegal Terjunkan Mahasiswa KKN

TEGAL-Universitas Pancasakti Tegal menerjunkan 205 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan 8 orang dosen pembimbing yang ditempatkan   di…

Jemput Bola KIA, 35 Ribu Blangko Siap Cetak
Berita 02 Aug, 2018

Jemput Bola KIA, 35 Ribu Blangko Siap Cetak

TEGAL-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal bakal meningkatkan pelayanan Kartu Indentias Anak (KIA). Langkah yang ditempuh Disdukcapil, yaitu…

KPKNL Tegal Bertekad Menjadi Kantor Berpredikat Bebas dari Korupsi
Berita 06 Feb, 2018

KPKNL Tegal Bertekad Menjadi Kantor Berpredikat Bebas dari Korupsi

Tegal – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal Dwi Hariyanto dan jajarannya menyelenggarakan acara Pencanangan Pembangunan Zona…

April 2018, Periode Pengurus MUI Kota Tegal Berakhir
Berita 06 Feb, 2018

April 2018, Periode Pengurus MUI Kota Tegal Berakhir

Kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Tegal, periode 2013 s.d 2018 akan berakhir pada 27 April 2018 mendatang. Hal ini…

Forkopimda Pantau Malam Pergantian Tahun
Berita 31 Dec, 2018

Forkopimda Pantau Malam Pergantian Tahun

Menjelang malam pergantian tahun 2019, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal melaksanakan pemantauan situasi, Senin (31/12) . Pemantauan dilaksanakan…

Optimalkan Potensi Zakat.
Berita 13 Jul, 2018

Optimalkan Potensi Zakat.

Semarang - Silaturrahim dan Halal Bi Halal Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah dengan tema Optimalisasi Zakat, Infak…

Most from this category