Usai Rehab, Ruang Kelas SD Negeri Panggung 13 Diresmikan

TEGAL-Pejabat Sementara Wali Kota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dr. Johardi meresmikan ruang kelas SD Negeri Panggung 13, Kamis (19/4).

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Disdikbud Dr. Johardi didampingi OPD terkait, Camat, Lurah, Kepala SD Negeri Panggung 13, dewan guru dan lainnya.

SD Negeri Panggung 13 merupakan salah satu penerima  bantuan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Tegal Budio Pradipto menyampaikan, jumlah sekolah penerima bantuan ada 7 sekolah yaitu SD Negeri Tegalsari 12, SD Negeri panggung 13, SD Negeri Kejambon 7, SD Negeri Pesurungan Lor 2, SD Negeri Pangung 10, SD Negeri Slerok 6, SD Muhammadiyah 1 Tegal.

Kategori bantuan tersebut, kata Budio, yaitu rehab ruang kelas, pembangunan sanitasi, pembangunan kantin sehat, ruang perpustakaan. “Saat ini bantuan yang diberikan telah selesai sesuai RAB yang disetujui oleh Kemendikbud RI”, kata Budio.

Budio menyebut, total anggaran yang diterima sebesar Rp. 1.200.124.000. secara rinci terdiri dari rehab ruang kelas dengan bantuan sebesar Rp. Rp. 354.188.000 untuk SDN Tegalsari 12 dan sebesar Rp. 359.900.000 untuk SD Negeri Panggung.

Kemudian, pembangunan sanitasi sehat dengan besaran bantuan Rp. 100 juta untuk masing – masing sekolah, pembangunan kantin sehat  dengan bantuan sebesar Rp. 70 juta dan pembangunan ruang perpustakaan  di SD Muhammadiyah 1 dengan bantuan sebesar Rp. 146.036.000.

Sementara, Pjs. Wali Kota Tegal Achmad Rofai yang diwakili Kepala Disdikbud Kota Tegal Dr. Johardi mengatakan, penyaluran bantuan ini diberikan secara langsung melalui rekening sekolah masing – masing. Pelaksanaan dilakukan dengan sistem swakelola, yaitu direncanakan, dilaksanakan dan diawasi oleh sekolah masing-masing.

Dalam upaya pendampingan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menugaskan SMK Negeri 3 Kota Tegal sebagai tenaga teknis pendamping sekolah.

Wali Kota menekankan bahwa, betapa pentingnya berinvestasi dan membangun sumber daya manusia yang handal bagi pengembangan daerah. Bagaimanapun baiknya sarpras, namun jika gairah belajar rendah, kesadaran masyarakatnya juga rendah, maka tidak akan berdampak positif atau optimal.

“Namun jika siswa cerdas, berkarakter kuat dan terbiasa bekerja keras, akan memudahkan pengelolaan kemajuan Kota Tegal”, pungkas Wali Kota. (Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

UJian Sekolah Tentukan Kelulusan Siswa
Berita 08 Mar, 2017

UJian Sekolah Tentukan Kelulusan Siswa

TEGAL- Ujian Nasional (UN) tidak menetukan kelululusan. Ujian Sekolah (US) menetukan kelulusan kelulusan siswa SMA/SMK, kriteria kelulusan berdasarkan keputusan sekolah …

Gelaran Mr. Besar Tegalvaganza Resmi Di Mulai
Berita 12 Sep, 2018

Gelaran Mr. Besar Tegalvaganza Resmi Di Mulai

TEGAL- Gelaran Mr. Besar Tegalvaganza 2018 secara resmi di mulai. Pembukaan perhelatan yang akan berlangsung hingga Senin 17 September 2018…

Walikota Tegal Sambut Kedatangan Jamaah Haji.
Berita 24 Sep, 2017

Walikota Tegal Sambut Kedatangan Jamaah Haji.

Solo - Rombongan jamaah haji Kota Tegal yang tergabung di kloter 55 tepat pukul 05.00 Minggu (24/ 9/ 2017). Sampai…

Maknyus! Nikmatnya Rujak Teplak Tegal
Berita 09 Jan, 2019

Maknyus! Nikmatnya Rujak Teplak Tegal

Tegal – Ragam kuliner setiap daerah memiliki jenis yang berbeda, bahkan setiap daerah memiliki kekhasan senndiri, mulai dari cara penyajian,…

Berikut Daftar Peserta yang Ikut Uji Kompetensi JPT Pemkot Tegal
Berita 09 Dec, 2017

Berikut Daftar Peserta yang Ikut Uji Kompetensi JPT Pemkot Tegal

TEGAL-Panitia seleksi pejabat pimpinan tinggi pratama Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengumumkan hasil seleksi jabatan di 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).…

BI Tegal Siapkan Rp. 4,5 Trilliun Hadapi Lebaran
Berita 08 Jun, 2017

BI Tegal Siapkan Rp. 4,5 Trilliun Hadapi Lebaran

TEGAL-Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal, Joni Marsius menegaskan masyarakat tidak perlu panik untuk mendapatkan uang pecahan bagi…

Most from this category