Pemkot Tegal Bakal Terapkan Tanda Tangan Elektronik

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal segera menerapkan tanda tangan elektronik. Untuk mensukseskan program tersebut, Pemkot Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi penerapan tanda tangan elektronik, Rabu (25/4) di gedung Adipura komplek Balai Kota Tegal.

Kepala Diskominfo Kota Tegal Drs. Markus Wahyu Priyono mengatakan, sosialisasi tersebut untuk mengenalkan tanda tangan elektronik sebagai alat verifikasi dan autentikasi atas dokumen dan transaksi elektronik yang memiliki kekuatan hukum yang sah.

Kegiatan sosialisasi tersebut, kata Markus, untuk memberikan pemahaman mengenai sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik, memberikan pemahaman mengenai dasar hukum tanda tangan elektronik di Indonesia.

“Kemudian, mensosialisasikan tentang penerapan tanda tangan elektronik pada surat keterangan/surat pengantar yang diterbitkan oleh kantor kelurahan di wilayah Kota Tegal”, kata Markus, dalam  sambutannya.

Assisten III Setda Kota Tegal Subagyo, S.IP mewakili Pjs. Walikota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si mengatakan bahwa, paradigma yang masih berkembang di masyarakat adalah, pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, prosesnya sulit dan lama.

“Paradigma ini perlu dirubah dengan penyediaan pelayanan publik yang mudah, murah dan cepat. Misalnya, saat mengurus surat keterangan, memerlukan waktu dua sampai tiga hari. Kedepan proses mengurus surat-surat akan lebih cepat”, kata Walikota.

Walikota menambahkan, kota besar di Indonnesia sudah menerapkan smart city. Kota tersebut sudah menerapkan tanda tangan secara elektronik di Kelurahan. Surat-surat yang dibuat, tidak lagi secara manual dan sudah menerapkan tanda tangan secara elektronik.

“Sehingga saat masyarakat datang akan membuat surat keterangan (misalnya) sedangkan Lurah sedang dinas luar tetap bisa dilayanai”, imbuh Wali Kota.

Kepala Seksi Pengelolaan Sistem Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber Sandi Negara, Jonathan G. Tarigan mengatakan dalam Pasal 11 UU ITE menyatakan tanda tangan elektronik memliliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah, artinya kekuatan hukum tanda tangan elektronik sama dengan tanda tangan basah.

Jonathan menjelaskan bahwa menurut UU ITE, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentifikasi.

“Tanda tangan elektronik dapat melindungi dari kejahatan cyber dan tanda tangan elektronik sangat efisien”, ungkap Jonathan.

Kabid Tata Kelola e-goverment dan Pengembangan Aplikasi Diskominfo Kota Tegal Joko Windiarto mengatakan, sebagai awal pencanangan tanda tangan elektronik, Kelurahan Mintaragen dan Randugunting akan menjadi awal penerapan tanda tangan elektronik. Kemudian akan disusul kelurahan lainnya.

Saat ini, kata Joko, 27 Kelurahan sudah menerapkan e-Kelurahan namun belum menerapkan tanda tangan elektronik. Dalam mengurus surat keterangan misalnya, masyarakat masih ke kecamatan setelah ke kelurahan.

Kedepan, setelah penerapan tanda tangan elektronik tidak perlu ke Kecamatan cukup di Kelurahan saja. Proses ke kecamatan akan dipangkas warga tidak perlu ke kecamatan. “Kewenangan Bapak/Ibu camat tetap ada namun secara elektronik”, papar Joko.

Sementara itu, hadir dalam sosialisasi tersebut unsur OPD, Camat, Lurah se-Kota Tegal dan lembaga/instansi terkait. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

835 Anak Ikuti Festival Anak Sholeh Tingkat Kota Tegal
Berita 03 Oct, 2018

835 Anak Ikuti Festival Anak Sholeh Tingkat Kota Tegal

Tegal - Sebanyak 835 Anak mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tahun 2018 tingkat Kota Tegal. Kegiatan yang dibuka langsung…

Walikota Pimpin Upacara HUT ke 439 Kota Tegal.
Berita 12 Apr, 2019

Walikota Pimpin Upacara HUT ke 439 Kota Tegal.

Tegal – Tepat hari ini, Jumat 12 April 2019 Kota Tegal merayakan Hari Jadi ke 439, tepat hari ini pula…

Pengunjung PAI Menurun Sekitar 50 Persen
Berita 24 May, 2018

Pengunjung PAI Menurun Sekitar 50 Persen

TEGAL - Bulan Ramadhan sudah memasuki hari kedelapan, tetapi pengunjung yang ada di Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI), Kota…

PDAM Melayani Masyarakat
Berita 15 Jan, 2018

PDAM Melayani Masyarakat

Tegal – Puncak acara HUT PDAM Kota Tegal yang ke 42 di tutup dengan malam resepsi yang kali ini mengambil…

HMI Kader Umat dan Kader Bangsa
Berita 20 Jul, 2019

HMI Kader Umat dan Kader Bangsa

Tegal - Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI WATI (KOHATI) cabang Tegal periode 2019 - 2020. "…

Pembukaan Rakernas APEKSI ke XIV, Airin himbau “Jaga Kebersamaan”
Berita 04 Jul, 2019

Pembukaan Rakernas APEKSI ke XIV, Airin himbau “Jaga Kebersamaan”

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sekaligus Wali Kota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diany pada acara Pembukaan…

Most from this category