Disnakerin Kota Tegal Gelar Sosialisasi Penyelesaian PHI

TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Upaya Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Plaza Hotel, Kamis (26/4). Dinas mengundang perusahaan dan serikat pekerja dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan menyampaikan, tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan terkait perselisihan hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja. Harapannya, terjadi harmonisasi di lingkungan perusahaan dan meminimalisir terjadinya konflik.

“Masih banyak kendala yang menghambat hubungan kondusifitas hubungan industrial, salah satunya perbedaan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha”, kata Heru.

Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Eni Nurhayatini W mengatakan, peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dalam Penyelesaian Peselisihan Hubungan Industrial (PPHI) dan mekanisme PPHI.

Pada UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, menjelaskan bahwa SP/SB organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan.

“SP/SB bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja dan buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya”, kata Eni.

Apabila terjadi perselisihan, kata Eni, maka penyelesaian secara Bipartit dan penyelesaian melalui Tripartit (mediasi, konsiliali dan Arbitrase). Perundingan Bipari adala perundingan antar pekerja dengan pengusaha untuk menyelesaikan hubungan industrial. “Perundingan biparit wajib sebelum mediasi, konsiliasi maupun Abritase”, ungkap Eni.

Sementara itu, Mediator Hubungan Industrial Wagino menghimbau, apabila pekerja berkeluh kesah agar segera konsultasi dengan Disnakerin dan berunding terlebih dahulu dengan perusahaan. Paling efekrif, apabila keluh kesah tersebut disampaikan kepada Serikat Pekerja/Buruh.

“Nantinya, serikat pekerja/buruh yang akan menyampaikan keluh kesah tersebut kepada perusahaan”, pungkas Wagino. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Kejambon Targetkan Peringkat Satu PBB
Berita 17 Jun, 2019

Kejambon Targetkan Peringkat Satu PBB

Tegal - Kelurahan menargetkan peringkat satu dalam Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk Kelurahan Kejambon. Karena saat ini masih berada…

Penataan Kawasan Stasiun Segera Dimulai
Berita 16 Jan, 2020

Penataan Kawasan Stasiun Segera Dimulai

SEMARANG - Menindaklanjuti MoU yang telah ditandatangani bersama, akhirnya Pemerintah Kota Tegal dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sepakat untuk…

UPPD Tegal Barat Juarai Turnamen Futsal HUT Ke-48 Korpri
Berita 22 Nov, 2019

UPPD Tegal Barat Juarai Turnamen Futsal HUT Ke-48 Korpri

UPPD Tegal Barat menjadi jawara pada Turnamen Futsal HUT Ke-48 Korpri Kota Tegal, setelah mengalahkan UPPD Tegal selatan dengan skor…

Peringati Hari Laut Sedunia dengan Bersih Pantai
Berita 08 Jun, 2017

Peringati Hari Laut Sedunia dengan Bersih Pantai

TEGAL – Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra,…

Gakkumdu Siap Bergerak Pantau Pelanggaran Pilkada
Berita 05 Jan, 2018

Gakkumdu Siap Bergerak Pantau Pelanggaran Pilkada

TEGAL - Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) untuk menangani laporan dugaan pelanggaran pemilu dalam pilkada 2018 direncanakan akan mulai bertugas,…

Kini Ada SPBU di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal
Berita 09 May, 2019

Kini Ada SPBU di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal

Tegal – SPBU yang terletak di jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal telah resmi dioprasikan, hal tersebut terlihat saat Perwakilan Pemerintah…

Most from this category